2 Langkah Pemberian Pakan untuk Ayam Kampung Super Serta Pemberian Vitamin dan Pencegahan Penyakit pada Ayam Kampung Super – Untuk mendapatkan kualitas daging seperti yang kita harapkan, faktor pakan memberikan andil yang cukup penting. Faktor pakan memberikan kontribusi 40% dari keberhasilan suatu usaha peternakan. Komposisi dan jumlah pakan mempunyai nilai yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan umur ayam. Ayam kampung super dalam masalah pakan lebih sederhana dibandingkan pakan untuk ayam potong atau petelur. Pakan ada yang siap pakai dan ada pula yang berupa pakan tambahan yang bisa kita berikan sesuai formula.

1. Pakan untuk Pembesaran DOC (DOC – 3 minggu)

Untuk DOC pakan yang diberikan untuk ayam umur sehari hingga umur 3 minggu mempunyai komposisi protein lebih tinggi dibandingkan periode grower. Kadar protein periode starter mempunyai kadar 20-21 % dan energi metabolisme 3000-3100 kkal energi metabolisme. Sedangkan pada periode grower pakan ayam mempunyai komposisi protein 16- 18 %.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Untuk pakan komersial yang ada di toko pakan ternak untuk masa starter (umur 1-21 hari) menggunakan BR-1. Sedangkan pada masa grower (umur 22-90 hari) jenis BR-2 dan seterusnya. Kita bisa menggunakan pakan ternak siap pakan dan bahan pakan tambahan. Beberapa bahan tambahan diantaranya jagung, tepung keong, tepung darah, tepung tulang, dedak, bekatul, jenis hijauan yang telah dikeringkan banyak lagi jenis bahan pakan lainnya. Untuk menjaga kesehatan ayam peternak juga dapat meberikan air minum dari rebusan sayuran seperti daun pepaya dan temu – temuan lainnya serta vitamin anti cacing untuk menjaga nafsu makan. 

Pada fase umur ini usahakan agar di dalam kandang diberi penerangan, ini bertujuan agar doc ayam dalam keadaan hangat saat malam hari serta ayam dapat mengkonsumsi pakan di malam hari.

2. Pakan untuk Pembesaran Periode Grower ( 3 Minggu- Masa Panen)

Pakan ayam kampung super periode grower menggunakan pakan BR-2. Komposisi protein lebih rendah dibandingkan komposisi protein BR-1.Selain BR peternak juga dapat memberikan jagung giling halus, dedak dan padi halus. Pada fase umur ini peternak dapat mengurangi jumlah lampu yang adap pada kandangayam kampung super. 

Pada saat ayam kampung joper memasuki  umur diatas 2 bulan sampai masa panen pakan ayam dapat berupa konsentrat daging, jagung, dedak, padi dan tambahan sayuran serta pemberian konsentrat dapat diganti dengan tepung ikan atau pakan yang berbau amis – amisan. Untuk menambah vitamin, mineral dan serat peternak dapat menambahkan sayuran pada rasum berupa daun pepaya, daun singkong daun gudal meled atau lengko dan daun temu ireng.

Untuk pemberian pakan berupa sayuran tersebut peternak tentunya harus merajang – rajang atau megiris – iris lalu direbus terlebih dahulu agar sayuran tersebut bersifat lunak dan mudah dicerna.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Pemberian Vitamin dan Tambahan Suplemen yang Baik untuk Ayam Kampung Super

Ayam yang sehat tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri pada peternak.Ada beberapa faktor kegagalan dalam beternak ayam kampung super mejadi kurang maksimal diantaranya adalah pemilihan bibit yang kurang baik, pemeliharaan yang kurang efisien serta kesehatan ayam kampung super yang kurang bagus. Padahal kesehatan adalah hal terpenting dalam usaha beternak ayam. Untuk mendapatkan kualitas kesehatan ayam jawa super yang baik dan terhindar dari penyakit adalah dengan memberikan suplemen dan vitamin pada ayam kampung super.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Adapun vitamin yang harus diberikan keapda ayam kampung super adalah sebagai berikut : 

  • Pemberian Vitamin A berguna untuk proses pertumbuhan, menstabilkan saluran oencernaan, pernafasan, saluran reproduksi dan mengoptimalkan indera penglihatan.
  • Vitamin B kompleks ( B1 sampai dengan B12) berguna untuk membantu proses metabolisme nutrisi
  • Pemberian Vitamin C berguna untuk nati oksidan
  • Vitamin D untuk menjaga rasio kalsium dan fosfor di dalam darah
  • Untuk meningkatkan fertilisasi telur, menjaga pertumbuhan embrio serta sebagai anti oksidan dapat diberikan Vitamin E
  • Vitamin K berguna untuk membentuk protombin atau protein pembekuan darah yang akan digunakan untuk pengaturan proses pembekuan darah.

Pencegahan Penyakit Pada Ayam Kampung Super

Ayam yang telihat sehat dan baik – baik saja dapat terjangkit penyakit setiap saat. Penanganan pada penyakit ini tentunya harus dilakukan secara baik dan benar, penangan virus atau penyakit yang terlalu lambat akan mengakibatkan tersebarnya virus ayam yang sakit kepada ayam – ayam yang lainnya. Tentunya peternak tidak menginginkan hal ini terjadi, untuk mengatasi masalah tersebut peternak harus senantiasa memperhatikan kondisi kandang  dan siklus pertumbuhan  pada ayam kampung super.

Vaksin DOC Ayam Kampung Super

Vaksin DOC Ayam Kampung Super

Adapun cara menaggulangi penyakit tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Pengaturan siklus udara di dalam kandang harus diatur secara berkala agar udara di dalam kandang dapat berganti
  • Peternak harus memperhatiakan keadan kandang seperti menghindari genangan air yang ada di dalam kandang. Karena genangan air di dalam kandang akan mengakinbatkan ayam mudah terserang penyakit
  • Jika ayam sudah terjangkit penyakit seperti tetelo, snot dan gumboro segera lakukan pengobatan dan memisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat pada tempat khusus.
  • Pemberian pakan pada ayam harus dilakukan secara teratur
  • Pembersihan kandang dilakukan dengan cara penyemprotan yang dilakukan setiap 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali
  • Peternak harus melakukan pengecekan pada ayam setiap harinya agar ayam yang sedang sakit dapat ditangani secara cepat
  • Pemberian vaksinisasi secara teratur

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Harga DOC ayam kampung super, pemeliharaan ayam kampung super dengan kandang litter, budidaya ayam kampung jantan pedaging afkir, peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super
*


3 Comments

5 Hal yang Menyebabkan Ketidakseragaman Pada Pertumbuhan Ayam Kampung Super - hobiternak.com · November 29, 2018 at 1:36 am

[…] 2 Langkah Pemberian Pakan untuk Ayam Kampung Super Serta Pemberian Vitamin dan Pencegahan Penyakit p… […]

Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (Joper) Daerah Banjarmasin  · November 22, 2018 at 3:48 am

[…] 2 Langkah Pemberian Pakan untuk Ayam Kampung Super Serta Pemberian Vitamin dan Pencegahan Penyakit p… […]

Kandang Ayam Kampung Super (JOPER) Dari Nol Hari Sampai Panen · November 19, 2018 at 2:29 am

[…] 2 Langkah Pemberian Pakan untuk Ayam Kampung Super Serta Pemberian Vitamin dan Pencegahan Penyakit p… […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.