6 Ide dari Mengamati Peluang Usaha Ternak Bebek

Peluang usaha yang muncul dari beternak bebek saat ini menjadi fenomena yang cukup menarik untuk diterapkan.

Hal ini berlaku pada peluang usaha ternak bebek pedaging maupun ternak bebek petelur, kedua jenis bebek ini memiliki peluang yang bagus.  

Dengan memanfaatkan moment tersebut diprediksi dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran. 

Berikut 6 Ide dari Proses Mengamati Peluang Usaha Ternak Bebek

1. Pemeliharaan Bebek yang mengalami moulting atau kerontokan bulu

Pada umumnya bebek petelur betina setelah mengalami periode bertelur pertama akan mengalami masa kerontokan bulu. Biasanya peternak menjual bebek yang mengalami masa kerontokan bulu tersebut. 

Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tujuan dari dijualnya bebek yang mengalami masa kerontokan bulu tersebut ternyata ada juga alasannya. Adapun untuk alasan yang peternak lakukan tersebut sebagai berikut : 

  • Bebek akan mengalami penurunan jumlah produksi telur, pada tingkat periode kedua pun dapat mencapai 40%. Dengan demikian juga akan menghakibatkan tidak efiseinnya dalam hal pakan.  

  • Beberapa peternak tidak mengetahui bahwa bebek yang mengalami kerontokan bulu bisa untuk berproduksi kembali, walaupun jumlahnya akan menurun.

  • Biasanya peternak ingin meremajakan lagi namun terkendala terbatasnya modal.
Proses rontok bulu atau biasa disebut sebagai moulting dapat memakan waktu selama 60 - 75 hari | image 1
Proses rontok bulu atau biasa disebut sebagai moulting dapat memakan waktu selama 60 – 75 hari | image 1

Untuk mengatasi masalah bebek yang mengalami kerontokan bulu biasanya peternak melakukan juga melakukan berbagai usaha lain, diantaranya :

  • Untuk menghemat pengeluaran pakan maka pemeliharaan dilakukan di luar kandang (digembalakan /diumbarkan)

  • Peternak melakukan seleksi terhadap bebek yang rontok bulu, sehingga peternak akan mendapatkan bebek yang produktivitas tinggi.

2. Membuka Usaha Persilangan Bebek

Saat ini permintaan bebek petelur maupun bebek pedaging memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu peluang ternak bebek peking, bebek tiktok, bebek petelur maupun pedaging lainnya masih memiliki peluang yang luas bagi peternak. 

Seperti kita ketahui bebek tiktok merupakan unggas yang mempunyai daging cukup banyak. Melihat hal tersebut tentu banyak masyarakat yang memilih bebek tiktok untuk diternakkan.

Padahal jika kita amati dengan seksama penyedia bibit bebek tiktok di Indonesia masih terbatas sehingga peluang yang didapatkan masih terbuka cukup lebar. 

Beternak memang menjadi salah satu peluang usaha yang cocok dan bagus untuk diterapkan. Selain itu peternak juga dapat mengembangkan usaha persilangan bebek | image 2
Beternak memang menjadi salah satu peluang usaha yang cocok dan bagus untuk diterapkan. Selain itu peternak juga dapat mengembangkan usaha persilangan bebek | image 2

Selain itu, penyedia bibit bebek AM atau MA juga masih cukup terbatas. MA (Mojosari Alabio) merupakan bebek yang mempunyai kemampuan bertelur tinggi, memiliki ukuran telur besar dan warna kerabang biru kehijauan.

Menjadikan salah satu peluang yang masih terbuka lebar sebagai penyedia bibit bebek tiktok dan bibit bebek AM atau MA.

Baca juga di : Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 45 hari

3. Penyedian telur Bebek tetas dan konsumsi

Peluang sebagai penyedia telur tetas dan telur konsumsi saat ini masih cukup lebar.

Telur konsumsi biasanya digunakan untuk memenuhi permintaan pasar, seperti penyedia telur asin, jamu dan berbagai kebutuhan lainnya.

Untuk telur yang digunakan untuk tujuan konsumsi biasanya mengunakan telur yang warnanya biru kehijauan karena lebih menarik.

Dengan tingkat konsumsi yang semakin tinggi maka peluang menjadi pengusaha telur masih terbuka lebar dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dalam kurun waktu satu tahun, bebek mojosari dapat menghasilkan telur dengan jumlah sekitar 220 - 250 butir per ekornya. | image 3
Dalam kurun waktu satu tahun, bebek mojosari dapat menghasilkan telur dengan jumlah sekitar 220 – 250 butir per ekornya. | image 3

4. Memelihara Bebek Pedaging dengan Masa Panen 45 hari 

Saat ini banyak masyarakat yang mencoba untuk membudidayakan bebek pedaging dengan masa panen yang singkat.

Bebek peking dan bebek hibrida terkenal dengan pertumbuhan dagingnya yang cepat dengan bobot maksimal.

Pemeliharaan bebek pedaging tersebut pun juga cukup mudah.

Peternak hanya perlu mempersiapkan lahan atau kandang yang luas, mempersiapkan peralatan kandang, memberikan pakan yang berkualitas, memberikan vitamin dan mengontrol kesehatan bebek secara berkala. 

Bebek Pedaging Hibrida & Peking menjadi salah satu bebek penghasil daging yang unggul | image 4
Bebek Pedaging Hibrida & Peking menjadi salah satu bebek penghasil daging yang unggul | image 4

Dengan memperhatikan pemeliharaan bebek yang sesuai dengan standar manajemen yang baik, peternak dapat mencapai keberhasilan ternak dengan maksimal.

Untuk penjualan hasil panenan pun dapat peternak lakukan dengan mudah.

Peternak dapat menjualnya di pasar-pasar tradisional, pasar modern seperti supermarket, warung pecel lele, restoran, hotel atau bisnis catering.

Baca juga di : Manajemen Pakan Bebek Pedaging agar Cepat Besar dan Efisiensi Tinggi 

5. Usaha Penyedia Pakan Ternak Bebek 

Setiap usaha budidaya atau peternakan pasti membutuhkan pakan atau konsentrat. Biasanya pengusaha pakan melayani dalam lingkup yang luas sehingga bisa melayani banyak usaha peternakan.

Toko pakan ayam atau bebek (poultry shop) menyediakan berbagai jenis pakan seperti dedak, bakatul, nasi aking, tepung kulit kerang, tepung hijauan dan masih banyak lagi.

Usaha penyedia pakan ternak masih memiliki peluang yang cukup bagus, karena konsentrat atau pakan butiran mengandung berbagai nutrisi untuk pertumbuhan, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada ternak Bebek. | image 5
Usaha penyedia pakan ternak masih memiliki peluang yang cukup bagus, karena konsentrat atau pakan butiran mengandung berbagai nutrisi untuk pertumbuhan, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada ternak Bebek. | image 5

Terkadang kita tidak menyadari peluang menjadi pengusaha pakan ternak karena tidak memahami penghasilan yang bisa dikantongi. Sebagai contoh, bebek petelur membutuhkan pakan 150 gram per ekor.

Jika dalam suatu peternakan terdapat 500 ekor bebek petelur maka dalam 1 hari menghabiskan 75 kg.

Dalam 30 hari membutuhkan 2.250 kg. Jika pengusaha mengambil untung 200 rupiah maka dalam satu bulan akan mendapatkan Rp450.000 itu dari satu peternakan saja.

6. Menjadi Pengepul Bebek Pedaging & Petelur

Dengan makin banyaknya rumah makan, restoran, warung makan dan hotel berbintang yang menyediakan menu berbahan daging bebek maka membuka peluang sebagai penyedia bebek siap jual (umur 40 – 90 hari) dan bebek afkir sebagai pengepul.

Daging bebek adalah salah satu daging yang banyak di minati oleh rakyat Indonesia. Peluang usaha yang dapat Anda lakukan yakni dengan menjadi pengepul atau penjual karkas bebek | image 6
Daging bebek adalah salah satu daging yang banyak di minati oleh rakyat Indonesia. Peluang usaha yang dapat Anda lakukan yakni dengan menjadi pengepul atau penjual karkas bebek | image 6

Pengepul biasanya mau menampung hasil panen para peternak dan mengirimkan ke konsumen secara langsung.

Untuk terjun sebagai pengepul juga memerlukan modal yang cukup besar. Tetapi keuntungan yang didapatkan tetap cukup tinggi. 

Dengan mengetahui jaringan pemasaran bebek maka pengepul tinggal mencari peternak yang mau menjual hasil ternaknya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua peternak memahami cara memasarkan bebek peliharaannnya. Untuk itulah peranan seorang pengepul sangat diperlukan.

Baca juga di : 
Jual Karkas Bebek dengan Harga Terjangkau untuk Memenuhi Tingginya Permintaan Daging Bebek di Pasaran 

Itulah beberapa peluang ternak bebek pedaging dan ternak bebek petelur yang bisa kita manfaatkan.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang selain yang kami sebutkan diatas seperti penyedia bebek indukan dan jantan, pengusaha yang menanfaatkan limbah bebek seperti bulu untuk kerajinan, penjual bekas sekam (litter) untuk pupuk dan lain-lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak bebek pedaging maupun petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD Bebek Pedaging Peking, Hibrida dan Mojosari Petelur. Selain itu kami juga menyediakan bebek mojosari siap telur. 

Untuk informasi daftar harga bebek pedaging atau petelur dan keterangan lengkap lainnya silahkan dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK usaha ternak bebek word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : bebek peking, ternak bebek petelur, pakan bebek petelur, jenis bebek, peternakan bebek, cara beternak bebek, bebek pedaging, budidaya bebek petelur, bebek pedaging, ternak bebek pedaging

#nra

5/5 - (8 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • image 2: pinterest.com
  • image 4: hobiternak.com

2 pemikiran pada “6 Ide dari Mengamati Peluang Usaha Ternak Bebek”

  1. Tanya gan, untuk telur yang siap ditetaskan, apakah tersedia untuk dijual juga? Jenis bebek yang bagus (relatif tahan penyakit) jenis bebek apa gan? Kemudian kalau kita beternak ayam, apakah bisa juga beternak bebek dalam satu lokasi? Menurut yg saya dengar, bebek dan ayam tidak serasi kalau dibudidayakan bersama atau dalam satu lokasi. Terimakasih..

    Balas
    • Untuk telur yang kami jual jenis ayam hias. Apabila pemeliharaannya diperhatikan khususnya kebersihan, bebek tidak mudah terserang penyakit. Sebaiknya dipisah peternakan ayam dengan bebek, karena pemeliharaannya beda seperti pakan dan kandangnya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA