Ternak Ayam VS Ternak Lele, Untung Mana ?

Ternak Ayam VS Ternak Lele, Untung Mana ? – Beternak merupakan suatu kegiatan yang saat ini banyak dilakukan masyarakat, baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Dengan beternak manfaat yang akan didapatkan pun mulai dari produksi daging, telur, kulit, susu serta bulu tergantung pada jenis hewan yang akan diternakkan. 

Membicarakan tentang beternak tentu peluang usaha ini masih terbuka lebar bagi wirausahawan baru. Bahkan kebutuhan bahan pokok hewani di Indonesia terus mengalami peningkatan di setiap tahunya. Salah satu yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat adalah daging ayam kampung. Daging yang dihasilkan dari ayam kampung ini dipercaya memiliki citarasa, gizi, vitamin dan khasiat yang berbeda dibanding dengan ayam negeri. 

Disamping beternak Ayam ternyata ternak lele juga bs=isa menjadi usaha sampingan
Disamping beternak Ayam ternyata ternak lele juga bisa menjadi usaha sampingan

Ayam kampung memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni sekitar 70 – 75 hari panen. Tetapi seiring dengan perkembangnya zaman dan adanya inovasi – inovasi terbaru dari beberapa pakar. Saat ini telah hadir jenis ayam kampung yang memiliki masa panen cukup singkat yakni sekitar 55 – 60 hari panen. Ayam ini biasa disebut sebagai ayam joper atau ayam kampung super. 

Ternak Ayam VS Ternak Ikan Lele

Ada sebagai wirausaha tentu ingin menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi bukan dengan beternak ? Tentu semua peternak pasti menginginkan hasil panen yang maksimal dan keuntungan yang tinggi pula. Jika dilihat pada perkembangan teknologi yang semakin maju, maka peluang beternak ayam kampung ini masih terbuka cukup lebar untuk dikembangkan. Dengan beternak ayam kampung super ini Anda juga bisa loh mengembangkan usaha lain, yakni dengan beternak lele. 

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang keuntungan ternak ayam dan ternak lele. Kedua jenis hewan ini memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi loh. Tidak mengherankan jika permintaan diantara daging ayam dan lele setiap harinya cukup mengalami kenaikan. Jika digabungkan antara ternak ayam dan lele manakah yang lebih menguntungkan ?

Keunggulan Ternak Ayam Kampung Super dan Ikan Lele

Keberadaan ayam saat ini sudah cukup terkenal baik di pasaran tradisional dan modern. Kebutuhan ayam yang kian meningkat setiap tahunya memberikan pertanda bahwa peminat daging ayam di masyarakat masih memiliki daya serap yang tinggi. Jenis ayam yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat adalah jenis ayam kampung super. 

Keunggulan pada ayam joper adalah cepat di panen yakni hanya dalam waktu 2 bulan saja dan juga harga di pasaran cenderung stabil.
Keunggulan pada ayam joper adalah cepat di panen yakni hanya dalam waktu 2 bulan saja dan juga harga di pasaran cenderung stabil.

Adapun keunggulan yang dimiliki ayam joper ini sebagai berikut : 

  1. Ayam Joper memiliki masa panen yang singkat dibanding dengan jenis ayam kampung lainnya. Mulai dari usia anakan atau DOC hingga masa panen. Ayam ini hanya membutuhkan waktu sekitar 55 – 60 hari panen. Dengan bobot yang dihasilkan mulai dari 0,8 – 1,1 kg. Bahkan tidak menutup kemungkinan bobot joper bisa melebihi target tersebut. 
  2. Citarasa yang dimiliki daging ayam joper lebih enak dan lebih padat jika dibanding dengan ayam kampung biasa. 
  3. Daya tahan tubuh ayam joper relatif lebih tinggi. Sehingga ayam joper dapat terhindar dari serangan berbagai penyakit. Selain itu ayam joper juga mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan baik. Kematian ayam joper dapat dikatakan hanya sebesar 5 % saja. 
  4. Metode pemeliharaan ayam kampung super ini cenderung lebih mudah, terutama dalam hal pemberian pakan dan pembuatan kandang. 

Selain beternak ayam yang saat ini dinilai cukup populer di masyarakat. Ternyata ternak lele juga memiliki prospek yang bagus untuk dijalankan. Sama halnya dengan daging ayam, ikan lele pun juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Daging ikan ini memiliki rasa yang enak, kaya akan nutrisi dan tentunya harganya pun relatif terjangkau. Olahan ikan lele ini memiliki permintaan yang cukup besar di daerah kota – kota besar. Anda sebagai peternak [un tentu dapat memanfaatkan peluang baik ini bukan. Berikut merupakan keunggulan ternak ikan lele : 

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan tubuh baik dan tidak mudah terserang penyakit
Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan tubuh baik dan tidak mudah terserang penyakit

Keunggulan beternak Ikan Lele 

  1. Ikan lele mudah beradaptasi. Ikan lele ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya. Pemeliharaan ikan lele pun dapat dilakukan di kolam yang dilapisi semen, terpal atau sekedar tanah atau empang.
  2. Memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Lendir yang terdapat pada tubuh ikan lele inilah yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kekebalan tubuhnya, sehingga dapat menekan jumlah angka kematian yang ada.
  3. Penyedia bibit ikan lele yang berkualitas, mudah untuk dicari dan memiliki harga yang murah. Di setiap daerah penyedia bibit ikan lele sudah banyak tersebar. Maka sangatlah mudah untuk memperoleh bibit ikan lele yang berkualitas. Dan tak perlu modal banyak untuk memulai usaha untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
  4. Masa panen yang relatif singkat. Ikan lele memiliki masa panen yang relatif cepat, yakni sekitar 2-3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut takaran panen ikan lele 1 kg dapat berjumlah 7 – 8 ekor. 

Memanfaatkan Kandang Panggung untuk Ternak Ayam Kampung dan Ikan Lele

Saat ini banyak inovasi baru yang telah berkembang di masyarakat mengenai beternak ayam dan lele. Beternak ayam dengan menggunakan kandang panggung pun mulai banyak dilakukan. Selain membuat kandang ayam menjadi bersih karena kotoran ayam yang langsung jatuh ke bawah dan mengurangi limbah yang dihasilkan oleh peternak ayam.  Ternyata ada manfaat lain loh yang bisa kita gunakan. Apakah itu ? 

Manfaat ini yakni dengan membuat kolam ikan tepat dibawah kandang panggung. Mengapa memilih ikan lele untuk diternakkan di bawah kandang panggung ? Karena ikan lele memiiki daya tahan tubuh yang bagus. Bahkan lele dapat bertahan hidup di kualitas air yang kurang baik juga loh. Selain itu lele pun juga dapat diberikan pakan selain pelet. Metode pemeliharaan lele pun juga cukup mudah diterapkan di semua kalangan masyarakat. 

Beternak Ayam dan Lele merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat
Beternak Ayam dan Lele merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat

Pembuatan kandang panggungini dibangung dengan ketinggian minimal 1,5 meter dari kedalaman kolam lele. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara lancar sehingga mencegah lantai kandang menjadi lembab akibat pengaruh kolam. 

Kotoran Ayam untuk Pakan Ikan Lele 

Memanfaatkan kotoran ayam sebagai pakan ikan lele pun juga salah satu bagian dari peternakan terpadu. Serta dapat mengurangi produksi limbah peternakan yang dihasilkan oleh ternak ayam kampung super. Pada kotoran ayam tersebut ternyata juga mengandung kandungan nutrisi cukup tinggi yang tidak terserap oleh pencernaan si ayam. Maka biasanya peternak memanfaatkan peluang ini untuk membudidayakan ikan lele dibawah kandang panggung. 

Selain dapat diberikan limbah tersebut, lele juga dapat diberikan pakan berupa pelet. Hal ini agar bertujuan untuk mendukung pertumbuhan lele mencapai bobot maksimal. Tetapi pertenak juga harus memperhatikan siklus pembuangan air di kolam tersebut. Usahakan agar air di dalam kolam dapat berjalan dengan lancar untuk mengurangi kepekatan kadar amonia yang terdapat pada air untuk menjaga lingkungan hidup ikan lele. 

Ikan lele memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni sekitar 2 - 3 bulan
Ikan lele memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni sekitar 2 – 3 bulan

Keuntungan Budidaya Ikan Lele sebagai usaha sampingan ternak Ayam Kampung Super 

Dengan memanfaatkan kandang panggung sebagai usaha ternak ayam dan lele di bawahnya tentu ada beberapa hal yang dapat menguntungkan bagi peternaknya. Apa sajakah itu ? berikut point – poinnya : 

  1. Efisiensi dalam penggunaan lahan. lebih ekonomis dan menguntungkan. Hal ini dikarenakan peternak dapat mendapatkan dua hasil sekaligus yakni dengan daging ayam dan ikan lele tersebut. 
  2. Dapat menghemat pengeluaran pakan ikan lele. Karena pakan ikan ini berasal dari kotoran ayam dan sisa pakan yang jatuh ke dalam kolam.
  3. Kotoran ayam yang jatuh ke dalam kolam pun dapat memicu perkembangan plankton. Plankton inilah yang akan menjadi makanan ikan lele. 
  4. Kandang dengan sistem seperti  ini juga dapat mengurangi bau kandang yang menyengat. 

Kesimpulan 

Alangkah baiknya dalam memilih antara ternak ayam kampung super atau lele, maka Anda harus mempertimbangkan berbagai hal seperti yang kami sampaikan diatas mengenai keunggulan beternak dari kedua sisi, ayam dan lele. 

Selain itu, perhatikan pula dari segi modal dan kesiapan diri Anda. Jangan lupa untuk tetap terus belajar dari peternak satu dan peternak lain untuk mendapatkan ilmu atau belajar dari sumber di dunia internet pun bisa. Lihat pula dari segi pangsa pasar di sekitar Anda apakah lebih optimal untuk ternak ayam ataupun lele.

Bagi anda yang ingin merintis peluang usaha ini. Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam Kampung Super (joper) dan berbagai jenis bibit ikan lele. Kami siap melayani dan mengirimkan ke berbagian wiliyah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam kampung, cara ternak ayam kampung super, kandang ayam kampung, budidaya ayam kampung, ternak ikan, ternak ikan lele, keunggulan ternak ayam, keuntungan ternak lele, ternak ayam, cara mudah ternak lele, peluang bisnis, peluang ternak ayam, peluang ternak lele

Image Sources :

  • Panen ikan lele: bibitikan.net

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: