Cara Mudah Ternak Ayam Joper-BONUS Analisa Ternak Populasi 100 Ekor

✔ Analisa Ternak Ayam Joper (Kampung Super) Kapasitas 100 Ekor – Sebelum memutuskan untuk beternak Ayam Kampung Super atau ayam joper ini, marilah kita mempelajari analisa ternak joper. Dengan analisa ternak Joper kita mengetahui aspek ekonomis diantaranya modal yang dibutuhkan, biaya operasional, perhitungan rugi dan laba dan tingkat pengembalian modal. Pemahaman dalam analisa ternak ayam joper ini memang sangatlah penting, mengingat bila kita salah di langkah awal ini akan berakibat gagal nya ternak ayam joper kita nantinya.

Dengan melakukan analisa ternak joper 100 ekor, peternak dapat mengetahui estimasi biaya yang dikeluarkan
Dengan melakukan analisa ternak joper 100 ekor, peternak dapat mengetahui estimasi biaya yang dikeluarkan

Sebelum kita menuju ke analisa, alangkah baiknya jika kita memahami dahulu mengenai ayam joper serta karateristiknya. Mengapa demikian? Karena ketika kita sudah memahami apa yang ingin dan sedang kita lakukan, yakni beternak ayam joper, maka hasil panen yang dicapai bisa lebih maksimal.

Apa Itu Ayam Joper ?

Ayam Joper atau Ayam Kampung Super adalah ayam hasil persilangan antara ayam bangkok atau ayam kampung pejantan dengan petelur betina. Di berbagai wilayah ayam joper memiliki sebutan yang berbeda-beda yaitu seperti ayam jawa super, ayam koper, ayam kampung super, kamper dan berbagai sebutan nama lainnya. Induk dari ayam petelur membawa keturunan yang mudah tumbuh besar sedangkan ayam bangkok atau ayam kampung membawa keturunan daging ayam kampung yang lebih padat dan gurih.

harga doc joper wonosobo
Kandang panggung adalah kandang yang cocok untuk joper yang dipelihara di dataran tinggi. Dengan dinding yang diberi terpal untuk mengurangi suhu dingin di kandang.

Peminat dan Peluang Bisnis Ternak Ayam Joper

Untuk saat ini beternak ayam joper atau Ayam Kampung Super peminatnya mengalami peningkatan. Beternak ayam kampung mempunyai daya tarik diantaranya adanya harga jual Ayam Kampung Super siap konsumsi yang relatif lebih stabil cenderung mengalami peningkatan terutama pada bulan-bulan tertentu. Seperti pada saat menjelang bulan ramadhan, potensi ternak ayam joper semakin tinggi karena banyak orang yang memburu daging ayam terutama ayam kampung. Selain itu juga ayam joper mempunyai banyak konsumen fanatik yang menyukai rasa daging ayam kampung. Pangsa pasar yang masih cukup luas, mempunyai sifat unggul yaitu lebih tahan terhadap penyakit sehingga bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit.

Dan untuk keunggulan utamanya adalah mempunyai pertumbuhan yang cepat sehingga masa panen cepat yakni hanya 60 hari. Berbagai faktor tersebut menjadikan ternak ayam joper ini cukup diminati dan jika dilihat dari peluang bisnisnya cukup menjanjikan. Budidaya ayam joper kini telah banyak diminati oleh masyarakat, baik masyarakat desa maupun perkotaan. Ada juga yang menjadikan budidaya ayam joper sebagai usaha utama bahkan usaha sampingan sebagai hobi dan tambahan penghasilan sehari – hari. Cara pelihara ayam joper yang tidak jauh berbeda dengan ayam pada umumnya juga dapat memudahkan peternak. 

Peminat JOPER dari hari ke hari semakin meningkat
Peminat JOPER dari hari ke hari semakin meningkat dan kebutukan akan daging ayam joper ini cenderung stabil setiap harinya dan sering naik di waktu tertentu

Bertumbuhnya industri kuliner hampir di setiap kota besar sekarang ini menjadikan kebutuhan ayam kampung super menanjak naik. Ini adalah efek dari pola masyarakat kita yang suka wisata kuliner dengan memanjakan lidah dan mengunjungi tempat wisata. Tidak bisa di pungkiri hal tersebut sudah menjadi gaya hidup yang tumbuh semakin subur di hampir semua kalangan masyarakat. Banyaknya masakan di Indonesia yang berbahan dasar daging ayam kampung menjadikan kebutuhan akan daging ayam kampung cukup stabil. 

joper banjarmasin
Masa panen yang cepat dan perawatan yang mudah, merupakan salah satu faktor yang menjadi pilihan dari peternak untuk membudidayakan ayam joper.

Analisa Ternak Ayam Joper Kapasitas 100 Ekor

Dalam memulai usaha tersebut kita bisa mencoba menganalisa ternak joper dengan kapasitas 100 ekor. Alasan memulai usaha dengan 100 ekor karena untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan. Apabila sudah yakin dan merasa mampu dalam penanganan untuk jumlah yang banyak maka bisa ditambahkan jumlahnya secara bertahap. Dan dengan analisa ternak joper terlebih dahulu kita juga bisa mengetahui penghasilan perhari dan perbulannya. Hal ini juga bertujuan agar kita bisa memperkirakan keberlangsungan usaha yang akan dijalani.

Sebagai pemula, dalam beternak tentu saja menemukan kebingungan dalam bagaimana cara memulai usaha ternak ayam joper tersebut. Karena apabila kita salah dalam memulai usaha tersebut maka bisa saja usaha tersebut gagal ditengah jalan. Untuk harga doc ayam joper di pulau jawa dapat mencapai sekitar Rp. 5.800 – Rp. 6.000 per ekornya. Tetapi harga tersebut dapat sewaktu – watu berubah mengikuti harga yang ditawarkan di pasaran. Maka dari itu, yuk pahami analisa ternak joper kapasitas 100 ekor dari kami !

Analisa Ternak Joper 100 Ekor

Harga Ayam Joper/DOC 100 ekor = Rp 5.900 ( 1 ekor ) = Rp 590.000

Pakan (BR 1) 4 karung = Rp 350.000 ( 1 sak) = Rp 1.400.000

Vaksin = Rp 100.000

Vitamin = RP 36.000

5 Lampu bohlam = Rp 20.000

Tempat makan dan minum = Rp 150.000

Listrik = Rp 50.000

——————————————————————————————- +

Total               =           Rp 2.346.000

Pendapatan :

Misalnya, FCR 2,5 maka hasil panen kurang lebih 80 kg.

FCR adalah jumlah pakan yang di butuhkan di bagi  jumlah panen yang di hasilkan.

Diambil dari beberapa informasi bahwa harga ayam joper saat ini yaitu Rp 37.000/kg. Jadi bisa di katakan bahwa pendapatan untuk 100 ekor ayam kampung super atau joper yaitu sekitar Rp 3.330.000. Untuk melakukan perawatan ayam joper sampai panen yaitu membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan atau 60 hari. Waktu masa panen 60 hari ini cukup singkat di bandingkan dengan ayam kampung lainnya. Dan tidak lama-lama Anda menunggu karena dengan waktu kurang lebih 2 bulan itu Anda sudah dapat keuntungan.

Dengan modal Rp 2.386.000 berdasarkan perhitungan di atas kira-kira Anda akan mendapat keuntungan sekitar Rp 984.000. Namun perhituangan tersebut belum termasuk dalam pembuatan kandangnya. 

*Catatan* : harga-harga tersebut menyesuaikan dengan tiap wilayah. Jadi, bisa berubah-ubah tergantung dengan wilayah Anda. Untuk keuntungan juga bisa berubah-ubah tergantung manajemen pemeliharaannya. 

Dari informasi di atas bisa di kita dapati bahwa beternak ayam kampung super (JOPER) 100 ekor tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Apabila Anda pemula beternak ayam kampung super 100 ekor ini cukup bagus bagi Anda untuk awalan atau permulaannya. Untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super, Anda bisa memesan di hobiternak.com. 

Beternak ayam joper memiliki banyak keunggulan
Dengan menerapkan manajemen pakan yang baik, Anda bisa mendapatkan hasil panen dengan bobot maksimal.

Analisa Ternak Ayam Joper 300 Ekor

Setiap peternak memang memiliki kemampuan dan preferensi sendiri. Ada yang memulai beternak joper dengan kapasitas 100 ekor, ada juga yang lebih dari itu seperti ternak joper 300 ekor, 500 ekor, atau bahkan 1000 ekor. Lalu bagaimana untuk analisa ternak ayam joper 300 ekor? 

Untuk analisa ternak ayam joper 300 ekor, maka yang Anda lakukan adalah dengan memahami analisa ternak ayam joper 100 ekor tersebut. Kemudian Anda bisa menyesuaikan dengan analisa diatas, yang mana sistem perhitungan nya sama hanya saja berbeda pada bagian kapasitasnya. Sehingga hitungan perkaliaannya (kapasitas/populasinya) menjadi 300 ekor. 

Ketika usaha ternak joper Anda sudah berjalan dan berkembang, maka Anda bisa menambah kapasitasnya seperti 500 ekor atau 100 ekor. Lalu untuk ukuran kandang ayam joper 100 ekor, analisa ternak ayam joper 500 ekor atau analisa usaha ayam joper 1000 ekor, bisa Anda sesuaikan dengan analisa ternak yang telah kami paparkan diatas. Begitu juga dengan analisa usaha ayam joper 300 ekor yang menyesuaikan dengan analisa ternak ayam joper 100 ekor. Jika Anda menemukan pertanyaan seputar analisa usaha ayam joper 300 ekor atau kapasitas lain, silahkan bisa menghubungi kami di nomor 0821-2028-8686.

Setelah Anda memiliki kemantapan untuk beternak ayam joper, selain mempelajari analisanya tentunya ada hal-hal krusial lain yang juga harus Anda ketahui. Hal-hal tersebut merupakan faktor pendukung dari beternak ayam joper. Diantaranya adalah kandang, pakan, dan juga pemeliharaan.

Kandang Ayam Joper

Kandang merupakan hal terpenting dalam beternak. Dalam pembuatan kandang tidak ada yang dijadikan standar. Karena pada umumnya untuk ukuran kandang ayam joper harus disesuaikan dengan jumlah dan umurnya. Hanya saja, lebih baik antara periode starter dan grower kandangya dipisah. 

Kandang Brooding

Kandang untuk usia 1-2 minggu bisa menggunakan kandang brooding yang berbentuk box persegi. Ukuran yang di gunakan 2 X 1 X 0,4 m yang bisa menampung 100 ekor bibit joper. Untuk bentuk kandang bisa menyesuaikan, karena ada peternak yang membuatnya dengan berbentuk persegi empat, lingkaran atau baterai.

Ini adalah salah satu contoh kandang brooding yang menggunakan perpaduan 2 bahan yaitu papan triplek dan kawat strimin
Ini adalah salah satu contoh kandang brooding yang menggunakan perpaduan 2 bahan yaitu papan triplek dan kawat strimin

Ada beberapa hal penting mengenai kandang brooder :

  1. Dinding / sekat kandang (box brooder)
    Dinding atau sekat kandang bisa di buat dengan bahan dasar bilah bambu, papan triplek, kardus, kawat strimin atau lembaran seng. Tujuan penggunaan dinding ini yaitu agar bibit ayam terlindung dari hewan pemangsa, membatasi ruang gerak ayam dan memaksimalkan penggunaan alat pemanas di dalam kandang box.
  2. Alas kandang box
    Untuk alas kandang bisa menggunakan papan triplek atau bilah bambu. Jangan lupa di beri sekam setebal 5 cm dan di lapisi kertas koran. Penggunaan sekam berfungsi sebagai penghangat anakan ayam joper.

Kandang Pembesaran

Kandang pembesaran di gunakan pada saat ayam sudah berusia 15 hari. Umumnya kandang pembesaan di gunakan saat ayam sudah berusia 15 hari sampai panen. Ada 2 jenis kandang pembesaran yang banyak di gunakan oleh peternak, yaitu kandang postal dan kandang panggung.

  1. Kandang Postal, yaitu kandang yang posisinya sejajar dengan tanah. Untuk ukuran kandang postal dengan populasi 100 ekor yaitu 5m X 3m.
  2. Kandang Panggung, yaitu kandang yang bentuknya seperti panggung. Biasanya jarak dari tanah ke lantai kandang yaitu 1 – 1,5 m dan untuk tinggi dinding kandang sekitar 1,5 – 1,6 m.

Untuk kandang DOC perlu diberikan penghangat hal ini bertujuan agar DOC tidak kedinginan. Didalam kandang tersebut suhunya diusahakan jangan terlalu panas kira-kira sekitar 30-32 derajat celsius.

Berikut cara mengetahui apakah lampu penghangat yang di gunakan sudah sesuai atau belum :

  • Jika banyak DOC yang menjauh dari lampu penghangat maka itu tandanya DOC merasa kepanasan. Jadi, peternak harus mengurangi lampu yang ada atau memperkecil daya watt pada lampu.
  • Bila banyak DOC yang berkumpul dan mendekati lampu, maka DOC tersebut sedang merasa kedingin. Sehingga, peternak perlu menambah jumlah lampu atau memperbesar daya watt lampu.
  • Jika semua DOC ayam merata ke seluruh bagian kandang, maka itu tandanya DOC sudah merasa hangat dan suhu yang ada sudah ideal.
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super saat di dalam kandang diberikan lampu penerangan agar DOC selalu dalam keadaan hangat

Salah satu sistem kandang yang paling banyak di terapkan oleh peternak yaitu kandang sistem intensif. Sudah banyak yang membuktikan bahwa beternak dengan menerapkan sistem kandang intensif dapat membuat ayam lebih cepat tumbuh besar. Hal ini di karenakan, ayam selalu di pelihara di dalam kandang dari kecil sampai besar (masa panen).

Pakan Ayam Joper

Selain kandang, pakan merupakan hal yang juga harus diperhatikan dalam beternak ayam maupun unggas. Begitu juga dengan beternak ayam joper maka kebutuhan pakannya harus baik dan benar. Asupan nutrisi dan gizi ayam joper harus terpenuhi setiap harinya supaya bisa tumbuh dengan cepat dan baik. Pakan ayam joper ketika masih kecil bisa diberikan konsetrat, karena mempunyai tekstur yang halus sehingga mudah dicerna. Untuk hasil yang maksimal kami hobiternak.com menyarankan untuk menggunakan pakan pabrikan. Menggunakan pakan pabrikan juga harus di sesuaikan dengan usia ayam. Contohnya, untuk usia anakan bisa di berikana pakan jenis 511, BR-1 atau AKA-1. Lalu setelah ayam berusia sekitar 3 minggu di ganti dengan pakan jenis 512, BR-2, atau AKA-2. 

Salah satu pakan penunjang pertumbuhan ayam kampung super (JOPER) yaitu konsentrat
Konsentrat untuk pakan Joper (Ayam Kampung Super) mengandung berbagai nutrisi untuk pertumbuhan, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada hewan ternak ayam

Selain itu juga ada pakan alternatif joper yang bisa diberikan untuk ayam kampung joper misalkan saja bagian pohon talas pada umbinya saja atau juga tangkai dan daun atau bisa kedua-duanya dicampurkan. Ada juga jenis pakan yang sudah terbukti ampuh dan mudah untuk di dapat. Pakan tersebut yaitu jenis Maggot BSF. Memberikan pakan Maggot BSF dapat membuat ayam joper cepat besar dan bisa mengurangi pengeluaran biaya pakan. 

Menggunakan pakan alternatif jenis maggot bsf untuk ayam joper dapat mengurangi biaya pengeluaran dalam hal pakan
Menggunakan pakan alternatif jenis maggot bsf untuk ayam joper dapat mengurangi biaya pengeluaran dalam hal pakan

Jadwal pemberian pakan ayam joper yang benar dan sesuai dengan porsinya serta terpenuhinya kebutuhan jumlah pakan per hari juga akan berpengaruh dengan hasil panen. 

Berikut adalah tabel kebutuhan pakan ayam joper per hari :

Usia Ayam (Hari)

Kebutuhan Pakan / Hari / Ekor

0 – 7

10 gram

8 – 14

15 gram

15 – 21

20 gram

22 – 28

30 gram

29 – 35

40 gram

36 – 42

50 gram

43 – 49

60 gram

50 – 60

75 gram

 

Baca juga : 

Pemilihan Bibit Unggul

Dalam pemilihan bibit unggul merupakan hal yang paling penting sebelum membudidayakan ayam joper. Untuk pemilihan bibit ternak yang memiliki kualitas bagus. Kualitas yang bagus disini adalah yang sehat, mata bersinar, tegap, tidak cacat, serta mempunyai bulu yang bersih dan mengkilap. Apabila menemui ayam joper yang berbulu kusam maka jangan dipilih karena bisa jadi ayam tersebut sedang sakit. Dalam pemilihan bibit harus teliti dan cerdas.

Cara memilih bibit ayam JOPER yang bagus
Dengan memilih DOC/Bibit JOPER yang bagus tentunya akan memberikan hasil panen yang maksimal

Pemeliharaan Ayam Joper yang Baik

Pemeliharaan merupakan suatu hal yang penting juga dalam budidaya ternak ayam. Karena fungsi pemeliharaan disini untuk mengontrol ayam supaya tidak terkena penyakit dan bisa hidup dalam keadaan sehat sampai masa panen. Dengan manajemen pemeliharaan yang baik termasuk dari segi pakan, maka ayam joper bisa lebih cepat dipanen.

Cara ternak joper yang mudah baik dari segi pakan, pemeliharan, kandang, sampai masa panen membuat semua orang bisa menjalankan ternak joper. Untuk kandang pemeliharaan dipastikan dalam kondisi bersih dan tidak rusak. Dalam pemberian pakan untuk ayam harus teratur dan dipastikan ayam ternakan menghabiskannya dengan baik. Agar ayam terhindar dari penyakit jangan lupa diberikan vaksinasi. 

Tabel Program Vaksinasi untuk Ayam Joper Periode Starter 

Umur Ayam

Jenis Vaksin

Aplikasi

Fungsi

4 hari

ND-IB

Tetes Mata

Mencegah penyakit ND dan IB

10 hari

Gumboro A

Air Minum

Mencegah penyakit gumboro

21 hari

ND La Sota

Air Minum

Mencegah penyakit ND

28 hari 

Gumboro B

Air Minum

Mencegah penyakit gumboro

*Catatan : Untuk daerah yang rawan terkena virus gumboro dengan tingkat kematian 5% bisa menggunakan vaksin gumboro A, sedangkan untuk daerah yang tingkat kematian unggas nya dibawah 5% bisa menggunakan vaksin jenis gumboro B.

Pengendalian Penyakit

Pengendalian penyakit merupakan hal yang penting. Karena dalam pemeliharaan dalam jumlah banyak tentu saja tidak semua hewan peliharaan dalam keadaan sehat. Maka, setiap hari ayam harus dikontrol untuk membedakan mana ayam yang sehat dan tidak sehat. Apabila ditemukan ada ayam yang tidak sehat maka harus segera dipisahkan dari ayam yang lain dan diberi obat supaya penyakitnya tidak menular.

Untuk mengontrol atau pengendalian penyakit pada ternak ayam joper bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang, pemilihan lokasi yang jauh dari penyakit, melakukan vaksinasi ternak yang teratur serta menjaga sanitasi kandang dan peralatannya.

 

Untuk mengontrol pengendalian penyakit pada ayam bisa di lakukan vaksinasi ayam
Untuk mengontrol pengendalian penyakit pada ayam bisa di lakukan vaksinasi ayam

Masa Panen 

Panen merupakan yang paling dinanti oleh pebisnis ternak ayam. Karena dimasa ini peternak bisa menjual ayamnya kepasaran untuk memperoleh keuntungan. Ayam yang memiliki nilai jual tinggi harus memenuhi standar kualitas dipasaran. Biasanya orang memilih ayam joper ini karena memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya memiliki harga jual yang tinggi dan stabil, masa panen cepat, pemeliharaannya mudah serta tahan dengan berbagai penyakit. Pastikan Anda menerapkan seluruh aspek mengenai ternak dengan baik mulai dari bibit, pakan, kandang, kebersihan, dan hal yang lainnya. Maka bisa dipastikan Anda akan menjadi peternak ayam joper sukses. Banyak kisah di luar sana yang mereka menjadi peternak ayam joper suskes seperti yang dialami seorang Kepala Desa di Bojonegoro. 

Penimbangan Joper saat sudah mulai di panen
Dengan cepatnya masa panen pada ayam joper, di harapkan kebutuhan akan daging ayam dapat terpenuhi

Salah Satu Video Review Mengenai Ayam Joper

Bagi anda yang ingin beternak ayam kampung super, kami menyediakan doc ayam kampung super yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam joper, cara ternak joper, pakan alternatif joper, pakan joper, analisa ternak joper 100 ekor, analisa ternak ayam joper 300 ekor, harga ayam joper, pakan ayam joper, kandang ayam joper, analisa usaha ayam joper 1000 ekor, ukuran kandang ayam joper 100 ekor

**Yuni Ambarwati**

6 thoughts on “Cara Mudah Ternak Ayam Joper-BONUS Analisa Ternak Populasi 100 Ekor

  • Eno Risnandi

    Selamat pagi, Saya Eno tinggal di desa karangsari kecamatan karangmoncol kabupaten purbalingga. Untuk pemesanan doc ayam joper minimal berapa ya ? Dan ada ongkos kirimnya enggak ? Kalo ada berapa ongkirnya. Dan untuk oder indendt atau sudah ada stoknya ? Terimakasih

    • Nunung Setyawan

      Selamat pagi Pak Eno, Saya Eno tinggal di desa karangsari kecamatan karangmoncol kabupaten purbalingga. Untuk pemesanan doc ayam joper minimal berapa ya ? Dan ada ongkos kirimnya enggak ? Kalo ada berapa ongkirnya. Dan untuk oder indendt atau sudah ada stoknya ? Terimakasih

      Selamat Pagi Pak..

      1. Untuk Purbalingga kami kirimkan sampai stasiun Purwokerto. Nanti Bapak bisa ambil di stasiun tersebut.
      2. Pembelian minimal 1 box isi 100 ekor
      3. Kalau beli di atas 2 box gratis ongkos kirim
      4. Pengiriman sesuai antrian jadwal tetas.

      Untuk info lebih lanjut silahkan bisa WA kami di:
      084564 77 23 888

    • Admin 1 hobiternak.com

      Benar Pak, ayam joper ini termasuk jenis ayam potong/pedaging ya Pak.
      Namun biasanya kalau ayam potong itu lebih di kenalnya yang jenis ayam broiler.
      Kalau JOPER ini terkenalnya karena masa panennya yang cepat yaitu 60 hari.

      Silahkan jika berminat kami menyediakan ayam joper dan broiler juga.
      Hubungi layanan pelanggan kami via WA di 085647723888

  • bahrul

    mau tanya pakan br 1 buat pakan ayam joper apa kandungan proteinnya ngga terlalu tinggi? kalo ketinggian kan sayang mending beli pakan yg proteinnya agak rendahan dan pastinya harganya juga lebih murah gan

    • Meilani Sawitri

      Sebenarnya untuk BR 1 ini sudah standar ya Pak. Dan untuk pakan tersebut yang biasanya kami sarankan untuk para peternak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: