Pedoman Dalam Beternak Bebek Peking Sampai Panen

Pedoman dalam Beternak Bebek Peking Sampai Panen –  Bebek peking termasuk unggas yang mempunyai kemampuan tumbuh dengan pesat. Jika pada bebek jenis lain dapat dipanen pada umur 6 hingga 8 minggu, maka bebek peking dapat dipanen pada umur yang jauh lebih muda. Bebek peking mulai dapat dipanen pada umur 45 hari dengan bobot yang cukup besar yakni 1,5 kg hingga 2 kg. Bahkan salah satu peternak yang berasal dari daerah Cirebon ada yang berhasil memanen hasil ternak bebek peking pada usia 53 hari dengan bobot yanh dihasilkan 3,25 kg per ekor. Sungguh suatu pencapain yang menggembirakan.

Bebek Peking atau Pekin Duck berasal dari daratan China. Sudah sejak tahun 1873 bebek jenis ini menyebar ke benua Amerika. Bebek ini termasuk bebek dwiguna yang dapat dijadikan petelur sekaligus pedaging. Ciri khas bebek ini adalah warna bulunya yang putih, paruhnya berwarna orange dan sosoknya yang pendek, berleher pendek dan kepalanya yang besar membuat lebih mirip postur entok dibandingkan bebek. Dadanya besar dan sayapnya pendek.

Pedoman Dalam Beternak Bebek Peking
DOD Peking yang masih berusia 1 hari dan siap untuk dikembangbiakkan.

Pola Pengembangan Bebek Peking

Dengan membudidayakan bebek peking tentunya ada beberapa pola pengembangan yang didapatkan oleh peternak. Peternak bebek peking akan menjadi mandiri dan tangguh. Ada perubahan dalam pola pemeliharaan, yang biasanya peternak menggunakan sistem pemeliharaan ekstensif atau biasa dikenal dengan sistem tradisional akan dirubah ke pola pemeliharan instensif atau modern.

Selain itu budidaya bebek peking juga bisa menjadi usaha pokok masyarakat. Peternak dapat menjadi cara alternatif atau terobosan baru untuk mempercepat produksi daging yang berasal dari unggas air atau bebek ini. Semakin banyaknya peminat daging bebek di masyarakat maka akan semakin tinggi pula permintaan daging di pasaran. Sehingga dengan hal ini peternak dapat memanfaatkan peluang ini untuk menyediakan daging bebek berkuaitas yang siap diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat. 

Tujuan Budidaya Bebek Peking

Dalam menjalani sebuah usaha tentunya kita harus mengetahui tujuannya terlebih dahulu. Termasuk juga usaha pembudidayaan bebek peking ini. Banyak tujuan sekaligus manfaat dari beternak bebek peking ini, diantaranya. Peternak dapat meningkatkan penghasilan dengan beternak bebek peking pedaging ini. Dapat membantu sesama dengan cara membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang ada di pedesaan. 

Selain itu peternak juga dapat meningkatkan produksi daging bebek yang berkualitas sesuai dengan target maksimal. Pada bulu bebek peking juga dapat dimanfaatkan sebagai produk sampingan diantaranya untuk bahan pembuatan jok kursi, kemiceng, shuttlecock (kok bulutangkis) dan lain sebagainya.

Bebek Peking
Dengan banyaknya tujuan dan manfaat dari beternak bebek peking, masyarakat mulai menyadari dan mulai untuk membudidayakan bebek peking.

Sistem Pemeliharaan dalam Budidaya Bebek Peking 

1.Sistem Ekstensif

Pemeliharaan secara tradisional / diumbarkan dan mengandalkan pakan di alam. Terkadang peternak yang menggunakan sistem ekstensif juga akan melakukan angon bebek atau membebaskan bebek mencari pakan sendiri di sawah. Namun apabila Anda fokus untuk menjadikan bebek peking umur 40 hari dapat dipanen, maka sebaiknya dalam pemeliharaannya di kandangkan saja. 

2. Sistem Semi Intensif

Pemeliharaan dengan cara diletakkan di dalam kandang dan diberi pakan pada saat tertentu dilepaskan di alam liar / diumbar / digembalakan. Sistem ini juga dirasa kurang efektif untuk membentuk daging bebek karena energi dari pakan terkuras untuk gerak atau bermain. 

3. Sistem Intensif

Pemeliharan dengan cara diletakkan di dalam kandang dan diberi pakan secara teratur. Sehingga semua aktivitas bebek dilakukan di dalam kandang. Pemeliharaan ini sudah menggunakan aspek ilmiah dan teknologi yang dianjurkan dan paling cocok diterapkan untuk membuat bebek pedaging tumbuh cepat.

Pedoman Dalam Beternak Bebek Peking
Bebek Peking adalah salah satu jenis bebek pedaging unggul yang cepat panen.

Budidaya Bebek Peking

Bebek peking sebagai bebek pedaging unggul yang mempunyai pertumbuhan lebih cepat, cukup cocok dipelihara secara intensif. Dalam budidaya bebek peking ada beberapa tahapan pemeliharaan sedangkan jika budidaya penggemukan hanya ada satu tahapan pemeliharaan.

Beberapa tahapan dalam pemeliharaan Bebek Peking

1.Pemeliharaan DOD atau bibit bebek / masa starter (umur 1 – 60 hari)

Pada usia starter bebek peking sebagaiknya dipelihara di sebuah kandang tertutup atau disebut sebagai kandang boks. Didalamkandang boks ini akan dilengkapi sebuah pemanas. Pemanas ini terbuat dari lampu bohlam dengan ukuran 5 watt. Lampu ini akan berfungsi sebagai penghangat suhu tubuh dod bebek peking. Dengan diberikan lampu sebagai penghangat bebek akan selalu terjaga kesehatannya hingga memasuki usia grower.

DOD Bebek
Salah satu pemeliharaan DOD Bebek Peking usia baru saja menetas menggunakan kandang postal.

Untuk pakan yang dapat diberikan pada dod bebek peking usia starter. Peternak dapat memberikan pakan butiran yang mengandung protein dengan kandungan 19 – 21 %. Perlu diingat untuk lampu pemanas yang berada di kandang boks pada memasuki usia 14 hari sudah dapat dilepas. Tetapi jika kondisi suhu di lingkungan cukup dingin sebaginya jangan dilepas terlebih dahulu. 

2.Pemeliharaan Masa Grower (Umur 60 – 150 hari)

Setelah bebek memasuki masa grower pemeliharaan bebek bisa menggunakan kandang postal yang beralaskan sekam padi. Untuk alas kandang tersebut dapat juga terbuat dari serbuk kayu atau jerami. Kapasitas kandang per meter persegi dapat menampung bebek 10 – 15 ekor. 

Bila peternak ingin memelihara sebagai indukan maka pengaturan kandang antara jantan dan betina dapat dilakukan dengan perbandingan 1:4 atau satu jantan dengan 4 betina. Setelah itu kapasitas kandang juga dapat dapat menampung untuk ukuran 6 – 8 ekor per meter persegi. 

3. Pemeliharaan Masa Bertelur (Layer)

Bebek yang sudah berumur 5 bulan sudah dapat dipersiapkan sebagai calon jantan dan indukan. Pada umumnya bebek peking mulai bertelur pada umur 6 bulan.

Untuk pembuatan kandang ideal bentuk untuk bebek peking siap bertelur dibuat dengan sistem kandang ren (setengah terbuka). Jadi ada tempat untuk bertelur pada bagian kandang yang tertutup sedangkan pada kandang umbaran sebagai tempat bermain bebek. Pada bagian kandang juga perlu dilengkapi kolam untuk tempat pejantan membuahi betina. Rasio ini juga dapat menggunakan 1 jantan : 4 betina. Untuk kapasitas bebek dapat berjumlah 3 – 5 ekor per meter persegi.

Tahapan dalam penggemukan Bebek Peking

Untuk memelihara bebek peking dengan tujuan penggemukan dapat dipelihara sampai masa panen dan hanya mengenal 1 masa saja yaitu sejak DOD atau anakan yang baru menetas hingga siap jual. Jika anakan bebek mendapatkan pakan yang bagus dan pemeliharaan secara intensif maka dalam waktu 55 – 60 hari bebek telah berbobot 3,3 kg.

Namun sekali lagi faktor pakan dan pemeliharaan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari bebeknya. Meskipun bibit sama-sama unggul namun jika dipelihara ala kadarnya maka pertumbuhan akan lambat. Bebek pedaging lebih diprioritaskan yang berjenis jantan karena pertumbuhan lebih cepat dibandingkan betina.

Sebagai pembanding, bebek peking umur 55 – 60 hari  atau bebek peking umur 2 bulan bisa berbobot 3,3 kg. Sedangkan ayam ras pedaging umur 35 hari bobot 1,2 – 1,5 kg per ekor sehingga berat bebek peking jauh lebih unggul dibandingkan ayam ras pedaging (broiler).

Perkembangan Fisik Bebek Peking

  • Bebek peking umur 1 – 3 hari, bulu pada bebek usia ini dinamakan bulu jarum
  • Bebek peking umur 18 hari – bebek peking umur 20 hari, bulu dada pada bebek mulai tumbuh
  • Bebek peking umur 30 hari atau 35 hari sampai bebek peking umur 40 hari, bulu pada punggung bebek telah tumbuh
  • Bebek peking umur 45 hari hampir sama dengan usia 40 hari namun bulunya lebih penuh di bagian punggung
  • Bebek peking usia 50 – 60 hari, tubuhnya sudah penuh dengan bulu
  • Bebek peking usia 70 hari, sayap bebek mulai ditumbuhi bulu
  • Usia 80 – 90 hari, kedua ujung bulu sayap bertemu
  • Usia 90 – 15 hari, kedua ujung bulu sayap bertemu silang
  • Usia 110 hari, bulu kecil di dada dan punggung semua mulai rontok
  • Usia 120 hari, seluruh bulu-bulu kecil selesai rontok
  • Usia 135 hari, bulu sayap bagian dalam mulai rontok
  • Usia 145 – 150 hari, bulu yang terletak diluar sayap yang sebelumnya berwarna mengkilap maka akan berubah menjadi kusam. Serta, kedua ujung sayap bertemu kembali dan bebek mulai bertelur 1 – 2 butir dari sekitar 100 ekor.
  • Usia 205 – 220 hari, bulu kapuk di dada serta pantat akan rontok. Lalu produktivitas telur mencapai 50 %
  • Usia 2,5 tahun, pada masa ini bebek dinamakan afkir dan telah mengalami rontoh bulu secara menyeluruh di sekujur badannya.

Ketika bebek peking umur 1 bulan, idealnya sudah diletakkan dan dipindah ke dalam kandang postal. Artinya, bebek peking umur 2 minggu keatas sudah pindah ke kandang postal. Lakukanlah penimbangan ketika mendekati masa panen untuk mengetahui beratnya. Berat bebek peking umur 1 bulan idealnya adalah sekitar 700 gram. Sementara berat bebek peking umur 40 hari minimal adalah 1 kg atau 1,5 kg jika pemberian pakan diberikan secara maksimal. 

Risiko atau Kendala dalam Beternak Bebek Peking

Budidaya Bebek Peking masih didominasi pengusaha besar sedangkan peternak menengah ke bawah relatif sedikit. Tetapi kini tidak lagi, karena peternak-peternak pemula sudah banyak yang mulai membudidayakan bebek peking ini dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Permintaan daging bebek cukup tinggi dan masih mengandalkan daging import. Nah, hal ini bisa Anda jadikan peluang dengan mulai beternak bebek peking karena kebutuhan daging bebek di pasaran yang cukup tinggi. Dengan permintaan daging bebek yang cukup tinggi, peluang terserapnya di pasaran juga akan mengikuti.

Peternak menengah ke bawah masih kesulitan memasarkan daging bebek karena belum memahami jalur pemasaran daging bebek. Bagi Anda yang masih khawatir, maka Anda bisa mempelajari dahulu mengenai bagaimana strategi memasarkan daging bebek.

Penyediaan bibit bebek (DOD) masih terpusat di Pulau Jawa sehingga bagi masyarakat luar pulau Jawa masih kesulitan dalam mendapatkan bibit yang berkualitas kecuali mendatangkan bibit dari pulau Jawa. Nah bagi Anda yang berada di luar Pulau Jawa kini tak perlu khawatir lagi, karena kami hobiternak.com bisa mengirmkan DOD atau bibit bebek pedaging maupun petelur ke luar Pulau Jawa. 

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

Kata terkait :
Budidaya DOD mojosari petelur, ternak bebek secara intensif, harga DOD bebek pedaging, harga jual bibit bebek peking KW, beternak bebek hibrida, bebek lokal jantan, analisa usaha ternak bebek petelur kapasitas 500 ekor,

**Yuni Ambarwati**



      Leave a Reply

      This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

      WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP