Analisa Ternak Ayam Kampung Super (Joper) Kapasitas 100 Ekor – Sebelum memutuskan untuk beternak Ayam Kampung Super, marilah kita mempelajari analisa ternak joper terlebih dahulu. Dengan analisa ternak Joper kita mengetahui aspek ekonomis diantaranya modal yang dibutuhkan, biaya operasional, perhitungan rugi dan laba dan tingkat pengembalian modal. Untuk saat ini beternak Ayam Kampung Super peminatnya mengalami peningkatan. Beternak ayam kampung mempunyai daya tarik diantaranya adanya harga jual Ayam Kampung Super siap konsumsi yang relatif lebih stabil cenderung mengalami peningkatan terutama pada bulan-bulan tertentu, mempunyai banyak konsumen fanatik yang menyukai rasa daging ayam kampung, pangsa pasar yang masih cukup luas, mempunyai sifat unggul yaitu lebih tahan terhadap penyakit jadi bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit dan mempunyai pertumbuhan yang cepat sehingga masa panen cepat.

Ternak Ayam Kampung Super

Ternak Ayam Kampung Super

Dalam memulai usaha tersebut kita bisa mencoba menganalisa ternak  joper dengan kapasitas 100 ekor. Alasan memulai usaha dengan 100 ekor karena untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan. Apabila sudah yakin dan merasa mampu dalam penanganan untuk jumlah yang banyak maka bisa ditambahkan jumlahnya secara bertahap. Dan dengan analisa ternak joper terlebih dahulu kita juga bisa mengetahui penghasilan perhari dan perbulannya. Hal ini juga bertujuan agar kita bisa memperkirakan keberlangsungan usaha yang akan dijalani.

Sebagai pemula dalam beternak tentu saja menemukan kebingungan dalam bagaimana cara memulai usaha ternak ayam joper tersebut. Karena apabila kita salah dalam memulai usaha tersebut maka bisa saja usaha tersebut gagal ditengah jalan. Untuk harga doc joper di pulau jawa dapat mencapai sekitar Rp. 6.500 per ekornya. Tetapi harga tersebut dapat sewaktu – watu berubah mengikuti harga yang ditawarkan di pasaran. 

Berikut adalah analisa ternak ayam kampung super (Joper) kapasitas 100 ekor : 

Harga DOC Joper 100 ekor = Rp 6500 ( 1 ekor ) = Rp 650.000

Pakan (voer) 4 karung = Rp 355.000 (1 sak) = Rp 1.420.000 (4 sak)

Sekam =Rp  45.000

Listrik = Rp 50.000

Probiotik = Rp 45.000

Bio security = Rp 75.000

Vitamin = Rp 30.000

Koran bekas = Rp 15.000

Susut kandang = Rp 30.000

—————————————————– +

Total               =           Rp 2.360.000

Pendapatan :

Misal, fcr 2,2 maka hasil panen kurang lebih 90 kg.

FCR adalah jumlah pakan yang di butuhkan di bagi  jumlah panen yang di hasilkan.

Diambil dari beberapa informasi bahwa harga ayam joper saat ini yaitu Rp 25.000/kg. Jadi bisa di katakana bahwa pendapatan untuk 100 ekor ayam kampung super (JOPER) yaitu sekitar Rp 2.500.000. Untuk melakukan perawatan ayam joper sampai panen yaitu membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan atau 60 hari. Waktu masa panen 60 hari ini cukup singkat di bandingkan dengan ayam kampung lainnya. Dan tidak lama-lama Anda menunggu karena dengan waktu kurang lebih 2 bulan itu Anda sudah dapat keuntungan.

Dengan modal Rp 2.360.000 berdasarkan perhitungan di atas kira-kira Anda akan mendapat keuntungan sekitar 6%. Namun perhituangan tersebut belum termasuk vaksinnya dan bisa berubah-ubah.

Catatan : harga-harga tersebut menyesuaikan dengan tiap wilayah. Jadi, bisa berubah-ubah tergantung dengan wilayah Anda dan keuntungan juga bisa berubah-ubah pula.

Dari informasi di atas dapat di simpulkan bahwa beternak ayam kampung super (JOPER) 100 ekor tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Apabila Anda pemula beternak ayam kampung super 100 ekor ini cukup bagus bagi Anda untuk awalan atau permulaannya. Apabila usaha ayam 100 ekor itu sudah berhasil dan mendapat keuntungan maka Anda dapat menambah atau memperbesar usaha Anda dengan beternak 500 ekor joper dan apabila sudah berhasil juga bisa di tambah lagi menjadi 1000 ekor dan begitu seterusnya.

Berikut ini merupakan cara ternak joper yang baik : 

1. Kandang

Kandang merupakan hal terpenting dalam beternak. Dalam pembuatan kandang tidak ada yang dijadikan standar. Karena pada umumnya untuk ukuran kandang joper harus disesuaikan dengan jumlah dan umurnya. Untuk kandang DOC perlu diberikan penghangat hal ini bertujuan agar DOC tidak kedinginan. Didalam kandang tersebut suhunya diusahakan jangan terlalu panas kira-kira sekitar 30-32 derajat celsius.

analisa ternak joper

2. Pakan

Selain kandang, pakan merupakan hal yang juga harus diperhatikan dalam beternak ayam maupun unggas. Begitu juga dengan beternak ayam joper maka kebutuhan pakannya harus baik dan benar. Asupan nutrisi dan gizi ayam joper harus terpenuhi setiap harinya supaya bisa tumbuh dengan cepat dan baik. Pakan joper ketika masih kecil bisa diberikan konsetrat, karena mempunyai tekstur yang halus sehingga mudah dicerna.

analisa ternak joper

Selain itu juga ada pakan alternatif joper yang bisa diberikan untuk ayam kampung joper misalkan saja bagian pohon talas pada umbinya saja atau juga tangkai dan daun atau bisa kedua-duanya dicampurkan.

Baca juga : Pemberian Pakan Ayam Kampung Super Hingga Dapat Dipanen Pada Umur 6 Minggu 

3. Pemilihan Bibit Unggul

Dalam pemilihan bibit unggul merupakan hal yang paling penting sebelum membudidayakan ayam joper. Untuk pemilihan bibit ternak yang memiliki kualitas bagus. Kualitas yang bagus disini adalah yang sehat, mata bersinar, tegap, tidak cacat, serta mempunyai bulu yang bersih dan mengkilap. Apabila menemui ayam joper yang berbulu kusam maka jangan dipilih karena bisa jadi ayam tersebut sedang sakit. Dalam pemilihan bibit harus teliti dan cerdas.

analisa ternak joper

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan suatu hal yang penting juga dalam budidaya ternak ayam. Karena fungsi pemeliharaan disini untuk mengontrol ayam supaya tidak terkena penyakit dan bisa hidup dalam keadaan sehat sampai masa panen.

Untuk kandang pemeliharaan dipastikan dalam kondisi bersih dan tidak rusak. Dalam pemberian pakan untuk ayam harus teratur dan dipastikan ayam ternakan menghabiskannya dengan baik. Agar ayam terhindar dari penyakit jangan lupa diberikan vaksinasi.

5. Pengendalian Penyakit

Pengendalian penyakit merupakan hal yang penting. Karena dalam pemeliharaan dalam jumlah banyak tentu saja tidak semua hewan peliharaan dalam keadaan sehat. Maka, setiap hari ayam harus dikontrol untuk membedakan mana ayam yang sehat dan tidak sehat. Apabila ditemukan ada ayam yang tidak sehat maka harus segera dipisahkan dari ayam yang lain dan diberi obat supaya penyakitnya tidak menular.

Baca juga : Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula 

Untuk mengontrol atau pengendalian penyakit pada ternak ayam joper bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang, pemilihan lokasi yang jauh dari penyakit, melakukan vaksinasi ternak yang teratur serta menjaga sanitasi kandang dan peralatannya.

analisa ternak joper

6. Panen

Panen merupakan yang paling dinanti oleh pebisnis ternak ayam. Karena dimasa ini peternak bisa menjual ayamnya kepasaran untuk memperoleh keuntungan. Ayam yang memiliki nilai jual tinggi harus memenuhi standar kualitas dipasaran. Biasanya orang memilih ayam joper ini karena memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya memiliki harga jual yang tinggi dan stabil, masa panen cepat, pemeliharaannya mudah serta tahan dengan berbagai penyakit.

Bagi anda yang ingin beternak ayam kampung super, kami menyediakan doc ayam kampung super yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan untuk pemesanan hubungi kami segera di :

 SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
ukuran kandang joper, cara ternak joper, pakan alternatif joper, pakan joper, harga doc joper

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3.5 based on 13 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Kampung Super
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

7 Comments

mypen2016 · December 23, 2018 at 6:01 pm

Pak Bos, isi tulisan sama judul koq ndak nyambung ya? Judulnya “Analisa Ternak Ayam …”. Nah… pada bagian body tex nya malah membahas item yang di butuhkan? Lantas analisanya di mana? Maaf saya pemula asli, tulen suer. So… Where is the analysis? Sukses selalu buat semuanya.

    Meilani Sawitri · December 24, 2018 at 1:00 am

    Selamat pagi Pak, terimakasih atas komentarnya. Kami akan cek kembali artikel tersebut dan kami juga akan mencoba untuk memperbaiki kembali.

Kandang yang Baik untuk Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) - hobiternak.com · November 19, 2018 at 4:37 am

[…] Analisa Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) Kapasitas 100 Ekor […]

2 Tahap Mempersiapkan Kandang Ayam Kampung Jawa Super (JOPER) · November 1, 2018 at 1:44 am

[…] Analisa Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) Kapasitas 100 Ekor […]

√ Harga DOC JOPER atau Bibit Ayam Kampung Super 2018 · October 21, 2018 at 3:13 am

[…] disiapkan dan perkiraan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Untuk pemula, bisa memulai dengan analisa usaha ayam joper 100 ekor terlebih dahulu. Apabila dibutuhkan juga bisa melakukan perbandingan analisis usaha biaya […]

Keuntungan Berkali Lipat Berkat Ternak Ayam Arab Merah · October 18, 2018 at 6:39 am

[…] Analisa Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) Kapasitas 100 Ekor […]

Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula - hobiternak.com · July 1, 2018 at 12:30 am

[…] atau membaca buku mengenai beternak ayam kampung super. Penting juga untuk di pelajari tentang analisa ternak joper terlebih dahulu sebelum mulai […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: