Berapa Harga DOC Joper di Pati, Jawa Tengah?

Harga DOC Joper di Pati, Jawa Tengah – Beternak ayam joper atau ayam kampung super sepertinya sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang ayam joper ini merupakan ayam yang istimewa, sehingga menggunakan penamaan super di belakangnya. Namun tentunya ada sebab mengapa ayam ini disebut super. Yuk simak ulasannya disini. 

Ayam Kampung Super, Mengapa Disebut Super ?

Terdapat latar belakang menarik yang membuat ayam ini disebut sebagai ayam kampung super. Apa bedanya dengan ayam kampung pada umumnya? Sebelumnya, kami berikan penjelasan dahulu mengenai latar belakang dari ayam kampung super atau ayam joper ini. 

Sebelum adanya ayam joper atau ayam kampung super, masyarakat telah membudidayakan ayam kampung biasa. Daging ayam kampung memang lebih disukai oleh masyarakat karena citarasa dari dagingnya lebih padat, kenyal, gurih, dan bergizi. Namun yang menjadi permasalahan yang kerap menjadi kendala ialah lamanya proses panen dari ayam kampung itu sendiri. Diperlukan waktu 2,5 bulan lebih untuk mendapatkan ayam kampung dengan bobot yang diinginkan. Lalu pada akhirnya, terciptalah ide untuk menciptakan ayam kampung yang cepat panen. 

Singkat cerita, para peternak mempersiapkan indukan terpilih yang benar-benar baik untuk dijadikan indukan sehingga keturunannya juga baik. Akhirnya terpilihlah indukan pejantan ayam bangkok dan betina dari ayam ras petelur. Dipilihnya ayam bangkok karena ayam ini memang dikenal memiliki tubuh besar dan daya tahan tubuh yang baik. Selain itu dari ayam petelur juga memiliki keunggulan tingkat produktivitasnya baik. Setelah itu dilakukanlah persilangan dan menghasilkan keturunan berupa ayam kampung super atau ayam joper yang memiliki banyak keunggulan sehingga disebut sebagai ayam kampung super.

jual doc joper pati

Ayam joper adalah ayam yang mudah untuk diternakkan dan cocok dibudidayakan di daerah Pati

Keunggulan Ayam Kampung Super atau Ayam Joper

Karena berasal dari indukan yang sama-sama memiliki sifat unggul, maka tidak heran ayam joper ini juga memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah :

  1. Memiliki masa panen yang lebih cepat dari ayam kampung biasa. Masa panen dari ayam joper hanya 60 hari saja atau kurang lebih 2 bulan. Bobot yang bisa dicapai dalam masa panen tersebut antara 8 ons hingga 1 kg. Bahkan dengan pemeliharaan baik dan manajemen pakan yang dijaga, berat ayam joper ketika dipanen dalam usia 60 hari bisa diatas 1 kg.
  2. Meskipun beratnya bisa tumbuh dengan cepat, konsumsi pakan dari ayam joper rata-rata hanya 2,2 gram per ekor dalam sehari. Pakan ayam joper juga bisa dimodifikasi, yakni dengan memberikan pakan alternatif.
  3. Memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, karena ayam joper ini memiliki darah keturunan dari ayam bangkok. Tingkat kematian ayam joper dalam manajemen pemeliharaan baik bisa lebih rendah. Angka kematiannya bisa dibawah 5%. Ayam joper dapat dipelihara dalam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk daerah Pati yang sebagian besar merupakan dataran rendah maka ayam joper sangat cocok dijadikan bisnis. 
  4. Cita rasa yang dimiliki oleh ayam kampung super atau ayam joper tetap kenyal, teksturnya padat, dan gurih seperti ayam kampung pada biasanya. Hal ini membuat para penikmat ayam kampung tidak resah lagi karena ada ayam kampung super yang masa panennya lebih cepat. 
jual doc joper Pati

Keunggulan pada ayam joper adalah cepat di panen yakni hanya dalam waktu 2 bulan saja dan juga harga di pasaran cenderung stabil.

Peluang Beternak Ayam Joper di Pati

Seperti yang sudah kami paparkan diatas bahwasanya daerah Pati sebagian besar merupakan wilayah dataran rendah. Yang mana kondisi tersebut sangat cocok untuk dimanfaatkan dalam kegiatan beternak ayam joper. Ayam joper memang bisa di ternakkan di dataran rendah maupun tinggi. Untuk dataran rendah, para peternak di Pati bisa menerapkan salah satu diantara dua pilihan jenis kandang. Yaitu kandang postal atau kandang panggung. Namun untuk daerah Pati yang sebagian wilayahnya dataran rendah dan ada juga sebagian kecil di dataran tinggi. Kami akan memberikan ulasan singkat mengenai jenis kandang yang cocok digunakan. 

Kandang Tipe Postal

Kandang tipe postal merupakan kandang pembesaran ayam joper yang berusia 2 minggu keatas atau bisa juga sejak usia DOC atau 1 hari. Namun lebih baik jika DOC masih berusia dibawah 2 minggu dipelihara di kandang indukan dahulu yang biasanya berbentuk box. 

doc ayam joper pati

Kandang postal bisa digunakan untuk budidaya ayam joper yang lokasi tanahnya datar

Kandang postal ada dua pilihan lantai, yakni lantai tanah atau lantai semen. Untuk alasnya bisa dilapisi dengan sekam dan campuran sedikit pasir. Ukuran kandang postal untuk kapasitas 100 ekor ayam joper kurang lebih 5 x 3 m. Lalu untuk dindingnya bisa terbuat dari bilah bambu atau juga bisa dari batu bata. Dan untuk atapnya lebih baik menggunakan genting karena cukup efektif untuk ayam, pada siang hari menyerap panas dan pada malam hari bisa membuat suhu di kandang menjadi hangat.

Kandang Tipe Panggung 

Selain kandang postal, ada juga pilihan kandang panggung yang bisa diterapkan untuk warga Pati yang berada di dataran tinggi. Kandang panggung cocok digunakan untuk daerah yang tanahnya tidak rata dan juga biasanya terletak di dataran tinggi. Untuk kandang panggung bisa dibuat dengan tinggi kurang lebih 2,5 – 3,2 m. Jarak antara dasar tanah hingga dasar alas kandang kira-kira 1 – 1,5m. Sedangkan jarak antara dasar lantai atau alas ke atap kandang kira kira 1,5 – 1,6 m. Alas atau lantai kandang bisa terbuat dari bilah bambu yang disusun berjejer lalu untuk dindingnya juga bisa terbuat dari bilah bambu.

kandang ayam joper

Kandang panggung bisa digunakan untuk beternak ayam joper dan kondisi lahannya tidak rata dan berada di daerah dataran tinggi.

Saatnya Memulai Beternak Ayam Joper

Setelah melihat berbagai keunggulan serta kemudahan dari beternak, maka Anda tak perlu ragu lagi untuk mulai beternak ayam joper. Jika Anda sudah mantap ingin membudidayakan ayam joper, Anda bisa mendapatkan doc ayam joper berkualitas hanya dari kami. Hobiternak.com menyediakan dan jual doc joper Pati dengan harga terjangkau dan kualitas baik. Lalu berapa harga doc ayam joper Pati?

Harga DOC Joper Pati

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.900 / ekor Rp 6.900 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Nah, tunggu apa lagi, yuk segera beternak joper. Sebagai panduan Anda bisa memperlajari analisa ternak ayam joper dari kami. Atau Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan kami melalui nomor whatsapp. 

Hubungi kami kapan saja untuk pemesanan ataupun konsultasi. Kami jual doc joper Pati dan siap mengirimkan ke wilayah Anda dan seluruh daerah Indonesia. Nomor layanan pelanggan kami :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
doc joper pati, doc ayam joper pati, jual doc joper pati, jual doc ayam joper pati, harga doc joper pati, harga doc ayam joper pati, penjual doc joper di pati, penjual doc ayam joper pati, 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: