6 Kandang Bebek Petelur Modern yang Bisa di Terapkan

Kandang bebek petelur modern memang terdiri dari berbagai macam jenis dan bentuk. Sebelum memutuskan untuk beternak bebek petelur pun, peternak disarankan untuk menentukan model kandang petelur yang baik terlebih dahulu. 

Selain itu peternak pun juga perlu menentukan modal usaha dalam beternak bebek petelur. Tujuan ditentukannya modal usaha ini yakni agar mengetahui estimasi keuntungan atau kerugian peternak dalam beternak. 

Dalam beternak, modal yang cukup besar yaitu modal untuk membuat kandang. Semakin bagus dan berkualitas bahan yang digunakan untuk membuat kandang bebek petelur modern, maka modalnya juga semakin besar.

Hal ini dikarenakan, kandang bebek petelur dengan bahan yang bagus idealnya dapat mencapai masa pakai hingga 10 tahun. Cara membuat kandang bebek dari bambu memang cukup mudah dan murah. Namun, kandang bebek petelur modern dengan bahan bambu hanya bisa dipakai sampai 5 tahun.

Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | image 1
Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | image 1

Macam – macam Kandang Bebek Petelur Modern 

Jenis kandang bebek petelur yang baik yaitu yang memenuhi beberapa persyaratan, yaitu mencakup lokasi yang jauh dari keramaian atau kebisingan, mudah di jangkau transportasi, mudah menemukan air dan aman dari gangguan binatang buas.

Untuk ukuran kandang bebek petelur 100 ekor sendiri perlu disesuaikan dengan banyaknya jumlah bebek petelur dan kondisi lahan yang digunakan. Karena kandang sebaiknya tidak terlalu sempit dan membuat bebek nyaman bergerak. Model kandang bebek petelur modern yang dapat peternak terapkan adalah sebagai berikut ini : 

1. Kandang Boks atau Kandang DOD Fase Starter

Kandang boks atau disebut sebagai kandang fase starter ini merupakan kandang anakan bebek petelur usia 1 – 21 hari. Pembuatan kandang boks menggunakan bambu dengan lantai dari kawat kasa atau dari anyaman bambu dengan jarak anyaman 1 – 1,5 cm.

Dengan jarak yang tidak terlalu lebar ini akan membuat kotoran itik langsung jatuh kebawah, selain itu tidak akan membuat kaki bebek menjadi terperosok.

Kandang Boks untuk DOD Bebek Petelur Mojosari fase starter | image 2
Kandang Boks untuk DOD Bebek Petelur Mojosari fase starter | image 2

Untuk kandang ini tidak perlu diberi tempat pakan, cukup pakan disebar pada kandang. Sebelum digunakan untuk menebar pakan sebaiknya alas pada kandang dilapisi dengan karung atau koran untuk menjaga agar pakan bebek tidak berjatuhan kebawah.

Baca juga : Cara Ternak Bebek Petelur Modern Untuk Menghasilkan Telur Berkualitas

2. Kandang Bebek Panggung

Kandang bebek petelur panggung memang cukup baik untuk beternak bebek, karena kandang cenderung tetap kering sehingga resiko terkena penyakit lebih kecil.

Namun, di samping itu kandang bebek panggung juga memiliki kelemahan yaitu bebek kekurangan mineral yang biasanya didapat dari tanah. Agar bebek tetap mendapatkan mineral yang berasal dari tanah, peternak dapat sesekali mengumbar bebek petelur ke luar kandang. 

Selain itu, dalam penggunaan kandang panggung ini peternak juga perlu sering membersihkan kotoran yang menempel di lantai panggung. 

Kandang panggung dapat peternak terapkan untuk mengembangkan usaha budidaya ternak bebek petelur| image 3
Kandang panggung dapat peternak terapkan untuk mengembangkan usaha budidaya ternak bebek petelur| image 3

3. Kandang Bebek Sistem Baterai

Tipe kandang bebek petelur sistem baterai ini hampir sama dengan kandang baterai untuk ayam petelur yaitu kandang individual. Kandang baterai dikumpulkan di satu tempat lalu diberi atap dan dindingnya diberi pagar dengan anyaman bambu atau kawat.

Pembuatan kandang ini dibuat dengan menggunakan sekat – sekat dan setiap petak hanya berisi seekor bebek. Pada lantai kandang bebek petelur sistem baterai dibuat sedikit miring agar telur yang baru keluar dari indukan bebek dapat langsung menggelinding ke tempat penampungan di bagian depan atau belakang.

Kandang bebek petelur sistim Baterai yang cocok digunakan untuk bebek petelur | image 4
Kandang bebek petelur sistim Baterai yang cocok digunakan untuk bebek petelur | image 4
Kelebihan Kandang BateraiKelemahan Kandang Baterai
Mengurangi suara bising dari luar kandangBiaya pembuatan kandang lebih besar dibandingkan dengan model kandang lain
Lebih mudah dilakukan pemantauan dan pengontrolan pada bebekPerawatan bebek harus dilakukan secara intensif
Telur yang dihasilkan terjamin kebersihanya dan keutuhanyaPemberian pakan harus memiliki kualitas tinggi dan baik
Pengontrolan penyakit lebih mudah dilakukanHarus rutin membersihkan wadah pakan dan minum
Kualitas pakan dan minum lebih terjamin

4. Kandang Koloni Postal

Jenis kandang postal seluruh bagiannya tertutup rapat tidak terdapat ruangan terbuka yang dapat dipakai bebek untuk bermain. Kandang ini dibuat dengan sekat – sekat yang mana sekat tersebut ditempati oleh bebek dengan umur yang berbeda – beda.

Lantai kandang ini dapat berupa semen, litter, atau bilah – bilah bambu atau kayu. Sistem kandang postal juga termasuk kandang bebek petelur sederhana yang bisa diterapkan oleh peternak pemula. Kandang bebek petelur intensif bisa Anda terapkan dengan menggunakan sistem kandang bebek postal ini.

Kandang bebek petelur yang tertutup seperti pada kandang postal ini juga cukup efektif untuk memelihara bebek pedaging secara intensif.

Kandang Postal Litter merupakan salah satu kandang bebek yang digunakan oleh para peternak | image 5
Kandang Postal Litter merupakan salah satu kandang bebek yang digunakan oleh para peternak | image 5

5. Kandang Ren

Kandang ren merupakan kandang yang terdiri dari tempat beratap dan sebagian tempat terdiri dari tempat yang tidak beratap. Jadi bentuk bangunannya hanya dikelilingi dengan pagar.

Bentuk kandang ini cocok diterapkan untuk bebek dewasa. Di dalam bagian yang beratap kandang biasanya disekat – sekat lagi untuk membagi bebek berdasarkan kelompok umur.

Baca juga : 9 Jenis Bebek Petelur yang Potensial di Budidaya

Untuk bebek petelur bisa juga menggunakan Kandang Ren yang memiliki dua ruangan | image 6
Untuk bebek petelur bisa juga menggunakan Kandang Ren yang memiliki dua ruangan | image 6

Sedangkan pada bagian kandang yang tertutup oleh atap digunakan untuk tidur dan bertelur. Pembuatan lantai pada kandang postal ini perlu diberi alas sekam, jerami atau bahan empuk lainnya. Hal ini bertujuan agar peternak dapat dengan mudah membersihkan lantai atau mengganti lantai kandang dan mencegah kaki bebek terluka. 

6. Kandang Bebek Petelur Sistem Kering

Kandang bebek petelur sistem kering merupakan salah satu tipe kandang yang banyak digunakan di daerah perkotaan. Penggunaan kandang bebek petelur sistem kering di daerah perkotaan saat cocok diterapkan karena biasanya lokasi kandang tidak terlalu jauh dari permukiman, sehingga tidak menimbulkan polusi bau akibat kotoran bebek.

Beternak bebek petelur di lahan sempit, mungkinkah ? Jawabannya mungkin. Meskipun demikian, hal yang harus diperhatikan yaitu luas lahan harus sesuai dengan jumlah bebek yang akan diternakan.

Hal ini dilakukan agar bebek tetap bisa bergerak dengan nyaman dan tidak stres. Cara beternak bebek petelur dalam sistem kandang kering pun perlu Anda pelajari dahulu agar lebih mudah saat mempraktekan nanti. 

Berikut merupakan salah satu jenis kandang bebek sistem kering yang dapat peternak terapkan untuk pemeliharaan bebek di daerah perkotaan | image 7
Berikut merupakan salah satu jenis kandang bebek sistem kering yang dapat peternak terapkan untuk pemeliharaan bebek di daerah perkotaan | image 7

Untuk membuat kandang bebek petelur yang bagus Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis kandang bebek petelur yang baik diatas seperti yang kami rekomendasikan.

Lalu apabila Anda bingung mengenai ukuran kandang bebek petelur ideal, Anda dapat membuat kandang dengan ukuran kandang bebek petelur 500 ekor. Apabila kandang terlalu luas peternak dapat membuat ukuran kandang bebek petelur 200 ekor atau ukuran kandang bebek petelur 50 ekor. 

Anda bisa membuka artikel kami mengenai pembuatan kandang bebek petelur sederhana. Bebek petelur yang sering diternakan oleh masyarakat yaitu bebek lokal mojosari, karena bebek mojosari memiliki banyak sekali keunggulan.

Simaklah video di bawah ini mengenai keunggulan-keunggulan bebek mojosari!!!

Silahkan jika Anda sedang ingin merintis usaha beternak bebek petelur, dan belum tahu dimana untuk mendapatkan DOD Bebek petelur Mojosari yang berkualitas, silahkan hubungi hobiternak.com .

Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk pemesanan atau konsultasi bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan kami yang tertera di bawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Kandang Bebek Petelur Modern word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata Terkait : kandang bebek petelur sistem kering, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, kandang bebek panggung, kandang bebek petelur, dod bebek petelur mojosari, ukuran kandang bebek petelur 50 ekor, model kandang bebek, kandang bebek petelur sistem baterai, ukuran kandang bebek petelur 500 ekor, contoh kandang bebek petelur sederhana, ukuran kandang bebek petelur 200 ekor

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

<Duwi Kristinawati>
*.

4.7/5 - (12 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: Owned by the author
  • image 2: gambaripin.blogspot.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 5: kataucap.com
  • image 5: facebook.com
  • image 2: wallsheaven.com
  • cover: gambar.pro

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA