Solusi Untuk Mengatasi Burung Kenari yang Kurus

Solusi Untuk Mengatasi Burung Kenari yang Kurus

Burung Kenari yang kurus juga disebut dengan kenari berdada nyilet. Biasa disebut nyilet karena burung kenari yang terlalu kurus pasti menampakkan tulang dadanya. Berat badannya pun setiap hari mengalami penurunan, sehingga terlihat tidak ada lemak di dalam tubuh untuk melindungi tubuh burung dari hawa dingin. Tidak heran kalau burung yang mempunyai badan kurus gampang terkena penyakit, jika tidak segera Anda tangani bisa mengganggu metabolisme, sistem reproduksi dan mengakibatkan suara burung hilang.

Apa penyebab Burung Kenari kurus ?

  1. Kekurangan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Burung yang nyilet biasanya disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat seperti kesalahan dalam pemberian pakan yang kurang mengandung nutrisi, apalagi saat burung mabung (perontokan bulu) sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup.

  1. Nafsu makan burung berkurang.

Hal ini bisa disebabkan karena Burung Kenari masih beradaptasi dengan lingkungan yang baru atau burung kenari sedang terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh cacing, virus, kutu, bakteri atau virus.

  1. Kesalahan dalam penempatan burung dalam kandang yang terlalu kecil.

Burung Kenari yang jarang bergerak aktif bisa mengalami kekurusan, karena otot-otot kenari mengkerut atau tidak bisa mengembang secara normal. Hal ini sering dialami pada kandang burung yang terlalu sempit.

  1. Terdapat bakteri yang menghambat fungsi pencernaan sari-sari makanan di dalam tubuh.

Kemungkinan yang lain adalah infeksi bakteri di dalam tubuh, yang merusak beberapa organ di dalam tubuh sehingga pakan yang masuk tidak bisa dicerna dengan baik. Akibatnya, pakan yang dimakan oleh burung keluar melalui kotorannya dan sedikit sekali yang diolah menjadi sari-sari makanan.

Burung kenari, mengatasi kenari kurus secara alami, cara menggemukan kenari kurus, obat cacing kenari, pakan untuk kenari yang kurus
Burung Kenari Kurus
  1. Kurangnya proses penjemuran

Proses penjemuran kenari pada pagi hari merupakan hal yang sangat penting. Karena sinar matahari merupakan vitamin alami yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Bagaimana cara mengatasi Burung Kenari yang kurus ?

  1. Jika kekurangan nutrisi dan vitamin, maka bisa memperbaiki kualitas pakan dan wajib menambahkan gizi dan vitamin tambahan pada burung.
  2. Nafsu makan burung yang berkurang dapat diberikan obat penambah nafsu makan.
  3. Burung kenari yang kurus dapat diberikan terapi dengan kandang yang lebih luas, agar burung dapat menggerakkan otot-otot yang sudah lama tidak digerakkan dengan maksimal.
  4. Infeksi pada pencernaan Burung Kenari dapat disembuhkan dengan memberikan obat infeksi yang tepat.
  5. Melakukan penjemuran di pagi hari diantara jam 7 sampai jam 10 pagi, usahakan tidak menjemur Burung Kenari di atas jam 10. Proses penjemuran bisa dilakukan sekitar 30-60 menit.
  6. Burung yang cacingan dapat diobati dengan menggunakan obat cacing khusus untuk burung berkicau. Obat cacing dapat membunuh cacing yang berada di dalam saluran pencernaan burung yang sangat merugikan tubuhnya.
Burung Kenari
Burung Kenari

Permasalahan yang muncul bisa diperbaiki dengan melihat faktor penyebabnya.

Kata terkait:

Burung kenari, mengatasi kenari kurus secara alami, cara menggemukan kenari kurus, obat cacing kenari, pakan untuk kenari yang kurus

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: