Cara Pemeliharaan Ayam Kampung Asli Agar Menghasilkan Panen yang Bagus

Cara Pemeliharaan Ayam Kampung Asli Agar Menghasilkan Panen yang Bagus – Ayam Kampung atau Gallus Domesticus merupakan ayam yang banyak dibanyak dipelihara dalam masyarakat. Sejak zaman dahulu Ayam Kampung banyak dipelihara untuk mendapatkan daging dan telurnya. Pada awalnya Ayam Kampung dipelihara dengan Sistem Ekstensif dimana ayam dibiarkan berkeliaran dan mencari makan sendiri. Metode ini masih banyak dipergunakan oleh masyarakat yang memelihara untuk tujuan dikonsumsi sendiri. Dalam pemeliharaan ini kurang mendapatkan hasil yang optimal karena pertumbuhan dan perkembangannya tidak secepat jika dipelihara secara intensif. Untuk itu perlu kita memelihara ayam kampung dengan cara intensif agar menghasilkan panen yang bagus.

Saat ini metode pemeliharaan Ayam Kampung sudah mengalami perubahan dimana metode pemeliharaan secara tradisional mulai ditinggalkan oleh peternak profesional karena kurang efisien. Saat ini peternak mulai bergeser menggunakan pemeliharaan secara semi intensif dan intensif. Pemeliharaan secara intensif dengan cara memelihara ayam kampung dalam kandang tertutup, selalu ada kontrol peternak tentang pakan, minum, pemberian vitamin dan kain sebagainya. Sedangkan untuk semi intensif jika pemeliharaan.

Pemeliharaan AKA (Ayam Kampung Asli)
Pemeliharaan AKA (Ayam Kampung Asli)

Cara Budidaya Ayam Kampung Asli

Ayam Kampung Asli merupakan ayam yang banyak dipelihara di wilayah pedesaan. Ayam Kampung Asli (AKA) merupakan salah satu unggas yang mempunyai daya tahan lebih baik dari unggas lain, namun demikian untuk menjaga agar tidak terkena penyakit sebaiknya tetap diberikan vaksinasi. Saat ini banyak yang ingin mengetahui cara beternak ayam kampung biar cepat besar agar menghasilkan ayam kampung asli (AKA) yang dapat dipanen pada umur 2 bulan dengan bobot 7 – 9 ons.

Ayam Kampung Asli
Ayam Kampung Asli (AKA) merupakan salah satu unggas yang mempunyai daya tahan lebih baik dari unggas lain

Untuk menghasilkan hasil panenan yang bagus dan sesuai dengan target tentu hal yang harus selau diperhatikan yakni dengan pemberian pakan. Pemberian pakan yang berkualitas tentu akan menunjang pertumbuhan agar ayam kampung biar cepat besar. Berikut merupakan periode pemberian pakan ayam kampung asli dari usia starter hingga masa panen.

Untuk pemeliharaan ayam kampung asli sebenarnya hampir sama dengan pemeliharaan ayam joper dan kub. Mengingat ayam joper dan ayam kub ini juga termasuk salah satu jenis ayam pedaging yang cukup unggul dalam pertumbuhan dagingnya. 

Pakan Ayam Kampung Asli 

Pakan merupakan salah satu faktor utama yang harus selalu diperhatikan dalam dunia peternakan. Pemberian pakan yang baik serta berkualitas dapat membuat ayam kampung asli mencapai bobot yang maksimal sesuai dengan target. 

Voer
Pemberian pakan yang baik dan berkualitas akan memberikan pertumbuhan dengan hasil yang maksimal

Dalam pemberian pakan pada ayam pun terbagi menjadi beberapa tahapan. Yakni dimulai dari tahapan starter, grower dan finisher. Dalam pemberian pakan pedaging biasanya peternak memberikan pakan berupa pakan konsntrat/ butiran. Kebutuhan pakan ayam kampung asli pada per minggnya pun juga berbeda – beda. Berikut tabel kebutuhan pakan ayam kampung asli : 

Umur/ mingguKebutuhan pakan (gram/hari)
17
219
334
447
558
666
772
8 (lebih)74

Pemberian Pakan Ayam Kampung Asli (AKA) per periode 

Pada pemberianya peternak tidak melulu menggunakan pakan kosentrat/ butiran tersebut. Karena melihat harga pakan ayam kampung yang cukup tinggi, peternak dapat menyiasatinya menggunakan pakan alternatif, seperti jagung giling, dedak, bekatul, tepung ikan, daun – daun hijauan dan lain sebagainya. 

Untuk pakan campuran ayam kampung super ini peternak dapat mengunakan pakan BR 1 dengan campuran dedak dan jangung. Perbandingannya 1:3:1 untuk usia ayam 0 – 2 bulan.

Ayam Kampung Asli
Ayam Kampung Asli kini tidak lagi menjadi ayam yang memiliki masa panen lama.

Sedangkan untuk ayam kampung berusia 4 bulanan ke atas dapat diberikan pakan campuran antara layer dan dedak atau bisa menggunakan jagung dengan perbandingan 1:2. Selain itu peternak juga dapat menambahkan pakan hijauan sebanyak 20% dari kebutuhan pakannya. Pemberian pakan dapat dilakukan sebaganyak 2- 3 kali setiap harinya. Untuk lebih detailnya sebagai berikut ini : 

1. Perioder Starter (Usia 0 – 28 hari)Diberikan pakan 511 (untuk ayam pedaging) broiler 1 yang mengandung  protein 21 – 23 %
2. Periode Grower (usia 29 – 60 hari)Pemberian pakan 512 /broiler 2  atau Broiler 1 sebanyak 85 % dan jagung giling sebanyak 15 %. Pakan ini mengandung protein 15 – 20 %.
3. Perioder Finisher (usia 61 – 90 hari)Jika ingin dipelihara hingga umur 90 hari maka untuk pakan bisa diberikan berupa pakan untuk BR1 sebanyak 75 % dan bekatul/ jagung kuning giling 25 %.

Ayam Kampung Asli pada umur lebih dari 60 hari mulai dapat dipanen dengan bobot bervariasi tergantung pola pakan dan pemeliharaan. Ayam ini umumnya dipanen pada umur 60 – 70 hari. Berat pada saat di panen untuk jantan sekitar 800 gram sedangkan untuk betina beratnya sekitar 500 gram.

Kandang Untuk Ayam Kampung Asli

1.Kandang Starter usia 1 – 2 minggu 

Kandang starter untuk anakan ini biasanya berbentuk boks serta memiliki alat pemanas didalamnya. Pemanas in biasanya berupa lampu berukuran 5 – 10  watt yang berfungsi sebagai penghangat bagi DOC. Untuk ukuran kandang per 100 ekornya yaitu 2 x 2 x 0,4m. 

kandang ayam kampung asli
Pemberian lampu pada kandang boks ayam kampung asli berfungsi untuk memberikan kehangatan bagi DOC

2.Kandang Grower 2 minggu – masa panen 

Kandang grower ini meruapakan kandang pemebesaran yang biasanya terbuat dari bambu, papan atau dinding semen. Bentuk dari kandang ini terdiri dari berbagai macam kandang, tergantung pada tujuan pemeliharaan. 

Jika peternak menginginkan pemeliharaan dengan jumlah yang banyak maka dapat menggunakan kandang postal litter, kandang cage atau kandang panggung. Sedangkan untuk kandang setengah terbuka biasanya digunakan untuk memelihara ayam dengan cara semi intensif.

Tetapi agar memberkan hasil yang terbaik, peternak dapat menggunakan pemeliharaan dengan cara intensif dengan kandang yang digunakan jenis kandang postal litter dan kandang cage/ panggung. 

a. Kandang Postal 

Kandang postal ini digunakan untuk pembesaran ayam usia lebih dari 2 minggu. Ukuran kandang ini pun kurang lebih 5 m x 3 m untuk memuat ayam 100 ekor. Sedangkan untuk tinggi tiang kandang sekitar 3 m. Untuk lantainya, peternak dapat menggunakan sekam padi, serbuk gergaji dan kapur. Untuk ketebalan sekam sendiri 5 – 10 cm, peternak perlu membalikan sekam selama 3 – 4 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar menghindarkan kelembapan pada sekam akibat tumpahan air minum pada ayam. Sekam yang basah akan mudah ditumbuhu jamur. 

Model Kandang Ayam Petelur Tipe Postal atau Koloni
Salah satu contoh kandang postal untuk pemeliharan DOC Ayam

Kandang postal ini terdiri dari beberapa blok yang diberi pembatas berdasarkan elompok usia. Sekat ini dapat digeser untuk menyesuaikan kapasitas ayam yang dipelihara. Dalam pembuatan kandang ini juga membutuhkan modal yang cukup terjangkau. 

b. Kandang Panggung 

Kandang panggung ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan kandang postal. Perbedaanya terdapat pada lantainya yang tidak menyentuh tanah secara langsung. Jarak antara tanah dengan lantai kandang sekitar 1 – 1,5 m, memiliki tinggi rangka atau dinding kandang sekitar 1,5 – 1,6 m. 

Jarak antara bilah bambu dan bilah lainnya berjarak 1,5 cm – 2 cm. Ukuran iki memang dibuat agak rengang supaya memberikan kemudahan bagi udara agar bebas keluar masuk. Tetapi pada dinding luar kandang sebainya diberikan plastik terpal atau penutup lainnya agar malam yang dingin tidak masuk kedalam kandang. 

Kandang Panggung
Salah satu contoh kandang panggung untuk pemeliharan Ayam Kampung Asli fase Grower

Untuk pemberihan kandang panggung ini pun cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. 

Berapakah Harga Kampung Asli Terbaru ?

Ayam Kampung Asli atau disebut sebagai ayam jawa, saat ini memang telah banyak diminati oleh masyarakat. Citarasa yang dihasilkan ayam jawa ini cenderung berbeda dengan jenis ayam lainnya. Untuk harga doc ayam aka ini cenderung terjangkau. Berikut untuk daftar harga Ayam Kampung Asli di setiap daerah 

Daftar Harga Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Jawa 

Ayam Kampung Asli (biasa)Rp. 6.700
Ayam Kampung Asli (super)Rp. 8.500

Daftar Harga Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Sumatera

Peta Pulau Sumatra
Daftar Harga DOC Ayam Kampung Asli untuk Puau Sumatra
BATAM9.200
LUBUK LINGGAU8.900
PALEMBANG9.100
PEKANBARU9.400
LAMPUNG8.900
PADANG9.400
PANGKALPINANG9.500
BENGKULU9.200
JAMBI9.500
TANJUNG PANDAN9.500
MEDAN9.900
MUARO BUNGO8.900
TANJUNGPINANG9.400
ACEH11.200
SILANGIT10.500

Daftar Harga Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Daftar Harga DOC Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Kalimantan
BANJARMASIN9.000
PALANGKARAYA8.600
SAMPIT9.800
BALIKPAPAN9.700
PANGKALAN BUN8.800
PONTIANAK9.000
TARAKAN9.800
BERAU9.900

Daftar Harga Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi
Daftar Harga Ayam Kampung Asli Pulau Sulawesi
LOMBOK8.500
MAKKASAR9.600
BIMA12.000
PALU11.500
GORONTALO12.600
KENDARI11.400
LUWUK10.000
KUPANG10.300
MANADO11.000
AMBON11.600
TERNATE11.000

Daftar Harga Ayam Kampung Asli Wilayah Pulau Papua

Pulau Papua
Daftar Harga Ayam Kampung Asli Pulau Papua
MANOKWARI12.700
BIAK14.400
JAYAPURA14.000
MERAUKE15.100
SORONG13.100
TIMIKA14.700

Beternak Ayam Kampung Asli saat ini peluangnya cukup bagus karena permintaannya yang tinggi. Harga cukup stabil dan penggemar Ayam Kampung Asli tetap banyak meskipun saat ini banyak terdapat ayam potong atau Ayam Broiler. Dengan begitu peternak tidak perlu khawatir dengan pemasarannya karena ada yang mau menampung hasil panen.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC ayam kampung asli dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : budidaya DOC ayam kampung asli, pakan ayam, masa panen ayam kampung asli, kandang ayam, harga DOC ayam kampung asli, analisa usaha beternak ayam kampung asli untuk 100 ekor, kandang untuk pemeliharaan ayam kampung asli, ayam kub, ayam joper, cara beternak ayam kampung biar cepat besar

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: