19 Peluang Usaha Ternak yang Mudah, Pahami Cara Bisnis Ternaknya Dulu

19 Peluang Usaha Ternak yang Mudah, Pahami Cara Bisnis Ternaknya Dulu

Beternak merupakan kegiatan yang disukai banyak kalangan. Pada dasarnya masyarakat kota maupun masyarakat yang tinggal di pedesaan menyukai kegiatan ini. Namun memang bagi masyarakat pedesaan lebih berpeluang karena relatif memiliki lahan yang lebih luas. Namun bagi yang tinggal di kota pun tetap bisa beternak dengan memilih jenis hewan ternak yang memungkinkan di ternakan tanpa memerlukan lahan yang luas.

Dalam artikel kali ini hobiternak.com akan mencoba memberikan contoh 19 peluang usaha ternak dan menjelaskan secara singkat di setiap bagian peluang bisnis ternak tersebut. Tidak bisa di pungkiri keberhasilan Anda dalam beternak tentu saja akan membawa kebaikan untuk keluarga serta orang terdekat Anda. Memang dalam beternak kebanyakan kadang terlalu cepat untuk menghitung keuntungan, hal itu tidaklah salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Karena memang dalam bisnis ternak itu beberapa hal yang diperlukan seperti pengalaman dan ketelatenan menjadi tantangan tersendiri.

Peluang Usaha Ternak yang Mudah
Peluang Usaha Ternak yang Mudah

Baik, mari coba kita simak satu persatu peluang usaha ternak itu apa saja serta penjelasan singkatnya mengenai cara bisnisnya :

1. Bisnis Ternak Ayam Pedaging

Dalam ternak ini pada umumnya ada dua jenis model bisnisnya. Model pertama yakni peternak mandiri yang semua modal di tanggung sendiri. Dan model kedua yakni ternak mitra atau kadang juga disebut kemitraan. Dalam model kemitraan biasanya dari bibit dan pakan akan disuplai oleh pabrik. Semua model bisnis ini memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ayam broiler adalah salah satu jenis ayam pedaging yang cukup banyak di ternakan oleh para peternak
Ayam broiler adalah salah satu jenis ayam pedaging yang cukup banyak di ternakan oleh para peternak

Untuk yang model peternak mandiri kekurangannya perlu modal lebih besar, resiko kalau harga pasar turun tapi saat harga tinggi akan tidak terikat oleh pabrik dengan menjual kembali ke pabrik. Beda hal nya bila model ternak kemitraan yang mempunyai kelebihan modal yang tergolong lebih rendah serta saat harga ayam di pasaran turun tetap saja hasil ternak di ambil oleh pabrik. Namun memang bila harga naik peternak terikat untuk tetap menjual ke perusahaan karena terikat kontrak.

2. Bisnis Ternak Merpati Pedaging

Untuk di beberapa daerah merpati diolah menjadi menu makanan populer. Di daerah Jogja misalnya, merpati atau burung dara goreng banyak dijajakan di warung makan atau lokasi-lokasi wisata kuliner. Hal ini membuka peluang untuk beternak burung merpati ini.

Merpati King Jumbo memiliki postur tubuh yang besar dan termasuk dalam jenis merpati pedaging
Merpati King Jumbo memiliki postur tubuh yang besar dan termasuk dalam jenis merpati pedaging

Merpati ras king merupakan salah satu jenis merpati yang bagus untuk dijadikan merpati pedaging. Karena merpati ras king memiliki kualitas daging yang bagus serta mempunyai keunggulan dagingnya yang relatif lebih tebal. Untuk pakan merpati juga tergolong murah, bila lokasi Anda di dekat pasar tradisional akan sangat membantu dengan memanfaatkan limbah pasar yang bisa dikonsumsi oleh jenis merpati ini.

3. Bisnis Ternak Kambing Pedaging

Kambing merupakan jenis hewan ternak yang melegenda sepanjang masa. Hampir semua nabi menggembala kambing. Ini menjadi bukti bahwa ternak kambing bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk melatih jiwa kepemimpinan, kesabaran, kasih sayang, ketelatenan dan masih banyak lagi manfaat ternak jenis hewan ini.

Setiap tahun kambing selalu menjadi primadona terkhusus saat Idul Adha
Setiap tahun kambing selalu menjadi primadona terkhusus saat Idul Adha

Kebutuhan akan daging kambing pun terus merangkak naik seiring dengan pertumbuhan masyarakat. Syariat Islam menyembelih kambing untuk aqiqah tentu saja di butuhkan sepanjang tahun. Dan kebutuhan kambing di waktu Idul Adha tentu saja akan melonjak naik di mana saja. Ketersedian lahan serta solusi pakan kambing yang baik menjadi poin penting dalam bisnis hewan ternak yang penuh berkah ini.

4. Bisnis Ternak Lebah Madu

Banyak yang berpikiran jika beternak lebah madu sangat rumit dan membahayakan. Pasalnya hewan lebah ini memiliki sengatan yang bisa di bilang menyakitkan. Namun sebenarnya, banyak yang belum mengetahui bahwa sengatan lebah sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Jadi salah jika kita mengira bahwa beternak madu sungguh menakutkan.

Selain madunya yang memiliki harga tinggi, lebah madu juga dapat di jadikan terapi kesehatan
Selain madunya yang memiliki harga tinggi, lebah madu juga dapat di jadikan terapi kesehatan

Cukup banyak produk yang bisa dihasilkan oleh lebah madu diantaranya cuka madu, propolis, royal jelly dan lain-lain. Harga jual yang dipasarkan juga terbilang cukup tinggi. Madu lebah murni yang asli itu harganya bisa mencapai 150.000 bahkan lebih. Ini cukup menguntungkan, karena jika kita lihat dari sisi memeliharanya cukup mudah. Lebah madu dapat mencari makanan sendiri. Biasanya lebah akan mencari makan dari tanaman-tanaman sekitar.

5. Bisnis Ternak Ayam Kampung

Tidak dapat kita pungkiri jika olahan berbahan dasar daging ayam menjadi salah satu makanan populer yang di senangi oleh semua kalangan masyarakat. Daging ayam memang memiliki ketertarikan sendiri bagi penikmatnya. Sering kita jumpai di warung makan-warung makan ataupun restoran besar yang menyediakan menu dengan bahan dasar daging ayam.

Pemeliharaan ayam kampung mudah dan harga jualnya tinggi
Pemeliharaan ayam kampung mudah dan harga jualnya tinggi

Ada beberapa jenis ayam yang biasa digunakan untuk bisnis ayam potong salah satunya yang memiliki daya tarik yaitu ayam kampung. Berbeda dengan ayam negeri, ayam kampung memiliki beberapa kelebihan diantaranya harga jual yang tinggi, kandungan gizi yang tinggi, serta pemeliharaan yang mudah.

6. Bisnis Ternak Ayam Arab

Ayam arab petelur salah satu jenis ayam penghasil telur yang saat ini mulai banyak dilirik oleh para peternak ayam petelur. Banyaknya permintaan telur ayam yang membludak, membuat ayam arab ini banyak diternakan dan di jadikan usaha. Tak kalah dengan ayam petelur yang berwarna merah atau leghorn, ayam arab bisa memproduksi telur sekitar 190-250 butir per tahunnya.

Tak kalah dengan jenis ayam petelur yang lain, ayam arab mulai banyak di lirik oleh para peternak
Tak kalah dengan jenis ayam petelur yang lain, ayam arab mulai banyak di lirik oleh para peternak

Jenis ayam arab ini mirip seperti ayam kampung, bedanya ayam arab mampu memproduksi telur sekitar 80-90%. Beternak ayam arab juga tidak terlalu banyak mengeluarkan pakan. Per satu hari biasanya ayam arab hanya membutuhkan pakan sebanyak 80 gram/ekor. Dengan perawatan yang benar serta pemberian pakan yang cukup, maka telur yang akan dihasilkan juga akan berkualitas dan laku di pasaran.

7. Bisnis Ternak Bebek Peking Pedaging

Bisa dibilang bahwa masakan berbahan dasar daging bebek semakin hari semakin banyak yang menyukai. Terbukti dengan bermunculnya rumah makan ataupun restoran yang menyediakan menu makanan utama dengan bahan dasar daging bebek. Banyak permintaan daging bebek, namun peternak belum sanggup untuk memenuhi permintaan tersebut. Dengan membuka usaha ternak bebek maka kita akan ikut membantu memenuhi permintaan yang membludak. Selain bisa membantu, kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari beternak bebek pedaging.

Bebek peking memiliki masa panen yang cepat yaitu 45 hari
Bebek peking memiliki masa panen yang cepat yaitu 45 hari

Bebek peking salah satu jenis bebek pedaging yang sangat populer di kalangan peternak. Selain dagingnya yang khas, masa panen bebek peking lumayan cepat. Pada masa pemeliharaan 45 hari bebek peking sudah dapat di panen dengan bobot 1,6 kg. Saat ini juga ada bebek peking super yang dapat dipanen usia 40 hari dan beratnya bisa mencapai 1,7-1,8 kg. Dengan bobot yang besar, tentu harga yang ditawarkan juga akan tinggi.

8. Bisnis Ternak Bebek Petelur Mojosari

Selain daging bebek, telur bebek ternyata juga digemari oleh kalangan masyarakat. Meskipun tidak sepopuler telur ayam, namun peminat telur bebek juga tak kalah banyak. Telur bebek memiliki harga jual yang tinggi, apalagi kalau kita olah menjadi telur asin. Telur bebek yang biasa di jual di pasaran yaitu jenis telur bebek mojosari.

Bebek mojosari merupakan jenis bebek petelur lokal yang sering di ternakan oleh peternak, baik peternak pemula maupun yang sudah lama
Bebek mojosari merupakan jenis bebek petelur lokal yang sering di ternakan oleh peternak, baik peternak pemula maupun yang sudah lama

Bebek mojosari merupakan jenis bebek lokal yang berasal dari Jawa Timur. Bebek ini mampu menghasilkan telur yang banyak. Peternak biasanya menggunakan sistem kandang intensif untuk memeliharanya. Beternak sistem intensif ini cukup menguntungkan, pasalnya semua aktifitas bebek berada di dalam kandang. Jadi kebutuhan pakannya tetap terpenuhi dengan baik dan alhasil bisa bertelur dengan maksimal. Selain di ambil telurnya, daging bebek mojosari bisa di jual ke pengepul. Saat bebek sudah tidak bertelur atau sudah afkir maka bisa kita jual dan kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

9. Bisnis Ternak Ayam Hias

Memelihara ayam hias saat ini salah satu hobi yang bisa menjadi ladang uang dan juga pelepas lelah. Selain cantik dan unik, ayam hias mempunyai nilai ekonomis yang bisa dibilang cukup tinggi sehingga berpeluang bagus untuk di kembangkan. Banyak jenis ayam hias yang ada di Indonesia. Contohnya ayam pheasant, kalkun, serama, poland, kapas, pelung, cochin dan masih banyak lagi. Mempunyai lahan yang sempit tidak membuat para penghobi ayam hias berkecil hati. Pasalnya jika kita kreatif maka lahan yang sempit bisa kita rubah menjadi tempat yang berguna.

Banyak jenis ayam hias yang bisa di pelihara dan di kembangbiakan
Banyak jenis ayam hias yang bisa di pelihara dan di kembangbiakan

Mempunyai hobi yang bisa berpeluang untuk mendirikan bisnis, maka kita perlu kejar peluang tersebut. Membuka bisnis ternak ayam hias dapat menjadi usaha sampingan bahkan kalau usahanya berkembang pesat tidak menutup kemungkinan menjadi usaha utama atau pokok. Sudah banyak yang membuktikan bahwa berbisnis ayam hias bisa memberikan keuntungan yang lebih bagi kita.

10. Bisnis Ternak Lele

Di bidang bisnis perikanan, ikan lele termasuk yang paling unggul dibanding jenis ikan lain terkhusus dari jenis ikan tawar. Ikan lele mudah di dapat dan cara perawatannya pun juga tidak sulit. Ada 3 jenis macam kolam untuk pemeliharaan ikan lele, yakni kolam tanah, terpal dan semen (beton).

Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak di konsumsi oleh manusia
Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak di konsumsi oleh manusia

Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan lele yang paling sering dijadikan bahan konsumsi oleh masyarakat. Hampir di semua warung makan, terutama yang buka di waktu sore sampai malam hari menyediakan menu ikan lele. Selain sebagai pelengkap nasi yang kaya akan nutrisi, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Jadi tidak heran jika peminat ikan lele sangat banyak.

11. Bisnis Ternak Kelinci

Ada dua macam jenis kelinci yang bisa Anda ternakan. Pertama jenis kelinci hias dan kedua kelinci potong/pedaging. Untuk kelinci hias, biasanya banyak dicari oleh para penghobi. Para penghobi kelinci hias akan berani untuk merogoh kocek yang besar agar bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Memang kalau dilihat dari sisi harganya kelinci hias cukup tinggi, apalagi kalau postur tubuhnya sangat unik. Selanjutkan kelinci potong/pedaging, hewan ini sering diternakkan untuk dipotong dan diambil dagingnya. Daging hewan kelinci memiliki cita rasa yang lezat dan khas.

Kelinci adalah hewan yang lucu dan imut
Kelinci adalah hewan yang lucu dan imut

Dari 2 jenis kelinci tersebut, memang ada kelebihannya masing-masing. Anda bisa mencoba salah satu atau 2 sekaligus. Peluang beternak kelinci masih sangat besar di negara Indonesia. Belum banyak yang menekuni secara serius dan skala besar.

12. Bisnis Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh atau sering disebut “manuk gemak” adalah jenis burung yang memiliki produktivitas telur tinggi. Telur burung puyuh sering di konsumsi oleh masyarakat. Selain memiliki gizi yang banyak rasanya juga tak kalah enak dengan jenis telur lainnya.

Burung puyuh dapat menghasilkan telur yang banyak
Burung puyuh dapat menghasilkan telur yang banyak

Hadirnya berbagai usaha kuliner yang kerap menggunakan olahan daging ataupun telur puyuh membuat peluang usaha ternak burung puyuh semakin menjanjikan. Dalam mengawali usaha ternak burung puyuh tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Karena untuk bibit burung puyuh sendiri harganya masih cukup terjangkau.

13. Bisnis Ternak Ayam Petelur

Telur ayam menjadi lauk pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Semakin bertambahnya jumlah penduduk membuat kurva permintaan telur ayam juga semakin meningkat. Memang tidak bisa kita elakkan bahwa telur ayam menjadi salah satu primadona di semua kalangan masyarakat. Rasanya yang enak serta dapat dikonsumsi dengan berbagai pilihan menu makanan menjadi salah satu alasannya.

Jenis ayam petelur isa brown yang biasa di gunakan oleh peternak
Jenis ayam petelur isa brown yang biasa di gunakan oleh peternak

Beternak ayam petelur bisa dibilang cukup menjanjikan juga. Dilihat dari banyaknya permintaan tentu hal ini bisa menjadi kode positif bagi para peternak pemula yang baru ingin menekuni usaha ternak ayam petelur. Ada beberapa jenis ayam petelur yang bisa diternakan, salah satu yang paling terkenal yaitu Isa Brown.

14. Bisnis Ternak Pembesaran Ayam Petelur

Banyak yang berkeinginan ternak ayam petelur namun belum sanggup untuk membeli ayam yang harganya cukup tinggi. Permasalahan ini tentu dapat kita pecahkan dengan memulai beternak ayam petelur dari usia anakan atau DOC (Day Old Chicken) ayam petelur. Harga ayam yang masih anakan lebih terjangkau daripada yang sudah besar atau dewasa.

Untuk memulai beternak ayam petelur bisa di mulai dari usia anakan atau DOC
Untuk memulai beternak ayam petelur bisa di mulai dari usia anakan atau DOC

Cukup banyak kelebihan yang bisa kita dapat saat ternak pembesaran ayam petelur. Diantaranya yaitu kita bisa mengetahui bagaimana pemberian pakan yang benar dan tingkah laku ayam tersebut dari anakan sampai dewasa. Kita juga bisa memastikan bahwa telur yang akan dihasilkan berkualitas karena kita yang memberi pakan sendiri dan pelihara sendiri.

15. Bisnis Ternak Sapi

Memiliki negara yang beriklim tropis tentu sangat cocok digunakan untuk beternak sapi. Sapi adalah hewan berkaki empat yang sering dikonsumsi dan digunakan oleh masyarakat Indonesia terkhusus umat Muslim untuk dipotong sebagai hewan qurban. Harga jual sapi yang masih hidup maupun daging sapi yang siap untuk dimasak terbilang cukup tinggi. Apalagi saat waktu hari lebaran tiba, harga daging sapi melambung tinggi di semua pasaran.

Sapi terkenal dengan hewan yang memiliki harga jual yang tinggi
Sapi terkenal dengan hewan yang memiliki harga jual yang tinggi

Membuka usaha bisnis ternak sapi ini tidak boleh sembarangan orang. Kita perlu memiliki ilmu yang cukup untuk memulai bisnis ternak sapi. Kesabaran dan ketelitian tinggi yang bisa membuat bisnis ternak sapi berhasil dan berkembang.

16. Bisnis Ternak Ikan Hias

Kegemaran setiap orang memang berbeda-beda dan beraneka ragam, contohnya yaitu ikan hias. Para pecinta ikan hias sangat tertarik dengan keindahan dan keistimewaan yang dipunyai oleh makhluk air ini. Ikan hias sering kita jumpai dan jenisnya juga beraneka ragam. Ada dua habitat dari ikan hias yakni air laut dan air tawar. Tidak ada perbedaan yang begitu mencolok antara ikan yang hidup di habitat-habitat tersebut.

Ikan hias biasa di pelihara dan di letakkan di akuarium yang sudah di lengkapi hiasan-hiasan cantik
Ikan hias biasa di pelihara dan di letakkan di akuarium yang sudah di lengkapi hiasan-hiasan cantik

Ikan hias sering kita jumpai di sebuah rumah, tujuannya yaitu untuk memperindah ruangan serta bisa sebagai pajangan rumah. Membudidayakan ikan hias tidak perlu membutuhkan lahan yang luas serta modal yang besar. Untuk memulai bisnis ternak ayam hias bisa dimulai dari skala kecil.

17. Bisnis Ternak Burung Walet

Tahukah Anda jika beternak burung walet mampu memberikan keuntungan yang besar. Burung walet adalah jenis burung yang dimanfaatkan para peternak untuk diambil sarangnya. Sarang burung walet dibuat menggunakan air liur burung walet sendiri. Cukup banyak manfaat sarang burung walet bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya menjaga kesehatan kulit, melancarkan metabolisme tubuh, menjaga sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh dan lain-lain.

Ternak sarang burung walet sebenarnya dapat memberikan keuntungan yang tinggi, namun belum banyak orang yang menekuni usaha ini
Ternak sarang burung walet sebenarnya dapat memberikan keuntungan yang tinggi, namun belum banyak orang yang menekuni usaha ini

Tidak hanya hidup di gua saja, ternyata burung walet mampu kita ternakan di rumah dengan gampang dan sederhana. Peluang ternak burung walet ini masih tinggi, pasalnya masih jarang orang yang menekuni ternak burung walet. Padalah kalau kita tahu, sarang burung walet memiliki harga jual yang tinggi. Harga sarang burung walet perkilo bisa mencapai belasan juta bahkan puluhan juta rupiah.

18. Bisnis Ternak Ikan Gabus

Ada 3 jenis ikan gabus yang ada di Indonesia. Pertama, Great Snackhead yaitu jenis ikan gabus yang memiliki tubuh yang panjangnya sampai 1 meter. Kedua Forest Snackhead yaitu ikan gabus yang panjangnya sampai 40 cm. Terakhir Channa Gacua yaitu ikan gabus yang paling kecil.

Usaha ternak ikan gabus masih terbuka lebar
Usaha ternak ikan gabus masih terbuka lebar

Meskipun tidak setenar ikan tawar lainnya, namun usaha bisnis ternak ikan gabus masih terbuka lebar. Ikan gabus memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Banyak juga camilan dan makanan yang diolah dari bahan dasar ikan gabus.

19. Bisnis Ternak Angsa

Angsa atau soang sudah tidak asing lagi kita dengar. Pemeliharaan angsa biasanya digunakan untuk angsa potong dan angsa penjaga rumah. Memang angsa terkenal dengan sifat yang galak. Jika bertemu dengan orang baru atau jahat mereka akan otomatis menyerang orang tersebut. Jadi, tak sedikit orang yang membeli angsa untuk menjaga rumah mereka dari orang jahat.

Selain sebagai hewan ternak, angsa juga bisa digunakan sebagai hewan penjaga rumah
Selain sebagai hewan ternak, angsa juga bisa digunakan sebagai hewan penjaga rumah

Meski belum banyak yang menggeluti ternak angsa, namun tentu hal ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda jika membuka bisnis ternak angsa. Saingan bisnis Anda akan sedikit dan keuntungan Anda akan banyak. Harga jual angsa juga masih terbilang tinggi. Untuk saat ini, angsa putih dewasa di bandrol mencapai 600 ribu sepasangnya.

Nah, itu dia beberapa peluang usaha ternak yang bisa Anda pilih dan Anda geluti. Memang setiap usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dengan beberapa informasi diatas di harapkan Anda bisa lebih mengetahui mana yang menurut Anda pantas dan mampu Anda kerjakan.

Semoga bermanfaat 🙂

Salam hobiternak

Kata terkait : 
ternak ayam, usaha peternakan, usaha rumahan, ayam kampung, burung puyuh, sarang walet, angsa, peluang usaha, ayam petelur, bebek 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: