Bebek Lokal Mojosari

8 Poin Penting dalam Cara Ternak Bebek Petelur Jenis Bebek Mojosari bagi Pemula

8 Poin Penting dalam Cara Ternak Bebek Petelur Jenis Bebek Mojosari bagi Pemula

 

Dalam ternak bebek petelur untuk peternak yang sudah mencapai kesuksesan merupakan kebahagian tersendiri. Rasa senang ini tentu saja saat mendapati hasil dari ternak bebek petelurnya lancar berproduksi telur setiap hari. Dalam pengalaman kami memilih bebek petelur dengan jenis bebek mojosari ini yang kami rekomendasikan sebagai penghasil telur bebek yang berkualitas. Di lihat dari warnanya yang khas memang jenis bebek mojosari ini cocok dijadikan telur asin atau aneka olahan lain yang menggunakan telur bebek sebagai bahan dasarnya.

Mengapa jenis itik atau bebek mojosari menjadi jenis bebek yang di rekomendasikan untuk di kita ternakan?

Ada beberapa alasan memang kenapa kita perlu memilih bebek mojosari sebagai pilihan kita beternak bebek petelur. Diantaranya keunggulan bebek mojosari ini adalah ukuran telur nya yang relatif berukuran besar bila kita bandingkan dengan telur bebek jenis lain. Walaupun bila kita melihat postur tubuh dari bebek mojosari ini memang tidak sebesar bebek peking misalnya.

Selain ukuran besar telur bebek mojosari yang tidak kalah menggiurkan adalah produktifitas dari bebek jenis ini. Pengalaman kami bila bebek di beri pakan yang berkulitas secara konsiten bebek bisa bertelur bertelur terus menerus dan hanya libur bertelur selama 3 hari dalam satu bulan. Cukup memukau bukan?, dan tidak hanya itu bebek mojosari ini bisa produksi terus sampai usia 1,5 tahun. Dan sebenarnya tidak hanya 1,5 tahun saja, kami pernah menemukan sampai umur 2,5 tahun pun bebek mejosari tersebut tetap bertelur dengan baik. Usia produktif yang panjang inilah yang sering membuat peternak enggan pindah kelain hati untuk mengganti jenis bebek petelurnya. Anda juga bisa mebaca artikel kami Usaha Ternak bebek Petelur Bisa Menjadi Tambahan Penghasilan

Untuk meraih kesuksesan dalam ternak bebek petelur jenis bebek mojosari ini memang di perlukan penguasaan ilmu terlebih dahulu. Dan pada dasarnya ilmu beternak bebek petelur tidaklah serumit bagi sebagian orang. Namun memang ketelatenan dan kesungguhan akan di uji. Gagal dalam ternak bebek petelur pun bukan menjadi halangan untuk bangkit kembali menjemput kesuksesan.

 

Berikut ini 8 poin penting dalam ternak bebek petelur jenis bebej mojosari bagi pemula:

DOD Bebek Mojosari - 8 Poin Penting dalam Ternak Bebek Petelur Jenis Bebek Mojosari bagi Pemula

DOD Bebek

  1. Bibit DOD atau bibit bebek petelur mojosariyang berkulitas
    Dalam hal ini memang pentingnya kita memilih bibit bebek petelur atau kadang di sebut juga dengan DOD (Day Old Duck) tersebut. Bibit yang bagus tentu saja akan mendukung kelanjutan tumbuh baiknya bibit bebek mojosari kita.

pakan yang baik untuk ayam kampung super

  1. Gunakan pakan yang berkualitas

Hal ini berlaku bagi peternak bebek pedaging maupun peternak bebek petelur. Pakan yang baik memang pendorong kualitas hasil daging maupun hasil telur yang baik. Untuk bebek petelur mojosari usia nol hari sampai 6 bulan merupakan usia emas bagi peternak untuk memberikan pakan yang bermutu tinggi.

Lokasi Kandang Bebek Petelur di Samping Sungai Sangat Menguntungkan

  1. Kandang dekat sungai atau ada kolam

Dalam pembutan kandang ternak bebek petelur mojosari bila berlokasi di samping sungai merupakan lokasi kandang bebek petelur yang paling cocok. Karena bila kandang bebek berada di dekat sungai bebek petelur kita akan dengan mudah mencari makan dan mandi di sungai tersebut. Dan bila kandang bebek jauh dengan sungai ataupun sungai tersebut tidak bisa di jangkau oleh bebek maka perlu disiapkan air sebagai tempat bebek tersebut mandi.

Kandang Bebek Petelur yang Memerlukan Kolam Air

  1. Pemeliharaan dengan cara di umbar atau kandang luas

Dalam ternak bebek petelur memang perlu kita menyediakan kandang yang cukup luas. Dalam hal ini memang semakin luas semakin baik. Meskipun begitu memang kandang yang luas tersebut tetap di dalam pagar agar kita mudah dalam memantaunya. Pagar untuk kandang bebek ini juga berfungsi bagi keamanan ternak bebek kita. Jika kandang luas dapat kita sediakan hal ini bisa menjadi pengganti area tersebut sebagai tempat angon bebek yang terkontrol. Cara ternak bebek petelur dengan kandang umabaran yang luas ini mulai di adopsi oleh peternak yang menggunakan sistem ternak bebek petelur modern

kandang bebek petelur mojosari

  1. Tempat istirahat

Sediakan tempat istirahat dengan atap dan di lapisis jerami. Di tempat istirahat ini bebek bisa tidur malam dan terlindung bila hujan datang. Tempat istirahat ini juga bisa menjadi tempat bertelur karena umumnya bebek petelur mojosari bertelur di waktu dini hari.

Ternak Bebek sakit

  1. Tindak lanjut yang tepat bila ada bebek yang sakit

Saat bebek petelur kita ada yang sakit memang menjadi momok tersendiri bagi setiap peternak bebek petelur maupun pedaging. Bebek petelur seperti layaknya unggas lainya memang mudah terserang penyakit bila di lingkungan bebek yang sehat ada bebek yang sakit. Maka dari itu bila kita menemukan bebek petelur yang terlihat kurang sehat atau sakit segera pindahkan bebek yang sakit tersebut. Langkah memindahkan bebek yang sakit adalah langkang antisipatif agar bebek yang sakit tersebut tidak menularkan ke bebek lain yang masih sehat. Setelah bebek yang sakit kita pisahkan kita bisa lakukan pengamatan untuk menentukan jenis penyakitnya dan setelah itu adalah langkah pengobatan sesuai dengan indikasi yang tampak. Untuk obat memang sudah banyak kita dapati di banyak poultry shop hampir di seluruh penjuru kota di Indonesia. Kalau pun anda kesulitan mendapatkan obat untuk bebek yang sakit zaman sekang memudahkan kita untuk membeli barang secara online dan obat pun akan di kirim di alamat Anda. Namun memang tetap kami lebih menyarankan agar peternak bebek mengetahui poultry shop atau toko ternak di sekitar Anda. Karena dengan Anda membeli obat yang tidak jauh dari lokasi Anda tinggal hal ini akan mempercepat penanganan terhadap bebek Anda yang sakit tadi. Dan kelebihan yang lainya juga Anda bisa berkonsultasi langsung mengenai cara pakai obat tersebut.

 Pakan Alternatif bebek petelur dengan limbah kulit udang

  1. Temukan alternatif pakan yang cocok

Pakan adalah salah satu tantangan bagi peternak bebek petelur. Kenapa pakan? Karena pakan adalah salah satu biaya tertinggi dalam proses usaha ternak bebek petelur ini. Mengenai pakan alternatif memang idealnya anda perlu mengamati atau mengobservasi apa yang kira-kira bisa di berikan untuk bebek petelur Anda. Kandungan protein merupakan pertimbangan prioritas untuk menentukan pakan alternatif tersebut. Beberapa pakan alternatif yang bisa Anda coba seperti ikan kecil, bekicot, kulit udang, keon, dll. Namun memang dalam menentukan pakan alternatif perlu adanya eksperimen atau pengalaman tersendiri. Dan bila Anda dapat menemukan pakan alternatif yang cocok untuk ternak bebek petelur Anda maka hal ini bisa sangat menenkan biaya produksi. Hal ini memang cukup berasalan karena biasanya pakan alternatif kebanyakan memiliki sifat limbah atau tidak di pakai. Dan upaya pemanfaatan limbah tersebut tentu saja menekan biaya pakan yang cukup signifikan. Anda juga bisa membuatnya menjadi tepung sehingga pakan alternatif tersebut bisa bertahan lebih lama.

Telur Bebek Mojosari - Ternak Bebek Petelur Mojosari

  1. Segera pasarkan telur bebek

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan telur bebek tersebut. Dan segerakan untuk menjual atau memasarkan telur bebek tersebut. Karena semakin cepat telur bebek di gunakan akan semakin baik. Dalam penggunaan telur bebek memang kesegaran telur bebek menjadi prioritas tersendiri.

 

Semoga delapan poin penting dalam ternak bebek petelur diatas bisa memberi manfaat bagi Anda yang akan atau sudah beternak bebek petelur. Selain itu juga bagi yang ingin menghitung berdasarkan angka semoga dengan memahami poin-poin di atas Anda juga bisa mulai menyusun analisaha usaha bebek petelur yang baik.

Bila Anda mencari bibit bebek petelur mojosari berkualitas silahkan bisa hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP


0812 2028 8686

Indosat
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS
0838-6918-5523

 

 

 

Kata terkait:
pakan ternak bebek petelur, ternak bebek petelur modern, analisa usaha bebek petelur, kandang bebek petelur, analisa ternak bebek petelur, ternak bebek petelur, bebek petelur, cara beternak bebek, cara ternak bebek

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply