Mengenal 10 Sifat Kelinci dan Karakteristik yang di Miliki

Pada dasarnya setiap makhluk hidup tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda – beda. Mulai dari manusia, tumbuhan, hewan dan benda – benda lainnya. Sesuai dengan judul artikel diatas kami akan membasa tentang sifat – sifat kelinci yang perlu anda ketahahu dan pelajari sebelum memutuskan untuk beternak kelinci.

Kelinci merupakan mamalia dari kelas Leporidae yang banyak terdapat di seluruh belahan bumi, terutama di daratan Afrika dan Eropa. Hewan ini termasuk jenis hewan liar yang biasa hidup di hutan, sabana atau dataran yang sangat luas. Namun, dapat kita ketahui bahwa saat ini keberadaan kelinci sudah sangat mudah ditemukan. Persebaran kelinci pun sudah sangat pesat dan terdiri dari berbagai jenis kelinci yang berbeda – beda. Kelinci dapa dibedakan berdasarkan fungsinya, ada yang menjadikanya sebagai kelinci hias/ peliharaan dan kelinci pedaging. 

Mengenal Sifat Kelinci yang Lucu dan Mengemaskan | cover
Mengenal Sifat Kelinci yang Lucu dan Mengemaskan | cover

Hewan yang lucu serta mengemaskan ini berkembangbiak dengan cara melahirkan atau termasuk ke dalam jenis hewan vivipar. Dalam satu tahun kelinci mampu melahikan bayi kelinci 20 – 40 ekor. 

Sifat dan Karakter yang dimiliki Kelinci 

1. Kelinci Suka Mengali Lubang 

Hewan kelinci yang luci ternyata memiliki sifat yakni suka mengali lubang. Pada kelinci liar yang hidup di dataran Afrika dan sebagainya pasti akan lebih bebas untuk mennggali tanah hingga membentuk lubang. Tujuan dari kelinci dalam mengali lubang ini yakni tak lain sebagai perlindungan diri dari serangan hewan buas predator. 

Walaupun di alam liar kelinci suka mengali lubang, tidak menutup kemungkinan kelinci yang dipelihara saat ini juga akan memiliki sifat kelinci yang sama. Maka dari itu ketika peternak membuat kandang kelinci usahakan agar kandang kelinci dialasi menggunakan semen atau menggunakan kandang khusus kelinci yang terbuat dari besi atau kayu yang kokoh. 

Baca juga : 20 Fakta Unik Kelinci yang Perlu Anda Ketahui

Kelinci memiliki sifat suka mengali lubang dan suka mengerat | image 1
Kelinci memiliki sifat suka mengali lubang dan suka mengerat | image 1

2. Sifat Kelinci Suka Mengerat 

Kelinci ternyata memiliki sekitar 28 gigi yag sangat kuat dan terus tumbuh. Kecepatan mengunyah kelinci mampu mencapai 120 kali kunyahan per menit, hal ini dipengaruhi oleh dua gigi kelinci yang menonjol tersebut. Sifat kelinci yang suka mengerat ini bertujuan untuk mempertajam giginya agar kelinci dapat dengan mudah mengunyah makanan yang dikonsumsinya. 

Terutama bagi kelinci dewasa, dalam mengerat mereka sangat ahli. Dalam aktifitasnya tersebut kelinci dewasa cenderung untuk mempertajam giginya. Memang karena sifatnya yang suka mengerat jadi baik kelinci yang masih kecil maupun sudah dewasa, mereka akan selalu menunjukkan sifat pengeratnya itu.

3. Komunikasi antar Kelinci

Kelinci ternyata sangat ingin diperhatikan oleh sang pemiliknya. Saat kelinci ingin berkomukasi dengan pemilik atau orang – orang disekitarnya kelinci akan menunjukan sifat dan karakternya. Ketika kelinci berkomunikasi, hewan ini memiliki 3 cara yakni dengan cara melihat, mendengar dan penciuman. 

Kelinci memiliki sifat suka diperhatikan oleh pemiliknya | image 2
Kelinci memiliki sifat suka diperhatikan oleh pemiliknya | image 2

Hewan kelinci dapat dengan mudah dan hafal tentang kondisi lingkungan sekitarnya. Tidak hanya itu kelinci pun dapat dengan mudah juga dalam menghafal sang pemiliknya. Karena pemilik inilah yang suka memberinya makan, merawat dan menyayanginya. Perlu diingat juga bahwa ketika lapar, kelinci tidak akan mengeluarkan suara. Maka pemiliknya harus peka dan selalu mengatur jadwal pemberian pakan yang sesuai dengan takaran yang pas. 

Kelinci memang selalu ingin diperhatikan oleh pemiliknya. Saat ingin berkomunikasi kelinci akan menunjukkan sifat dan karakter. Dalam berkomunikasi hewan ini memiliki 3 cara yaitu dengan melihat, mendengar dan penciuman. Mereka mengetahui lingkungan sekitar begitu juga dengan pemiliknya, kelinci akan sangat hafal dengan orang yang suka memberi makan dan menyayanginya. Setiap pemilik harus mengetahui sifat tersebut karena kelinci saat kelaparan tidak akan mengeluarkan suaranya.

Baca juga : Mengenal 21 Jenis Kelinci Hias di Indonesia

4. Suka dengan Ketenangan

Sifat kelinci memang tidak menyukai keramaian, saat mereka ditempatkan ditempat yang bising dan ramai akan merasa cemas dan gelisah. Selain itu juga tentu akan berpengaruh terhadap nafsu makan kelinci menjadi menurun. Agar kelinci merasa nyaman tempatkan dilokasi yang sejuk agar kelinci tenang dan biasanya nafsu makannya akan bertambah.

Kelinci sangat menyukai suasanan yang hening dan tenang, karena jika suasananya cukup bising akan membuat kelinci mudah stress | image 3
Kelinci sangat menyukai suasanan yang hening dan tenang, karena jika suasananya cukup bising akan membuat kelinci mudah stress | image 3

5. Kelinci Suka Meloncat

Selain mengerat dan menggali di lubang, kelinci juga terkenal dengan sifatnya yang suka meloncat. Tidak seperti hewan pada umumnya. Karena sifat kelinci ini berjalananya memang dengan meloncat – loncat. 

6. Suka Menggerakkan Hidung

Kelinci memang hidungnya selalu bergerak hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya mahluk yang ada disekitarnya. Kelinci akan menggerakkan hidungnya dan menghirup udara keatas, kebiasaan itu juga bertujuan untuk melindunginya dari bahaya saat sedang tidur. 

7. Suka Menggerakkan Telinga

Selain menggerakkan hidung, kelinci juga suka menggerakkan telinganya. Kelinci akan menggerakkan telinganya untuk mendeteksi adanya bahaya disekitarnya dan bertujuan untuk mengatur suhu tubuhnya saat cuaca panas ataupun dingin.

Kelinci kerap menggerak - gerakan telinganya, hal ini dikarenakan telinga kelinci mampu mendeteksi keadaan di lingkungan sekitar | image 4
Kelinci kerap menggerak – gerakan telinganya, hal ini dikarenakan telinga kelinci mampu mendeteksi keadaan di lingkungan sekitar | image 4

8. Menandai Tempatnya

Kelinci akan menandai tempatnya dengan cara meninggalkan kotoran dan air kencingnya dibagian tanah yang telah dilubanginya.

9. Mengeluarkan Suara dalam Keadaan Tertentu

Tidak setiap saat kelinci akan mengeluarkan suaranya, kelinci hanya akan mengeluarkan suaranya saat merasa cemas dan mendengar kebisingan. Bahkan saat kondisi lapar pun kelinci tidak akan mengeluarkan suara, pemiliki hanya perlu untuk lebih mengetahui sifat-sifatnya.

10. Pola Makannya

Dalam sehari kelinci membutuhkan makan sebanyak dua kali, mereka menyukai makanan yang berasal dari sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian.

Baca juga : 7 Tips Memberikan Pakan untuk Ternak Kelinci

Untuk menjaga kesehatan Kelinci agar selalu terjaga, maka peternak harus selalu memperhatikan jenis pakan yang diberikan serta memberikan tambahan vitamin | image 5
Untuk menjaga kesehatan Kelinci agar selalu terjaga, maka peternak harus selalu memperhatikan jenis pakan yang diberikan serta memberikan tambahan vitamin | image 5

Itulah beberapa sifat kelinci yang dimiliki, sifat-sifat tersebut menjadi ciri khas untuk membedakan dengan hewan lainnya. Perlu diingat bahwa sebelum Anda memutuskan untuk beternak kelinci alangkah baiknya jika Anda sebagai peternak menngetahu sifat kelinci ini terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar peternak mengetahu cara yang tepat untuk memilihara kelinci sehingga resiko terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan cukup kecil. 

Apabila Anda ingin mengebangkan usaha budidaya Kelinci. Kami dari hobiternak.com menyediakan kelinci yang terdiri dari berbagai jenis kelinci yang lucu lagi mengemaskan.

Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya mengenai daftar harga, cara pemesanan, cara pembayaran dan layanan konsultasi gratis : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK sifat kelinci word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : kelinci, sifat kelinci, karakter kelinci, kebiasaan kelinci, ciri khas kelinci, ternak kelinci, kelinci hias,ternak kelinci hias, ternak kelinci pedaging, peluang usaha, jual kelinci hias, jual kelinci pedaging

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: scottishspca.org
  • image 1: 2.bp.blogspot.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: banet.xyz
  • image 3: IG : anjas_garten_reich
  • image 4: pixabay.com
  • image 5: feedpelletizer.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA