Kandang Ayam Kampung Super (JOPER) Dari Nol Hari Sampai Panen

Kandang Ayam Kampung Super (JOPER) Dari Nol Hari Sampai Panen – Ayam kampung super atau masyarakat biasa menyebutnya sebagai ayam super merupakan salah satu ayam hasil persilangan antara ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina.

Jenis ayam kampung super tersebut cukup potensial untuk dijadikan ayam pedaging. Pemeliharaan pun sederhana dan tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang cukup banyak. Dalam pemeliharaannya ayam joper hanya memerlukan waktu 60 hari panen. Dengan masa panen yang cukup singkat tersebut tentunya membuat masyarakat banyak yang mencoba berbisnis pembesaran DOC ayam super. Bobot yang dihasilkan ayam kampung dalam waktu 60 hari dapat mencapai 0,8 ons – 1 kg, tentu hasil yang cukup tinggi.

Promo JOPER NEW
Sebelum beternak ayam joper hal yang harus di persiapkan yaitu kandang ayam joper | thumnail
Sebelum beternak ayam joper hal yang harus di persiapkan yaitu kandang ayam joper | thumnail

Kandang Ayam Joper

Dalam memelihara ayam kampung super, faktor kandang memegang peranan yang cukup penting. Kandang merupakan faktor terpenting dalam usaha budidaya ayam super. Peran utamanya adalah sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang serta sebagai tempat berteduh dari panas terik matahari dan guyuran air hujan. Adapun dalam pemilihan lokasi kandang sebaiknya juga harus diperhatikan, berikut point – pointnya : 

1. Tempatkan posisi kandang ayam super yang cukup jauh dari area pemukiman. Jarak minimal sekitar 500 meter dari pemukiman terdekat.
2. Posisi kandang sebaiknya cukup mendapatkan sinar matahari. Karena dengan demikian akan membuat kandang selalu dalam keadaan kering dan tidak mudah untuk ditumbuhi jamur. Serta usahakan agar kandang menghadap ke arah timur agar sinar matahari dapat masuk kedalam kandang pada pagi hari.
3. Suhu sekitar kandang tidak terlalu dingin dan terlalu panas (antara 25-32 derajat celcius).
4. Mempunyai sirkulasi yang baik sehingga udara segar dapat masuk ke kandang.
5. Mempunyai akses jalan yang lancar. Akses jalan cukup penting karena untuk mempermudah mengangkut DOC masuk ke kandang, mengangkut hasil panen dan pakan ternak.

Baca juga !

Pertumbuhan yang cepat dan pemilihan pakan yang mudah adalah keunggulan dari beternak ayam joper | Image 1
Pertumbuhan yang cepat dan pemilihan pakan yang mudah adalah keunggulan dari beternak ayam joper | Image 1

Kandang ayam Joper periode Starter (1-2 minggu)

Kandang untuk DOC biasanya berbentuk boks yang mempunyai pemanas buatan. Pemanas buatan disini berfungsi sebagai penghangat. Untuk DOC yang baru saja menetas masih mempunyai bulu yang belum tumbuh dengan sempurna. Untuk itu sebagai pengganti kehangatan dari indukannya maka diletakkan lampu pemanas. Dalam 1 kandang diletakkan beberapa lampu dengan kekuatan 5 – 10 watt tergantung dari suhu sekitar kandang. Untuk ukuran kandang ayam joper 100 ekor periode starter yaitu 2 x 2 x 0,4 m. Ukuran tersebut dapat menampung sejumlah 100 ekor bibit joper. 

Untuk mengetahui apakah lampu yang di gunakan sesuai dapat Anda lihat ciri-ciri DOC nya. 
  • Bila anakan berkumpul di dekat lampu maka kemungkinan anakan ayam tersebut masih merasa kedinginan. Untuk itu titik lampu perlu ditambah lagi atau dengan diletakkan lampu dengan kekuatan yang lebih besar.
  • Untuk anakan ayam super yang menjauh dari posisi lampu kemungkinan anakan ayam kepanasan. Sehingga peternak perlu mengganti lampu dengan yang lebih rendah watt nya.
  • Jika anakan ayam merata di seluruh area kandang maka kandang cukup hangat. Suhu tersebut cukup ideal untuk anakan ayam sehingga menyebar merata di seluruh kandang.
DOC Ayam Kampung Super saat di dalam kandang diberikan lampu penerangan agar DOC selalu dalam keadaan hangat | Image 2
DOC Ayam Kampung Super saat di dalam kandang diberikan lampu penerangan agar DOC selalu dalam keadaan hangat | Image 2

Kandang ayam joper periode grower (2 minggu – panen)

Kandang untuk pembesaran terbuat dari bambu, papan atau dinding semen. Bentuk kandang tergantung dari tujuan pemeliharaan. Untuk kandang ayam pedaging, ayam petelur, ayam yang akan dikawinkan biasanya menggunakan bentuk kandang yang berbeda. Jika memelihara dalam jumlah yang banyak maka bisa menggunakan kandang postal litter, kandang cage atau panggung. Sedangkan kandang setengah terbuka biasanya untuk memelihara ayam dengan cara semi intensif. Untuk hasil yang baik maka peternak bisa menggunakan pemeliharaan secara intensif dan kandang yang digunakan adalah kandang postal litter dan kandang cage/ panggung.

Kandang Postal

Kandang ayam super jenis postal ini digunakan untuk pembesaran ayam yang berumur lebih dari 2 minggu. Ukuran kandang postal kurang lebih 5 m x 3m untuk populasi 100 ekor. Sedangkan untuk tinggi kandang sekitar 3 m, fungsinya agar kandang tidak terlalu kepanasan karena jarak atap agak jauh. Untuk lantai menggunakan sekam padi, serbuk gergaji dan kapur. Untuk ketebalan sekitar 5-10 cm. Untuk menjaga kelembaban sekam, perlu dilakukan pembalikan sekam setiap 3 -4 hari sekali. Jika sekam tidak dibolak – balik maka sekam mudah basah oleh kotoran dan air minum yang tumpah dan akan beresiko lembab. Sekam yang lembab akan mudah ditumbuhi jamur.

Baca juga !

Kandang Ayam Kampung Super Sistem Postal | Image 3
Kandang Ayam Kampung Super Sistem Postal | Image 3

Kandang postal terdiri dari beberapa blok yang disekat berdasarkan kelompok umur. Sekat juga bisa digeser untuk menyesuaikan kapasitas ayam yang dipelihara. Kandang dengan jenis ini membutuhkan modal yang cukup terjangkau.

Kandang Panggung

Kandang panggung atau cage mempunyai ukuran yang kurang lebih sama dengan kandang postal litter. Yang membedakan adalah lantainya yang tidak menyentuh tanah secara langsung. Jarak antara tanah hingga lantai kandang sekitar 1-1,5 m dan tinggi rangka atau dinding kandangnya sekitar 1,5 – 1,6 m. Kandang terbuat dari bambu yang dibilah dengan jarak antar bilah sekitar 1,5 cm – 2 cm. Dengan demikian udara dapat bebas masuk ke kandang. Pada malam hari dapat ditutup dengan plastik ke sekeliling kandang sehingga ayam tidak kedinginan atau masuk angin. Kandang ini cukup mudah dibersihkan dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Hanya saja perlu kontrol secara terus menerus terhadap lantai kandang karena berisko tidak kuat dan dapat roboh.

kandang ayam kampung super sistem panggung | Image 4
kandang ayam kampung super sistem panggung | Image 4

Kandang pembesaran digunakan dari umur 2 minggu hingga siap dipanen pada umur 6 minggu. 

Untuk ukuran kandang doc ayam super 100 ekor dan ukuran kandang ayam 1000 ekor peternak dapat menyesuaikan pada ukuran ukuran diatas. Selain itu peternak juga dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah/ lahan sempit untuk membuat model kandang ayam di lahan sempit.

Model kandang ayam di lahan sempit ini cukup memberikan keuntungan bagi peternak.

Baca juga !

Perlengkapan Kandang

Untuk memudahkan pemeliharaan, peralatan kandang perlu di perhatikan. Berikut adalah peralatan kandang yang dibutuhkan untuk memperlancar proses beternak : 

  • Tempat pakan dan minum

Tempat pakan dan minum usahakan terbuat dari bahan plastik, seng atau bambu. Hindari penggunaan alat yang mudah berkarat. Kami menyarankan menggunakan bahan plastik yang tahan terhadap air dan tidak mudah ditumbuhi jamur. 

Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk ternak ayam kampung super | Image 5
Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk ternak ayam kampung super | Image 5
  • Alat penerangan

Penerangan ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh ayam super atau doc JOPER terkhusus ayam yang usia anakan atau starter.

Lampu sebagai penerangan untuk Masa Pertumbuhan Ayam kampung super | Image 6
Lampu sebagai penerangan untuk Masa Pertumbuhan Ayam kampung super | Image 6
  • Alat kebersihan

Alat kebersihan cukup penting dalam proses beternak. Karena perlengkapan kandang harus selalu di bersihkan agar ayam tidak mudah terserang penyakit karena peralatan yang kotor. Contoh alat kebersihan yaitu seperti sapu dan serok. 

Peralatan kandang ini cukup penting dalam proses beternak dari ayam usia anakan sampai dewasa dan dipanen. 

Sapu lidi untuk membersihkan kandang | Image 7
Sapu lidi untuk membersihkan kandang | Image 7

Ayam kampung super yang dipelihara hingga 6 minggu dapat mencapai bobot 0,8 ons sampai 1 kg. Dengan pertumbuhan yang cepat dan harga yang cukup kompetitif, ternak ayam kampung super masih menjadi primadona di kalangan peternak ayam pedaging. 

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam kampung super (JOPER) kami menyediakan bibitnya atau ayam usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk info lebih lengkapnya bisa langsung hubungi layanan pelanggan kami di nomor : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait: kandang ayam joper sederhana, kandang ayam joper 100 ekor, kandang ayam joper umbaran, ukuran kandang ayam joper 500 ekor, alas kandang ayam joper, kandang ayam joper modern, kandang doc ayam joper, kandang ayam joper tingkat, kandang ayam joper 100 ekor, ukuran kandang ayam 1000 ekor, model kandang ayam di lahan sempit, ukuran kandang doc 100 ekor, kandang postal

Ayam Kampung Super JOPER-

**Yuni Ambarwati**
*

Image Sources :

  • thumnail: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • gambar 3: desainrumah.modebaca.com
  • Image 4: blog.damarkita.com
  • Image 8: peralatan-kandangayam.com
  • Image 10: segodnya.ua
  • Image 7: inkuiri.com
  • thumnail: Owned by the author
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: