Memelihara DOD

Cara Ternak Bebek Petelur Modern Untuk Menghasilkan Telur Berkualitas

Cara ternak bebek petelur modern – Cara ternak bebek petelur modern bisa dikatakan mudah, namun bisa juga dikatakan sulit. Asalkan Anda tekun dan sabar dalam perawatan, maka ternak yang dihasilkan akan berkualitas. Mengapa beternak bebek petelur menjadi pilihan? Hal itu dikarenakan jumlah permintaan telur bebek semakin meningkat seiring dengan meningkatnya variasi kuliner masyarakat.Bebek Peking

Ternak bebek petelur menjadi salah satu pilihan bisnis yang cukup menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk kandang, Anda juga bisa beternak bebek petelur di lahan sempit, namun juga harus memperhatikan jumlahnya agar bebek tidak merasa kesempitan. Selain itu, makanan bebek petelur cukup mudah ditemukan. Makanan tambahan bebek petelur bisa berupa sisa makanan, sehingga bisa mengurangi biaya pakan buatan pabrik. Sebelum beternak bebek petelur, hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu modal awal usaha ternak bebek petelur.

Tak jarang juga yang menganggap bahwa beternak bebek merupakan salah satu bisnis yang kotor karena menghasilkan lingkungan yang kurang sedap. Selalu bergelut dengan kotoran, dan baunya yang menyengat. Namun, beternak bebek petelur tidak boleh dianggap remeh. Justru beternak bebek petelur bisa dikatakan salah satu hal yang mengasyikkan, setiap pagi memungut telur,  Ditambah apabila dilakukan dengan senang hati, hasilnya bisa seperti yang diharapkan.

Saat ini beternak bebek petelur tidak hanya dilakukan di pedesaan, namun sudah banyak yang dilakukan di perkotaan. Perbedaannya yaitu dari cara perawatannya. Di pedesaan masih menggunakan sistem angon atau digembalakan, sedangkan di kota cara pemeliharaannya sudah intensif menggunakan peralatan modern dan cara ternak itik petelur tanpa air. Sistem yang mereka gunakan yaitu kandang bebek petelur sistem kering. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kondisi perkotaan yang tidak bisa jauh dari permukiman untuk menghindari polusi bau yang ditimbulkan.

cara ternak bebek petelur yang baik
Cara Tenak Itik Petelur Tanpa Air

Berikut merupakan tahapan-tahapan cara beternak itik petelur yang baik :

1. Menyiapkan kandang bebek petelur

Dalam persiapan kandang bebek petelur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

a. Lokasi Kandang

Lokasi kandang sebaiknya jauh dari permukiman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko bebek petelur stres dan juga tidak mengganggu masyarakat akibat bau yang ditimbulkan.

b. Kelembapan Area

Kelembapan yang bagus yaitu sekitar 60%

c. Penerangan yang bagus

d. Mudah menjangkau sumber air

e. Transportasi lancar untuk menjual hasil produksi

Ada beberapa jenis kandang bebek petelur, salah satunya yaitu ternak bebek petelur sistem baterai. Kandang sistem ini hampir mirip dengan kandang sistem baterai ayam petelur yaitu kandang individual. Semua kandang baterai dikumpulkan dalam satu tempat lalu diberi atap serta dindingnya dipagar dengan anyaman bambu atau kawat.

Contoh kandang bebek petelur yang baik tidak harus mahal. Anda bisa membuat kandang dari bahan yang murah, namun harus memperhatikan syarat-syarat kandang yang ideal.

2. Pemilihan Bibit Bebek Petelur yang Baik

Memilih bibit yang baik menjadi salah satu hal yang cukup penting, karena dapat menentukan kualitas nantinya. Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan bibit yang bagus yaitu membeli bibit bebek petelur di tempat yang terpercaya.

3. Perawatan Bebek Petelur

Dalam perawatan bebek petelur, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai luas kandang. Hal ini bisa Anda amati, apakah bebek bisa leluasa bergerak atau merasa kesempitan. Kandang harus dibuat nyaman, agar produksi telur yang dihasilkan bisa maksimal.

Pakan juga merupakan salah satu hal yang menentukan kualitas ternak bebek. Namun, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan pakan dengan harga yang murah. Karena jarang pakan dengan harga murah memiliki kualitas yang bagus. Tak lupa juga untuk menunjang hasil produksi, sebaiknya hewan ternak juga diberi vitamin atau suplemen.

4. Masa Pemanenan Bebek Petelur

Bebek mulai bertelur berumur sekitar 6 bulan. Bebek bertelur ketika dini hari, sehingga sebaiknya telur bebek segera diambil ketika pagi hari untuk mengurangi resiko pecah. Setelah telur bebek dipanen, Anda bisa langsung memasarkannya. Apabila ingin mendapatkan pendapatan lebih, Anda bisa membuat telur asin kemudian menjualnya. Maka keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Cara ternak bebek pedaging hampir sama dengan cara ternak bebek petelur modern, hanya beberapa hal saja yang berbeda salah satunya mengenai pakan. Mengingat tujuan ternaknya berbeda tentu jumlah pakannya juga berbeda.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
modal awal usaha ternak bebek petelur, ternak bebek petelur sistem baterai, contoh kandang bebek petelur yang baik, beternak bebek petelur di lahan sempit, cara beternak itik petelur yang baik, kandang bebek petelur sistem kering, cara ternak itik petelur tanpa air, ternak bebek pedaging,

*Duwi Kristinawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Cara Ternak Bebek Petelur Modern Untuk Menghasilkan Telur Berkualitas”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: