Ayam Broiler – Pengertian ayam Broiler atau yang disebut juga ras pedaging (broiler) merupakan ayam pedaging yang mengalami pertumbuhan sangat pesat. Pada jenis ayam broiler mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sebagai penghasil daging dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Ayam yang banyak dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya ini merupakan ayam yang dihasilkan dari hasil perkawinan silang antara berbagai jenis ayam yang memiliki produktifitas yang tinggi.

Pengertian ayam broiler menurut para ahli salah satunya Dahlan Ayam Broiler merupakam salah satu jenis unggas yang bermanfaat karena ayam ini mempu memenuhi penyediaan terhadap bahan makanan sekaligus memenuhi hewani tinggi.

Ayam Broiler atau ayam ras pedaging yang cukup terkenal
Ayam Broiler atau ayam ras pedaging yang cukup terkenal

Salah satu mengapa peternak banyak yang membudidayakan ayam broiler yakni untuk dimanfaatkan dagingnya, untuk dimanfaatkan telurnya juga dipelihara hanya untuk kesenangan baik dari segi keindahan maupun pada bentuknya. Keunggulan pada ayam broiler yang dalam pertumbuhannya berbeda dari jenis ayam lain yakni memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dengan memiliki berat badan serta tinggi badan dalam waktu yang relatif pendek serta dapat menghasilkan kualitas daging yang baik. Ayam Broiler jantan maupun ayam broiler betina pada Indonesia yang dipanen pada usia 5-6 minggu dengan berat 1,3-1,6 kg yang di ternakkan secara intensif guna memperoleh daging yang optimal.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya ayam broiler memang memiliki postur tubuh yang berbeda dengan jenis ayam pada umumnya.

Berikut merupkan ciri ciri ayam broiler atau ayam pedaging:

  1. Daging ayam broiler biasanya lebih gurih
  2. Ayam broiler atau ayam negeri biasanya cenderung lebih gemuk
  3. Memiliki bulu yang mengkilap dan memiliki kandungan lemak yang tinggi pada lapisan bawah
  4. Warna daging ayam broiler lebih cerah
  5. Tekstur dagingnya yang kenyal
  6. Serta Ayam Broiler memiliki bulu yang tebal.

Seiring dengan perkembangan zaman untuk saat ini ayam broiler mengalami perkembangan yang signifikan, Ayam broiler sebagai ayam pedaging yang dari waktu kewaktu mengalami peningkatan dan mengalami pertambahan bobot yang sangat cepat atau perubahan genetik yang dalam pemanenan yang semula dengan berat 1,3-1,6 kg dalam 35 hari yang berbeda pada saat ini yang hanya dalam membutuhkan waktu selama 30 hari mampu memanen ayam broiler dengan berat yang sama pula.

Ayam Broiler memiliki pertumbuhan yang cukup pesat
Ayam Broiler memiliki pertumbuhan yang cukup pesat

Berikut merupakan 3 jenis ayam broiler yang berkembang di Indonesia :

Cobb

Untuk saat ini jenis ayam broiler cobb merupakan jenis ayam broiler yang dapat dibilang paling populer. Jenis ayam broiler cobb ini juga dapat dikatakan sebagi jenis ayam yang mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis.

Ross

Jenis ayam broiler ross ini merupakan jenis ayam yang berpusat di Inggris. Ciri-ciri pada ayam broiler ros ini memiliki bulu diseluruh tubuhnya yang berwarna kuning dan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.

Hybro

Merupakan jenis ayam yang memiliki daya tahan tubuh yang lebih bagus pada iklim tropis dan lebih berfokus pada pengembangannya.

Apakah Ayam Broiler bisa bertelur?

Bisa hanya saja produktifitasnya dibawah jenis ayam petelur, dalam produktifitas telur ayam broiler untuk saat ini pemeliharaan ayam broiler mengalami peningkatan dengan semakin banyaknya permintaan ayam bloiler. Kulit telur ayam broiler berwarna cokelat. Telur ayam broiler yang dapat dikonsumsi maupun dapat dijual ke pasar juga dapat dijadikan jamu. Ayam broiler mampu bertelur hingga 30 butir dalam setiap bulannya. Pada dasarnya untuk mempertahankan kemampuan daya bertelur ayam broiler yang berkualitas dengan memberikan pakan nutrisi yang dapat dicampur dengan pakan ayam berupa jagung, bekatul, dedak gabah dan sebagainya.

Broiler dapat bertelur sekitar 30 butir per bulan
Broiler dapat bertelur sekitar 30 butir per bulan

Kandang Ayam Broiler

Ayam broiler biasanya dapat diumbar atau dibiarkan berkeliaran ditempat tinggal. Dahulu banyak masyarakat dan kalangan peternak ayam broiler yang percaya pada ayam broiler yang diiumbar dan dibiarkan berkeliaran ke lingkungan rumah dagingnya akan terasa lebih lezat. Tetapi tidak sedikit pula masyarakat yang menternakkan ayam broiler pada sebuah kandang. Namun, untuk saat ini banyak peternak ayam broiler yang menempatkan ayam broiler dalam sebuah kandang. Kandang ayam yang baik adalah kandang yang dapat memberikan kenyamanan dan memenuhi persyaratan kesehatan bagi ayam. Dan pada prinsipnya jenis kandang yang baik adalah kandang yang sederhana dengan pembiayaan yang murah.

Makanan Ayam Broiler

Jenis pakan yang dapat diberikan pada ayam broiler agar menghasilkan ayam yang bekualitas dengan pemberian pakan yang memiliki mutu yang tinggi dengan begitu dapat digunakan sebagai sumber energi dan memiliki zat gizi. Setelah berbicara tentang makanan , maka selanjutnya kita harus memperhatikan minuman yang harus diberikan untuk ayam. Air minuman yang dapat diberikan pada ayam haruslah air yang berasal dari sumber air yang bersih. Sehingga dalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari misalnya membersihkan atau mencuci tempat pakan atau minum guna menjaga kesehatan pada ayam serta membersihkan kandang ayam dari sisa pakan maupun kotoran ayam untuk menjaga keindahan pada bulu ayam broiler.

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam broiler kami hobiternak.com menyediakan. Kami menyediakan DOC Ayam Broiler siap kirim ke Pulau Jawa yang terjangkau kargo hewan.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
jenis ayam broiler, makanan ayam broiler, telur ayam broiler, ciri ciri ayam broiler, pengertian ayam broiler menurut para ahli, ayam broiler jantan, apakah ayam broiler bisa bertelur

Viky Ristiyarti
*.


2 Comments

Melonjaknya Harga Ayam Broiler atau Ayam Pedaging di Gorontalo · March 31, 2019 at 8:04 am

[…] Ayam broiler atau yang disebut juga dengan ayam ras pedaging, merupakan salah satu dari jenis ayam pedaging yang memiliki produktivitas yang tinggi. Maknanya, ayam broiler memiliki masa pertumbuhan yang cukup pesat. Para peternak sudah bisa memanen ayam broiler dalam waktu 40 hari saja. Ayam broiler merupakan ayam pedaging hasil persilangan dari berbagai jenis ayam yang memiliki produktivitas tinggi. Ayam broiler sendiri juga terdiri dari berbagai jenis […]

Manajemen Pemeliharaan DOC atau Bibit Ayam Broiler untuk Meraih Kesuksesan · March 30, 2019 at 4:01 am

[…] ayam broiler cukup panjang, dahulu sebelum ada peternakan ayam pedaging khusus, ayam broiler berasal dari ayam […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: