Penanganan Pasca Panen Telur Ayam kampung Super

Penanganan Pasca Panen Telur Ayam kampung Super

telur ayam
Ayam Kampung Super

Ayam kampung super disamping untuk dijadikan pedaging juga dapat dijadikan ayam petelur. Ayam ini dapat mulai berproduksi pada umur 5 bulan. Dalam pemeliharaan kurang lebih sama dengan ayam ras petelur. Jika tujuan telur untuk konsumsi maka dalam satu kandang tidak perlu adanya pejantan namun bila telur yang dihasilkannya untuk tujuan ditetaskan maka dalam satu kandang perlu adanya ayam kampung super pejantan.

Komposisi yang baik untuk ayam kampung super dengan tujuan ditetaskan sekitar betina 100 : 15 pejantan. Dengan komposisi itu kemungkinan ayam dibuahi sangat besar. Untuk cara pemeliharaan bisa menggunakan kandang dengan setengah tertutup atau dengan kandang postal litter. Jika menggunakan kandang setengah tertutup maka dalam kandang terdapat umbaran tempat bertemunya pejantan dan betina. Sedangkan pada bagian lain terdapat kandang tertutup untuk berteduh ayam dari terpaan panas dan hujan. Untuk ukuran kandang ayam petelur dalam 1 blok berukuran sekitar 9×8 meter yang dapat menampung sekitar 150 ekor ayam kampung super dengan komposisi 140 betina dan 10 ekor pejantan. Namun agar peluang dibuahi lebih besar maka komposisi pejantan perlu ditambah dan komposisi betina dikurangi.

Hasil panen telur ayam kampung super

telur ayamTelur tetas yang dihasilkan oleh ayam kampung super dapat diletakkan dalam ember besar dan diangkut ke tempat ruang penampungan. Setelah berada di dalam ruangan penampungan, telur disortir berdasarkan kualitasnya. Telur yang berkualitas dan dapat ditetaskan mempunyai beberapa ciri diantarannya bentuk tidak terlalu lonjong dan tidak terlalu bulat, cangkang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, kondisi cangkang tidak pecah atau retak. Kondisi permukaan cangkang juga mulus. Telur yang tidak memenuhi syarat akan dijadikan telur konsumsi. Sedangkan yang memenuhi syarat dapat dijadikan telur tetas.

Telur tetas yang memenuhi syarat selanjutnya diletakkan dalam tray/ nampan telur dengan bagian yang tumpul diletakkan dibagian atas. Telur yang tumpul terdapat gelembung udara berada di atas agar tidak merusak gelembung udara tersebut. Sebelum digunakan untuk meletakkan telur, tray tersebut perlu dicuci yang bersih dan disemprot dengan menggunakan desinfectan agar bebas dari hama. Setelah itu bisa dicuci dan dibilas yang bersih dan dikeringkan.

Telur Ayam
Telur Ayam

Telur ayam joper setelah diletakkan dalam ruang penyimpanan untuk selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam ruang penetas telur. Telur ayam mempunyai masa menetas sekitar 21 hari, sama seperti telur ayam kampung biasa. Setelah 21 hari maka telur dapat menetas dan untuk selanjutnya dapat dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia. DOC (Day of Chick) atau anakan ayam joper dapat bertahan selama 3 hari tanpa diberi makan dan minum karena masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya.

Kami menyediakan DOC ayam joper dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC joper baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam, kendala dalam beternak ayam, cara beternak, ayam kampung biar cepat besar, ternak ayam kampung super cepat, ternak yang paling cepat panen, ukuran kandang doc 100 ekor, ternak hewan yang paling menguntungkan

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Kampung Super
No HP
0856-4772-3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: