Analisa Usaha Ayam JOPER 1000 Ekor

Ayam kampung adalah unggas lokal yang sudah terkenal di masyarakat sejak zaman dahulu. Ayam kampung berasal dari hasil keturunan ayam hutan merah. Pada awalnya ayam kampung hanya dipelihara dengan sistem umbaran saja oleh masyarakat.

Dahulu biasanya masyarakat memanfaatkan ayam kampung hanya saat ada kebutuhan mendesak, seperti dikonsumsi sendiri atau dijual.

Namun semakin berkembangnya zaman serta ilmu pengetahuan yang semakin maju membuat para peternak berinovasi untuk memelihara ayam kampung dengan sistem yang intensif.

Apa itu sistem intensif? Sistem intensif adalah ayam dari usia anakan sampai dewasa berada di dalam kandang. Semua kegiatan ayam dilakukan di dalam kandang dengan manajemen pemeliharaan yang sudah diatur oleh peternak. Tujuannya agar peternak bisa mengontrol pakan, minum, serta pertumbuhan ayam. 

Joper adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina | Image 1
Joper adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina | Image 1

Ayam kampung memiliki tekstur daging yang kenyal dan tidak lembek. Cita rasa daging ayam kampung terasa gurih dan cukup lezat. Disamping memiliki kelebihan pada tekstur dan rasa, ayam kampung juga memiliki kekurangan.

Kekurangan ayam kampung yaitu memiliki pertumbuhan yang cukup lambat dibandingkan ayam ras pedaging.

Untuk menangani kekurangan tersebut, maka peternak mulai berinovasi untuk mengawinsilangkan antara ayam kampung atau ayam lokal unggul lain dengan ayam ras petelur (layer).

Hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam yang memiliki ciri khas seperti ayam kampung namun masa panen dan pertumbuhannya lebih cepat. Nama dari ayam tersebut yaitu JOPER/Jawa Super/Ayam Kampung Super. 

DOC joper bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor : 0812-2028-8686 | Image 2
DOC joper bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor : 0812-2028-8686 | Image 2

Berikut akan kami jelaskan kelebihan – kelebihan Ayam JOPER dibandingkan dengan Ayam Kampung biasa :

  1. Pertumbuhan ayam JOPER lebih cepat dibandingkan dengan kampung jenis lainnya. Untuk ayam kampung biasa saat dipelihara dengan sistem umbaran membutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk bisa mencapai bobot 0,8 – 1 kg/ekor dan apabila menggunakan sistem intensif maka dapat membutuhkan waktu sekitar 75 hari.
  2. Anda bisa bandingkan ayam JOPER dapat tumbuh dengan bobot 0,8 – 1kg hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari saja bahkan bisa kurang.
  3. Memiliki pertumbuhan yang cepat cita rasa dan tekstur daging ayam JOPER tetap sama seperti pada ayam kampung biasanya.
  4. Pemeliharaan ayam JOPER relatif cukup mudah.
  5. Masih memiliki keturunan darah ayam lokal, daya tahan ayam JOPER cukup baik. Selain itu ayam JOPER mampu cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
Salah satu kandang ayam joper (ayam kampung super) sistem intensif | Image 3
Salah satu kandang ayam joper (ayam kampung super) sistem intensif | Image 3

Dari tahun ke tahun sampai saat ini, ayam JOPER mengalami kenaikan permintaan. Kami dari hobiternak.com pun mengamati bahwa banyak dari pelanggan kami atau pembeli kami yang mencari jenis ayam pedaging JOPER.

Maraknya penjual yang menyediakan DOC JOPER membuat para peternak selektif dalam memiliki DOC JOPER.

Berikut ciri-ciri DOC JOPER berkualitas :

  1. Berat rata-rata DOC JOPER sekitar 33 gram/ekor
  2. Tubuh dalam keadaan lengkap dan normal
  3. Kaki tidak kering
  4. Tidak ada bulu-bulu yang menempel pada dubur ayam
  5. DOC JOPER dalam keadaan lincah, segar, dan sehat
  6. Bulu DOC JOPER bersih dan mengkilat

Untuk memulai usaha pembibitan ayam JOPER lebih baiknya Anda sebagai peternak menganalisis terlebih dahulu, karena sebelum beternak kita harus mengetahui berapa modal yang dibutuhkan dari usia anakan sampai dipanen.

Sebelumnya kami hobiternak.com sudah menginformasikan tentang analisis usaha ayam joper 100 ekor. Nah, kali ini kami akan menginformasikan tentang analisis usaha ayam joper 1000 ekor.

Membuat analisis sebelum proses ternak berjalan cukup penting bagi peternak agar bisa mengetahui perkiraan modal yang harus digunakan dan juga keuntungan yang didapat | Image 4
Membuat analisis sebelum proses ternak berjalan cukup penting bagi peternak agar bisa mengetahui perkiraan modal yang harus digunakan dan juga keuntungan yang didapat | Image 4

Analisa Usaha Ayam Joper 1000 Ekor

Kali ini kami dari hobiternak.com akan menjelaskan mengenai Analisis JOPER 1000 ekor. Simak penjelasan di bawah ini yaaa…

Harga DOC Ayam JOPER untuk (1000) ekor = Rp 5.300 ( 1 ekor ) = Rp 5.300.000

Pakan (BR 1) 40 karung = Rp 350.000 (sak) = Rp 14.000.000

Vaksin = Rp 1.000.000

Vitamin = RP 360.000

50 Lampu bohlam = Rp 200.000

Tempat makan dan minum = Rp 1.500.000

Listrik = Rp 500.000

—————————————————– +

Total               =           Rp 22.860.000

Pendapatan :

Misal, FCR 2 maka hasil panen kurang lebih 80 kg.


FCR = adalah jumlah pakan yang dibutuhkan dibagi (:)  jumlah panen yang dihasilkan.

Diambil dari beberapa informasi bahwa harga ayam joper saat ini yaitu Rp 33.000/kg. Jadi bisa dikatakan bahwa pendapatan untuk 1000 ekor ayam kampung super (JOPER) yaitu sekitar Rp 31.350.000.

Dengan modal Rp 22.860.000 berdasarkan perhitungan di atas kira-kira Anda akan mendapat keuntungan sekitar Rp 8.490.000.

Namun perhitungan tersebut belum termasuk dalam pembuatan kandangnya. Apabila Anda sudah memulai ternak sejak dahulu maka keuntungan tersebut bisa bertambah karena Anda tidak akan membeli lampu dan tempat pakan atau minum.

Catatan : harga sewaktu-waktu bisa berubah

Baca juga : 

Persiapan Pemeliharaan

1. Persiapan Kandang

Untuk persiapan kandang ayam JOPER sederhana bagi para peternak ada dua macam. Pertama kandang yang sudah pernah dipakai dan kedua kandang yang baru saja di buat. 

Pertama, untuk kandang yang sudah dipakai sebelumnya harus dilakukan pencucian dan masa kosong kandang.

Kedua, kandang yang baru saja dibuat (kandang baru), maka sebelum digunakan harus dilakukan penyemprotan disinfektan terlebih dahulu secara merata, sebelum DOC ayam JOPER datang.

Ukuran kandang ayam joper kapasitas 1000 ekor dengan ukuran kandang ayam joper kapasitas 500 ekor berbeda. Untuk ukuran kandang yang dibuat, harus menyesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan. Pengukuran harus tepat dan sesuai agar ayam tidak merasa sempit atau terlalu luas di dalam kandang. 

Contoh kandang yang sudah hampir selesai dan tinggal diberi sekam/litter | Image 5
Contoh kandang yang sudah hampir selesai dan tinggal diberi sekam/litter | Image 5

2. Persiapan Brooder

Setelah persiapan kandang siap, maka brooder bisa langsung dipasang di dalam kandang. Untuk kandang pembesaran berupa kandang postal, sebelum dipasang brooder maka terlebih dahulu kandang ditaburi sekam secukupnya pada area yang akan dipasangi brooder.

Saat lantai kandang siap, maka brooder berupa chick guard dan pemanas dapat dipasang. Pemasangan chick guard berbentuk melingkar dengan diameter awal sesuai jumlah DOC. Misalnya, luas 1 m2 untuk 100 ekor DOC atau diameter awal chick guard 3 meter untuk 1000 ekor DOC.

Chick Guard | Image 6
Chick Guard | Image 6

Pemanas berupa gasolek atau semawar bisa dipasang dengan ketinggian sekitar 90-100 cm dari lantai kandang. Untuk pemanas gasolek bisa dipasang di bagian sedikit agak pinggir dari lingkaran chick guard dan kemiringan nya diarahkan ke bagian tengah pada chick guard.

Namun, apabila Anda menggunakan lampu bohlam maka pemasangannya diatur dengan jarak yang sama rata.

Gas Brooder berfungsi sebagai pemanas kandang ayam JOPER | Image 7
Gas Brooder berfungsi sebagai pemanas kandang ayam JOPER | Image 7

Selanjutnya, tutupi sekam dengan kertas koran dobel 2. Pemakaian kertas koran hanya sampai 1-3 hari saat masih DOC. Fungsi pemakaian koran tersebut agar kaki DOC tidak luka karena terkena sekam yang tajam. Setelah itu, siapkan wadah pakan dan  air minum.

3. Pemeliharaan JOPER

Pakan dan Minum untuk JOPER

Untuk DOC JOPER dari usia 0-60 hari pemberian pakannya dapat dilakukan 3 kali sehari. Pakan ayam JOPER yang dapat diberikan yaitu jenis pakan pabrikan BR-1. Dan minum untuk JOPER bisa selalu diletakkan ke dalam kandang.

Usahakan air minum harus selalu ada agar ayam tidak merasa dehidrasi.Cara ternak joper agar cepat panen juga dapat dilakukan oleh peternak, dengan pemberian pakan yang berkualitas serta bergizi, dapat membuat ayam JOPER cepat panen dengan bobot yang maksimal.

Pakan untuk Ayam Joper yaitu BR 1 | Image 8
Pakan untuk Ayam Joper yaitu BR 1 | Image 8

Baca juga : 

Pemberian Probiotik dan Herbal

Probiotik dan herbal dapat  diberikan setiap hari sejak usia DOC. Namun apabila Anda akan melakukan vaksinasi, maka pemberian probiotik dan herbal dihentikan terlebih dahulu. Untuk pemberiannya dapat disesuaikan dengan aturan pakai yang ada di kemasan tersebut.

Vaksinasi ayam dapat mencegah ayam terkena serangan penyakit | Image 9
Vaksinasi ayam dapat mencegah ayam terkena serangan penyakit | Image 9

Pemberian Vitamin

Vitamin untuk ayam JOPER bisa diberikan secara rutin, terlebih saat cuaca sedang ekstrim. Sama seperti probiotik, saat vaksinasi pun pemberian vitamin juga dihentikan.

Pengaturan Pemanas

Umumnya pemanas digunakan hingga ayam berusia 21 hari, namun hal tersebut juga menyesuaikan dengan cuaca atau iklim. Biasanya pemanas dihidupkan secara 24 jam non stop sejak JOPER berusia 0-3 hari.

Setelah hari ke 3 pemanas bisa dimatikan saat pagi sampai siang hari dengan catatan cuaca sedang tidak mendung atau hujan, dan saat sore hari pemanas bisa dihidupkan kembali.

Saat usia 21 hari pemanas sudah tidak dipergunakan lagi. Untuk mengetahui penggunaan brooder sesuai atau tidak maka Anda harus memperhatikan kondisi ayam sebagai berikut :

Termometer sebagai  Pengatur Suhu Kandang | Image 10
Termometer sebagai Pengatur Suhu Kandang | Image 10

Tata Cara Penggunaan Pemanas Brooder yang Baik dan Benar

  • Apabila ayam tersebar merata dan merasa nyaman di dalam kandang maka suhu brooder sudah sesuai.
  • Ayam selalu bergerombol dan menjauhi pemanas, maka pemanas suhunya terlalu tinggi. Jadi, Anda harus mengecilkan suhu pada pemanas agar ayam tidak terlalu kepanasan.
  • Saat ayam bergerombol mendekati brooder, maka suhu pemanas harus dibesarkan. Karena hal tersebut merupakan tanda bahwa ayam sedang dalam keadaan kedinginan.
  • Pengaturan tirai Kandang

Suhu ideal yang tepat untuk ayam JOPER juga dipengaruhi oleh tirai kandang. Penggunaan tirai ini berfungsi untuk mencegah panas dari pemanas yang menyebar ke bagian lainnya.

Umumnya tirai di sekeliling brooder ditutup keseluruhan selama 1-3 hari. Setelah ayam berusia di atas 3 hari maka tirai bagian atas dapat dibuka sedikit agar ada sirkulasi udara. Saat ayam berusia 1 minggu tirai dibuka kembali seperempatnya ketika cuaca panas. Apabila cuaca mendung dan hujan tirai dapat ditutup kembali.

Contoh Kandang yang Lokasinya Jauh dari Pemukiman | Image 11
Contoh Kandang yang Lokasinya Jauh dari Pemukiman | Image 11

Pada usia lewat 14 hari atau 2 minggu tirai dibuka setengahnya dan saat 21-30 hari tirai dapat dibuka secara penuh. Namun saat cuaca tidak mendukung atau sedang ada hujan atau angin kencang maka tirai ditutup sepertiga atau sampai full.

Contoh penggunaan tirai di kandang | Image 12
Contoh penggunaan tirai di kandang | Image 12

Nahh, di atas adalah informasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan, berapa modal ternak JOPER dan info-info mengenai ternak ayam lainnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan bagi para peternak. Aamiin

Apabila Anda tertarik untuk ternak JOPER, kami dari hobiternak.com menyediakan DOC JOPER usia baru saja menetas. Kami dapat mengirimkan DOC JOPER ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Respon cepat silahkan hubungi di bawah ini yaa :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK analisa usaha ayam joper 1000 ekor word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait :

analisa usaha ayam joper 1000 ekor, ukuran kandang ayam joper 1000 ekor, analisa usaha ayam joper 100 ekor, ukuran kandang ayam joper 500 ekor, ayam joper adalah, cara menghitung kebutuhan pakan ayam joper, ternak ayam joper 500 ekor, usaha pembibitan ayam joper, pakan ayam joper, kandang ayam joper sederhana


4.8/5 - (28 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 4: pinterest.com
  • Image 5: infoagribisnis.com
  • Image 6: motherearthnews.com
  • Image 7: collinsnets.co.uk
  • Image 8: blibli.com
  • Image 9: radioem.pl
  • Image 10: volyn.com.ua
  • Image 11: kedaiborongagro.wordpress.com
  • Image 12: slideshare.net
  • cover: e-the-l.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA