3 Peluang Menguntungkan Beternak Burung Puyuh

Harga DOQ Puyuh atau Bibit Burung Puyuh Petelur Terbaru

Burung puyuh merupakan burung yang berukuran cukup kecil namun memiliki tubuh yang gemuk. Terdapat berbagai jenis dari burung puyuh ini, namun di dalam negeri jenis burung puyuh jepang dan puyuh gonggong jawa. Di Indonesia sendiri, burung puyuh banyak diternakkan untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya. Jika dibandingkan dengan komoditas unggas lain seperti ayam dan bebek, burung puyuh sedikit kurang populer. Padahal, burung puyuh ini memiliki potensi serta peluang yang bagus dan tidak kalah dari ayam dan bebek. 

Meskipun bertubuh mungil, burung puyuh merupakan unggas yang hebat karena dalam setahun bisa menghasilkan lebih dari 200 butir telur per ekor.
Meskipun bertubuh mungil, burung puyuh merupakan unggas yang hebat karena dalam setahun bisa menghasilkan lebih dari 200 butir telur per ekor.

Peluang Beternak Burung Puyuh

Belum banyak orang tahu dan paham mengenai peluang dan potensi dari beternak burung puyuh ini. Padahal ada banyak peluang serta kemudahan yang di dapat dalam beternak burung puyuh ini. Tidak jauh berbeda dengan beternak unggas ayam dan bebek, beternak burung puyuh juga memiliki peluang dan kelebihan, diantaranya :

1. Permintaan Pasar yang Relatif Stabil dan Meningkat

Salah satu faktor yang menjadi landasan seseorang dalam menjalani usaha adalah permintaan pasar. Nah, untuk burung puyuh ini, permintaan di pasaran bisa dikatakan stabil bahkan meningkat. Mulai dari permintaan utamanya adalah telur burung puyuh, hingga pada daging burung puyuh yang juga banyak diburu. Selain itu, bulu dari burung puyuh pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan.

Ditambah dengan belum banyaknya masyarakat yang menggeluti usaha beternak burung puyuh. Maka peluang terserapnya hasil panen baik berupa telur maupun daging burung puyuh pun menjadi lebih tinggi. Karena saat ini masyarakat di Indonesia dalam beternak unggas kebanyakan memilih jenis ayam dan bebek. Sedangkan peluang dari beternak burung puyuh pun juga tidak kalah bersaing.

Burung puyuh yang banyak diternakkan di Indonesia adalah burung puyuh jenis jepang dan gonggong jawa.
Burung puyuh yang banyak diternakkan di Indonesia adalah burung puyuh jenis jepang dan gonggong jawa.

2. Telur Burung Puyuh Semakin Diminati

Tujuan utama dalam beternak burung puyuh adalah untuk memanfaatkan telurnya. Baik itu untuk telur konsumsi ataupun untuk ditetaskan kembali. Saat ini, permintaan akan telur burung puyuh sebagai konsumsi pun cukup banyak. Bisa dilihat dari banyaknya jenis hidangan yang berbahan utama dari telur burung puyuh ini. Seperti yang sering kita jumpai adalah sate telur burung puyuh. Selain itu, telur burung puyuh juga banyak ditemukan dalam hidangan sup di restoran-restoran, Ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan telur burung puyuh ini untuk di jadikan hidangan sehari-hari pengganti telur ayam dan bebek. 

Kandungan gizi dari telur burung puyuh tidak kalah dari telur ayam juga menjadi pilihan mengapa orang-orang menyukai telur burung puyuh. Namun, perlu berhati-hati bagi Anda yang memiliki risiko penyakit kolesterol karena kandungan lemak jenuh yang juga cukup tinggi. Jadi, Anda harus bijak dalam mengkonsumsi telur burung puyuh ini.

Salah satu peluang besar dari beternak burung puyuh adalah memasarkan telurnya yang masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
Salah satu peluang besar dari beternak burung puyuh adalah memasarkan telurnya yang masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

3. Burung Puyuh Mudah Untuk Diternakkan

Berbeda dengan jenis ayam dan bebek, burung puyuh ini lebih mudah untuk diternakkan bahkan bagi pemula. Ukuran tubuhnya yang kecil membuat lahan untuk kandang yang dibutuhkan tidak sebesar ayam dan bebek. Untuk skala rumahan, lahan yang diperlukan tidak terlalu besar karena kandang burung puyuh bisa dibuat rak bertingkat sehingga menghemat penggunaan lahan.

Dengan pemeliharaan yang baik mulai dari pakan dan kandang, rasio tingkat kematian dari burung puyuh ini sedikit. Terhitung dari umur 1 hari, burung puyuh bisa mulai bertelur di usia 30 hari dan akan mencapai puncak produksi saat mencapai usia 56 hari. Dengan memberikan pakan yang bernutrisi, pemberian air minum yang segar, dan kebersihan kandang, burung puyuh dapat bertelur sebanyak lebih dari 200 butir di tahun pertama bertelur. Lebih banyak dan cepat bukan jika dibandingkan dengan ayam petelur? Bisa Anda bayangkan berapa jumlah telur yang akan dihasilkan oleh burung puyuh jika Anda pelihara dalam jumlah banyak.

Beternak burung puyuh juga tidak memakan terlalu banyak lahan karena kandangnya tidak sebesar kandang ayam.
Beternak burung puyuh juga tidak memakan terlalu banyak lahan karena kandangnya tidak sebesar kandang ayam.

Nah, dengan potensial nya beternak burung puyuh serta berbagai kemudahan yang di dapatkan, pastinya Anda tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Anda bisa mulai mempersiapkan segala hal terkait dengan beternak burung puyuh ini. Seperti kandang burung puyuh sampai pada bibit burung puyuh. 

Mengenai bibit burung puyuh, Anda bisa mendapatkannya dari kami hobiternak.com. Kami menjual bibit burung puyuh dan siap mengirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. Lalu, berapa harga doq puyuh atau harga bibit puyuh?

Harga DOQ Puyuh atau Bibit Burung Puyuh

Harga jual doq puyuh lebih terjangkau di bandingkan dengan doc ayam atau dod bebek
Harga jual doq puyuh lebih terjangkau di bandingkan dengan doc ayam atau dod bebek

Untuk harga doq puyuh atau bibit puyuh tergolong lebih murah dibandingkan dengan harga bibit ayam. Di hobiternak.com untuk harga per ekor DOQ puyuh adalah Rp.2.500 – Rp.3.000. Relatif lebih murah bukan? 

Sasaran Hasil Pemasaran dari Ternak Burung Puyuh

Untuk hasil ternak dari burung puyuh seperti telur burung puyuh, Anda bisa memasarkannya di pasar-pasar tradisional. Atau bisa Anda kemas dan di setorkan ke minimarket. Bisa juga Anda menyuplai ke warung-warung angkringan, warteg, warung soto. Atau warung bubur ayam yang mana di tempat tersebut banyak ditemukan olahan telur puyuh sebagai pendamping hidangan utama. Anda pun bisa lebih kreatif dengan menjual telur puyuh yang sudah dimasak menjadi sate dan Anda pasarkan sendiri. Harga telur puyuh mentah di pasaran saat ini sekitar Rp.27.000 hingga Rp.30.000 per kg. Sedangkan harga telur ayam negeri di kisaran 23.000 – 25.000 per kg. Harga tersebut adalah harga rata-rata di daerah kami, karena ada kemungkinan perbedaan harga di setiap daerah.

Sate telur puyuh merupakan hidangan yang sering kita jumpai dimana bahan utamanya adalah telur puyuh.
Sate telur puyuh merupakan hidangan yang sering kita jumpai dimana bahan utamanya adalah telur puyuh.

Kemudian setelah burung puyuh memasuki masa afkir, daging burung puyuh Anda pasarkan ke pedagang kaki lima yang biasa berjualan ayam penyet. Karena biasanya di warung penyetan juga terdapat menu makanan burung puyuh goreng, burung puyuh bakar. Harga dari daging burung puyuh per ekor bisa mencapai Rp.5.000. Sedangkan ketika sudah diolah, harga daging burung puyuh goreng bisa lebih dari 2 kali lipat harga daging burung puyuh mentah. Rasa dari daging burung puyuh ini nikmat namun sedikit alot. Dari kealotan itu justru menjadi ciri khas tersendiri bagi pecinta daging burung puyuh dalam mengkonsumsi si burung mungil yang banyak kelebihan. 

Yuk, Ternak Burung Puyuh!

Nah, tunggu apa lagi, yuk segera ternak burung puyuh! Modal yang diperlukan pun tidak sebesar beternak ayam dan bebek. Ditambah masa bertelur yang juga lebih cepat, otomatis perputaran modal nya juga bisa lebih maksimal dan cocok untuk para pemula. 

Ternak burung puyuh ini cocok bagi para pemula karena relatif mudah dalam perawatannya.
Ternak burung puyuh ini cocok bagi para pemula karena relatif mudah dalam perawatannya.

Apa itu doq puyuh?

DOQ Puyuh adalah anakan burung puyuh usia baru saja menetas. DOQ merupakan singkatan dari bahasa inggris yang artinya anak burung puyuh.

Untuk mendapatkan bibit burung puyuh yang berkualitas baik, Anda tidak perlu bingung dan ragu. Silahkan hubungi kami hobiternak.com kapan saja, karena kami jual burung puyuh dan siap mengirimkan ke seluruh Indonesia selain jual burung puyuh jakarta dan Pulau Jawa. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat menambah semangat bagi Anda para peternak pemula. 

Kami juga melayani konsultasi bagi Anda para peternak pemula. Untuk informasi seputar harga, cara pemesanan, dan juga konsultasi, silahkan hubungi kami di nomor :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
beternak burung puyuh, ternak puyuh, harga doq puyuh, harga bibit puyuh, jual burung puyuh jakarta, harga telur puyuh, bibit puyuh petelur jawa tengah, kandang puyuh, burung puyuh goreng,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: