Penyakit Kutil Pada Ayam Jawa Super

Penyakit Kutil yang Menyerang Paruh Ayam Kampung Super

Penyakit Kutil yang Menyerang Paruh Ayam Kampung Super

Dalam memelihara DOC Ayam Kampung Super memang tidak banyak di antara peternak yang mengalami masalah. Memang masalah yang sering muncul adalah dari ayam dewasa. Pada pre starter DOC joper sering ditemukan masalah – masalah kecil yang timbul. Namun masalah tersebut muncul saat ayam berusia muda dan akan berdampak buruk terhadap perkembangannya.

Tanda – tanda penyakit kutil pada ayam adalah :

Pada awalnya paruh ayam di sekitar hidung atau pangkal paruh akan terlihat berdarah atau kemerah – merahan. Jika Anda membiarkan ini semua terjadi dan berlanjut, bisa menyebabkan keluarnya darah di bagian tersebut. Darah ini kemudian membeku dan membentuk gumpalan yang kasar di area paruh. Itu semua terlihat seperti kutil atau bisul di daerah kepala ayam.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, harga doc joper 2016, obat kutilan yang ampuh, obat kutilan tradisional, cara mengobati kutil dengan cepat, cara mengobati kutil secara alami, jual DOC ayam jawa super, jual DOC joper, harga DOC joper

Penyakit Kutil Pada Ayam Kampung Super

Apa penyebab penyakit kutil pada paruh Ayam Kampung Super?

Yang bisa menyebabkan penyakit kutil adalah :

  1. Disebabkan karena kandang

Jika masalah disebabkan oleh kandang, hal ini akan menyerang sebagian kecil anak ayam, misalnya 100 ekor ayam namun yang terserang penyakit hanya 10 ekor ayam, maka penyebab dari penyakit tersebut adalah terdapat dalam masalah kandangnya. Hal ini bisa terjadi karena kandang yang Anda buat menggunakan strimin, sehingga saat ayam mengejar nyamuk atau hewan yang sedang terbang, ayam ingin mematuknya, sehingga paruh ayam akan menyangkut di lubang strimin. Setelah itu terjadi pendarahan pada paruhnya dan biasanya terjadi gumpalan seperti kutil di sekitar paruhnya. Hal lain bisa terjadi karena kandang terlalu banyak kawat yang sudah berkarat, kayu yang kurang begitu halus, paku dan bambu yang belum dihaluskan serta masalah yang lain yang dapat menyebabkan masalah timbulnya penyakit ini.

  1. Disebabkan karena penyakit

Jika tanda – tanda kutil tersebut merupakan penyebab dari penyakit, maka yang menyebabkannya adalah virus atau parasit pada ayam. Parasit ini sering terjadi 1 atau 2 tahun sekali dalam 1 musim. Anak ayam yang diumbar atau jauh dari indukannya rata – rata 75 % anak ayam mengalami penyakit serupa. Biasanya penyakit ini disebabkan karena pengaruh cuaca dan parasit. Penyakit kutil tergolong penyakit yang tidak berbahaya dan akan hilang dalam kurun waktu 2 bulan. Penyakit ini jarang menyerang ayam dewasa atau ayam indukan.

Cara mengobati penyakit kutil :

Pengobatan dalam penyakit ini bisa dengan memakai obat alami seperti batang daun iodium atau menggunakan obat merah. Namun, kebanyakan para peternak membiarkan penyakit ini dan dibiarkan begitu saja, karena dapat hilang dengan sendirinya.

Cara mencegah penyakit kutil :

Kurangi penggunaan bahan pembuatan kandang seperti strimin. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan benda tertutup seperti kardus, plastik, triplek dan lain sebagainya yang tidak terdapat lubang di area dinding kandang DOC ayam jawa super.

Penyakit Snot atau Pilek Pada Ayam Jawa Super

Penyakit Snot atau Pilek Pada Ayam Jawa Super

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, harga doc ayam kampung super 2016, obat kutilan yang ampuh, obat kutilan tradisional, cara mengobati kutil dengan cepat, cara mengobati kutil secara alami, ternak ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

 

Leave a Reply