Lengkap, Asal Usul Ayam Joper atau Kampung Super

Ayam Kampung Super (Joper) sampai saat ini populer dipelihara sebagai ayam pedaging, meskipun banyak permintaan untuk ayam joper petelur, namun pada dasarnya ayam ini memang sebagian besar memeliharanya sebagai ayam pedaging.

Ayam tersebut memiliki keunggulan sebagai ayam pedaging yang mampu dipanen dengan kurun waktu hanya dengan 2 bulan atau 60 hari saja. Dengan waktu panen yang cukup cepat, ayam ini mampu mencapai bobot 0,8 -1 kg.

Selain itu pemberian pakan ayam joper yang berkualitas juga memberikan pengaruh baik pada bobot dan kualitas daging ayam joper. 

Ayam kampung super (joper) terkenal dengan masa panenya yang cepat yaitu 60 hari | Image 1
Ayam kampung super (joper) terkenal dengan masa panenya yang cepat yaitu 60 hari | Image 1

Darimana Asal Ayam Joper atau Kampung Super ini?

Berbicara Ayam Kampung Super (Joper), saat ini masih menjadi salah satu jenis unggas produksi yang tengah menjadi primadona di masyarakat.  Mengapa ayam joper sangat digemari masyarakat? Karena selain rasanya yang lezat, ayam joper juga memiliki tekstur daging yang padat, jadi saat di masak atau di olah daging ayam joper tidak mudah hancur. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengolah masakan.

Asal usul ayam joper ini memang di desain untuk menjadi solusi peternak ayam kampung asli yang harus menunggu 3 bulan lebih untuk memanennya. Dengan masa panen yang hanya membutuhkan waktu 60 hari, tentunya perputaran modal bisa lebih cepat.
Asal usul ayam joper ini memang di desain untuk menjadi solusi peternak ayam kampung asli yang harus menunggu 3 bulan lebih untuk memanennya. Dengan masa panen yang hanya membutuhkan waktu 60 hari, tentunya perputaran modal bisa lebih cepat.

 

Peluang ternak ayam joper ini sangat bagus. Karena masa panen ayam joper cukup cepat. Jadi untuk perputaran modalnya juga lebih cepat. 

Meskipun sudah cukup terkenal, mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui asal usul Ayam Kampung Super itu sendiri.

Asal Usul Ayam Joper

Untuk asal ayam joper ini berasal dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina jenis lohman. Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya proses persilangan ayam kampung super ini dapat menggunakan berbagai jenis ayam, seperti keterangan dibawah ini :

Sebenarnya proses persilangan ayam ini memang dapat menggunakan berbagai jenis ayam seperti:

  1. Persilangan Ayam Kedu, Rhode Island Red dan White Leghorn
  2. Persilangan dari Ayam Kampung dengan Ayam Ras Pedaging
  3. Persilangan Ayam Kampung dengan Ayam Ras Petelur
  4. Persilangan Ayam Petelur dengan Ayam Bangkok/Ayam Pelung/ Ayam Cemani

Lalu bagaimana proses persilangan Ayam Kampung Super ini?

Menurut beberapa informasi, Ayam Kampung Super dapat dipelihara dengan tujuan sebagai ayam pedaging dan petelur. Namun dengan berbagai pertimbangan, sebagian besar peternak membudidayakan ayam ini sebagai pedaging. Dengan pola pemeliharaan yang baik akan memiliki pertumbuhan yang cepat. Dalam usia 60 hari dapat dipanen sehingga lebih cepat dibandingkan dengan masa panen Ayam Kampung yang usia 6 bulan.

Dalam proses perkawinan silang setiap peternak memiliki cara masing-masing. Contohnya, seperti saat ingin menghasilkan Joper dari Ayam Kedu, Rhode Island Red dan White Leghorn, maka perlu adanya 3 tahap, yaitu :

1. Pertama

Ayam Kedu dengan Ayam Rhode Island Red dikawin silangkan kemudian menghasilkan turunan F1, dengan sebutan RIRK. Kemudian yang diambil hanya F1 jantan

Persilangan antara Ayam Kedu dengan Ayam Rhode Islan Red | Image 2
Persilangan antara Ayam Kedu dengan Ayam Rhode Islan Red | Image 2

2. Kedua

Ayam Kedu dengan White Leghorn dikawinsilangkan, menghasilkan turunan pertama (f1) yang biasa disebut KWL, berikutnya hanya diambil F1 betina

Persilangan antara ayam kedu dengan ayam white leghorn | Image 3
Persilangan antara ayam kedu dengan ayam white leghorn | Image 3

3. Ketiga

F1 Jantan RIRK dikawinkan dengan F1 betina KWL yang menghasilkan Ayam Kampung Super. Perlu adanya perkawinan dua parent stock untuk menghasilkan Final Stock

Berikut adalah salah satu foto ayam kampung super atau JOPER. Warna ayam ini bermacam-macam ada coklat, putih atau hitam | Image 4
Berikut adalah salah satu foto ayam kampung super atau JOPER. Warna ayam ini bermacam-macam ada coklat, putih atau hitam | Image 4

Ayam Kampung Super yang berasal dari persilangan 3 jenis ayam tersebut akan memiliki bulu yang dominan berwarna putih karena mengikuti indukannya. Pada awal kemunculannya banyak masyarakat yang mengira bahwa ayam ini adalah ayam ras pedaging atau petelur. Namun seteleh mengetahui rasa tesktur dan dagingnnya, justru semakin diminati. Rasa daging Ayam Kampung Super mirip dengan daging ayam kampung pada umumnya.

Dari berbagai jenis persilangan tersebut, sebagian besar memilih persilangan antara Ayam Petelur dengan Ayam Cemani, Ayam Pelung atau Ayam Bangkok. persilangan ini, tidak dilakukan secara bertahap atau berjenjang sehingga baik indukan maupun betina sebagai “Parent Stock” guna untuk menghasilkan Final Stock sebagai Ayam Kampung Super.

Ayam joper adalah hasil persilangan yang tersebut diatas tadi juga memiliki bulu yang dominan berwarna putih, dapat dipanen usia 60 hari dengan pencapaian berat 0,8-1kg. meskipun beberapa peternak mengeluhkan tentang DOC Kampung Super yang diduga mirip dengan ayam petelur. Namun hal ini bukan menjadi penghalang para peternak untuk tetap membudidadayakannya. Bagi para pembibitnya juga menjadi tantangan, bagaimana agar ayam ini tidak memiliki warna bulu yang dominan berwarna putih, serta mampu menghasilkan bulu variatif dalam satu individu sebagai Ayam Kampung Biasa. Selain itu juga dapat menciptakan keseragaman bobot pada saat dipanen.

Mengenal Keunggulan Ayam Kampung Super sebagai Ayam Pedaging

Saat ini kehadiran ayam kampung super ditengah – tengah masyarakat memang memberikan keuntungan tersendiri, baik bagi peternak maupun konsumen. Banyak masyakat lebih memilih ayam kampung super untuk dijadikan berbagai olahan masakan. Karena memang citarasa yang dihasilkan lebih gurih dan lezat. Saat dimasak pun kulit ayam kampung tidak mudah rusak dan tekstur dagingnya yang padat. 

Lalu keunggulan – keunggulan apa saja yang dimiliki oleh ayam kampung super (JOPER) ini ? Berikut penjelasannya : 

  1. Masa panen ayam joper yang lebih cepat dibanding dengan ayam ras pedaging. Yakni, 55 – 60 hari ayam joper sudah dapat dipanen dengan bobot yang dihasilkan mencapai 0,8 – 1 kg per ekornya. 
  2. Ayam Kampung Super ini juga dikenal dengan daya tahan tubuhnya yang kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu ayam ini juga mudah beradaptasi di lingkungan yang baru. 
  3. Di pasaran, ayam joper harga nya cukup tinggi dan stabil. 
  4. Ayam Kampung Super banyak disukai dagingnya karena citarasa yang lezat, kenyal dan bertekstur padat. Bahkan dagingnya banyak mengandung gizi dan vitamin

Dengan banyaknya keunggulan yang di miliki oleh ayam joper ini, ayam joper sukses membuat peternak tertarik untuk memeliharanya. 

BACA JUGA…!!!

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi peternak yang ingin memelihara Ayam Kampung Super yaitu :

  1. Ayam Kampung Super bersifat final stock, dengan begitu ayam ini hanya dibesarkan hanya tujuan untuk dikonsumsi, tidak dikawinkan dengan sesama Ayam Joper
  2. Perkawinan sesama Ayam Kampung Super yang berasal dari tetasan dan indukan yang sama maka akan berdampak buruk, secara menyeluruh

Dapat disimpulkan bahwa Ayam Kampung Super hanya dapat dibudidayakan hingga panen tiba untuk tujuan konsumsi. Ayam Kampung Super tidak disarankan untuk dikawinkan dengan sesama karena akan berdampak bagi keturunannya.

Selain itu kami dari hobiternak.com merekomendasikan untuk kandang ayam joper yang digunakan sistem intensif. Keunggulan ternak joper dengan sistem intensif yaitu ayam dapat terpenuhi kebutuhan pakannya serta bisa di rawat dengan secara intensif. 

Peternak sering memilih DOC ayam joper yang kualitas bagus, dan di hobiternak lah membelinya | Image 5
Peternak sering memilih DOC ayam joper yang kualitas bagus, dan di hobiternak lah membelinya | Image 5

Ayam kampung super banyak dipelihara untuk menghasilkan daging dengan waktu panen yang singkat, sehingga banyak peternak yang merasa diuntungkan dengan memelihara ayam kampung super. Harga daging ayam kampung super per kilonya biasanya dibandrol dengan harga Rp. 30.000 – 40.000 tentu saja harga tersebut bisa berbeda-beda di setiap daerah. Sedangkan untuk harga bibit ayam joper untuk wilayah Pulau Jawa dijual dengan harga kisaran Rp. 5.000. Tetapi harga daging serta harga bibit dapat mengalami perubahan dalam waktu tertentu. Sebelum beternak bisa menganalisa terlebih dahulu apa saja yang di butuhkan selama beternak dan modal yang harus di sediakan. 

Bagi anda yang ingin beternak Ayam Joper atau Kampung Super, kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK asal usul ayam joper word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, kandang doc yang baik, cara membuat kandang doc, ternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, Harga DOC ayam kampung super

ayam joper adalah
ayam joper harga
kandang ayam joper
ternak ayam joper
ayam joper petelur
ayam joper
perbedaan fisik ayam joper dan kampung
ciri ciri ayam joper
warna telur ayam joper
ayam joper harga

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Asal usul ayam joper ini memang di desain untuk menjadi solusi peternak ayam kampung asli yang harus menunggu 3 bulan lebih untuk memanennya. Dengan masa panen yang hanya membutuhkan waktu 60 hari, tentunya perputaran modal bisa lebih cepat.: Owned by the author
  • Image 2: pinterest.com
  • Image 3: pinterest.com
  • image 6: Owned by the author
  • Image 5: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA