Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur

Dalam pemeliharaan bebek petelur, pakan menjadi salah satu faktor utama yang memegang peranan cukup penting. Pakan  dibutuhkan untuk bebek agar tumbuh berkembang dengan baik, dengan begitu bebek akan memproduksi daging dan telur yang berkualitas. Selain itu pakan juga dapat menjaga stamina agar tetap kuat. Untuk jenis pakan yang dibutuhkan bebek petelur yakni dapat berupa ransum pakan atau konsentrat bebek petelur. Konsentrat bebek petelur banyak dipilih masyarakat karena mengandung gizi yang sesuai dengan kebutuhan si bebek. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah memberikan pakan tersebut tanpa perlu repot – repot menyusun formula pakan yang baru. 

Tetapi seiring berjalannya waktu, harga pakan bebek petelur pabrikan cenderung mengalami kenaikan. Hal ini tentu banyak dikeluhkan oleh peternak bebek petelur. Nah.. untuk menekan biaya pakan yang semakin membengkak, maka peternak mulai berinovasi menggunakan bahan pakan alternatif sebagai gantinya. Tentu bahan pakan alternatif ini memiliki harga yang terjangkau, mudah didapat serta yang terpenting adalah kualitas gizi yang masih tinggi.

Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur | cover
Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur | cover

Dalam pembuatan formula pakan bebek petelur ini peternak hanya perlu menambahkan konsentrat bebek petelur yang ditambahkan dengan campuran jagung giling, tepung – tepungan, bekatul, bekicot ikan runcah dan berbagai jenis pakan alternatif lainnya. Peternak dapat meracik atau membuat pakan bebek petelur tersebut dengan formula yang seimbang. 

Formula pakan bebek tersebut dapat dipadukan antara konsentrat bebek petelur dengan bekatul, nasi aking serta jagung giling atau sejenis pakan alternatif lainnya. Karena jika bebek diberikan konsentrat bebek petelur saja tentu akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi, apalagi bila pemeliharaan bebek dalam jumlah yang banyak. 

Bahan Alternatif Bebek Petelur

Untuk membuat pakan bebek petelur murah dan berizi peternak dapat menambahkan dengan bahan – bahal alternatif. Adapun untuk bahan pakan alternatif tersebut sangatlah banyak jenisnya, mulai dari bahan yang mengandung protein, nabati, hewani dan lain sebagainya. Salah satunya ada di dalam daftar berikut ini :

  • Nasi Aking
  • Bekicot
  • Keong Mas
  • Tepung Ikan 
  • Tepung Hijauan
  • Bekatul 
  • Bungkil Kedelai
  • Ampas Tahu 
  • Aneka sayur – sayuran (daun beluntas, daun pepaya dll)
  • dan lain sebagainya 
Bekicot menjadi salah satu bahan pakan alternatif hewani yang dapat memperbanyak jumlah produktifitas telur bebek mojosari | image 2
Bekicot menjadi salah satu bahan pakan alternatif hewani yang dapat memperbanyak jumlah produktifitas telur bebek mojosari | image 2

Aneka bahan pakan alternatif diatas tentu sangat mudah ditemuka di sekitar daerah rumah Anda. Karena dengan adanya pakan alternatif diatas dapat menekan biaya pakan bebek sehingga harga pakan menjadi lebih murah. Perpaduan antara kosentrat bebek petelur dengan pakan alternatif haruslah seimbang, tidak boleh ada yang lebih dan kurang. Peternak dapat mempelajari pemberian formula pakan bebek petelur dari berbagai sumber, mulai dari bertanya pada senior – senior, media cetak seperti buku, dan kumpulan artikel – artikel.

Untuk pemberian pakan sejenis bekicot, keong, kerang, ikan kecil, dan sayur – sayuran cara pemberiannya dengan diiris kecil – kecil, dikeringkan, dibuat tepung dan dicampur dengan bahan lainnya. Serta untuk pemberiannya dicampurkan dengan konsentrat bebek petelur. Bila hal ini diberikan dapat menunjang pertumbuhan bebek.

Baca juga di : Cara Ternak Bebek Petelur Modern Untuk Menghasilkan Telur Berkualita

Menyusun Formula Pakan Bebek Petelur dengan Konsentrat Bebek Petelur

Untuk menyusun formula pakan ayam petelur peternak perlu mempersiapkan bahan – bahan alternatif yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu peternak juga mempersipkan konsentrat bebek petelur, biasanya peternak menggunakan jenis konsentrat bebek petelur 144. Pemberian konsentrat pada formula atau ransum bebek bertujuan agar bebek tetap mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan tercukupi. Kandungan dalam pakan konsentrat 144 diantaranya protein, lemak, serat, abu, kalsium, fosfor dan kadar air. Makanan bebek agar cepat besar selain kosentrat juga bisa diberikan bahan pakan lain seperti yang kami sebutkan di atas, juga perlu ditunjang dengan komposisi yang seimbang sesuai dengan umurnya. 

Pembuatan formula pakan bebek petelur tidak lepas dari campuran konsentrat bebek petelur, karena gizi yang terkandung dalam konsentrat bebek petelur dapat menunjang produktifitas telur bebek | image 3
Pembuatan formula pakan bebek petelur tidak lepas dari campuran konsentrat bebek petelur, karena gizi yang terkandung dalam konsentrat bebek petelur dapat menunjang produktifitas telur bebek | image 3

Adapun untuk formula pakan bebek yang dapat diterapkan oleh peternak bebek petelur yakni sebagai berikut ini : 

No Usia Jenis Pakan/ Susunan Pakan 
1 Fase Starter ( DOD – 4 Minggu ) Konsentrat bebek petelur 144
2. Fase Grower ( 5 – 22 Minggu ) Jagung 20 %
Konsentrat 10 %
Bekatul 60 %
Enceng gondok 10 %
3.  Fase Finisher ( 22 Minggu ke atas ) Opsi 1 = Nasi kering : jagung : konsentrat itik layer 
perbandingan ( 4:1:1)
Opsi 2 = Bekatul : konsentrat itik layer 
perbandingan (4:1)
Opsi 3 = Bekatul/ dedak : konsentrat itik layer 
perbandingan (6:1) 

Perbedaan umur akan mempengaruhi komposisi pakannya.  Untuk anakan bebek yang baru menetas hingga umur 8 minggu bisa diberikan protein 17 – 22 %, energi 3.200 kkal, calium 0,6 %, methionin 1,05%. Untuk umur 9 minggu hingga masa bertelur pemberian protein 15 – 19 %, protein 2.700 kkal, calium 0,60  untuk bebek dara sedangkan yang siap bertelur 2,9 – 3,25 % dan methionin untuk dara o,29 % dan siap bertelur 0, 37 %.

Baca juga di : Cara Mudah Ternak Bebek Petelur Jenis Mojosari 

Mengapa Pakan Bebek harus diperhatikan ?

Dengan memperhatikan pakan ternak bebek, maka gizi bebek akan tercukupi dan bebek dapat menghasilkan telur yang berkualitas. Saat ini permintaan bebek petelur, hal ini dipengaruhi gaya hidup dan tingkat perekonomian masyarakat yang makin membaik. Sehingga  bisnis pembesaran bebek jenis petelur masih cukup potensial untuk digeluti.

Selain menyusun formula pakan untuk bebek petelur, peternak juga dapat berinovasi menggunakan pakan fermentasi. Saat ini banyak masyarakat yang mengembangkan pakan ternak petelur fermentasi, karena pakan ternak tersebut dapat bertahan lebih lama. Pakan fermentasi buatan sendiri dapat menurunkan pengeluaran untuk pakan. Untuk pakan fermentasi dapat diberikan dengan campuran sedikit air atau kering. Pakan bebek petelur kering dapat diberikan dengan dicampur konsentrat bebek petelur. Pemberian dilakukan berselang-seling dengan pakan basah. Untuk minuman dapat dicampur dengan multivitamin agar dapat meningkatkan stamina bebek.

Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 - 220 butir per ekor dalam setahun. | image 4
Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 – 220 butir per ekor dalam setahun. | image 4

Jika kita secara teratur memberikan makanan yang bernutrisi dan minuman yang bersuplemen maka bebek yang kita pelihara akan menghasilkan daging yang mempunyai bobot yang tinggi. Dengan pertumbuhan daging yang tinggi, maka akan memperngaruhi jumlah produktifitas telur menjadi lebih berkualitas. Selain pakan, hal lain yang turut mempengaruhi dari bobot bebek adalah bibit. Karena bibit yang berkualitas sangat mempengaruhi kesehatan si bebek. Selain itu kondisi kandang yang terkena sinar matahari secara langsung dan kering akan dapat menghindarkan dari penyakit. Faktor lain yaitu sanitasi di seluruh kandang dan mempunyai ventilasi yang baik.   

Tertarik untuk mengembangkan usaha ternak bebek petelur ? Silahkan dapat dipesan ditempat kami, kami menyediakan bebek petelur jenis mojosari mulai dari usia baru saja menetas/ DOD hingga usia siap bertelur. Kami siap mengirimkan DOD Bebek Petelur Mojosari keseluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau sesuai dengan kargo hewan.

Selain menyediakan bebek petelur mojosari kami juga menyediakan bebek hibirida dan juga peking. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar harga, cara pengiriman, cara pemesanan dan layanan konsultasi gratis :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK konsentrat bebek petelur word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : modal awal ternak bebek petelur, kandang bebek petelur sistem kering, contoh kandang bebek petelur yang baik, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, analisa biaya ternak bebek pedaging, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur di lahan sempit

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur | cover
  • image 2: contohternak.blogspot.com
  • image 4: es.pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA