Ayam Kampung AKA

Cara Pemeliharaan Ayam Kampung Asli Agar Menghasilkan Panen yang Bagus

Ayam Kampung AKA ( Ayam Kampung Asli)- Ayam Kampung atau Gallus Domesticus merupakan ayam yang banyak dibanyak dipelihara dalam masyarakat. Sejak zaman dahulu Ayam Kampung banyak dipelihara untuk mendapatkan daging dan telurnya. Pada awalnya Ayam Kampung dipelihara dengan Sistem Ekstensif dimana ayam dibiarkan berkeliaran dan mencari makan sendiri. Metode ini masih banyak dipergunakan oleh masyarakat yang memelihara untuk tujuan dikonsumsi sendiri. Dalam pemeliharaan ini kurang mendapatkan hasil yang optimal karena pertumbuhan dan perkembangannya tidak secepat jika dipelihara secara intensif. Untuk itu perlu kita memelihara ayam kampung dengan cara intensif agar menghasilkan panen yang bagus.

Saat ini metode pemeliharaan Ayam Kampung sudah mengalami perubahan dimana metode pemeliharaan secara tradisional mulai ditinggalkan oleh peternak profesional karena kurang efisien. Saat ini peternak mulai bergeser menggunakan pemeliharaan secara semi intensif dan intensif. Pemeliharaan secara intensif dengan cara memelihara ayam kampung dalam kandang tertutup, selalu ada kontrol peternak tentang pakan, minum, pemberian vitamin dan kain sebagainya. Sedangkan untuk semi intensif jika pemeliharaan.

Ayam Kampung AKA
Ayam Kampung Asli

Cara budidaya ayam kampung asli

Ayam Kampung Asli merupakan ayam yang banyak dipelihara di wilayah pedesaan. Ayam Kampung Asli (AKA) merupakan salah satu unggas yang mempunyai daya tahan lebih baik dari unggas lain, namun demikian untuk menjaga agar tidak terkena penyakit sebaiknya tetap diberikan vaksinasi.

Saat ini banyak yang ingin mengetahui cara pemeliharaan agar menghasilkan ayam kampung asli (AKA) yang dapat dipanen pada umur 2 bulan dengan bobot 7 – 9 ons.

Pemberian pakan Ayam Kampung Asli (AKA) adalah sebagai berikut :

Umur starter (DOC hingga umur 28 hari)

Diberikan pakan 511 (untuk ayam pedaging) broiler 1 yang mengandung  protein 21 – 23 %

Periode Finisher (umur 29 hari hingga umur 60 hari)

Pemberian pakan 512 /broiler 2  atau Broiler 1 sebanyak 85 % dan jagung giling sebanyak 15 %. Pakan ini mengandung protein 15 – 20 %.

Periode Finisher 2 (umur 61 – 90 hari)

Ayam Kampung Asli pada umur lebih dari 60 hari mulai dapat dipanen dengan bobot bervariasi tergantung pola pakan dan pemeliharaan. Jika ingin dipelihara hingga umur 90 hari maka untuk pakan bisa diberikan berupa pakan untuk BR1 sebanyak 75 % dan bekatul/ jagung kuning giling 25 %.

Ayam Kampung Asli dapat dipanen pada umur 60 – 70 hari. Berat pada saat di panen untuk jantan sekitar 800 gram sedangkan untuk betina beratnya sekitar 500 gram.

DOC Ayam Kampung Asli (AKA)

Kandang untuk ayam kampung asli

Jika kita memelihara secara intensif maka perlu 2 jenis kandang yaitu

  • Kandang pemeliharaan DOC Ayam Kampung Asli.

Kandang ini mempunyai fasilitas lampu pemanas yang hidup selama 24 jam. Untuk Kandang berbentuk boks dan dalam 1 meter persegi bisa muat 60 ekor. Kandang ini bisa digunakan hinggga umur 3 minggu. Setelah 3 minggu dapat dipindahkan ke kandang pembesaran.

  • Kandang pembesaran ayam kampung asli.

Untuk tipe kandang ini bisa berbentuk postal atau kandang ren. Kandang ini dapat digunakan dari umur 3 minggu hingga masa panen umur 70 hari. Kapasitas kandang per meter bisa mencapai 8 – 12 ekor.

Dalam beternak Ayam Kampung Asli jika mendapatkan telur yang berasal dari peternak yang berbeda ada beberapa tantangan diantaranya :

  1. Stok telur ayam kampung asli tidak stabil
  2. Telur yang dibeli dari peternak tidak diketahui hasil dari pembuahan atau tidak
  3. Pejantan tidak diketahui keturunannya
  4. Pertumbuhannya mempunyai kemungkinan tidak merata (karena berbeda keturunan)
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Beternak Ayam Kampung Asli saat ini peluangnya cukup bagus karena permintaannya yang tinggi. Harga cukup stabil dan penggemar Ayam Kampung Asli tetap banyak meskipun saat ini banyak terdapat ayam potong atau Ayam Broiler. Dengan begitu peternak tidak perlu khawatir dengan pemasarannya karena ada yang mau menampung hasil panen.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC ayam kampung asli dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

Kata terkait:
Budidaya DOC ayam kampung asli, beternak ayam asli di lahan sempit, masa panen ayam kampung asli, tantangan beternak ayam kampung asli, harga DOC ayam kampung asli, analisa usaha beternak ayam kampung asli untuk 100 ekor, kandang untuk pemeliharaan ayam kampung asli

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC AKA
No HP
081220288686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.