Mengenal Harga Ayam Mutiara Berdasarkan Jenisnya

Harga Ayam Mutiara bisa dikatakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ayam konsumsi yang lainnya. Alasan yang menjadikan harga ayam mutiara ini sedikit lebih tinggi dikarenakan ayam mutiara termasuk jenis ayam hias. Ayam Mutiara ini berasal dari Afrika. Dihabitat aslinya ayam ini hidup bergerombol disemak-semak sabana. Ayam ini  juga memiliki keindahan bulu dan bentuk yang cukup unik. Ayam mutiara ini berproduksi telur hanya di musim hujan saja. Dalam bertelur, ayam mutiara disembarang tempat dan tidak mau bertelur pada satu tempat saja. Untuk jumlah telur ayam mutiara dalam sekali bertelur ini bisa mencapai sekitar 50 sampai 70 butir. Ayam mutiara baru bisa bertelur apabila usianya diatas 6-7 bulan.

mengenal harga ayam mutiara
Ayam Mutiara saat ini banyak dikembangkan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai hewan hias.

Berapa jenis Ayam Mutiara?

Untuk pemeliharaan ayam mutiara ini hampir sama saja seperti ayam pada biasanya,hanya saja bisa juga ditangkarkan di kandang yang agak luas misalkan umbaran supaya lebih nyaman sehingga bisa tumbuh dan berkembang biak. Namun, di Indonesia sendiri jenis ayam mutiara yang sering ditemui ada empat macam, diantaranya :

1. Mutiara hitam adalah ayam mutiara yang memiliki warna hitam dengan bintik-bintik mutiara warna putih.

2. Mutiara Plangkok adalah ayam mutiara plangkok yang berwarna hitam dengan sentuhan bintik-bintik putih pada tampilan bulunya. Untuk bagian sayap, perut, dan kepalanya berwarna putih, pada paruh,pial dan kakinya berwarna kuning , serta warna hitam pada lehernya.

3. Mutiara Putih adalah ayam mutiara yang memiliki warna putih pada seluruh tubuhnya sehingga bintik mutiaranya hampir tidak kelihatan.

4. Mutiara Silver adalah ayam mutiara yang memiliki warna abu-abu dengan binti-bintik mutiara yang berwarna putih. Biasanya ada juga orang yang menyebutnya dengan nama ayam mutiara lavender. Ayam mutiara ini mempunyai kepala yang berwarna hitam keputihan serta kaki yang berwarna kuning ke abu-abuan.

Ayam Mutiara Plangkok
Ayam Mutiara Plangkok

Daging Ayam Mutiara

Selain dijadikan sebagai ayam hias. Ayam Mutiara juga bisa dijadikan hewan penjaga rumah, karena suara kokoknya yang kedengaaran nyaring dan bising apabila didekati dengan orang yang tidak dikenalnya. Ayam mutiara ini dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya. Daging ayam mutiara sendiri terkenal akan aroma dan kelezatannya.

Apa saja makanan Ayam Mutiara?

Dalam pemeliharaannya kita juga harus memperhatikan makanan ayam mutiara. Ayam Mutiara bisa diberikan pakan berupa voer dan konsetrat yang kemudian bisa ditambahkan dengan potongan sayur. Apabila memiliki sisa makanan dari pada dibuang, bisa juga dicampurkan ke dalam pakannya tersebut. Dalam pemberian pakan untuk anak ayam mutiara bisa menggunakan konsentrat starter karena didalamnya sudah mengandung protein yang tinggi. Tetapi, apabila ayam mutiara ini sudah mulai usia perkembangan bisa diberikan pakan berupa konsetrat grower karena untuk memicu dalam produksi telurnya serta keindahan tubuhnya.

Cara membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina

Sebagai peternak pemula biasanya bingung bagaimana cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Hal itu wajar saja karena ayam mutiara jantan maupun betina mempunyai bentuk jengger dan jambul yang dilihat sekilas begitu mirip. Tetapi, berbeda ketika melihat jambul atau jengger kebanyakan ayam hias lainnya yang akan bisa mengerti mana ayam jantannya dan mana ayam betinanya. Berikut adalah beberapa perbedaan antara jantan dan betina :

Ayam Mutiara Jantan :

  • Memiliki pial dibawah berwarna merah terang dan juga lebar.
  • Pada hidung terdapat seperti ada pembengkakan yang terlihat begitu jelas.
  • Tanduk yang berada disebelah atas tegak, berisi, lebih gelap dan tumpul.
  • Suaranya kek kek kek.

Sedangkan untuk Ayam Mutiara Betina :

  • Untuk pial dibawah berwarna merah pudar dan lebih kecil
  • Bengkakan pada atas hidung tidak begitu jelas
  • Tanduk ujung bagian atas, sorong ke belakang, kurang berisi dan agak runcing
  • Suaranya kek kok kek
Ayam Mutiara dibudidayan bisa diambil dagingnya dan bisa dijadikan sebagai hewan hias
Ayam Mutiara dibudidayan bisa diambil dagingnya dan bisa dijadikan sebagai hewan hias

Berapa kisaran harga Ayam Mutiara?

Berbicara tentang ayam hias tidak bisa lepas dengan harga ayam mutiara itu sendiri. Bagi penghobi ayam hias, harga ayam mutiara dalam posisi tinggi atau rendah itu tidaklah penting karena bagi mereka kepuasanlah yang ingin didapatkannya serta kualitas ayamnya sesuai dengan keinginannya. Seandainya pada saat harga ayam mutiara itu mahal berarti peminat ayam itu sedang banyak.

Begitu juga sebaliknya, apabila harga ayam itu murah berarti peminat ayam itu sedikit. Harga mahal pada ayam hias itu merupakan hal wajar karena populasinya tidak sebanyak ayam kampung selain itu ayam hias juga memiliki kelebihan yang tidak semuanya bisa kita ditemukan dari ayam kampung. Untuk saat ini bisa dibilang harga ayam mutiara putih dan plangkok yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ayam mutiara lainnya.

Mutiara Hitam1 Bln Rp85.000/ekor
2 Bln Rp110.000/ekor
3 Bln Rp135.000/ekor
4 Bln Rp175.000/ekor
5 Bln Rp225.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor
Mutiara Putih1 Bln Rp185.000/ekor
2 Bln Rp235.000/ekor
3 Bln Rp335.000/ekor
4 Bln Rp385.000/ekor
5 Bln Rp435.000/ekor
Dewasa Rp485.000/ekor
Mutiara Silver1 Bln Rp185.000/ekor
2 Bln Rp235.000/ekor
3 Bln Rp335.000/ekor
4 Bln Rp385.000/ekor
5 Bln Rp435.000/ekor
Dewasa Rp485.000/ekor
Mutiara Plangkok
1 Bln Rp175.000/ekor
2 Bln Rp250.000/ekor
3 Bln Rp325.000/ekor
4 Bln Rp400.000/ekor
5 Bln Rp425.000/ekor
Dewasa Rp475.000/ekor

Kalau dari fisik nya kadang ada yang melihat ayam ini terlihat seperti ayam kalkun namun kalau melihat secara langsung tentu saja akan langsung faham karena dari ukuranya sendiri ayam mutiara ini jauh lebih kecil bila di banding kan dengan ayam kalkun. Dan di lihat dari harga ayam kalkun tentu saja berbeda dengan harga ayam mutiara.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak Ayam Mutiara kami dari hobiternak.com menyediakan anakan ayam mutiara yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Selain ayam mutiara kami juga menyediakan jenis ayam hias lainnya seperti ayam brahma, kalkun, kate, cemani, serama, ayam kapas, ayam pelung dan masih banyak lagi. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : harga ayam mutiara putih, makanan ayam mutiara, daging ayam mutiara, jenis ayam mutiara, jumlah telur ayam mutiara, gambar ayam mutiara,harga ayam mutiara, ayam mutiara plangkok, makanan ayam mutiara, ayam mutiara putih, daging ayam mutiara

*Krisna Verawati*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: