Burung Kenari Anda Kurus ? Atasi dengan cara berikut ini

Burung kenari merupakan burung hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Keunggulan burung kenari ini terdapat pada suaranya yang merdu. Tak jarang jika burung ini kerap kali dijadikan sebagai ajang kontes. Kontes burung kenari ini biasanya di ikuti oleh para pecinta burung kenari dari berbagai daerah.

Burung Kenari yang kurus juga disebut dengan kenari berdada nyilet. Biasa disebut nyilet karena burung kenari yang terlalu kurus pasti menampakkan tulang dadanya. Berat badannya pun setiap hari mengalami penurunan, sehingga terlihat tidak ada lemak di dalam tubuh untuk melindungi tubuh burung dari hawa dingin. Tidak heran kalau burung yang mempunyai badan kurus gampang terkena penyakit, jika tidak segera Anda tangani bisa mengganggu metabolisme, sistem reproduksi dan mengakibatkan suara burung hilang.

Burung Kenari Anda Kurus _ Atasi dengan cara berikut ini | gambar 1
Burung Kenari Anda Kurus _ Atasi dengan cara berikut ini | gambar 1

Apa Penyebab Burung Kenari kurus ?

1.Kekurangan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Burung yang nyilet biasanya disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat seperti kesalahan dalam pemberian pakan yang kurang mengandung nutrisi, apalagi saat burung mabung (perontokan bulu) sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Baca Juga !

Agar kebutuhan nutrisi dan vitamin burung kenari tercukupi maka peternak perlu memberikan pakan yang berkualitas. Selain pakan yang berkualitas peternak perlu memberikan pakan tambahan lain, seperti buah – buahan, telur puyuh dan sayuran.

2. Nafsu makan burung berkurang

Ketika nafsu makan burung kenari berkurang ternyata dapat memicu kesehatan burung. Kenari akan menjadi kurus, bahkan dapat berakibat pada kesehatannya juga. Disamping itu juga disebabkan karena Burung Kenari masih beradaptasi dengan lingkungan yang baru atau burung kenari sedang terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh cacing, virus, kutu, bakteri atau virus.

Ketika Burung Kenari memiliki nafsu makan yang sedikit, maka akan menyebabkan bobot menjadi menurun dan akan mempengaruhi kesehatan si burung | gambar 2
Ketika Burung Kenari memiliki nafsu makan yang sedikit, maka akan menyebabkan bobot menjadi menurun dan akan mempengaruhi kesehatan si burung | gambar 2

3. Kesalahan dalam penempatan burung dalam kandang yang terlalu kecil

Burung Kenari yang jarang bergerak aktif bisa mengalami kekurusan, karena otot-otot kenari mengkerut atau tidak bisa mengembang secara normal. Hal ini sering dialami pada kandang burung yang terlalu sempit.

Diharapkan peternak dapat membuat kandang dengan ukuran yang cukup luas. Sehingga burung kenari dapat bergerak dengan bebas.

4. Terdapat bakteri yang menghambat fungsi pencernaan sari-sari makanan di dalam tubuh.

Kemungkinan yang lain adalah infeksi bakteri di dalam tubuh, yang merusak beberapa organ di dalam tubuh sehingga pakan yang masuk tidak bisa dicerna dengan baik. Akibatnya, pakan yang dimakan oleh burung keluar melalui kotorannya dan sedikit sekali yang diolah menjadi sari-sari makanan.

Baca Juga !

Untuk mengurangi adanya bakteri yang dapat mengakibatkan kesehatan burung kenari. Maka peternak harus benar – benar menjaga kebersihan kandang. Selain itu peternak juga dapat memperhatikan kembali jenis pakan apa yang diberikan untuk burung kenari.

Agar Burung Kenari selau dalam keadaan sehat, maka peternak harus benar - benar menjaga kebersihan kandang. | gambar 3
Agar Burung Kenari selau dalam keadaan sehat, maka peternak harus benar – benar menjaga kebersihan kandang. | gambar 3

5. Kurangnya proses penjemuran

Proses penjemuran kenari pada pagi hari merupakan hal yang sangat penting. Karena sinar matahari merupakan vitamin alami yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Bagaimana cara mengatasi Burung Kenari yang kurus ?

Pada umumnya memelihara burung kenari memang butuh ketelatenan yang kuat. Terlebih burung kenari ini banyak dijadikan sebagai burung hias. Jadi untuk pola pemeliharaan pun harus yang maksimal.

Cara agar burung peliharaan tidak mudah teserang penyait yakni dengan memberikan pakan yang berkualitas, memberikan pakan tambahan yang mengandung banyak vitamin, memberikan tambahan suplemen dan membersihkan kandnag kenari secara teratur.

Dengan memberikan beberapa pakan yang berkualitas dan penerapan pemeliharaan ayng baik tentu akan membuat kenari tetap sehat dan tidak kurus. Adapun untuk cara agar burung kenari tidak kurus adalah sebagai berikut ini :

Burung kenari memang memiliki keunikan tersendiri yang membuat para pencinta burung tertarik | gambar 4
Burung kenari memang memiliki keunikan tersendiri yang membuat para pencinta burung tertarik | gambar 4

1. Jika kekurangan nutrisi dan vitamin, maka bisa memperbaiki kualitas pakan dan wajib menambahkan gizi dan vitamin tambahan pada burung.

2. Nafsu makan burung yang berkurang dapat diberikan obat penambah nafsu makan.

3. Burung kenari yang kurus dapat diberikan terapi dengan kandang yang lebih luas, agar burung dapat menggerakkan otot-otot yang sudah lama tidak digerakkan dengan maksimal.

4. Infeksi pada pencernaan Burung Kenari dapat disembuhkan dengan memberikan obat infeksi yang tepat.

5. Melakukan penjemuran di pagi hari diantara jam 7 sampai jam 10 pagi, usahakan tidak menjemur Burung Kenari di atas jam 10. Proses penjemuran bisa dilakukan sekitar 30-60 menit.

6. Burung yang cacingan dapat diobati dengan menggunakan obat cacing khusus untuk burung berkicau. Obat cacing dapat membunuh cacing yang berada di dalam saluran pencernaan burung yang sangat merugikan tubuhnya.

Baca Juga !

5 Tips Merawat Burung Kenari Pada Musim Dingin/ Penghujan

Perlu diketahui untuk permasalahan yang muncul tersebut bisa diperbaiki dengan melihat faktor penyebabnya. Peternak pun tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Burung kenari dapat tumbuh dengan besar dan sehat dengan memperhatikan faktor pemberian pakan. Untuk jenis pakan yang dapat diberikan sebagai berikut ini :

Pakan Burung Kenari agar tumbuh Gemuk dan Sehat  

Mememlihara burung kenari memang merupakan kegiatan yang cukup mengasyikan bagi pecinta burung hias. Pasalnya burung kenari memiliki keunggulan yang terdapat pada suaranya yang merdu dan indah. 

Apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk diberikan pada Burung Kenari | gambar 5
Apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk diberikan pada Burung Kenari | gambar 5

Karena burung kenari termasuk jenis burung yang hias yang cantik. Maka perawatanya pun juga harus mendapatkan perlakuan yang baik. Salah satunya adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Dengan pemberian pakan yang berkualitas ini tentu akan membuat burung kenari yang tadinya kurus menjadi gemuk. Serta akan membuat suara burung kenari menjadi nyaring dan merdu. Adapun pakan berkuaitas yang dapat diberikan yakni sebagai berikut ini : 

1. Kroto 
2. Biji – bijian
3. Buah Apel
4. Rebusan Telur Puyuh
5. Ulat Hongkong 
6. Daun Mengkudu Muda
7. Biji Niger 

Jenis – jenis pakan diatas merupakan pakan yang baik diberikan untuk burung kenari. Tentunya tidak hanya pakan saja yang harus diperhatikan tetapi kebersihan kandang serta lingkungan juga harus diperhatikan dengan baik dan benar. 

Kata terkait: burung kenari, mengatasi kenari kurus secara alami, cara menggemukan kenari kurus, obat cacing kenari, pakan untuk kenari yang kurus, kenari sakit bulu mengembang, burung kenari, pakan kenari, kenari kontes, pakan burung kenari, kenari suara merdu

Image Sources :

  • gambar 1: Pinterest : ZwitscherSpatz
  • gambar 2: okdogi1.rssing.com
  • gambar 3: burungnya.com
  • gambar 4: thesprucepets.com
  • gambar 5: doktersehat.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: