Pakan Ayam Joper yang Mudah Dicari dan Efisien Untuk Digunakan

Pakan ayam joper adalah campuran beberapa bahan makanan yang mengandung nutrien yang lengkap dan disusun dengan cara tertentu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi unggas yang mengkonsumsinya. Selain itu pakan merupakan sumber energi untuk pertumbuhan unggas. Para peternak perlu memperhatikan beberapa hal mengenai pakan diantaranya pemberian pakan, kandungan gizi, waktu pemberian pakan, dan sesuaikan dengan usia ayam. Adapun zat-zat gizi yang diperlukan ayam seperti karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. Pakan ayam kampung biasanya terdapat di toko – toko ternak. Setiap peternak tentu saja menginginkan ternak ayam joper agar cepat besar dan mendapat untung maksimal dan  jadwal pemberian pakan ayam joper yaitu setiap pagi dan sore sangat perlu untuk di perhatikan dengan telaten serta teliti. Selain di perhatikan mengenai pakan Anda juga perlu memberikan perhatian mengenai kandang ayam joper yang baik tentunya.

pakan ayam joper
Ayam Kampung Super merupakan ayam yang cepat besar. Dengan manajemen pemberian pakan yang teratur maka akan berpengaruh dengan hasil panen yang baik.

Aspek dalam Pemberian Pakan

Dalam memberikan pakan kepada ayam, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan agar tercapai hasil yang maksimal.

  • Ketersediaan bahan pakan.
  • Kualitas bahan pakan.
  • Harga bahan pakan.
  • Banyaknya bahan pakan yang dapat digunakan dalam formula pakan.

Jenis – Jenis Pakan

Terdapat dua jenis dari pakan ayam, yaitu pakan utama dan pakan campuran atau pakan alternatif. Pakan utama dibutuhkan sebagai sumber energi yang mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral penting. Sedangkan pakan campuran atau pakan alternatif, adalah pakan yang diberikan untuk menunjang pertumbuhan dari ayam joper. Dengan ditambah pakan utama, maka kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pakan akan lebih maksimal dan pertumbuhan ayam joper juga lebih baik.

Pakan Utama Ayam Joper

Pakan utama ayam joper bisa berupa pakan pabrikan yang di produksi untuk ayam ras pedaging seperti konsentrat. Konsentrat pun ada berbagai jenis, yang biasanya dibedakan dari tekstur dan peruntukkan usia ayam. Untuk ayam joper yang berusia 1 hari hingga 3 minggu sebaiknya diberikan pakan konsentrat yang bertekstur halus atau mash. Untuk jenisnya, kami menyarankan Anda untuk menggunakan konsentrat jenis 511, BR-1, atau AKA-1 sampai ayam berumur 3 minggu. 

pakan konsentrat untuk ayam joper
Konsentrat adalah pakan pabrikan yang digunakan sebagai pakan ayam joper yang berusia dibawah 3 minggu. Setelah 3 minggu, penggunaan konsentrat bisa dicampur dengan pakan alternatif.

Setelah ayam joper berusia diatas 3 minggu, maka Anda bisa memberikan pakan konsentrat yang sudah bertekstur agak kasar. Seperti BR-2, AKA-2, atau 512.

Pakan Campuran Ayam Joper

Setelah pakan utama, terdapat pula pakan campuran yang mana bertujuan untuk memperlengkap kandungan nutrisi dari pakan utama. Pakan campuran juga bisa menjadi alternatif pengurangan penggunaan pakan utama pabrikan yang harganya lebih mahal. Terdapat berbagai macam pakan campuran atau pakan alternatif untuk ayam joper.  Pakan campuran tersebut bersumber dari pakan nabati dan pakan hewani. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis pakan campuran untuk ayam joper yang bisa Anda gunakan.

Pakan Campuran dari Sumber Nabati

1. Bekatul atau Dedak Halus

Bekatul merupakan sisa bahan limbah penggilingan padi yang dihaluskan, yang mana bekatul sudah sering digunakan sebagai bahan campuran pakan ayam. Di dalam bekatul, terdapat kandungan protein, lemak, dan serat kasar yang baik untuk ayam. Namun perlu menjadi catatan, penggunaan bekatul dalam pakan campuran tidak boleh melebihi 45% dari total formulasi pakan.

pakan ayam joper
Bekatul sering digunakan sebagai pakan campuran untuk joper. Dengan ditambah konsentrat dan jagung, maka Anda nutrisi yang terkandung bisa lebih lengkap.

2. Jagung

Jagung merupakan produk pertanian yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman jagung dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan maupun pakan ternak. Kandungan gizinya cukup tinggi sehingga jagung sangat baik digunakan sebagai campuran pakan untuk meningkatkan produktivitas. Jagung juga mengandung pigmen karoten yang bermanfaat untuk membuat warna daging ayam menarik dan tidak pucat. Penggunaan jagung sebagai pakan campuran dianjurkan kurang lebih sebanyak 20% dari total formulasi pakan.

3. Bungkil Kelapa

Pemanfaatan limbah bungkil kelapa sebagai salah satu bahan ternak karena memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi. Bungkil kelapa tersebut memliki warna coklat tua dan coklat muda, namun yang paling cocok untuk digunakan adalah yang berwarna coklat muda. Penggunaan bungkil kelapa untuk pakan campuran ayam joper dianjurkan tidak lebih dari 20% karena bungkil kelapa mudah basi atau tengik, sebab kandungan lemaknya yang tinggi.

pakan alternatif joper
Bungkil kelapa bisa juga menjadi pakan alternatif untuk ayam joper karena mengandung protein yang cukup tinggi.

4. Singkong

Kandungan karbohidrat dari singkong yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pakan alternatif ayam joper. Penggunaan singkong untuk pakan ayam joper bisa dalam bentuk tepung atau singkong giling. Dan penggunaannya dianjurkan tidak lebih dari 40%.

5. Bungkil Kedelai

Merupakan limbah dari pengolahan minyak kedelai, yang mana mempunyai kandungan protein dan energi metabolis yang tinggi. Meskipun kandungan serat kasarnya rendah, Anda jangan khawatir karena bisa dilengkapi dengan penggunaan tepung ikan. Dalam formulasi pakan, penggunaan bungkil kedelai lebih baik jumlahnya dibawah 40%. Perlu di ingat, pemberian kedelai sebagai ransum pakan adalah kedelai yang sudah di olah terlebih dahulu seperti bungkil.

Pakan Campuran dari Sumber Hewani

1. Tepung Ikan

Tepung ikan umumnya berasal dari sisa-sisa pengolahan ikan yang tidak terpakai. Kandungan gizi dalam tepung ikan yaitu protein yang cukup tinggi. Namum terkadang kandungan gizinya berbeda -beda, sesuai dengan jenis ikan dan juga merek nya. Tepung ikan dapat dibuat dengan sederhana yaitu dengan menjemur dibawah sinar matahari, untuk penghalusan dapat ditumbuk atau digiling. Karena harga tepung ikan cukup tinggi, maka penggunaannya hanya sekitar 10% saja sehingga bisa menghemat pengeluaran.

pakan alternatif joper
Sumber pakan alternatif hewani yang bisa digunakan adalah tepung ikan karena kandungan nutrisinya baik.

2. Tepung Udang

Kandungan dari tepung udang ialah protein yang cukup tinggi, berkisar antara 43 – 47 %. Bahan ini menjadi salah satu alternatif pakan campuran untuk ayam joper. Tepung udang berasal dari industri udang yang kualitas gizinya tergantung dari bagian yang tergiling. Kulit udang atau bagian udang yang masih dapat dimanfaatkan dan berkualitas banyak terdapat pada kepala dan kaki.

3. Tepung Tulang

Tepung tulang digunakan sebagai sumber mineral, yang umumnya mengandung calcium 24 – 25% dan phospor 12 – 15%. Sifat dari tepung tulang ialah sebagai pelengkap, jadi untuk pemakaiannya hanya sedikit.

4. Tepung Kerang

Merupakan sumber calcium dengan kandungan hampir 36%. Tepung kerang ini sering digunakan alternatif sumber calcium jika ketersediaannya melimpah dan murah.

pakan ayam joper yang baik
Dengan menerapkan manajemen pakan yang baik, Anda bisa mendapatkan hasil panen dengan bobot maksimal.

Mudah dan efisien dalam pemilihan pakan dapat membuat peternak tidak begitu sulit untuk mendapatkannya.  Pakan ternak ayam kampung super yang mudah dan efisien cukup gampang dijumpai disekitar kita. Dengan perbandingan 1:1 antara pakan utama dan campuran, maka bobot 0,8 sampai 1 kg bisa dicapai pada usia 60 hari. Misalnya untuk pakan ayam usia 3 minggu hingga 4 minggu dimana untuk 100 ekor ayam membutuhkan kurang lebih 3 kg pakan.  Maka Anda bisa menggunakan perbandingan 1,5 kg konsentrat, 1,5 kg bekatul, dan 1 kg jagung giling. Untuk lebih detailnya, berikut informasi mengenai jatah pemberian pakan untuk ayam joper.

Kebutuhan Pakan Ayam Joper per Hari

Usia Ayam Kebutuhan Pakan / Hari / Ekor
0 – 7 hari 10 gram
8 – 14 hari 15 gram
15 – 21 hari 20 gram
22 – 28 hari 30 gram
29 – 35 hari 40 gram
36 – 42 hari 50 gram
43 – 49 hari 60 gram
50 – 60 hari 70 gram

Misalnya Anda memelihara ayam joper sebanyak 100 ekor, maka jumlah pakan yang harus diberikan untuk ayam yang berusia 0 sampai 7 hari adalah 7 kg per hari. Penghitungannya adalah jumlah kebutuhan pakan x banyak ayam x banyak hari dalam satu minggu. Jadi hasilnya untuk kebutuhan pakan ayam usia 0 sampai 7 hari adalah 10 x 100 x 7 adalah 7000 gram atau 7 kg dalam satu minggu dan 1 kg dalam sehari. Begitupun seterusnya, untuk menghitung jumlah kebutuhan pakan joper sesuai usia bisa dengan panduan tabel dan penghitungan diatas.

Tabel Kebutuhan Pakan Ayam Joper Sebagai Panduan

Standarisasi jumlah kebutuhan pakan pada tabel tersebut bukan berarti bersifat mengikat, hanya sebagai acuan atau panduan. Terkadang para peternak akan menemukan formulasi pakan yang sesuai dengan kebutuhan gizi, biaya, dan masa panen yang dinginkan seiring berjalannya waktu dan pengalaman.

alternatif pakan ayam joper
Faktor bibit yang baik juga mempengaruhi hasil panen selain dari faktor pakan. Anda bisa mendapatkan bibit berkualitas dari kami hobiternak.com.

Perlu di ingat, untuk ayam yang masih berusia di bawah 3 minggu lebih baik menggunakan pakan full konsentrat. Panduan  jumlah pakan per hari Anda bisa melihat dari tabel tersebut. Setelah ayam berusia 3 minggu, Anda bisa memberikan pakan campuran, dengan total kebutuhan pakan juga seperti pada tabel panduan kebutuhan pakan diatas.

Demikian artikel yang mengulas tentang pakan ternak ayam kampung super yang mudah dan efisien. Anda juga bisa membaca artikel kami mengenai cara ternak ayam joper agar cepat panen. Semoga dapat memberi manfaat. 

Mengenai harga doc joper yang kami amati memang dari waktu kewaktu cukup stabil dengan antrian yang tidak begitu lama. Bagi anda yang ingin beternak ayam kampung super, kami menyediakan doc ayam kampung super yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
pakan ayam joper agar cepat besar, jadwal pemberian pakan ayam joper, pakan ayam joper biar cepat besar, jenis pakan ayam joper, konsentrat ayam joper, kebutuhan pakan joper, takaran pakan ayam joper, cara membuat pakan fermentasi ayam joper,

**Dwi Sri Rahayu**

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
pakan ayam joper agar cepat besar, jadwal pemberian pakan ayam joper, pakan ayam joper biar cepat besar, jenis pakan ayam joper, konsentrat ayam joper, kebutuhan pakan joper, takaran pakan ayam joper, cara membuat pakan fermentasi ayam joper,

**Dwi Sri Rahayu**


6 Comments

Kisah Memulai Usaha Ternak Ayam Joper dari Seorang Kepala Desa · March 20, 2019 at 3:18 am

[…] sekitar 100 ekor ayam, estimasi pakan ayam Joper yang dibutuhkan adalah 2 kwintal konsentrat dan terkadang dicampur dengan dedaunan. Sedangkan untuk […]

Mengenal-lebihJauh Tentang DOC Blackjoper yang Populer · December 24, 2018 at 3:00 am

[…] dengan disebar pada nampan yang datar. Pemberian dalam jumlah yang sedikit namun sering, sehingga pakan tidak banyak […]

Pemberian Pakan Untuk Ayam Kampung Super · November 23, 2018 at 3:35 am

[…] Pakan Ayam Joper atau Ayam Kampung Super yang Mudah dan Efisien  […]

Cara Membuat Pakan Ayam yang Terbuat dari Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Ayam dan Menekan Biaya Pakan Ternak · September 24, 2018 at 7:34 am

[…] Pakan Ayam Joper atau Ayam Kampung Super yang Mudah dan Efisien […]

√ Harga DOC JOPER atau Bibit Ayam Kampung Super 2018 · September 1, 2018 at 2:22 am

[…] super semakin banyak. Antara lain tingkat kematian rendah, lebih hemat biaya pemeliharaan dan pakan joper bisa di tekan serta tentu saja lebih cepat merasakan hasil keuntungan. Harga ayam jawa super 2018 […]

Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula - hobiternak.com · April 18, 2018 at 2:42 am

[…] secara berkala dan tidak kalah pentingnya yaitu rutin membersihkan kandang termasuk tempat pakan ayam jawa super dan minum, ayam yang sakit harus segera dikarantina agar tidak menular ke ayam yang […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: