Tingkatkan Produktifitas Telur Bebek dengan Pakan Alternatif

Tingkatkan Produktifitas Telur Bebek dengan Pakan Alternatif – Agar meningkatkan produktivitas bebek petelur, ada beberapa hal yang mempengaruhi. Salah satunya adalah faktor pakan. Untuk itu peternak perlu mengenal jenis pakan ternak bebek petelur agar meningkatkan produktivitas telurnya. Pakan bebek petelur berbeda komposisinya dibandingkan bebek pedaging. Jika pakan bebek pedaging untuk menunjang produksi dagingnya maka pakan bebek petelur untuk menunjang produksi telurnya.

Apa saja hal – hal yang dapat menunjang produktivitas bebek petelur ?

Dalam memulai ternak bebek petelur, tentu peternak juga harus mempelajari hal – hal apa saja yang dapat mempengaruhi produktifitas telur. Hal ini bertujuan agar peternak dapat memaksimalkan ternak bebek untuk menghasilkan telur secara unggul. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Pemberian pakan alternatif untuk bebek petelur sangat memberikan pengaruh yang baik bagi pertumbuhan bebek petelur
Pemberian pakan alternatif untuk bebek petelur sangat memberikan pengaruh yang baik bagi pertumbuhan bebek petelur

Pertama, jenis bebek petelur sangat menentukan hasil panen telur bebek. Peternak harus mengetahui jenis bebek apa yang akan dibudiayakan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang tinggi. Di Indonesia sendiri jenis bebek petelur ada berbagai macam. Seperti,

1. Bebek Alabio7. Bebek Khaki Campabell
2. Bebek Bali8. Bebek CV 2000-INA
3. Bebek Mojosari9. Bebek Cirebon/ Karawang
4. Bebek Tegal10. Bebek Cihateup
5. Bebek Turi11. Bebek Damiaking
6. Bebek Magelang12. Bebek Pegagan … dll

Kedua, tentukan jenis pakan yang akan diterapkan. Dalam hal ini peternak dianjurkan untuk menentukan jenis pakan yang akan diberikan pada bebek petelur. Makanan bebek agar cepat besar dipengaruhi pada jenis pakan yang diberikan. 

Biasanya peternak akan memberikan pakan berupa pakan konsentrat bebek untuk usia 1 – 4 minggu. Dan selepas usia 4 minggu peternak akan memberikan pakan berupa pakan ransum yang terdiri dari bahan pakan alternatif dengan harga terjangkau.

Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur
Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur

Pemberian rasum pakan ini bertujuan agar nutrisi bebek peteur terpenuhi juga mengemat biaya pakan yang dikeluarkan, mengingat daya nafsu makan bebek cukup tinggi.

Ketiga, tipe pemeliharaan yang dterapkan peternak ternyata juga mempengaruhi akan hasil bebek dalam bertelur. Selain itu pembuatan kandang bebek petelur juga harus selalu diperhatikan agar sesuai dengan jenis bebek yang diternakkan.

Pemeliharaan bebek dari masa. Pemeliharaan bebek petelur dimulai dari usia 1 hari hingga dewasa. Penerapan pemeliharaan ini terbagi menjadi 4 bagian, yakni :

1. Pemeliharaan bebek masa strater 1 – 4 minggu
2. Pemeliharaan bebek masa grower 5 – 22 minggu
3. Pemeliharaan bebek masa layer (masa produksi telur) mulai dari usia 5,5 bulan
4. Pemeliharaan bebek masa rontok bulu

Keempat, upaya pencegahan terhadap serangan penyakit. Dalam menjalankan usaha ternak bebek, pencegahan penyakit merupakan suatu keharusan yang peternak lakukan agar mendapatkan hasil panen yang maksimal. Adapun serangan – serangan penyakit tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut ini :

1. Sanitasi yang tidak baik
2. Biosecurity yang kurang ketat
3. Manajeman yang salah
4. Pengaruh faktor lingkungan

Bebek Petelur Mojosari memiliki keunggulan dalam produksi telur

Jenis Bebek Petelur yang mempunyai keunggulan dalam produksi telur adalah bebek petelur Mojosari. Bebek Mojosari yang pada awalnya banyak terdapat di Mojokerto Jawa Timur kini telah menyebar ke berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Produksi telur cukup tinggi berkisar 200-220 butir per ekor pertahun. Dengan berat telur mencapai 67 gram/ butir dan warna kulit telur biru kehijaun maka banyak yang memilih untuk memelihara bebek petelur ini. 

DOD Bebek Mojosari yang dipelihara dengan baik menggunakan lampu bohlam sebagai penghangat
DOD Bebek Mojosari yang dipelihara dengan baik menggunakan lampu bohlam sebagai penghangat

Setelah mendapatkan bibit unggul, kandang perlu dibuat dengan tepat agar menunjang produksi telur. Kandang bebek petelur bentuk postal dan tanpa dilengkapi kolam merupakan terobosan baru dalam beternak Bebek Petelur. Pada umumnya kandang berbentuk ren dan dilengkapi kolam tempat bermain. Kandang bebek petelur dilengkapi dengan ventilasi yang lancar, sanitasi yang baik di seluruh area kandang dan upaya pencegahan terhadap penyakit. Diantara upaya pencegahan dengan cara vaksinasi dan pemberian multivitamin dan menjaga kandang selalu bersih dan kering.

Pakan Bebek Petelur

Agar peternak mendapatkan pakan bebek murah peternak perlu membuat pakan sendiri dengan mengambil dari bahan yang banyak terdapat dialam. Ada beberapa syarat untuk bahan pakan tersebut diantaranya harganya murah, mudah didapatkan, mempunyai nilai gizi, bebas dari residu atau bahan berbahaya dan kandungannya dapat menggantikan bahan pakan konsentrat. Harga pakan bebek petelur & merk pakan jadi bebek petelur biasanya memiliki nutrisi yang berbeda. Semakin tinggi harga pakan jadi bebek petelur maka akan semakin tinggi pula kualitas yang dihasilkan. 

Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 - 220 butir per ekor dalam setahun.
Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 – 220 butir per ekor dalam setahun.

Untuk mendapatkan pakan yang lengkap nutrisinya kita tidak bisa mengandalkan jenis bahan pakan tambahan saja misalnya bekatul. Seperti kita ketahui bekatul memang mempunyai nutrisi namun kurang lengkap jika tidak ada bahan lain. Apa saja pakan bebek petelur ?dapat kita ketahui bahwa pakan alternatif bebek petelur seperti jagung giling, tepung ikan, bekicot, dan tepung daun. Untuk pakan konsentrat atau pakan jadi bebek petelur tetap diberikan karena kandungannya cukup lengkap. Saat ini untuk mendapatkan bahan pakan bebek petelur yang murah peternak memberikan juga  nasi aking yang direndam selama 3 – 4 jam.

Takaran Pakan untuk Bebek Petelur

Untuk takaran pakan itik petelur pada masa produksi terdiri dari jagung kuning giling 45%, dedak padi 15,6 %, bungkil kedelai 20%, tepun g ikan 3%, CGM 6 %, CPO 2%, premiks ),5%, CaCO3 ada7%, NaCl 0,3%. Pakan tersebut mempunyai kandungan energi metabolisme 2.700 kkal/ kg, protein kasar 19 %, serat kasar 3,7 %, ca 3,1%, fosfor 0,7 %, asam amino metionin 0,38 % dan asam amino lisin 0,9 %.

Jadi untuk membuat pakan bebek petelur perlu mengkombinasikan beberapa bahan agar mencapai nutrisi yang seimbang dan dibutuhkan bebek agar menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus. Jadi dengan komposisi pakan bebek petelur yang tepat akan meningkatkan produktivitas telurnya.

Dalam pemberian pakan bebek petelur untuk 100 ekor, peternak dapat mengkombinasikan dengan berbagai jenis pakan alternatif berikut ini. Selain itu untuk perbandingan pakan bebek petelur untuk 100 ekor peternak dapat menyesuaikan dengan jumlah yang ada. 

Selain bahan tersebut kita bisa menggunakan bahan alternatif lainnya seperti :

1. Ampas tahu8. Gaplek
2. Polar9. Tepung singkong
3. Tepung keong mas8. Bungkil kedelai
4. Tepung rumput9. Menir/ Sorgum
5. Tepung limbah udang10. Ampas kecap
6. Tepung daun pisang11. Tepung kerang
7. Bekatul12. Tepung daun katu

Perubahan komposisi pakan bebek petelur

Dengan tercukupi kebutuhan nutrisinya maka pertumbuhan bebek akan cepat besar.  Setelah memasuki masa bertelur pakan akan mengalami perubahan pada komposisi nutrisinya. Tujuannya agar bebek dapat menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus. Jika bebek terlalu gemuk maka produksi telurnya biasanya kurang optimal. Bebek petelur biasanya mempunyai postur yang lebih ramping dibandingkan bebek pedaging. Bebek petelur dapat mulai bertelur pada umur 6 bulan.

Cara Ternak Bebek Petelur Modern
Ternak bebek petelur sebagai penghasil telur bebek yang mana bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis yang menguntungkan.

Dengan pemeliharaan sekitar 10 bulan maka bebek petelur dapat menghasilkan telur dalam beberapa periode bertelur. Setelah berumur 16 minggu dan produksi telur berkurang, bebek petelur memasuki masa afkir dan dapat dijadikan bebek pedaging. Adapun pemberian pakan tersebut terbagi menjadi 3 pola :

  1. Fase strater usia 1 – 4 minggu 
  2. Fase Grower usia (bebek dara/ remaja) 5 – 22 minggu 
  3. Fase Layer (bebek bertelur) usia 22 – 144 

Penggunaan Pakan yang Mengandung Karotenoid untuk Bebek Petelur

Untuk menghasilkan warna kuning pekat yang alami pada kuning telur, peternak menggunakan pakan yang mengandung karotenoid. Beberapa jenis pakan yang mengandung karotenoid diantaranya jagung kuning , tepung alfalfa, tepung hijauan dan tepung limbah udang. Tepung hijau yang dapat dijadikan sumber karotenoid yang baik adalah daun katuk dan daun beluntas. Daun tersebut sebelumnya perlu dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur atau dioven. Setelah benar-benar kering maka dapat digiling hingga menjadi tepung. Tepung tersebut dapat dicampurkan pada pakan harian bebek petelur.

Saat ini telur bebek cukup banyak dibutuhkan pada industri rumah tangga atau home indsutry. Pada umumnya telur bebek banyak digunakan sebagai bahan baku telur asin dan bahan campuran pada pembuatan kue serta menu kuliner berbahan telur.  Telur yang mempunyai kuning lebih pekat biasanya lebih dicari peminatnya karena lebih bergizi dan lebih enak rasanya.

Selain itu beberapa pakan butiran juga cukup memberikan manfaat yang tinggi bagi produktifitas telur bebek. Jenis – jenisnya sebagai berikut ini pakan bebek petelur 544, pakan bebek petelur 9905, pakan bebek petelur 415p, dan pakan bebek petelur comfeed. 

Pakan Alternatif Alami lain untuk Ternak Bebek

Dalam pemberian pakan untuk hewan ternak, peternak pasti akan memilih jenis pakan yang baik dan mengandung gizi serta vitamin yang tinggi untuk kemajuan produktifitas pada hewan ternaknya. Pakan yang berkualitas tinggi dapat  dapat berasal dari pabrikan dan dapat berasal dari lingkungan sekitar atau yang sudah tersedia di alam. Dengan pemberian pakan pabrikan tentunya harga yang ditawarkan akan semakin mahal dan akan membuat biaya pengeluaran untuk membeli pakan menjadi membengkak.

Bebek Mojosari merupakan salah satu bebek penghasil telur yang dikenal dengan produktifitasnya yang cukup tinggi.
Bebek Mojosari merupakan salah satu bebek penghasil telur yang dikenal dengan produktifitasnya yang cukup tinggi.

Oleh karena itu pakan buatan pabrik dapat dibuat sendiri sehingga dapat menghemat biaya pakan yang ada. Peternak dapat melihat beberapa bahan pakan organik yang dapat menjadi pakan alternatif untuk bebek karena ketersediaan di alam cukup melimpah dan dapat pula dibudidayakan.

Saat ini cara membuat pakan bebek petelur fermentasi dengan bahan – bahan organnik juga banyak diterapkan oleh beberapa peternak. Tujuan dari penggunaan pakan fermentasi ini yakni untuk megurangi bau kotoran bebek yang menyengat serta menghemat tenaga dalam pembuatan pakan. Karena dalam sekali pembuatan pakan fermentasi biasanya peternak membuat dalam skala yang banyak. Sehingga bisa diberikan kapan saja.

Adapun bahan pakan alternatif adalah sebagai berikut : 

1. Azolla dan Lemna

Azolla sp merupakan tumbuhan paku – pakuan yang hidup mengapung di permukaan air, azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 28,12 %, lemak 7,5 %, karbohidrat 6,5 %, gula terkaur 3,5 % dan serat kasar 13 %. Tumbahan air ini banyak ditemukan dia area persawahan yang tergenang air dan tumbuh serta berkembang secara cepat. Tanaman Azolla ini merupakan pakan alternatif alami yang berfungsi untuk menghemat biaya pakan, dan dapat diberikan untuk pakan bebek dalam keadaan segar.

2. Enceng Gondok 

Enceng gondok atau nama ilmiahnya Eichornia crassipes merupakan tumbuhan vaskuler yang terapung bebas diatas permukaan air bila perairannya cukup dalam. Tumbuhan air yang sudah tersebar di seluruh nusantara ini banyak terdapat di danau, rawa, sungai dan waduk. Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai sumber kerajinan berbagai produk. Kandungan nutrisi yang ada pada enceng gondok sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bebek, terdiri dari protein 6,31 %, serat kasar 36,61%, lemak kasar 2,83%, abu 16,12% dan bahan ekstrak nitriogen 48,18%.

Dengan adanya serat kasar yang cukup tinggi ini merupakan salah satu kelemahan yang ada pada enceng gondok sebagai bahan pakan alternatif untuk bebek. Tingginya kadar serat kasar pada daun enceng gondok menyebabkan perlu dilakukannya pengolahan dengan cara fermentasi. Dengan fermentasi ini dapat mengubah mikroba makromolekul komplek menjadi molekul sederhana yang mudah dicerna oleh bebek dan tidak menghasilkan senyawa kimia beracun.

3. Limbah Onggok dan Kulit Biji Kedelai 

Jenis onggok dan kulit ari biji kedelai merupakan limbah argoindustri yang bisa dimanfaatkan untuk pakan bebek. Onggok adalah sisa pemerasan umbi kayu untuk mendapatkan sari pati, sedangkan kulit ari biji kedelai adalah limbah dari pengupasan biji kedelai. Nutrisi pakan dapat ditingkatkan melalui proses fermentasi.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek petelur mojosari dan bebek petelur hibrida yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: petelur intensif, cara ternak bebek petelur sistem kandang kering, analisa usaha bebek petelur mojosari 500 ekor, makanan bebek agar cepat besar, pakan bebek pedaging, harga pakan bebek petelur, takaran pakan itik petelur, pakan bebek petelur untuk 100 ekor, pakan jadi bebek petelur, kandang bebek petelur

*Yuni Ambarwati*
*.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: