Ini adalah Beda Ayam Joper dan Kampung Asli Biasa

Beda ayam joper dan kampung asli terdapat pada waktu masa panen dan persilangan nya. Keduanya sama-sama jenis ayam pedaging yang populer dan juga mempunyai pangsa pasar sendiri-sendiri. 

Ayam joper adalah jenis ayam pedaging yang memiliki masa panen yang cepat. Pada umumnya masyarakat lebih mengenal ayam kampung daging biasa atau yang dikenal dengan ayam jawa asli jika dibandingkan dengan ayam kampung super atau joper. 

Hal tersebut dapat dimaklumi karena populasi ayam kampung daging biasa lebih banyak dibandingkan dengan ayam kampung super / ayam jawa super (joper).

Ayam kampung pedaging merupakan ayam asli Indonesia yang mempunyai daging lebih enak dari segi tekstur dan rasa dibandingkan daging ayam lainnya. 

Dahulu ayam kampung pedaging merupakan primadona bagi kalangan orang berada (kaya).

Namun seiring perkembangan zaman tak hanya orang berada saja yang menikmati, tetapi semua kalangan sudah tidak asing lagi untuk mengkonsumsi daging ayam kampung ini.

Ayam Joper Adalah?

Ayam kampung super atau ayam joper adalah ayam hasil persilangan antara ayam pejantan bangkok dengan betina nya dari ayam petelur.

Sebutan lain dari ayam ini yaitu ayam jawa super, kampung super, ayam koper, kamper, dan masih banyak sebutan unik lainnya. 

Ciri ayam joper hampir sama seperti ayam kampung biasa. Saat DOC warna bulu Joper campuran ada yang berwarna hitam, coklat, putih atau campuran dari warna tersebut. Saat besar juga sama warnanya seperti itu tadi. 

Ayam joper terkenal dengan masa panen nya yang cepat yakni 60 hari. Dengan waktu yang singkat tersebut hasil daging ayam joper bisa berbobot 0,8 ons – 1 kg. 

Dengan bobotnya yang besar dan masa panen nya yang cepat itulah membuat ayam Joper terkenal.

Di perkirakan mulai 1990 an ayam joper ini mulai diminati oleh peternak ayam kampung asli mengingat keunggulannya dari masa panen yang relatif lebih pendek sehingga biaya produksi sangat bisa di tekan.

Dari sisi produksi DOC atau bibitnya juga sangat menguntungkan bagi penetas karena proses yang jauh lebih efisien karena indukan betina nya tidak perlu mengeram dan tingkat kemungkinan telur vertil pun juga cukup tinggi.

Hal ini tidak lepas dari teknologi IB atau Inseminasi Buatan yang biasa di lakukan untuk produksi DOC Joper.

Dan jika kita mengamati dari sisi pakan juga sangat menguntungkan bagi peternak, karena saat ayam joper tidak di umbar maka tenaganya akan lebih fokus untuk pertumbuhan dagingnya.

DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | gambar 2
DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | gambar 2

Saat ini peminat ayam joper di Indonesia telah mengalami peningkatan cukup tinggi.

Hal ini didukung oleh jumlah penduduk dan berkembangnya industri wisata yang mendongkrak sektor kuliner terus meningkat, sehingga jumlah kebutuhan pangan pun ikut naik terutama daging ayam joper ini.

Ternak ayam kampung super atau joper banyak dikembangkan oleh peternak di Indonesia karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam pedaging jenis lain. 

Ayam Kampung Asli adalah?

Sudah tidak asing lagi dengan ayam yang satu ini. Bagi Anda yang tinggal di wilayah pedesaan tentu mengetahui.

Ayam kampung asli adalah merupakan bibit yang berasal dari indukan sesama dari ayam kampung yang telah diseleksi sehingga mempersingkat masa panen.

Di wilayah pedesaan ayam kampung asli biasanya di umbar. Jadi ayam akan berkeliharan di sekitar rumah untuk mencari makan sendiri.

Biasanya peternak akan memberikan makan pada saat pagi hari saja, selebihnya ayam akan mencari sendiri.

Anakan atau DOC Ayam Kampung Asli | gambar 3
Anakan atau DOC Ayam Kampung Asli | gambar 3

Beda Ayam Joper dan Kampung Asli Biasa

Perbedaan ayam joper dan kampung asli (AKA) bisa dilihat dari beberapa sisi. Berikut akan kami jelaskan satu persatu :

PerbedaanAyam JoperAyam Kampung Asli
Masa panenAyam kampung super (Joper) memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Pada usia 60 hari bobot yang dihasilkan bisa mencapai 1 kg bahkan lebih.Ayam kampung asli baru bisa dipanen pada umur 75 hari dengan bobot yang dihasilkan 1 kg.
Konsumsi pakanAyam joper yang hanya membutuhkan sekitar 2,4 kg pakan untuk mendapatkan 1 kg ayam dalam timbangan berat hidupAyam kampung asli memerlukan sekitar 3,4 kg konsumsi pakan dalam setiap 1 kg ayam berat hidup
Daya Tahan TubuhAyam kampung super mempunyai daya tahan tubuh yang bagus.Ayam kampung asli lebih rentan terhadap penyakit karena bukan berasal dari varietas unggulan.
Berat KarkasJika dalam waktu 60 hari karkas ayam kampung super bisa mencapai 1 kg bahkan lebihJika dalam waktu 60 hari karkas ayam kampung asli masih di bawah 1 kg bobotnya
Harga JualHarga DOC ayam joper cukup fluktuatifHarga DOC ayam kampung asli lebih stabil.
Luas KandangKandang ayam joper tidak memerlukan lahan seluas kandang ayam kampung asli yang biasanya memerlukan area umbaran yang cukup luas.Kandang ayam kampung asli lebih luas karena memerlukan area tempat umbaran.

Baca juga !

AYAM KAMPUNG JOPER DAN AYAM KUB, PILIH YANG MANA?

Nah itu dia informasi beda ayam joper dan kampung. 

Dari perbedaan ayam joper dan aka ini dapat dilihat bahwa kelebihan yang dimiliki ayam kampung super lebih banyak dibandingkan ayam kampung daging biasa.

Maka dari itu banyak peternak yang melirik ayam kampung jawa super agar mendapatkan ayam pedaging yang potensial.

Tingginya permintaan daging ayam, menjadikan ayam joper harga baik itu DOC ataupun karkasnya menjadi mahal.

Maka dari itu, perlunya membuat semacam kelompok peternak dengan tujuan agar bisa menekan harga pengadaan DOC dan pakan saat item tersebut dibeli dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

Tidak kalah penting teknik penataan pemasaran perlu di perhatikan. Di sini perlu di perhatikan tentang strategi yang baik dalam memasarkan ayam joper. 

Ini adalah gambar ayam joper yang sudah mendekati masa panen. 

Gambar Ayam Joper  siap panen untuk dipasarkan dagingnya | gambar 4
Gambar Ayam Joper siap panen untuk dipasarkan dagingnya | gambar 4

Jika ingin memulai beternak maka kami sarankan untuk memulai jenis ayam kampung super ini karena memiliki banyak kelebihannya.

Kelebihan tersebut dapat di lihat pada tabel beda ayam joper dan kampung yang sudah kami jelaskan di atas tadi.

Dengan modal yang tidak begitu banyak, kita bisa berkembang di sekitar 500 ekor, agar bisa memaksimalkan sumber daya manusia yang ada.

Karena pertumbuhan 100 ekor dengan 500 ekor kurang lebih tidak jauh berbeda untuk perawatan nya. Jadi lebih efisien jika naik 500 ekor ayam kampung super.

Atau Anda bisa juga membaca artikel kami mengenai ternak ayam joper terlebih dahulu untuk menambah wawasan tentang ternak jenis ayam ini.

Karena ada beberapa hal penting lainnya yang perlu dipelajari contohnya tentang penanggulangan penyakit atau pun wabah yang harus diketahui sebelum memulai terjun dalam beternak, sanitasi yang baik, persiapan kandang dan lain sebagainya.

Disitu lah ilmu mengenai tata laksana ternak ayam joper bisa menjadi salah satu modal untuk memulai ternak.

Namun balik lagi dari peternak karena semuanya tergantung pangsa pasarnya juga. Ada beberapa tempat yang lebih suka dengan daging ayam kampung asli (AKA) ada juga yang suka dengan daging ayam kampung super ( joper). 

Perbedaan ayam kampung dan joper tersebut sebagai informasi tambahan jika ada peternak pemula yang ingin ternak ayam tapi masih bingung mau pilih yang mana.

Selain itu karena cukup banyak yang bertanya-tanya apa beda ayam joper dan kampung. 

Baca juga !

Beternak ayam kampung asli dan joper dengan sistem intensif | gambar 5
Beternak ayam kampung asli dan joper dengan sistem intensif | gambar 5

Apabila anda tertarik, hobiternak.com menyediakan kedua ayam tersebut. Baik itu doc ayam kampung super (JOPER) atau doc ayam kampung asli (AKA).

Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan.

Untuk ke Pulau Jawa kami kirimkan melalui kereta dan untuk luar Pulau Jawa dikirim melalui pesawat. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di bawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 4: Owned by the author
  • gambar 3: Owned by the author
  • gambar 4: Owned by the author
  • gambar 5: Owned by the author
  • cover: hobiternak.com

8 pemikiran pada “Ini adalah Beda Ayam Joper dan Kampung Asli Biasa”

    • Kami tidak menjual ayam KUB. Namun untuk ayam joper pemesananya memang dari waktu ke waktu terus meningkat. Semoga ini bentuk indikasi prospek bagus dalam dunia ternak unggas.

      Balas
  1. Saya sangat tertarik dengan ayam kampung super ýang anda sebutkan, namun saya masih pemula dan tidak memiliki lahan yg cukup jika memelihara hingga 500 ekor.
    Saya ingin budidaya sebagai ayam petelur, namun saya juga ingin memelihara juga buat pedaging.

    Balas
    • Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Silahkan bisa hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi atau konsultasi lebih lanjut di 0812 2028 8686

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA