Kenali Gelaja Penyakit Kutil pada Ayam Kampung

Dalam memulai usaha beternak ayam kampung super tidak sedikit peternak yang mengeluhkan tentang keadaan ayam selama masa pemeliharaan. Ada yang dari pemelihaaran ayam usia DOC hingga masa panen dalam keadaan sehat – sehat dan lancar. Dan ada juga peternak yang mengalami kerugian akibat DOC atau Ayam yang diternakan mengalami serangan penyakit. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh peternak bukan. Seperti yang kita ketahui bahwa beternak memang memerlukan skill, pengetahuan dan penngalaman yang mumpuni. Karena diharapkan ketika beternak, orang dapat memahi situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan peternak dapat mengatasi hal – hal yang tidak diinginkan seperti ayam terkena penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan lain sebagainya.

Dalam artikel kal ini kami akan membahas penyakit ayam yang sering dikeluhkan oleh peternak yakni penyakit kutil ayam. Penyakit kutil atau disebut sebagai penyakit cacar ini meruoakan penyakit yang cukup sering menyerang unggas. Kutil pada ayam akan menyerang ternak ayam yang masih berusia DOC atau anakan. Menurut penelitian oenyakit kutil pada ayam ini telah menyerang 60 jenis spesies unggas seperti ayam kalkun, burung predator seperti elang, burung hantu, kenari, burung finch, love bird, burung murai batu dan jenis burung – burung kicauan lainnya.

Tipe – tipe Penyakit Kutil pada Ayam 

Pada awalnya paruh ayam di sekitar hidung atau pangkal paruh akan terlihat berdarah atau kemerah – merahan. Jika Anda membiarkan ini semua terjadi dan berlanjut, bisa menyebabkan keluarnya darah di bagian tersebut. Darah ini kemudian membeku dan membentuk gumpalan yang kasar di area paruh. Itu semua terlihat seperti kutil atau bisul di daerah kepala ayam.

Gejala yang ditimbulkan ayam saat terkena penyakit kutil yakni ayam akan terlihat lesu, nafsu makan menjadi menurun sehingga mempengaruhi produktifitas daging maupun telur. Untuk gejala lain yang ditimbulkan yakni suhu tubuh si ayam akan menjadi naik dan kotoran ayam terlihat encer. Bila kutil sudah terbentuk maka akan sangat nampak jelas hingga mudah dikenali. Kutil pada ayam akan berwarna putih atau kekkuning – kuningan. Biasanya kutil pada ayam terdapat pada rongga mulut sehingga akan mengakibatkan sumbatan pada esophagus.

Tidak hanya menyerang ayam kampung saja ternyata penyakit kutil pada ayam juga menyerang unggas lain seperti ayam kalkun ini | image 1
Tidak hanya menyerang ayam kampung saja ternyata penyakit kutil pada ayam juga menyerang unggas lain seperti ayam kalkun ini | image 1

Kutil pada ayam memiliki 2 tipe, yakni kering dan basah. Adapun untuk keterangannya dapat diketahui sebagai berikut ini :

1. Tipe Basah

Pada gelaja penyakit kutil yang timbul ini jauh lebih berbahaya dibanding dengan yang kering. Karena ayam akan memunculkan infeksi sekunder. Sehingga akan mengakibatkan kondisi ayam menjadi lebih buruk bahkan berujung pada kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan. Untuk gejala yang ditimbulkan ketika ayam terserang penyakit kutil tipe basah adalah, terbentuknya bercak putih pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakea dan paru – paru. Hal ini akan menyebabkan ayam menjadi sulit bernapas sehingga akan bepengaruh ketika ayam makan.

2. Tipe Kering

Penyakit kutil pada ayam tipe kering ini umumnya akan menyerang atau tumbuh pada daerah yang tidak berbulu. Seperti di daerah sekitar mata, pangkal paruh, sekitar kloaka, kaki dan cakar. Untuk gejala yang ditimbulkan saat ayam terkena kutil tipe kering ini, yakni ayam akan telihat lemah, nafsu makan menurun sehingga tubuh menjadi kurus. Jika penyakit kutil ayam ini tumbuh di area paruh maka akan mengakibatkan ayam menjadi kesulitan melahap makanan. Saat bernafas ayam menjadi tersengal – sengal karena kutil ini tumbuh di area paruh sehingga dekat dengan hidung.

Untuk penanganan ayam yang terkena penyakit kutil tipe kering ini biasanya lebih mudah ditangani dan dikendalikan. Walaupun ketika ayam sudah sembuh dari penyakit kutil ini pasti akan meninggalkan bekas luka. Perlu diingat juga ketika ayam tidak dapat makan, usahakan agar peternak tetap memberikan makan dengan cara melolohkan.

Baca juga : 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin Ayam

Penyakit kutil pada ayam akan semakin parah jika sudah menyerang ke bagian Tenggorokan. Hal ini akan membuat ayam menjadi sulit makan dan harus dibantu untuk melolohkannya | image 3
Penyakit kutil pada ayam akan semakin parah jika sudah menyerang ke bagian Tenggorokan. Hal ini akan membuat ayam menjadi sulit makan dan harus dibantu untuk melolohkannya | image 3

Penyebab Penyakit Kutil pada Paruh Ayam Kampung Super

1. Kandang

Jika masalah disebabkan oleh kandang, hal ini akan menyerang sebagian kecil anak ayam, misalnya 100 ekor ayam namun yang terserang penyakit hanya 10 ekor ayam, maka penyebab dari penyakit tersebut adalah terdapat dalam masalah kandangnya. Hal ini bisa terjadi karena kandang yang Anda buat menggunakan strimin, sehingga saat ayam mengejar nyamuk atau hewan yang sedang terbang, ayam ingin mematuknya, sehingga paruh ayam akan menyangkut di lubang strimin. Setelah itu terjadi pendarahan pada paruhnya dan biasanya terjadi gumpalan seperti kutil di sekitar paruhnya. Hal lain bisa terjadi karena kandang terlalu banyak kawat yang sudah berkarat, kayu yang kurang begitu halus, paku dan bambu yang belum dihaluskan serta masalah yang lain yang dapat menyebabkan masalah timbulnya penyakit ini.

Baca juga : Penting!!! Menjaga Kualitas Air di Peternakan

2. Penyakit

Jika tanda – tanda kutil tersebut merupakan penyebab dari penyakit, maka yang menyebabkannya adalah virus atau parasit pada ayam. Parasit ini sering terjadi 1 atau 2 tahun sekali dalam 1 musim. Anak ayam yang diumbar atau jauh dari indukannya rata – rata 75 % anak ayam mengalami penyakit serupa. Biasanya penyakit ini disebabkan karena pengaruh cuaca dan parasit. Penyakit kutil tergolong penyakit yang tidak berbahaya dan akan hilang dalam kurun waktu 2 bulan. Penyakit ini jarang menyerang ayam dewasa atau ayam indukan.

Kandang yang bersih akan meminimalisir terjadinya serangan penyakit kutil pada ayam. Selin itu peternak juga perlu membesihkan wadah pakan, minum dan peralatan kandang lainnya agar tetap bersih dan sehat. | image 4
Kandang yang bersih akan meminimalisir terjadinya serangan penyakit kutil pada ayam. Selin itu peternak juga perlu membesihkan wadah pakan, minum dan peralatan kandang lainnya agar tetap bersih dan sehat. | image 4

Selain keterangan diatas tenyata penyakit kutil pada ayam juga dapat disebabkan oleh nyamuk. Nyamuk akan menginfeksi ayam dengan cara mengigit ayam yang terinfeksi kemudian ayam tersebut mengigit ayam yang lainnya. Sehingga virus tersebut menular ke ayam yang sehat. Tentu tidak hanya nyamuk saja yang menjadi media perantara serangga lain pun juga termasuk.

Bila ayam yang terinfeksi kutil tersebut menunjukan gejala – gelaja seperi keteranan kami di atas. Maka peternak perlu memisahkan ayam yang sakit tersebut ke kandang karantina yang jauh dari kandang ayam yang sehat. Kemudian peternak juga perlu membersihkan wadah pakan, minum dan juga tenggeran yang ada di dalam kandang. Karena media – media tersebutlah yang menyebabkan menularnya penyakit kutil pda ayam. Bersihkan kandang dan peralatan lainnya minimal seminggu 2 kali, diharapkan hal ini akan mengurangi angka penyakit kutil yang menyerang ayam kampung super dan jenis unggas lainnya.

Cara Mengobati Penyakit Kutil pada Ayam 

Pengobatan dalam penyakit ini bisa dengan memakai obat alami seperti batang daun iodium atau menggunakan obat merah. Namun, kebanyakan para peternak membiarkan penyakit ini dan dibiarkan begitu saja, karena dapat hilang dengan sendirinya. Anda pun tetap bisa memberikan obat kutil ayam yang bisa di dapatkan di toko obat hewan terdekat. 

Untuk meminimalisir kembali penyakit kutil tersebut, kurangi penggunaan bahan pembuatan kandang seperti strimin. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan benda tertutup seperti kardus, plastik, triplek dan lain sebagainya yang tidak terdapat lubang di area dinding kandang DOC ayam jawa super.

Daun Yodium merupakan tumbuhan herbal yang banyak di manfaatkan getahnya untuk mengobati penyakit kutil pada ayam. | image 5
Daun Yodium merupakan tumbuhan herbal yang banyak di manfaatkan getahnya untuk mengobati penyakit kutil pada ayam. | image 5

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara Ayam Kampung Super atau JOPER ini silahkan dapat dipesan ditempat kami. Selain ayam JOPER kami pun juga menyediakan ayam broiler, ayam kampung asli atau AKA, ayam unggulan, ayam sensi, ayam pejantan, ayam petelur, ayam arab dan aneka ayam hias lainnya. 

Pengiriman dapat kami kirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia. Pengiriman kami kirimkan via kargo hewan terpecaya, dengan harga yang terjangkau dan pengiriman aman sampai ke tangan pembeli. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kutil pada ayam word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : benjolan pada ayam bangkok, obat cacar ayam tradisional, cara menyembuhkan patek pada ayam, obat herbal kutil ayam, obat kutil pada ayam kalkun, penyakit cacar pada anak ayam, obat kutilan tradisional, cara mengobati patek pada anak ayam, obat kutil di apotik, obat cacar anak ayampenyakit kutil unggas

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: roysfarm.com
  • image 3: redrockfarmstead.com
  • image 4: Owned by the author
  • image 5: tuyulhitm.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA