Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur dan Bisa Ditetaskan?

Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur dan Bisa Ditetaskan? – Ayam broiler merupakan jenis ayam pedaging hasil persilangan antara berbagai jenis ayam yang mempunyai produktivitas daging yang tinggi. Dengan produktifitas yang tinggi inilah yang menjadi faktor utama peternak untuk selalu mengembangbiakan jenis ayam pedaging broiler ini. Ayam Broiler jantan dan betina tentu memiliki bobot yang berbeda. Diantara keduanya bobot yang lebih unggul yakni jenis broiler pedaging jantan.

Produktifitas daging ayam broiler memang sangat tinggi. Dengan didukung masa panen yang relatif cepat yakni 35 – 40 hari membuat banyak masyarakat merasa berutung beternak ayam broiler ini. Genetik yang berasal dari ayam ini terbilang sangat baik, karena hasil persilangan tersebut dengan sistem berkelanjutan.

Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur dan Ditetaskan ? | cover
Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur dan Ditetaskan ? | cover

Gen yang dihasilkan ayam broiler memang terbilang baik dan berkualitas tetapi bila tidak didukung dengan pakan dan lingkungan yang baik maka genetiknya lama kelamaan akan menjadi menurun kualitasnya.

Ciri – ciri Ayam Broiler yang sehat

  • Ayam broiler memilki tubuh gemuk.
  • Kulit bagian bawah dan disekitar ekor terdapat banyak lemak.
  • Kulit mengkilap dan mudah sobek.
  • Dagingnya empuk dan kenyal saat dipegang.
  • Nafsu makan cukup baik.
  • Ayam memiliki mata dan muka serta bulu yang cerah.
  • Memiliki gerakan yang lincah.

Harga ayam broiler sekarang fluktuatif, kadang harganya tinggi dan tidak menutup kemungkinan juga rendah. Kapan harga ayam broiler anjlok? Akhir-akhir ini harga ayam broiler anjlok. Karena jumlah pemasok ayam ini sangat banyak yang menjadikan harga jenis ayam ini menurun.

Baca juga di : Mengenal Beberapa Jenis Ayam Broiler atau Pedaging 

DOC Ayam Broiler yang sehat dapat kita amati secara bentuk fisik yang tidak cacat dan aktif bergerak | gambar 2
DOC Ayam Broiler yang sehat dapat kita amati secara bentuk fisik yang tidak cacat dan aktif bergerak | gambar 2

Kapan harga ayam broiler naik? Biasanya harga ayam broiler akan mengalami kenaikan saat menjelang idul fitri. Karena terdapat banyak masyarakat mempersiapkan hidangan saat lebaran. Apakah Ayam Broiler pedaging Bisa Bertelur dan Bisa Ditetaskan? Ayam broiler bisa bertelur tetapi tidak untuk ditetaskan. Biasanya telur ayam broiler ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk di konsumsi saja.

Lalu di umur berapa ayam broiler bertelur ? Ayam broiler bertelur saat sudah berumur 8 bulan. Karena pada umur tersebut produktivitas ayam sudah baik. Ayam ini juga dapat menghasilkan telur 30 butir dalam satu periode. Ayam broiler biasanya tidak bisa mengerami telurnya, karena ayam ini bukan jenis ayam petelur tetapi jenis ayam pedaging. Caranya agar ayam broiler cepat bertelur yaitu dengan memberikan pakan yang berkualitas. Dengan pakan yang berkualitas maka ayam broiler juga akan cepat bertelur.

Baca juga : Manajemen Pemeliharaan DOC atau Bibit Ayam Broiler untuk Meraih Kesuksesan 

Indukan Ayam Broiler

Apabila Anda ingin megembangkan usaha ternak ayam broiler. Sebagaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa indukan ayam broiler tersebut berkulitas. Karena dengan indukan yang berkualitas maka akan mempengaruhi pertumuhan terhadap DOC yang akan diternakkan. 

Adapun ciri – ciri indukan yang berkualitas yaitu sehat, bentuk tubuh proporsional, jinak, ketahanan tubuh serta  berasal dari indukan yang baik.

Cara Mengawinkan Ayam Broiler

Biasanya para peternak mengawinkan ayam broiler dengan cara inseminasi. Inseminasi yaitu sperma ayam jantan yang diambil menggunakan suntik lalu disuntikkan ke ayam betina. Cara tersebut yang biasa dipakai oleh para peternak. Karena mudah dan praktis jadi  banyak para peternak yang memakai cara ini.

Agar Ayam Broiler tumbuh dengan sehat maka petenak perlu memberikan pakan yang berkualitas | gambar 3
Agar Ayam Broiler tumbuh dengan sehat maka petenak perlu memberikan pakan yang berkualitas | gambar 3

Pakan Ayam Broiler

Pakan merupakan hal yang paling penting bagi semua hewan. Total 70 % keseluruhan biaya digunakan untuk membeli pakan dalam beternak ayam broiler ini. Untuk fase starter Anda bisa berikan crumble dan untuk pertumbuhan atau grower Anda bisa berikan pellet. Pemberian pakan harus efektif dan efisien supaya dapat menghasilkan ayam broiler yang berkualitas.

Selain memberikan pakan yang berkulitas tentunya ada juga harus memberikan berbagai macam vitamin yang tentunya akan menjada ayam broiler tetap tumbuh dengan sehat. Untuk vitamin tersebut ada bisa dapatkan pada toko obat hewan terdekat. 

Baca juga : Penjual DOC atau Bibit Ayam Broiler Pedaging di Pulau Jawa Maupun Luar Pulau Jawa 

Kandang Ayam Broiler

Kandang merupakan salah satu aset peternak yang jangka waktunya cukup panjang. Maka diharapkan peternak dapat membuat atau merancang kandang dengan baik sesuai dengan standar pembuatan. Untuk kandang ayam broiler yang biasa diguankan yakni dengan bentuk kandang Close House. 

Beternak ayam Broiler mengguanakan sistem kandang close house | gambar 4
Beternak ayam Broiler mengguanakan sistem kandang close house | gambar 4

Kandang close house ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang tentunya dapat memudahkan peternak dalam melakukan monitoring perkembangan ayam broiler. Didalam kandang close house ini terdapat bloower yang berfungsi untuk menyerap panas di dalam kandang. Sehingga suhu di dalam kandang dapat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh si ayam broiler.

Untuk DOC Ayam broiler memang belum bisa untuk beradaptasi dengan angin yang kencang. Maka dari itu sebaiknya kandang ayam broiler tertutup dan dilengkapi dengan ventilasinya yang tidak terlalu terlalu besar. Sebaliknya untuk ayam dewasa, udara akan keluar masuk kandang yang akan semakin lancar serta dapat membantu proses pertumbuhan bagi ayam tersebut.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk beternak ayam broiler? Ayam ini sebenarnya mudah dalam pemeliharaan, cukup ketelatenan dan keuletan sang pemilik.

Kami menyediakan DOC Ayam Broiler dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Broiler baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK apakah ayam broiler bisa bertelur word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait: umur berapa ayam broiler bertelur, apakah ayam broiler bisa mengerami telurnya, cara agar ayam broiler cepat bertelur, cara mengawinkan ayam broiler, apakah ayam broiler pedaging bisa bertelur, pembibitan ayam broiler, telur ayam broiler, indukan ayam broiler

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: 99.com
  • gambar 2: Owned by the author
  • gambar 3: medium.com
  • Image 5: poultrybazaar.co.in

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA