Simak!!! Solusi Cara Ternak Ayam Joper Agar Cepat Panen

Saat ini ternak Ayam Kampung Super (Joper) telah menjadi trending topik di tengah masyarakat terutama para peternak unggas di Indonesia. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa kelebihan yang dimiliki ayam kampung super.

Salah satu kelebihan ayam kampung super dibanding dengan jenis ayam ras lainnya adalah masa panen nya yang lebih cepat. Sehingga dengan adanya kelebihan dalam masa panen yang cepat akan mempercepat juga per putaran modal peternak.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ayam Kampung Super (JOPER)

Ayam Kampung Super (JOPER) merupakan ayam hasil persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Ayam yang biasa disebut dengan ayam joper ini memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. 

Masa panen ayam joper berlangsung selama 55 – 60 hari dengan bobot yang dihasilkan mencapai 0,8 – 1 kg per ekor. Dengan masa panen nya yang cepat itulah membuat ternak ayam joper menguntungkan bagi peternak. 

Meskipun kadang ayam kampung super (joper) sering di banding-bandingkan kan dengan ayam kub atau pun ayam yudistira, namun joper masih menjadi ayam pedaging yang paling banyak permintaan pasarnya. 

DOC Ayam Kampung Super (JOPER) usia baru saja menetas | Image 1
DOC Ayam Kampung Super (JOPER) usia baru saja menetas | Image 1

Adapun keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dengan beternak Ayam Kampung Super adalah sebagai berikut ini :

  1. Masa pertumbuhan ayam kampung super yang lebih cepat yakni 55 – 60 hari dengan bobot 0,8 – 1 kg per ekor, bahkan ada peternak yang memelihara joper pada usia 60 hari bobotnya bisa mencapai 1 kg lebih. 
  2. Memiliki citarasa yang sama dengan ayam kampung asli yakni gurih dan bertekstur padat.
  3. Daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit
  4. Pemeliharaan yang relatif mudah
  5. Ayam joper harga di pasaran relatif stabil
  6. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada daging ayam joper menyehatkan

Bagaimana Cara Ternak Ayam Joper Agar Cepat Panen ?

Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan usaha ayam joper maka peternak harus mengetahui cara ternak ayam joper agar cepat panen. Biasanya metode pemeliharaan yang digunakan peternak yaitu metode intensif. 

Pemeliharaan secara intensif ini dilakukan dengan cara ayam joper dipelihara didalam kandang dan tidak diumbarkan di lingkungan rumah. Itu menjadi salah satu perbedaan ayam joper dan kampung. 

Karena biasanya ayam kampung hanya di umbar dan mencari makan sendiri di alam bebas. 

Ayam pedaging yang masa panennya cepat dan dagingnya juga enak yaitu jenis ayam Joper | Image 2
Ayam pedaging yang masa panennya cepat dan dagingnya juga enak yaitu jenis ayam Joper | Image 2

Pola pemeliharaan intensif ternak JOPER ini bertujuan agar peternak dapat dengan mudah mengontrol kebutuhan pakan dan minum. Selain itu, peternak juga dapat dengan mudah mengontrol kesehatan ayam serta melakukan pencegahan penyakit.

Sanitasi kandang yang baik dan teratur serta pemberian vaksinasi juga dapat dilakukan untuk mencegah ayam terkena penyakit.

Untuk penjualan ayam joper siap panen ini, biasanya peternak dapat memasarkan ayamnya ke pasar – pasar dan warung – warung terdekat.

Bahkan saat ini pengepul ayam joper disetiap daerah sudah tersebar, sehingga dapat memudahkan pemasaran nya. Serta harga ayam joper siap panen pun juga memiliki harga yang berbeda beda di setiap daerahnya.

Agar usaha budidaya ayam kampung super dapat berjalan dengan lancar dan dapat dipanen dengan waktu yang singkat. Maka peternak harus mempersiapkan beberapa poin dibawah ini dengan baik :

1.Pemilihan DOC yang Berkualitas

Agar mendapatkan hasil panen yang bagus dan sesuai dengan target yang diinginkan peternak sebaiknya benar – benar memilih DOC Ayam Kampung Super yang memiliki masa pertumbuhan cepat.

Hal ini dikarenakan agar ayam kampung super yang dipelihara dapat dipacu pertumbuhannya dengan baik. Seperti DOC Ayam Joper yang disediakan di hobiternak.com, memiliki masa panen yang singkat dengan bobot yang sesuai dengan standar pasaran.

Ayam Joper persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina | Image 3
Ayam Joper persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina | Image 3

Adapun untuk mengenali DOC yang sehat dan berkualitas adalah sebagai berikut ini :

  1. Memiliki berat DOC rata – rata 38-45 gram/ ekor
  2. Tidak terdapat cacat pada anggota tubuh
  3. Bulu bersih dan mengkilat
  4. Tidak terdapat kotoran yang menempel pada dubur
  5. Bulu dalam keadaan kering dan tidak ada bulu yang menempel di area dubur
  6. Kaki basah seperti berlapis minyak
  7. DOC dalam keadaan segar, aktif, lincah dan tidak lesu

2. Tipe kandang yang Ideal

Pembuatan kandang ayam joper yang sesuai dan ideal akan menentukan hasil panenan yang maksimal. Dan sebaliknya jika pembuatan kandang tidak baik akan memberikan pengaruh yang buruk pada pertumbuhan ayam kampung super.

Pengaruh buruk tersebut contohnya seperti ayam mudah terserang penyakit yang tentunya menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan dalam beternak ayam kampung super.

Ada dua tipe kandang yang dapat digunakan oleh peternak. Dalam pembuatan kadang tersebut sebaiknya peternak menyesuaikan pada kontur tanah yang akan didirikan kandang.

Jika memiliki kontur tanah yang datar maka tipe pembuatan kandang bisa menggunakan bentuk kandang postal. Dan jika kontur tanah miring dan mudah tergenang air saat musim hujan sebaiknya menggunakan bentuk kandang panggung.

Maka dari itu diharapkan peternak dapat memperhatikan pembuatan kandang ayam kampung super dari nol – masa panen dengan baik.

Ketika usia ayam joper 1 – 2 minggu sebaiknya DOC ayam diletakkan dalam kandang terpisah atau dapat kita sebut sebagai kandang brooder/ Indukan.

1. Kandang Brooder atau Indukan

Pembuatan kandang brooder ini dikhususkan untuk pemeliharaan ayam kampung super usia kurang dari 2 minggu. Biasanya ukuran kandang ayam joper 100 ekor yaitu 2 X 2 X 0,4 meter. 

Bentuk kandang ini dapat dibuat dengan bermacam – macam sesuai dengan selera peternak, baik lingkaran maupun kotak atau dibuat seperti kandang panggung. Berikut merupakan hal – hal penting dalam mempersiapkan kandang brooder

Pemeliharaan ayam joper akan lebih baik jika dengan sistim intensif. Kandang pemeliharaan ketika masa starter dan grower di pisah sehingga lebih optimal pertumbuhannya. | Image 4
Pemeliharaan ayam joper akan lebih baik jika dengan sistim intensif. Kandang pemeliharaan ketika masa starter dan grower di pisah sehingga lebih optimal pertumbuhannya. | Image 4
a. Dinding Kandang Brooder

Pada pembuatan kadang brooder, peternak dapat menggunakan bahan seperti tripleks, bilah – bilah bambu, kardus atau lembaran – lembaran seng.

Fungsi dari pembuatan dinding kandang ini bertujuan untuk membatasi gerak DOC ayam, melindungi DOC dari serangan binatang buas serta memberikan penghangat maksimal pada penggunaan alat pemanas.

Dalam pembuatan dinding kandang ini tidak menutup kemungkinan juga bisa menggunakan kawat strimin yang dipadukan dengan kayu dengan ditutup menggunakan banner atau kardus.

Setelah DOC ayam memasuki usia 14 hari atau 2 minggu, ayam joper sudah bisa dipindahkan pada area kandang pembesaran. 

b. Lantai Kandang Brooder

Pelapisan lantai kandang brooder untuk ayam kampung super ini bertujuan untuk melindungi kaki ayam agar tidak mudah terluka. Untuk alas kandang sendiri bisa dibuat menggunakan bilah bambu atau papan tripleks.

Kemudian untuk lapisan atasnya bisa diberikan sekam atau kulit dengan ketebalan 5 cm. Setelah pemberian alas sekam peternak dapat melapisinya lagi menggunakan kertas koran sebagai penghangat dan dapat mencegah DOC ayam memakan sekam tersebut.

Jika penggunaannya menggunakan kertas koran maka peternak wajib mengganti kertas koran tersebut selama 3 hari sekali. Hal ini dilakukan agar ayam tidak mudah terserang penyakit akibat kertas koran yang lembab.

Dan jika penggunaannya menggunakan alas karpet penggantian nya dilakukan selama 7 hari sekali.

Penggunaan lantai kandang brooder dengan lapisan kertas koran. | Image 5
Penggunaan lantai kandang brooder dengan lapisan kertas koran. | Image 5

Untuk kandang brooder berupa kandang panggung peternak tidak perlu melapisi kembali alas kandang mengunakan sekam, cukup menggunakan koran atau karpet seperti keterangan diatas.

Tetapi perlu diperhatikan juga mengenai jarak atau celah antar bambu agar tidak terlalu lebar. Ini berfungsi agar kaki ayam tidak masuk kedalam celah bambu.

Pada kandang yang lantainya langsung beralaskan tanah, maka sebelum sekam ditabur alangkah baiknya jika ditaburi dengan kapur mati. Kapur mati ini bertujuan sebagai disinfektan agar kotoran ayam yang telah bercampur dengan tanah tidak menimbulkan gas amonia.

Jika alas sekam tersebut sudah terlihat menggumpal dan lembab segera lakukan pergantian dan membolak balik lapisan sekam.

2.Kandang Pembesaran

Pembuatan kandang pembesaran ini dilakukan ketika ayam kampung super telah memasuki usia 15 hari. Penggunaan kandang pembesaran ini terhitung dari usia 15 hari hingga menuju masa panen.

Untuk ukuran kandang pembesaran ayam joper bisa disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan di ternak. Pada umumnya kandang pembesaran untuk ayam kampung super tersebut dibagi menjadi 2 tipe, yakni kandang postal dan panggung. Berikut pembahasan nya :

ukuran kandang pembesaran ayam joper

a. Kandang Postal

Pembesaran ayam kampung super menggunakan kandang postal pada umumnya menggunakan bahan baku yang mudah di jangkau dan didapat. Biasanya peternak banyak menggunakan kombinasi kayu berupa jenis kayu kaso dan bambu.

Dibagian dinding dapat dibuat menggunakan bilah – bilah bambu dengan jarak antar bilah bambu 1 ruas jari orang dewasa.

Untuk bahan lainnya selain menggunakan bambu, peternak dapat menggunakan kawat harmonika, yang mana dalam penggunanya tentu lebih tahan lama dan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Salah satu penggunaan kandang tipe postal untuk ayam kampung super. | Image 6
Salah satu penggunaan kandang tipe postal untuk ayam kampung super. | Image 6

Baca juga :

Lalu pada pembuatan lantai kandang postal dapat dibuat dengan tanah yang diratakan dan dipadatkan. Atau bisa juga dengan menggunakan lantai kandang yang disemen.

Dalam pembuatan lantai kandang alangkah baiknya jika menggunakan semen, agar memudahkan peternak dalam melakukan pembersihan. Selain itu juga dapat meminimalisir pertumbuhan hama dan bakteri virus yang menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.

Pada atap kandangnya dapat berupa asbes, genteng atau atap galvanis. Tetapi alangkah baiknya tidak menggunakan atap dari seng.

Karena atap yang terbuat dari seng akan membuat suhu udara di dalam kandang menjadi lebih panas, hal ini dapat menyebabkan ayam stress. Terlebih seng dapat menimbulkan bunyi yang dapat mengagetkan ayam.

b. Kandang Panggung

Pembuatan kandang panggung ini biasanya dilakukan oleh peternak yang bertempat tinggal daerah pegunungan. Tentu daerah pegunungan biasanya tanahnya tidak rata sehingga banyak sebagian peternak menggunakan kandang panggung.

Bahan utama pembuatan nya berupa kayu kaso dan bambu. Jika dilihat dari perbedaannya dengan kandang postal hanya terdapat pada tiang kandang panggung yang memiliki tinggi 150 – 160 cm.

Salah satu gambar ayam joper siap panen dalam pemeliharaan yang menerapkan tipe kandang panggung untuk mempermudah peternak dalam pembersihan. | Image 7
Salah satu gambar ayam joper siap panen dalam pemeliharaan yang menerapkan tipe kandang panggung untuk mempermudah peternak dalam pembersihan. | Image 7

Dinding kandang panggung sebagian terbuat dari bilah – bilah bambu dengan dikombinasikan dengan kawat harmonika di bagian atasnya. Dan untuk bagian lantai kandang juga terdiri dari bilah bambu yang memiliki jarak 1 ruas jari orang dewasa.

Sama halnya dengan kandang postal untuk atapnya dapat berupa genteng, asbes atau galvanis.

Baca juga : 

3. Sarana & Prasarana Kandang

Setelah peternak menentukan kandang ideal untuk ayam kampung super, baik untuk ukuran, bahan pembuatan kandang dan kondisi sirkulasi udara yang baik.

Maka tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai peralatan kandang agar memberikan kemudahan dalam proses pemeliharaan ayam kampung super sehingga dapat memaksimalkan hasil pemeliharaan.

Untuk kelengkapannya adalah sebagai berikut :

a. Tempat Pakan

  • Tempat Pakan Masa Starter
    Untuk tempat makan masa starter terutama saat doc berusia 1 – 5 hari tempat pakan yang digunakan berupa feeder tray yakni nampan plastik. Satu buah nampan plastik dapat digunakan untuk 100 ekor anak ayam.

    Setelah memasuki usia 5 – 10 hari wadah pakan dapat diganti dengan baby chick freeder. Fungsinya agar pakan tidak terinjak – injak. Setelah lebih dari 10 hari maka wadah pakan dapat diganti dengan tempat pakan gantung.
Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk masa strater - finisher | Image 8
Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk masa strater – finisher | Image 8
  • Tempat Pakan Masa Finisher
    Penggunaan tempat pakan finisher dapat berupa tempat pakan yang digantung dengan kapasitas 5 – 10 kg.

b. Tempat Minum
Tempat minum yang biasanya digunakan oleh peternak yakni tempat minum gantung, berbentuk galon dengan kapasitas 3,6 liter. Untuk satu galon mampu digunakan untuk 80 ekor anak ayam.

Tempat minum untuk periode strater - finisher | Image 9
Tempat minum untuk periode strater – finisher | Image 9

c. Pemanas & Chick Guard

  • Pemanas
    Untuk alat pemanas yang dapat digunakan biasanya dapat berupa lampu bohlam, semawar atau pun gasolek. Ada juga sebagian peternak yang memanfaatkan kayu bakar yang dimasukkan kedalam tong besi sebagai alat pemanas kandang.

    Saat ini kebanyakan dari peternak menggunakan lampu bohlam karena barangnya yang mudah didapat dan harganya yang terjangkau. Untuk populasi ayam sejumlah 100 – 200 ekor dapat menggunakan 4 bohlam lampu dengan ukuran 25 watt.

    Sedangkan jika menggunakan semawar jumlah populasi ayam biasanya diatas 500 ekor. Dan untuk gasolek digunakan untuk jumlah ayam 900 – 1000 ekor.
Lampu bohlam 5 watt banyak digunakan penerangan untuk masa pertumbuhan ayam joper | Image 10
Lampu bohlam 5 watt banyak digunakan penerangan untuk masa pertumbuhan ayam joper | Image 10
  • Chick Guard
    Kegunaan chick guard merupakan lembaran seng yang digunakan untuk membatasi gerak DOC ayam joper. Selain untuk membatasi gerak DOC kegunaan yang paling utama yakni menjaga panas yang berasal dari alat pemanas.

    Sehingga panas yang dihasilkan dapat menyebar ke seluruh bagian kandang yang bagus untuk menghangatkan tubuh ayam guna menunjang pertumbuhan doc ayam joper.

    Sementara untuk kandang brooding kegunaan chick guard tidak terlalu diperlukan.

d. Tirai Kandang
Kegunaan dari tirai kandang ini adalah untuk melindungi ayam dari terpaan angin. Biasanya peternak banyak menggunakan terpal atau plastik bening. Namun untuk penggunaan yang direkomendasikan karena lebih tahan lama adalah terpal.

Untuk pemasangan nya dipasang di sekeliling dinding kandang, mulai dari masa brooding hingga selesai masa brooding.

Salah satu penggunaan tirai kandang dengan menggunakan terpal | Image 11
Salah satu penggunaan tirai kandang dengan menggunakan terpal | Image 11

3. Pemberian Pakan yang Optimal

Pakan merupakan faktor utama untuk menunjang pertumbuhan DOC ayam kampung super. Pemberian pakan yang baik harus mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkan untuk ayam joper.

Pakan ayam joper agar cepat besar yaitu berupa pakan pabrikan. Contohnya seperti :

  • AKA 1
  • 511
  • BR -1

Penggunaan pakan pabrikan dimulai full sejak usia DOC hingga masa panen. Untuk pakan pabrikan yang mengandung kadar protein 21 – 23 % dapat diberikan sejak usia DOC – usia ayam 3 minggu.

Hal ini bertujuan untuk membentuk pertumbuhan organ – organ dalam, karena vitamin dan gizi yang terdapat dalam pakan pabrikan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk anakan ayam. 

Pakan butiran untuk ayam kampung super bisa diberikan dari masa strater - finisher | Image 12
Pakan butiran untuk ayam kampung super bisa diberikan dari masa strater – finisher | Image 12

Sedangkan untuk usia ayam menginjak 3 minggu peternak dapat memberikan pakan racikan sendiri dengan komposisi dan kandungan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ayam. 

Untuk menghasilkan panenan yang maksimal dan sesuai target maka hal yang menjadi patokan utama yakni pemberian pakan ayam joper yang mudah dicari dan efisien.

Karena saat ini telah banyak inovasi – inovasi baru yang membuat peternak merasa terbantu akan hadirnya pakan – pakan alternatif yang semakin menunjang pertumbuhan ayam joper cepat panen. 

4. Program Pemberian Vaksin 

Vaksin berguna untuk mencegah serangan beberapa jenis penyakit yang menyerang ayam kampung super, bahkan jika tidak segera mendapatkan penanganan kemungkinan terbesar ayam mengalami kematian dalam jumlah yang cukup tinggi.

Maka perlu dilakukan vaksinasi agar ayam tetap dalam keadaan sehat selama masa pertumbuhan. Untuk penjadwalan pemberian vaksin selama periode starter sebagai berikut :

Pemberian vaksin untuk mencegah ayam terserang dari berbagai macam penyakit | Image 13
Pemberian vaksin untuk mencegah ayam terserang dari berbagai macam penyakit | Image 13
Umur AyamJenis VaksinPenggunaanFungsi
4 hariND IBTetesMencegah penyakit ND dan IB
10 hariGumboro AAir MinumMencegah penyakit gumboro
21 hariND IasotaAir MinumMencegah penyakit ND

Bagi Anda yang tertarik untuk beternak ayam kampung super (joper) terutama untuk peternak pemula. Alangkah baiknya jika Anda mempelajari beberapa faktor penunjang keberhasilan dalam cara ternak ayam joper agar cepat panen, Anda juga bisa membuat analisa beternak ayam Joper supaya lebih terarah. 

Pertanyaan “Apakah ayam joper adalah jenis ayam pedaging yang cepat besar?” semoga bisa terjawab dengan sedikit artikel di atas. Namun bila Anda ada pertanyaan silahkan bisa tinggal komentar atau pun menghubungi kami untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis dari hobiternak.com

Sekian artikel dari kami, semoga artikel ini tetap memberikan manfaat bagi pembaca sekalian dan memberikan semangat yang lebih kepada para pengusaha peternakan ayam joper, baik peternak pemula maupun peternak senior.

Dan jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi hobiternak.com kapan saja untuk mendapatkan DOC Ayam Joper atau bibit ayam kampung super ini. Anda bisa hubungi kami kapan saja, silahkan….

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK cara ternak ayam joper agar cepat panen word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata Terkait :

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

ayam joper, ternak ayam joper, ayam joper adalah, kandang ayam joper, ukuran kandang ayam joper 100 ekor, gambar ayam joper, peternakan ayam joper, ukuran kandang pembesaran ayam joper, pakan ayam joper agar cepat besar, ayam kampung super

**Mei


4.9/5 - (99 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: pixabay.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 7: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Image 5: contohternak.blogspot.com
  • image 1: Owned by the author
  • Image 8: peralatan-kandangayam.com
  • Image 9: pakanalternatifbsf.blogspot.com
  • Image 10: segodnya.ua
  • Image 11: indonetwork.co.id
  • Image 12: tradeindia.com
  • image 6: radioem.pl

Satu pemikiran pada “Simak!!! Solusi Cara Ternak Ayam Joper Agar Cepat Panen”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA