Manajemen Pemeliharaan DOC atau Bibit Ayam Broiler untuk Meraih Kesuksesan – Saat ini mungkin masih ada yang belum mengerti, apa pengertian ayam broiler. Ayam broiler merupakan hasil persilangan beberapa jenis ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, khususnya dalam produktivitas daging. Broiler atau ayam ras pedaging memiliki mutu genetik yang baik. Meskipun demikian, mutu genetik baik akan maksimal apabila didukung faktor eksternal, seperti pakan, kandang, sanitasi, vaksin dan lainnya. Pertumbuhan broiler tergolong cepat, yaitu sekitar 5 minggu sudah bisa dipasarkan.

Ayam Broiler
Ayam Broiler

Sebelum beternak, Anda harus mempelajari manajemen pemeliharaannya terlebih dahulu. Banyak yang hanya membaca sekilas mengenai beternak dan tergiur dengan gambaran keuntungan yang dituliskan, kemudian terburu-buru memutuskan menjadi peternak. Beternak memang bisa dikatakan cukup mudah, namun apabila ada kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal. Namun, Anda tidak boleh takut. Karena kita tidak pernah tau, apakah bisnis beternak hanya coba-coba saja atau memang benar peluang kita untuk bisnis besar.

Salah satu hal yang cukup mendukung keberhasilan dalam beternak yaitu kualitas DOC atau bibitnya. Meskipun demikian, tetap harus diimbangi dengan perawatan yang bagus. Jangan sampai kita mendapat DOC yang berkualitas, namun karena perawatannya tidak maksimal hasilnya tidak memuaskan, dan sebaliknya.

Ciri-ciri Ayam Broiler atau biasa juga disebut dengan Ayam Negeri antara lain :

  • Cenderung lebih  gemuk
  • Kulit ayam broiler lebih mengkilap
  • Banyak lemak dibawah lapisan kulit terutama bagian sekitar ekor
  • Warna daging ayam broiler lebih cerah
  • Kulit ayam broiler mudah sobek
DOC Broiler
DOC Broiler

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan DOC Broiler antara lain :

1. Larutan Gula Merah

Ketika DOC baru tiba (sekitar 30 menit setelah tiba), sebaiknya DOC diberi larutan gula merah untuk menambah energi. Gula merah mengandung glukosa yang berfungsi sebagai penambah energi, sehingga DOC tidak lemas karena perjalanan jauh. Setelah itu, Anda bisa memasukkan DOC ke dalam kandang box. 1 sendok makan dilarutkan dengan 200 ml air.

2. Kandang yang Tertutup

Kandang DOC sebaiknya tertutup, karena masih rentan dan mudah kedinginan. Berbeda dengan ayam yang sudah dewasa, semakin lancar sirkulasi udara maka semakin bagus untuk pertumbuhannya. Kandang box bisa dilapisi plastik untuk membuat  ayam tetap hangat.

3. Lampu atau Bohlam

Lampu ini berfungsi sebagai penghangat DOC. Jumlah lampu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Apabila DOC berkumpul dalam satu tempat, hal tersebut berarti lampu kurang. Selain itu, lampu juga berfungsi membantu penglihatan ayam karena ayam rabun senja.

4. Brooder

Brooder berfungsi sebagai pengatur suhu dalam kandang.Jadi Anda bisa mengaturnya, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

5. Pakan

DOC hanya bisa menelan makanan yang halus, jadi beri pakan sesuai dengan usianya.

6. Vaksin

Pemberian vaksin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh ayam. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Biasanya pemberian vaksin pada DOC dengan tetes mata, bukan suntik.Beternak memang mudah namun juga banyak tantangannya. Apabila metode pemeliharaannya benar, dan tentunya tekun dan telaten, beternak bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Sejarah ayam broiler cukup panjang, dahulu sebelum ada peternakan ayam pedaging khusus, ayam broiler berasal dari ayam broiler jantan yang sudah afkir. Ayam broiler merupakan persilangan dari ayam pejantan bangsa Cornish yaitu ayam yang mempunyai karakeristik badan besar dengan ayam plymouth rocks putih betina yang memiliki karakteristik tulang besar.

Apakah ayam broiler bisa bertelur? Tentu saja bisa. Namun, ayam broiler merupakan jenis ayam yang ditujukan sebagai pedaging, jadi sangat jarang sekali yang menjual telur ayam broiler. Untuk ayam petelur biasanya disebut ayam layer.

Ayam Broiler
Ayam Broiler

Untuk saat ini harga ayam broiler pulau Jawa yang kami sediakan seharga : 

DOC Broiler BM: 7.100/ekor
DOC Broiler Super: 8.100/ekor

**harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Beberapa jenis Ayam Pedaging atau Ayam Broiler di Indonesia antara lain :

1. Cobb

Jenis ayam broiler cobb merupakan jenis yang paling populer. Jenis ini dikembangkan pada daging dada dan daging paha yang berkualitas. Selain itu juga dikembangkan untuk mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis, dan tentunya agar produksinya lebih efisien. Ciri fisik yang paling menonjol yaitu DOC yang terkadang berwarna hitam dan sebagian berwarna kuning.

2. Ross

Ayam jenis ini memiliki keunggulan yaitu daya tahan tubuhnya lebih bagus, lebih efisien dan pengembangan genetikanya berpusat pada kaki sebagai penyeimbang berat badan. Karakteristk ayam ini yaitu hampir keseluruhan tubuhnya berwarna kuning.

3. Hybro

Untuk ayam jenis ini, fokus pengembangannya pada daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk hybro lebih bagus dikembangkan di daerah beriklim tropis.

Beternak ayam broiler memang banyak pesaingnya, namun karena permintaannya cukup tinggi, jadi untuk pemasarannya cukup mudah. Anda bisa menjual ke pasar atau mencari pengepul terlebih dahulu sebelum beternak. Sehingga ketika panen, anda bisa langsung merasakan keuntungannya.

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam broiler kami menyediakan DOC ayam broiler. Kami siap mengirimkan ke seluruh pulau Jawa.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ayam broiler jantan, telur ayam broiler, harga ayam broiler, jenis ayam broiler, pengertian ayam broiler, apakah ayam broiler bisa bertelur, ciri ciri ayam broiler

Duwi Kristinawati
*.



1 Comment

Penjual DOC atau Bibit Ayam Broiler Pedaging di Pulau Jawa maupun Luar Jawa · November 23, 2018 at 4:11 am

[…] Manajemen Pemeliharaan DOC atau Bibit Ayam Broiler untuk Meraih Kesuksesan¬† […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: