Mari Kita Analisa Usaha Ternak Bebek Petelur 100 Ekor – Populasi bebek di Indonesia menduduki urutan yang ke-3, sedangkan di ASEAN, Indonesia menduduki urutan pertama, menyusul Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia/Brunei. Apabila ditinjau dari rasio populasi penduduk dan itik, Singapura berada pada urutan yang pertama. Sedangkan untuk rata-rata peningkatan produksi bebek pertahun paling menonjol adalah Filipina.

Di Indonesia peternakan unggas memiliki perkembangan yang sangat pesat. Tak terkecuali bebek petelur. Beternak bebek petelur memang memiliki peluang yang bagus. Selain akan mendapat keuntungan yang lumayan besar, Anda juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat mendukung kebutuhan masyarakat akan makanan bergizi.

Beternak bebek memiliki kelebihan dibandingkan dengan ayam karena bebek lebih memiliki daya tahan tubuh yang bagus dibandingkan jenis ayam. Selain memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cara pemeliharaan bebek juga cukup mudah. Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek sebaiknya harus membuat perencanaan yang matang. Anda harus menganalisa apa saja yang harus dibutuhkan, berapa modalnya dan apa saja resikonya. Ada dua macam beternak bebek yaitu beternak dengan memanfaatkan telurnya dan beternak dengan memanfaatkan dagingnya. Anda juga bisa menyimak artikel kami tentang analisa usaha ternak bebek petelur lengkap.

Dalam beternak bebek petelur, kita perlu melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa banyak modal yang perlu kita persiapkan. Dengan begitu, peternak pemula mendapatkan gambaran tentang ternak bebek petelur dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Sebagai tahap awal, kita bisa melakukan analisa bebek petelur 100 ekor.

jenis pakan

Bebek Lokal Mojosari

Berikut Analisa Usaha Bebek Petelur 100 ekor :

Perkiraan :

  1. Harga bebek petelur mojosari umur 5 bulan @Rp90.000 x 100 ekor total Rp9.000.000
  2. Kandang di lahan sendiri dengan ukuran 200 meter
  3. Masa pemeliharaan 10 bulan
  4. Harga telur Rp 1.600/ butir
  5. Harga pakan buatan sendiri Rp 3.250/ kg (nasi aking dan dedak)
  6. Tingkat kematian bebek petelur 2 %
  7. Produktivitas 70%
  8. Masa pakai kandang 5 tahun
  9. Penggunaan pakan per 100 ekor sebanyak 16 kg
  10. Gaji pegawai untuk 1 orang Rp 700.000/ bulan
  11. Harga bebek petelur afkir Rp 50.000/ ekor

Investasi :

  1. Kandang dan peralatan untuk 5 tahun Rp 7.000.000
  2. Ternak bebek petelur 100 ekor @ Rp 90.000 = Rp 9.000.000

Total investasi Rp 16.000.000

Biaya operasional

  1. Penyusutan kandang Rp7.000.000/60                                                           Rp117.000
  2. Penyusutan ternak bebek 100 ekor@Rp9.000.000-Rp5.000.000/ 10)      Rp400.000
  3. Biaya pakan 1 x 16 kg @ Rp 3.250 x 30                                                          Rp1.560.000
  4. Listrik dan air per bulan                                                                                     Rp120.000
  5. Gaji karyawan per bulan                                                                                    Rp700.000

Total Biaya operasional                                                                                               Rp2.897.000

Pendapatan per bulan

  1. Telur 70% x 100 x 30 @ Rp.1.600                                                                    Rp 3.360.000

Total pendapatan
Rp 3.360.000

Pendapatan bebek afkir 

  1. Ternak bebek afkir 98 @Rp50.000/10                                                            Rp 490.000

Keuntungan per bulan

  1. Total pendapatan                                                                                               Rp 3.850.000
  2. Total biaya operasional                                                                                     Rp 2.897.000

Keuntungan ternak bebek petelur                                                                              Rp953.000

Dengan membuat analisa usaha maka kita bisa mempersiapkan modal awal ternak bebek petelur yang dibutuhkan dan perencanaan untuk beberapa tahun ke depan. Sebelum memutuskan beternak bebek petelur dan bebek pedaging perlu kita ketahui analisa usaha tersebut. Untuk penghitungan bebek petelur diatas kita menggunakan bebek petelur yang siap bertelur. Jika memelihara sejak masih anakan tentu membutuhkan analisa yang berbeda. Perbedaan antara pemeliharaan sejak kecil atau yang siap bertelur terletak pada modal untuk membeli bibit dimana modal untuk membeli bebek siap telur lebih mahal dibandingkan modal membeli bebek sejak masih DOD atau kecil/bibit. Analisa biaya tidak hanya dilakukan pada bebek petelur, namun juga perlu melakukan analisa biaya ternak bebek pedaging.

Baca juga :  Usaha Ternak bebek Petelur Bisa Menjadi Tambahan Penghasilan

Dalam memelihara bebek petelur kita perlu membuat kandang yang sesuai dengan kebutuhan. Contoh kandang bebek petelur yang baik banyak terdapat dituliskan di buku panduan atau bisa dipelajari di mesin pencarian google.  Pada umumnya bebek petelur berbentuk kandang ren atau postal. Di dalam kandang tersebut alasnya diberi sekam agar telur tidak mudah pecah dan pada umumnya bebek bertelur pada pagi hari. Sehingga memudahkan peternak dalam mengontrol telurnya.

ternak bebek petelur

Ternak bebek petelur

Cara beternak Bebek Petelur bagi pemula :

  1. Tentukan jenis bebek
  2. Siapkan lokasi yang tidak terlalu dekat dengan keramaian
  3. Tentukan kandang bebek dan model yang cocok
  4. Atur suhu, kelembaban, penerangan dan kebersihan kandang
  5. Beli bibit bebek yang unggul dan berkualitas
  6. Rawat bibit bebek dengan benar sesuai dengan aturan
  7. Pemberian pakan yang berkualitas
  8. Pemberian obat dan vitamin
  9. Perhatikan masa kawinnya
  10. Panen
  11. Pasca panen

Pembuatan Kandang untuk Budidaya Bebek 

Untuk kandang bebek petelur sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan yaitu lokasinya jauh dari kebisingan atau keramaian, mudah menemukan air, aman dari berbagai gangguan hewan buas. Contoh model kandang yang sering kita temui adalah :

  • Kandang Bebek Panggung

Kandang Bebek Petelur Modern

Kandang Panggung

Model kandang ini cukup baik bagi bebek petelur karana kandang selalu kering dan resiko terkena penyakit lebih kecil. Namun model kandang ini juga memiliki kelemahan yaitu bebek akan kekurangan mineral yang didapat dari tanah. Selain itu kandang juga harus selalu dibersihkan karena pasti kotoran bebek akan menempel ke lantai panggung. Kandang bebek model panggung sangat cocok digunakan untuk daerah yang memiliki kondisi geografis tanah basah dan kelembapan yang tinggi.

  • Model Kandang Sistem Lantai (litter)

usaha ternak bebek

Kandang bebek model lantai

Model kandang sistem lantai digunakan untuk daerah yang kondisi geografis tanah berpasir atau kering dan pada daerahnya memiliki sifat tanah dengan daya serap yang tinggi.

  • Model Kandang Bebek Petelur Sistem Baterai

ternak bebek petelur

Kandang Baterai

Model kandang ini biasa disebut dengan kandang individual. Kenapa bisa begitu? Karena dalam satu kandang hanya terdapat satu bebek saja. Kandang baterai dikumpulkan jadi satu tempat lalu diberi atap dan dibagian dindingnya di beri pagar dengan bahan dasar bambu atau kawat.

  • Kandang Gabungan Sistem Lantai dan Panggung

Model kandang ini adalah gabungan dari sitem lantai dengan panggung. Kandang sistem lantai digunakan untuk umbaran pada saat siang hari dan model panggung digunakan untuk bebek beristirahat.

Beberapa model kandang tersebut dapat dilengkapi dengan kolam atau danau buatan agar bebek tetap merasa senang di dalam kandang. Kandang juga tidak harus luas, kalau Anda ingin perawatan sistem intensif Anda juga dapat beternak bebek petelur di lahan sempit.

Baca juga : Harga Jual Terbaru DOD atau Bibit Bebek Petelur Jenis Mojosari di 2018

Pakan Ternak Bebek Petelur Modern

Bebek petelur memiliki pakan yang berbeda pada komposisi gizinya. Berikut adalah 3 jenis pakan :

1. Pakan Sumber Energi

ternak bebek petelur

Bekatul

Jenis pakan yang memiliki sumber energi bagi bebek contohnya seperti gandum, bekatul, jagung giling dan berbagai jenis biji-bijian. Pakan-pakan tersebut dapat membuat bebek lebih berenergi karena bebek sendiri sering beraktivitas seperti bermain, bertelur dan lain sebagainya.

2. Pakan Sumber Protein

ternak bebek petelur

Tepung ikan

Jenis pakan yang memiliki kandungan protein yaitu bungkil kacang hijau, bungkil kelapa dan berbagai jenis tepung seperti tepung ikan, tepung daging dan tepung tulang. Pakan-pakan tersebut dapat Anda temukan di pasar dan juga harganya cukup terjangkau. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat para peternak tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

3. Jenis Pakan Sumber Mineral

ternak bebek petelur

Tepung Kerang Putih

Pakan sumber mineral dapat Anda temukan di tepung kerang putih. Jenis pakan sumber mineral diberikan ke bebek dengan jumlah yang terbatas.

Apabila Anda ingin lebih jelas lagi, Anda bisa buka tentang bagaimana cara ternak bebek petelur kering.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Kami siap mengirimkan keseluruh wilayah Indoneseia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
ternak bebek petelur modern, pakan ternak bebek petelur, cara ternak bebek petelur kering, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, cara ternak bebek petelur bagi pemula, modal awal ternak bebek petelur, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, beternak bebek petelur di lahan sempit

**Yuni Ambarwati**
*.


5 Comments

Usaha yang Cukup Menguntungkan, Mari Ternak Bebek Petelur · December 19, 2018 at 7:11 am

[…] kandang dan kuantitas pakan sedikit berbeda. Tak lupa juga sebelum beternak sebaiknya melakukan analisa ternak bebek petelur 100 ekor untuk mengetahui jumlah modal dalam pemeliharaan nantinya. Selain itu Anda harus menganalisa resiko […]

Kelebihan dan Kekurangan Model Kandang Bebek Panggung · November 28, 2018 at 3:50 am

[…] Mari Kita Analisa Ternak Bebek Petelur 100 ekor dan Pembuatan Kandang Untuk Budidaya Bebek bagi Pemu… […]

Manajemen Pakan Bebek Pedaging agar Cepat Besar dan Efisiensi Tinggi · October 28, 2018 at 2:33 am

[…] Mari Kita Analisa Ternak Bebek Petelur 100 Ekor […]

Perlunya Evaluasi Terhadap Keberhasilan Usaha Peternakan Unggas · October 25, 2018 at 6:50 am

[…] Mari Kita Analisa Ternak Bebek Petelur 100 Ekor […]

Cara Ternak Bebek Petelur Kering yang Benar Untuk Pemula · September 1, 2018 at 1:35 am

[…] Anda pemula sebelum beternak bebek petelur ini, Anda harus analisa ternak bebek petelur 100 ekor terlebih dahulu agar resikonya tidak terlalu […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: