Mengenal 21 Jenis Kelinci Hias di Indonesia

Mengenal 21 Jenis Kelinci Hias di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa jenis kelinci yang sangat beragam, pada umumnya kelinci di Indonesia memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding dengan jenis kelinci yang ada di negara-negara benua eropa dan amerika, meskipun begitu kelinci di Indonesia juga tidak kalah menarik dengan kelinci-kelinci yang ada di luar negeri, memang kelinci indonesia memiliki ukuran atau postur tubuh yang lebih kecil namun hal ini akan terlihat lebih lucu dan mungil.

Kelinci adalah sejenis hewan mamalia yang tergolong menarik dan lucu, setiap jenisnya hewan ini memiliki warna yang berbeda-beda dan sangat beragam diantaranya hitam, putih, hitam putih, coklat , bintik-bintik putih, biru, oranye dan campuran kombinasi warna lainnya selain itu kelinci juga memiliki mata yang lucu warna mata kelinci juga beragam seperti hitam, merah dan biru. Hewan mamalia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1912.

Kelinci Fuzzy Lop Albino
Kelinci Fuzzy Lop Albino

Ada berapa jenis kelinci yang ada di Indonesia?

Berikut beberapa jenis kelinci yang ada di Indonesia

  • Kelinci Himalayan

Meskipun jenis kelinci ini bukan berasal dari Indonesia, namun kelinci himalaya ini banyak dicari dan digemari di Indonesia. Kelinci ini juga disebut dengan kelinci cina atau rusian. Bulu kelinci ini berwarna putih dan pada saat kelinci sudah dewasa pada bagian moncong, kuping dan matanya akan berwarna merah muda. Pada awalnya kelinci himalayan memiliki berat badan kisaran 2,5 kg-4,5 kg. Namun seiring perkembangannya banyak terjadi penyilangan yang menghasilkan kelinci himalayan yang memiliki berat badan yang mini yaitu sekitar 1 kg.

Kelinci Himalayan
Kelinci Himalayan

Tipe kelinci himalayana ini tidur disiang hari dan aktif pada malam hari.

  • Kelinci New Zealand

Kelinci ini juga bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari New Zealand namun diIndonesia keberadaannya sangat berkembang, beberapa jenis kelinci ini sangat beragam seperti Kelinci new zealand red, kelinci new zealand black, kelinci new zealand white. Untuk warna bulunya sama seperti jenis namanya yaitu merah, hitam dan putih.

  • Kelinci Rex

Kelinci rex memiliki cirikhas bulu yang halus dan lembut seperti beludru. Kelinci ini pertama kali ditemukan di Perancis pada tahun 1919 namun secara resmi jenis kelinci ini mulai diakui ketika ada pertunjukan kelinci yaitu pada 1924. Setelah itu kelinci ini berkembang di Amerika Serikat.

Kelinci Rex Jantan
Kelinci Rex Jantan
  • Kelinci Dutch

Kelinci Dutch juga dikenal dengan sebutan kelinci Belanda, kelinci ini memang berasal dari negara Belanda. Kelinci ini memiliki cirikhas bulunya yang pendek dan beragam warna seperti hitam putih, abu-abu, cokelat atau perpaduan warna lainnya. bulu yang terdapat tubuhnya melingkar seperti pelana. Seperti warna pada punggung sampai lehernya yang melingkar berwarna putih, kemudian pada bawah punggung sampai paha berwarna cokelat tetapi kaki berwarna putih.

Kelinci Dutch
Kelinci Dutch
  • Kelinci Flemish Giant

Cirikhas kelinci ini memiliki postur tubuh yang besar, bahkan bila diberi pakan yang khusus berat badannya bisa melebihi ukuran pada umumnya. dahulu jenis kelinci ini hanya dikembangkan di negara Inggris karena untuk memenuhi permintaan daging yang banyak, namun seiring perkembangannya kelinci ini berkembang dibeberapa negara yaitu di negara-negara Eropa.Kelinci flemish giant pertama kali ditemukan di negara Argentina pada tahun 1860. memiliki warna yang bermacam-macam diantaranya hitam, biru, coklat kuning muda dan warna terang seperti pasir.

Kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant
  • Kelinci Anggora

Jenis kelinci anggora memiliki jenisnya yang beragam diantaranya French Anggora, German Anggora, Satin Anggora, English Anggora dan masih banyak lagi. Jenis anggora ini memang terkenal indah. Warna bulunya juga sangat beragam diantaranya putih, hitam, coklat, bintik-bintik putih, agoutin, biru, oranye dan kombinasi warna lainnya. kelinci anggora memiliki sifat yang lembut, jenis kelinci yang satu ini memang senang bila disayang oleh peternaknya. Jenis kelinci ini memang tipenya senang disisir.

Kelinci English Anggora
Kelinci English Anggora
  • Kelinci American Sable

Awal munculnya american sable yaitu pada tahun 1924 kemudian mulai popular pada tahun 1970, setelah itu pada tahun 1970 kelinci ini mulai diakui. Cirikhas kelinci yang satu ini memiliki warna bulu coklat sephia pada bagian kepala dan kaki lebih condong berwarna gelap hingga terlihat seperti berwarna hitam. Untuk ukuran tubuhnya tidak terlalu besar bila dibanding dengan jenis kelinci lainnya. warna bulunya yang coklat ini membuat kelinci american sable ini terlihat exotic.

Kelinci American Sable
Kelinci American Sable
  • Kelinci Harley Quin

Diantara beberapa jenis kelinci yang ada, kelinci harley quin memiliki cirikhas tersendiri . bulunya tergolong unik yaitu perpaduan warna yang terlihat belang-belang. Macam-macam warna bulunya seperti hitam, putih, coklat dan coklat muda memang terlihat unik dan indah.

Kelinci Harley Quin
Kelinci Harley Quin
  • Kelinci Mini Lion

Kelinci mini lion adalah jenis kelinci yang berasal dari inggris. Bentuk tubuh kelinci ini mirip dengan bentuk tubuh singa warna pun juga mirip warna bulu singa, sebenarnya mini lion keturunan dari kelinci anggora, namun secara fisik sama sekali tidak mirip dengan anggora hal inilah yang membuat jenis kelinci lebih dinamai mini lion karena tubuhnya yang mirip dengan meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil.

  • Kelinci Havana

Jenis kelinci ini terlihat berbeda dengan jenis kelinci lainnya, sifat kelinci havana memiliki bulu yang lembut dan mengkilat. Selain itu juga memiliki cirikhas lainnya diantaranya

  1. Memiliki kaki yang cenderung pendek namun berotot
  2. Kelinci havana memiliki leher yang sangat pendek bahkan sampai terlihat seperti tidak memiliki leher
  3. Untuk ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar
  • Kelinci Netherland Drawft

Jenis kelinci ini pertama kali ditemukan pada tahun 1940 dan dikembangkan oleh J. Meijerig C.W Calcar diberbagai negara termasuk Indonesia. Kelinci ini termasuk jenis kelinci yang berukuran mini bahkan berat badannya kurang dari 1 kg. ukuran tubuh kelinci ND lebih kecil dibanding dengan kelinci pada umumnya, bahkan ukuran lehernya pun sangat pendek sehingga terlihat seperti tidak mempunyai leher. Bulu ditubuhnya biasanya berwarna hitam, namun ada juga yang berwarna putih yang biasa diternakkan.

Kelinci Netherland Drawft
Kelinci Netherland Drawft
  • Kelinci American Fuzzy Lop

Kelinci american fuzzy lop adalah kelinci yang ukuran tubuhnya sangat mini, bulunya memang mirip dengan kelinci anggora akan tetapi panjang tubuhnya melebihi kucing anggora, dan tipe bulunya mudah kusut itulah kelinci ini dinamai dengan fuzzy lop.

Kelinci American Fuzzy Lop
Kelinci American Fuzzy Lop
  • Kelinci Holland Lop

Kelinci holland lop adalah jenis kelinci yang memiliki keunikan pada bagian hidung dan telinganya, yang pada umumnya kelinci memiliki telinga yang tegak, tetapi untuk jenis kelinci ini memiliki telinga yang jatuh dan hidung yang dimilikinya juga pesek sehingga saat dilihat akan terlihat lucu dan menggemaskan. Ukuran tubuh yang dimilikinya juga tidak terlalu besar yaitu antara 21-23 cm. Kelinci holland lop memiliki warna bulu yang bervariasi.

Kelinci Holland Lop Jantan
Kelinci Holland Lop Jantan
  • Kelinci Tan

Pertama kali jenis kelinci ditemukan pada tahun 1880 di Inggris didaerah Culland. Dibanding dengan kelinci lainnya, jenis kelinci Tan memiliki sifat yang penakut, padahal jika dilihat sebenarnya kelinci Tan ini memiliki postur tubuh yang gagah.

Kelinci Tan
Kelinci Tan
  • Kelinci English Spot

Kelinci english spot juga sering disebut dengan english rabbit, kelinci ini adalah hasil dari persilangan berbagai jenis kelinci. dari persilangan yang dihasilkan akan membentuk variasi warna bulunya.

Kelinci English Spot Merah
Kelinci English Spot Merah

  • Kelinci Satin

Kelinci satin memiliki banyak variasi warna, kelinci ini berasal dari negara Amerika Serikat, dengan berat badan 3-5 kg. hewan ini memiliki cirikhas bulunya yang tebal dan setiap jarak bulunya begitu rapat, bentuk kepala agak bulat, telinga panjang.

  • Kelinci English Anggora

Jenis kelinci english anggora adalah satu dari jenis kelinci anggora yang berasal dari berbagai negara didunia. seperti namanya english anggora berasal dari negara inggris, sebenarnya antara english anggora dengan anggora hampir sama, bedanya hanya terdapat pada yang lebih panjang bila dibanding dengan kelinci anggora.

Kelinci English Anggora Betina
Kelinci English Anggora Betina
  • Kelinci Drawft Hotot

Jika dilihat dari fisiknya kelinci drawft hotot memang sangat cantik, bulunya yang berwarna putih dengan sedikit hiasan warna hitam pada bagian membuat kelinci ini terlihat anggun, selain itu hotot memiliki cirikhas lingkaran hitam yang terdapat disekitar mata.

Kelinci Hotot Drawft
Kelinci Hotot Drawft
  • Kelinci French Lop

Dari namanya saja sudah terlihat, jenis kelinci french lop ini berasal dari negara Perancis. Rata-rata berat badan yang dimiliki kelinci french lop yaitu 12 kg, untuk ukuran berat badan kelinci memang tergolong besar, namun bagi para peternak yang ingin memulai beternak kelinci, jenis kelinci french lop termasuk jenis kelinci yang ramah.

  • Kelinci English Lop

Kelinci ini berasal dari negara Inggris, berat badannya bisa mencapai 11 kg, telinganya besar sehingga terlihat sangat lucu.

  • Kelinci Polish

Kelinci polish adalah tipe kelinci pedaging karena di negara-negara Eropa kelinci polish ini memang terkenal sebagai kelinci pedaging. Kelinci ini berasal dari benua eropa yaitu dinegara inggris.

Kelinci Polish
Kelinci Polish

 Dan jika anda menginginkan kelinci, jualayamhias.com menyediakan kelinci dengan berbagai jenisnya. Silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait :

Kelinci, Jenis Kelinci, Kelinci Hias, Kelinci Eropa, Kelinci Amerika, Ternak Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Hias, Jual Kelinci Pedaging, Jual Kelinci Hias, Harga Kelinci Pedaging, Harga Kelinci Hias

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: