Peluang Usaha yang Muncul Dari Beternak Bebek saat ini menjadi fenomena yang cukup menarik untuk diikuti. Peluang yang timbul dari peternakan Bebek Potong cukup banyak yang mengindikasikan bahwa budidaya unggas ini dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Apa saja peluang usaha yang muncul dari budidaya Bebek ? 

1. Pemeliharaan Bebek yang mengalami moulting atau kerontokan bulu

Bebek betina setelah mengalami periode bertelur yang pertama. Pada umumnya peternak menjual bebek yang telah mengalami masa kerontokan bulu. Alasan yang sering digunakan adalah:

  • Bebek akan mengalami penurunan jumlah produksi telur setelah periode kerontokan bulu usai. Tingkat produktivitas periode kedua mencapai 40 %
  • Pada masa ini bebek akan mengalami produktivitas hingga 0 % sehingga tidak efisien dalam hal pakan.
  • Peternak tidak mengetahui bahwa bebek yang mengalami kerontokan bulu bisa untuk berproduksi kembali, walaupun jumlahnya akan menurun
  • ingin meremajakan lagi namun terkendala terbatasnya modal

    Masa Rontok Bulu pada Bebek

    Masa Rontok Bulu pada Bebek

Untuk mengatasi masalah bebek yang mengalami kerontokan bulu biasanya peternak melakukan berbagai usaha :

  • Untuk menghemat pengeluaran pakan maka pemeliharaan dilakukan di luar kandang (digembalakan /diumbarkan)
  • Peternak melakukan seleksi terhadap bebek yang rontok bulu. Sehingga peternak akan mendapatkan bebek yang produktivitas tinggi.
2. Usaha tempat persilangan Bebek MA atau AM (persilangan Bebek Mojosari dan Alabio) dan Tiktok yaitu persilangan Bebek (betina) dan Entok (jantan) dan jenis lainnya  

Saat ini permintaan bebek petelur dan bebek pedaging cukup tinggi untuk itu masih terbuka luas bagi peternak profesional. Seperti kita ketahui tiktok merupakan unggas yang mempunyai daging yang cukup banyak. Sehingga permintaan cukup tinggi sedangkan peternak yang mampu menyediakan bibit Tiktok masih terbatas, jelas peluang ini cukup lebar.

ternak bebek pedaging

Budidaya Ternak Bebek

Selain itu, bebek AM atau MA juga masih CUKUP terbatas. MA merupakan bebek yang mempunyai kemapuan bertelur tinggi, berukuran besar dan warna kerabang biru kehijauan. Jadi salah satu peluang yang masih terbuka lebar adalah penyedia bibit tiktok dan bibit bebek MA atau MA.

Baca juga di : 

3.Penyedian telur Bebek tetas dan konsumsi

Peluang sebagai penyedian telur tetas dan telur konsumsi saat ini cukup lebar. Telur konsumsi biasanya untuk memenuhi pasar telur asin, jamu, martabak dan berbagai kebutuhan lainnya. Untuk telur yang digunakan untuk tujuan konsumsi (asin dan martabak) biasanya mengunakan telur yang warnanya biru kehijauan karena lebih menarik. Dengan tingkat konsumsi yang semakin tinggi maka peluang menjadi pengusaha telur masih terbuka lebar dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Ternak Bebek

Telur siap dipanen

4. Memelihara Bebek dengan tujuan untuk penggemukan (umur 1 bulan)

Jadi berbeda dengan pemeliharaan dari DOD hingga masa panen, untuk penggemukan pemeliharaan dimulai pada umur 1 bulan. Sehingga peternak hanya membutuhkan waktu 3 – 4 minggu dan sudah dapat memetik hasilnya. Cara ini membuat perputaran modal semakin cepat. Pemeliharaan pertama (DOD – umur 1 bulan) cukup menentukan pertumbuhan selanjutnya. Jika pakan bagus maka pada fase penggemukan pertumbuhan juga bagus.

Untuk peternak fase penggemukan perlu jeli karena ada bebek yang sudah berumur namun postur tubuhnya kecil. Sebaiknya tidak perlu dipilih karena pertumbuhan selanjutnya juga akan terhambat jadi perlu jeli dan teliti saat membeli bebek umur 1 bulan.

Baca juga di : 

5. Peluang usaha menjadi penyedia akan Ternak Bebek 

Setiap usaha budidaya atau peternakan pasti membutuhkan pakan atau konsentrat. Jika dalam lingkungan terdekat terdapat 5 peternak yang aktif, bisa dihitung tingkat kebutuhan pakan per bulan. Biasanya pengusaha pakan melayani dalam lingkup yang luas sehingga bisa melayani banyak usaha peternakan. Toko pakan ayam atau bebek (poultry shop) menyediakan berbagai jenis pakan seperti dedak, bakatul, nasi aking, tepung kulit kerang, tepung daun dan masih banyak lagi.

pakan bebek

Dedak/ tepung kulit jagung

Terkadang kita tidak menyadari peluang menjadi pengusaha pakan ternak karena tidak memahami penghasilan yang bisa dikantongi. Sebagai contoh, bebek petelur membutuhkan pakan 150 gram per ekor. Jika dalam suatu peternakan terdapat 500 ekor bebek petelur maka dalam 1 hari menghabiskan 75 kg. Dalam 30 hari membutuhkan 2.250 kg. Jika pengusaha mengambil untung 200 rupiah maka dalam satu bulan akan mendapatkan Rp450.000 itu dari satu peternakan saja.

6. Menjadi penyedia Bebek siap jual (Pengepul)

Dengan makin banyaknya rumah makan, restoran, warung makan, lesehan dan hotel berbintang yang menyediakan menu berbahan daging bebek maka membuka peluang sebagai penyedia bebek siap jual (umur 40 – 90 hari) dan bebek afkir sebagai pengepul. Seorang pengepul biasanya mau menampung hasil panen para peternak dan mengirimkan ke konsumen secara langsung. Untuk terjuan sebagai pengepul perlu modal yang cukup besar.

Namun keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Dengan mengetahui jaringan pemasaran bebek maka pengepul tinggal mencari peternak yang mau menjual hasil ternaknya. Perlu diketahui bahwa tidak semua peternak memahami cara memasarkan bebek peliharaannnya. Untuk itulah peranan seorang pengepul diperlukan.

Baca juga di : 

Itulah beberapa peluang yang bisa kita manfaatkan dari usaha pemeliharaan bebek petelur dan pedaging. Sebenarnya masih banyak lagi peluang selain yang kami sebutkan diatas seperti penyedia indukan dan jantan, pengusaha yang menanfaatkan limbah bebek seperti bulu untuk kerajinan, penjual bekas sekam (litter) untuk pupuk dan lain-lain.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Budidaya DOD mojosari petelur, ternak bebek secara intensif, harga DOD bebek pedaging, harga jual bibit bebek peking KW, beternak bebek hibrida, bebek lokal jantan, analisa usaha ternak bebek petelur kapasitas 500 ekor

**Yuni Ambarwati**
*.


3 Comments

Newton Ed.Bacquerel · May 19, 2018 at 6:40 am

Tanya gan, untuk telur yang siap ditetaskan, apakah tersedia untuk dijual juga? Jenis bebek yang bagus (relatif tahan penyakit) jenis bebek apa gan? Kemudian kalau kita beternak ayam, apakah bisa juga beternak bebek dalam satu lokasi? Menurut yg saya dengar, bebek dan ayam tidak serasi kalau dibudidayakan bersama atau dalam satu lokasi. Terimakasih..

    Duwi Kristinawati · May 25, 2018 at 5:02 am

    Untuk telur yang kami jual jenis ayam hias. Apabila pemeliharaannya diperhatikan khususnya kebersihan, bebek tidak mudah terserang penyakit. Sebaiknya dipisah peternakan ayam dengan bebek, karena pemeliharaannya beda seperti pakan dan kandangnya.

Memulai Bisnis dengan Beternak Bebek Siap Telur · December 26, 2018 at 4:02 am

[…] Peluang Usaha yang Muncul dari Beternak Bebek […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: