Apa Perbedaan Antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Biasa

Apa Perbedaan Antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Biasa

Pada umumnya masyarakat lebih mengenal ayam kampung atau yang dikenal dengan ayam Jawa jika dibandingkan ayam kampung super. Bisa dimaklumi karena populasi ayam kampung lebih banyak dibandingkan ayam kampung super/ ayam Jawa super (joper). Ayam kampung merupakan ayam asli Indonesia yang mempunyai daging lebih enak dibandingkan daging ayam lainnya. Pada masa dahulu, ayam kampung merupakan primadona bagi kalangan orang berada. Seiring perkembangan zaman maka penikmat ayam kampung bergeser hingga ke kalangan biasa.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Harga ayam kampung termasuk mahal dibandingkan harga ayam potong, untuk pemeliharannya juga lebih lama. Itulah sebabnya peternak mencoba menyilangkan jenis ayam kampung dengan ayam petelur agar mendapatkan varietas ayam yang lebih unggul. Dan setelah mengadakan percobaan persilangan antar berbagai jenis ayam maka didapatlah ayam yang mempunyai keunggulan dibandandingkan ayam kampung.

Apa saja keunggulan Ayam Kampung Super ?

Seperti kita ketahui, ayam joper mempunyai banyak keunggulan diantaranya:

  1. Mempunyai pertumbuhan yang cepat jadi lebih cepat dipanen. Pada umur 60 hari (2 bulan) ayam pedaging super sudah dapat dipanen.

  2. Mempunyai daya tahan yang bagus. Jadi ayam kampung super lebih tahan terhadap penyakit.

  3. Mempunyai citarasa yang enak dan padat.

  4. Berasal dari indukan pejantan ayam bangkok yang berpostur besar dengan betina ayam petelur sehingga ayam kampung super bisa dijadikan ayam pedaging atau ayam petelur.

Ayam kampung biasa mempunyai keunggulan pada rasanya yang enak. Teksturnya yang padat dapat dijadikan berbagai kuliner yang lebih beragam dibandingkan ayam potong.

Kelemahan ayam kampung biasa:

  1. Mempunyai pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan ayam kampung super. Ayam kampung baru dapat dipanen pada umur 5 atau 6 bulan.

  2. Lebih rentan terhadap penyakit karena bukan berasal dari varietas unggulan. Pada umumnya mereka kawin antar mereka, jadi tidak ada pembaharuan dalam keturunan.

  3. Pada umumnya ayam kampung diumbar jadi kurang tercukupi nilai gizinya. Hal tersebut mempengaruhi produktivitas ayam. Ayam baru dapat berproduksi mulai umur 6 bulan ke atas.

  4. Mempunyai karkas yang lebih sedikit dibandingkan ayam kampung super.

Dari perbedaan ini terlihat bahwa kelebihan yang dimiliki ayam kampung super lebih banyak dibandingkan ayam kampung. Maka banyak peternak yang memelihara agar mendapatkan ayam pedaging yang potensial. Tingginya permintaan ayam pedaging super menjadikan harga yang ditawarkan menjadi mahal.

Jika ingin beternak ayam kampung maka kami merekomendasikan untuk memelihara ayam pedaging super karena kelebihan yang dimilikinya. Dengan modal yang tidak begitu banyak, kita bisa memelihara sekitar 500 ekor agar bisa memaksimalkan sumber daya manusianya. Karena memelihara 100 ekor dengan 500 ekor kurang lebih untuk perawatannya tidak jauh berbeda. Jadi lebih efisien jika memelihara 500 ekor ayam pedaging super.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga ayam pedaging super, ternak ayam kampung super, ternak ayam pedaging super, budidaya ayam kampung super petelur, kandang untuk ayam kampung super ukuran 1 meter, pembibitan ayam joper, perbedaan ayam kub dan joper, asal usul ayam joper

** Yuni Ambarwati **

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER/Jawa Super)
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

4 thoughts on “Apa Perbedaan Antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Biasa”

Leave a Reply

%d bloggers like this: