jenis ayam broiler

Mengenal Beberapa Jenis Ayam Broiler atau Pedaging

Mengenal Beberapa Jenis Ayam Broiler atau PedagingSebelum mengetahui jenis-jenis Ayam Broiler, apakah Anda tahu ayam broiler itu apa? Ayam Broiler adalah tipe ayam pedaging yang mempunyai produktivitas yang tinggi. Buktinya yaitu umur 40 hari para peternak sudah bisa memanen hasilnya. Ayam ini berasal dari persilangan antara berbagai jenis ayam, tak heran bila ayam broiler memiliki genetik yang bagus.

Ayam Broiler yaitu hasil persilangan dari berbagai jenis ayam. Persilangan antara induk-induk tersebut dapat menghasilkan beberapa strain ayam broiler. Antara lain ayam broiler strain hubbard, ayam broiler cobb, ross, lohman, AA Plus dan hybro. Berikut kami jelaskan lebih lanjut beberapa pengertian tiga jenis ayam potong yang bagus dan terkenal :

  • Cobb

Jenis strain ayam broiler ini yaitu untuk memperbaiki performa rasio pemberian pakan. Jenis ayam ini dapat dengan mudah beradaptasi di iklim tropis. Fokus pengembangan ini untuk pembentukan daging dada.

  • Ross

Jenis strain ayam ini memiliki ketahanan hidup yang lebih baik. Fokus pengembangan genetik ayam ini yaitu untuk memiliki kaki kuat.

  • Hybro

Jenis strain ayam broiler ini fokus pada pengembangan untuk ketahanan daya hidup.

Ayam Broiler
Ayam Broiler


Jenis-jenis doc broiler terbaik:

  1. Warna dan ukuran harus sesuai dengan starin ayam
  2. Ayam tidak cacat
  3. Memiliki bobot yang normal yaitu sekitar 37-42
  4. Ayam memiliki mata yang cerah
  5. Bulu yang bersih
  6. Ayam mempunyai sifat aktif dan lincah
  7. Pada area dubur ayam tidak basah

Jenis doc ayam pedaging  memiliki pertumbuhan yang cepat dan memiliki bobot relatif besar. Daging ayam ini juga memiliki serat yang  lunak. Maka dari itu apabila Anda mau beternak  ayam ini maka akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Ayam ini sudah banyak yang menernakkan karena memiliki daging banyak.

jenis ayam broiler
Ayam Broiler

Jenis ayam pedaging unggul

  • Ayam Buras

Ayam jenis ini pertumbuhannya lambat. Mengapa bisa disebut dengan ayam buras, karena ayam ini biasa disebut dengan ayam bukan ras. Ayam Buras mencapai berat ideal membutuhkan waktu yang lama yaitu 6-8 bulan.

  • Ayam Pejantan Ras

Jenis ayam ini termasuk dalam golongan ayam petelur yang memiliki jenis kelamin jantan. Ayam ini dipelihara untuk sebagai ayam petelur.

  • Ayam Ras Afkir

Jenis ayam ini adalah ayam petelur yang sudah habis masa produksi. Berat ayam ini mencpai 2-2,5 kg usia 18-20 bulan.

  • Ayam Jabro

Ayam ini adalah hasil persilangan antara ayam jenis broiler dengan ayam ras petelur. Berat badan 0,5-1 kg dengan usia 2-4 bulan.

jenis ayam broiler
Ayam Broiler

Jenis ayam petelur

  •  Ayam Plymouth

Ayam ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Pertahunnya ayam ini dapat bertelur sejumlah 200 butir.

  • Ayam Petelur Putih (White Leghorn)

Jenis ayam ini memiliki bulu berwarna putih dan telur berwarna putih juga. Ayam white leghorn memiliki berat badan yang kurus dan ramping.

Pakan ayam broiler

Untuk pakan ayam broiler Anda bisa berikan crumble yang ditujukan untuk fase starter namun untuk masa pertumbuhan atau grower berikan pellet. Anda bisa berikan pakan tersebut 2 kali sehari atau 3 kali sehari. Apabila Anda memberikan pakan sesuai aturan, Ayam Anda akan tumbuh menjadi ayam yang berkualitas. Jadi, pakan merupakan salah satu faktor penting kenapa ayam bisa menjadi berkualitas.

jenis ayam broiler
Pakan Ayam Broiler

Kandang ayam broiler

DOC ayam broiler sebaiknya ventilasi kandang tidak dibuat terlalu besar, karena DOC ini belum tahan terhadap angin atau udara yang terlalu kencang.
Untuk ayam dewasa ventilasi kandang dibuat sebesar mungkin karena ayam dewasa sangat membutuhkan udara yang cukup. Semakin besar ventilasi yang dibuat dan semakin baik keluar masuk udara maka akan lebih bagus lagi untuk ayam dewasa.

Perkawinan ayam broiler

Bagaimana cara mengawinkan Ayam Broiler? Kalau lebih mudah Anda bisa dengan cara inseminasi. Inseminasi yaitu ayam jantan diambil spermanya lalu disuntikkan ke ayam betina. Cara ini banyak digunakan oleh para peternak karena tidak terlalu susah dan rumit.

Beternak ayam broiler ini sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu keuletan dan ketelatenan saja. Apabila Anda beternak ayam ini kemungkinan Anda akan mendapat keuntungan yang lumayan besar. Karena ayam broiler sudah banyak peminatnya. Di sisi lain pemeliharaan ayam ini juga tidak terlalu sulit, pakannya pun juga kita buat sendiri atau bisa kita dapatkan di toko yang jual pakan ayam.

Kata terkait:
jenis doc broiler terbaik, jenis doc ayam pedaging, jenis ayam potong yang bagus, jenis ayam pedaging unggul, ayam broiler cobb, tipe ayam pedaging, ayam broiler strain hubbard, jenis ayam petelur,

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Broiler
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: