Bebek Hibrida

Beternak Bebek Dengan Sistem Intensif di Lahan Sempit

Beternak Bebek Dengan Sistem Intensif di Lahan Sempit

Bebek merupakan hewan yang penurut, bahkan mampu berbaris serta mudah digiring. Banyak bebek yang dipelihara dengan sistem extensive (tradisional) harus mulai Anda tinggalkan. Anda bisa memulai beternak bebek dengan sistem pemeliharaan secara intensif, karena pemeliharaan secara intensif dapat menghemat tenaga dan lebih menguntungkan. Tapi yang menjadi tantangan saat ini adalah lahan pembuatan kandang yang sangat minim. Hal ini memang bukan tidak mungkin di saat laju pertumbuhan penduduk memang tentu saja berpengaruh dengan area lahan yaang tentu saja jadi ikut berkurang. Semisal saja dengan di bangunya perumahan maka lahan untuk ternak bebek pun akan ikut berkurang. 

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Apakah berbudidaya Bebek dengan sistem intensif bisa diterapkan dilahan yang sempit?

Beternak Bebek dengan sistem intensif tentu tidak membutuhkan lahan yang luas. Pemeliharaan bebek cukup dengan dikandangkan saja di lahan terbatas. Peternak bebek cukup menyediakan kandang, pakan, peralatan pemeliharaan, vaksinasi dan obat penunjang kesehatannya. Untuk vaksinasi memang sebaikanya di amati dulu apakah daerahdi sekitar kandang di temukan penyakit bebek yang di rasa bisa menjangkiti bebek kita. Namun vaksinasi bisa juga tidak dilakukan saat memang di area kandang aman dan hal inilah perlunya pengamatan dari peternak bebek itu sendiri. Kini sudah banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan sistem extensive menjadi sistem intensif. Mereka mampu menciptakan perekonomian yang mempunyai prospek ke depan yang baik dan dapat mengembangkan bebek dengan baik.

Saat Anda ingin memulai beternak Bebek dengan sistem intensif, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda dapat mengembangbiakkan bebek sesuai dengan modal yang Anda miliki. Lahan yang dibutuhkan tidak perlu berhektar-hektar, dekat dengan sungai dan tidak harus mewah.

Apabila Anda belum mempunyai pengalaman dalam beternak bebek, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal skala kecil. Dengan pengalaman yang ada di lapangan, Anda tentu dapat belajar banyak dan akan mulai mengembangkan usaha ternak bebek yang Anda miliki. misalkan saja Anda saat ini beternak 100 ekor bebek, ada kemungkin menjadi 1000 ekor bukan? Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah bebek yang sedikit.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Mengapa sebaiknya beternak Bebek dengan sistem pemeliharaan intensif ?

Dengan sistem insentif tentu tidak membutuhkan modal yang cukup besar, Anda juga dapat menghemat tenaga, ransum yang Anda berikan mudah didapat, perawatannya mudah, lebih tahan terhadap penyakit, harga dipasaran stabil, daging bebek cukup diminati oleh banyak orang dan memiliki pasar yang menjanjikan.

Tentu Anda tertarik untuk memulai beternak bebek bukan ? Jika Anda tertarik memulai usaha kecil menengah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari bagaimana beternak Bebek dengan cara intensif di majalah, buku, internet atau orang yang sudah sukses beternak bebek, melakukan survey ke peternakan bebek, kemudian setelah itu mulai menyiapkan kandang, mencari bibit bebek yang unggul, pakan untuk menunjang pertumbuhannya, peralatan pemeliharaan, vaksinasi, obat yang dibutuhkan dan pemasaran hasil ternak bebek.

DOD Peking

DOD Peking

Apa saja  pilihan pakan bebek alternatif untuk menekan biaya produksi ternak bebek?

Memang pakan bebek pabrikan seperti produknya JAPFA atau banyak perusahan lain yang biasanya telah mengandung protein yang cukup tinggi dan hal inilah yang mendukung pertumbuhan bagus untuk bebek kita.Biasanya memang peternak di hadapkan dengan biaya pakan yang bisa menjadi tinggi bila teknik memberi pakanya pun tidak tepat.Perlunya menejemen pengelolaan pemberian pakan bebek yang baik tentu saja akan berimbas terhadap biaya produksi ternak bebek kita. Dan bilka biaya produksi bisa kita tekan sedemikian rupa hasilnya bisa di tebak, keuntungan yang di dapatkan pun akan lebih besar.

Berbicara mengenai pakan memang menjadi suatu topik yang menjadi perhatian tersendiri bagi pelaku usaha ternak bebek ini. Dan perlu di pikirkan saat memilih untuk mebeli pakan/konsentrat hasil dari pabrik yang kadang memang membuat peternak bebek merasa cukup praktis dan terasa efisen.Namun harga atau biaya yang muncul perlu untuk di pikirkan di balik kepraktisan tadi.

Pemilihan pakan alternatif sebaiknya dengan melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk area sekitar yang berjarak tidak begitu jauh dari kandang bebek itu sendiri. Hal ini tentu saja akan menekan biaya transportasi dan memberi kemanfaatan untuk lingkungan sekitar kandang bebek.Dalam pemilihan pakan alternatif ini ada dua hal penting yang sebaiknya tidak kita lewati. Dua hal penting itu yakni kandungan proten yang ada dalam pakan alternatif untuk ternak bebek tersebut. Kemudian yang kedua adalah harga dari pakan alternatif yang perlu di pertimbangkan.

Untuk harga pakan alternatif sebaiknya memang di hitung dengan cermat. Dengan perhitungan yang tepat kita bisa menghindari kerugian yang bisa di timbulkan. Jangan sampai saat sudah menggunakan pakan alternatif malah biaya pakan jadi lebih tinggi di banding menggunakan pakan pabrikan. Padahal pakan alternatif untuk ternak bebek biasanya lebih ribet atau tidak sepraktis pakan bebek hasil dari pabrikan.

Baik mari kita bahas satu persatu untuk pakan alternatif dalam ternak bebek lahan sempit ini:

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Tutut atau Keong

Keong Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Keong Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Kandungan keong atau juga terkenal dengan sebutan tutut ini memang tidak di pungkiri memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan tentu saja bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya bebek kita.Kadar protein dalam keong ini sangat cocok untuk bebek jenis bebek petelur. Karena memang protein ini sangat bagus dalam hal proses pembuatan telur dalam tubuh bebek. Adapaun cara memperolehnya keong atau tutut ini dapat kita jumpai di sawah-sawah ataupun rawa rawa. Dan saat keong berada di sawah, keong atau tutut ini menjadi musuh dari petani.Dengan kita bisa memanfaat kan keong untuk pakan ternak bebek di sisi lain hal ini sebenarnya cukup membantu petani.

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Hewan Kecil

 

Yuyu atau Kepiting Sawah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Yuyu atau Kepiting Sawah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Selain keong atau tutut kita juga bisa mengumpulkan hewan kecil-kecil yang ada di sekitar kandang bebek. Sebagai contoh sumber protein alami ini bisa kita dapati di kodok atau katak, cacing,kepiting, dll.Selain itu pun sebenarnya kita bisa memberikan bebek dengan hewan kecil lain. Namun memang pemberian hewan kecil tersebut perlu kita pertimbangkan agar hewan tersebut tidak membahayakan bagi ternak bebek kita.

 

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Ikan Rucah

Ikan Rucah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Ikan Rucah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Limbah Pemotongan Ayam

Limbah Pemotongan Ayam menjadi Pakan Alternatif Ternak Bebek

Limbah Pemotongan Ayam menjadi Pakan Alternatif Ternak Bebek

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Biji-bijian atau kacang-kancangan

Biji-bijian atau kacang-kancangan Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Biji-bijian atau kacang-kancangan Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

 

 

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Bungkil Kedelai

Bungkil Kedelai Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Bungkil Kedelai Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

 

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Jagung

Jagung Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Jagung Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

 

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Singkong atau Ketela

Singkong Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Singkong Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Pakan Alternatif Ternak Bebek : Cangkang Udang

Cangkang atau Kulit Udang Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Cangkang atau Kulit Udang Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378
AXIS:
0838-6918-5523

Kata Terkait:
ternak bebek petelur lahan kering, kandang bebek petelur sistem kering, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur tanpa air, cara membuat kandang bebek dari bambu, cara beternak itik petelur yang baik, beternak bebek petelur di lahan sempit,bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, harga telur bebek, kandang bebek pedaging, itik alabio, harga bebek petelur, harga bebek, budidaya bebek pedaging

** Linda Rahmawati Choiriyah ** 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD atau Bibit Bebek Hibrida, Peking & Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply