Tips Menarik untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan Ayam Anda

Melihat ayam-ayam yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap peternak. Bagaimana tidak, melihat ternaknya bergerak aktif dan lincah menjadi kepuasaan tersendiri karena nantinya, akan digadang-gadang untuk menunjang kebutuhan bagi setiap peternak. Maka dari itu, berbagai cara selalu dilakukan agar ayam dipastikan dalam keadaan sehat. Ada yang menggunakan sistem alami ada juga yang menggunakan sistem non alami. Kedua cara ini memang sangat penting. Pasalnya, ada waktu dimana ayam- ayam yang diternak membutuhkan perlakuan khusus seperti saat musim pancaroba.

Berbicara tentang kesehatan ayam tidak lepas dari sistem pernapasan ayam. Pernapasan memegang peran penting bagi kelangsungan hidupnya. Berbagai penyakit pernapasan yang sering menyerang, cukup membuat para peternak menguras tenaga bahkan sudah melakukan berbagai pengobatan namun ayam tak kunjung sembuh hingga berakhir pada kematian. Ini tentu, memiliki andil besar sebagai penyebab kerugian bagi peternak itu sendiri. Demikian mengapa organ pernapasan yang mampu bekerja secara optimal akan berpengaruh besar pada produktivitasnya.

Tips Menarik untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan Ayam Anda I thumbnail
Tips Menarik untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan Ayam Anda I thumbnail

Lalu sistem pernapasan ayam itu terdiri dari apa saja?

Hewan memiliki Sistem pernapasan layaknya seperti manusia yang mana memiliki beberapa bagian seperti rongga hidung, laring, tenggorokan, bronkus dan bronkiolus. Kemudian rongga hidung akan berhubungan dengan 2 sinus yaitu sinus infraorbitalis dan supraorbitalis. Karena berhubungan langsung maka, akan cukup mudah membuat benda-benda asing di udara masuk seperti bibit penyakit. Disamping itu, laring dan trakea terdiri atas otot dan tulang rawan. Kemudian pada permukaan dalam ( epitel ) sebagai sistem pertahanan terhadap benda asing. Silia ( bulu getar ) menyaring partikel- partikel yang dihirup oleh ayam seperti debu dan bibit penyakit ( virus maupun bakteri ). Di bagian trakea, bronkus dan bronkiolus terdapat sel-sel epitel yang memiliki bulu getar tak bersilia. Lalu menghasilkan lendir yang mengandung enzim proteolitik dan surfaktan. Keduanya mampu menghancurkan beberapa mikroorganisme patogen.

Pernapasan memiliki peran penting bagi kehidupan ayam I Image 1
Pernapasan memiliki peran penting bagi kehidupan ayam I Image 1

Ada sedikit perbedaan yang terdapat pada pernapasan ayam dibandingkan dengan hewan menyusui yaitu terdapat kantong yang memiliki struktur unik. Disamping itu, paru-paru ayam juga tergolong sederhana. Kantung udara mempunyai selaput yang tipis seperti balon yang berfungsi untuk membantu pernapasan. Akan terjadi pertukaran udara didalam sel fagosit. Namun, sel ini jumlahnya terbilang sedikit. Dalam proses pertukaran udara tentu tidak terlepas dari berbagai penyakit. Kantung udara juga tersusun dari sel-sel tipis dan sedikit pembuluh darah yang mana di bagian ini memiliki sel fagosit berjumlah sedikit. Biasanya, kantung udara yang sudah terjadi peradangan dapat ditandai dengan beberapa penyakit pernapasan yang bisa menyerang ayam.

Pada dasarnya fungsi utama saluran pernapasan yaitu memasukkan Oksigen ( O2 ) dan mengeluarkan Karbondioksida (CO2). Sistem pernapasan akan berfungsi dengan baik jika tersedia udara yang bersih dan saluran pernapasan yang sehat. 

Seperti yang sudah kita sebutkan tadi bahwa, pernapasan ayam merupakan kebutuhan pokok dalam kelangsungan hidup ayam. Alat-alat pernapasan ayam yang terdiri dari tiga komponen seperti saluran pernapasan, paru-paru dan kantong udara. Yang mana jika dijabarkan dari ketiga ini komponen itu terdapat bagian-bagian dan fungsinya masing-masing. Alat pernapasan ayam juga bisa diartikan sebagai organ pernapasan ayam.

Berikut fungsi-fungsi dari setiap bagiannya :

1. Lubang Hidung

Tempat berlangsung keluar masuknya udara. Dalam bagian ini, akan terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara

2. Laring

Fungsinya mencegah masuknya benda asing melalui udara seperti penyakit, membantu proses menelan, sebagai jalan masuk udara selama inspirasi, mengatur suara dan membantu keluar masuknya udara.

3. Trakea

Memiliki fungsi untuk menyalur udara ke bronkus kemudian disalurkan kembali ke paru-paru. Trakea yang berfungsi dengan baik bisa ditandai dengan warnanya yang putih. Kesehatan akan terganggu jika ditandai warna yang berubah menjadi memerah. Ini bisa disebabkan dari gas amonia atau bau kandang yang terhirup oleh ayam.

4. Syrinx

Berguna sebagai katup untuk penjaga keseimbangan udara 

5. Bronkus dan Bronkiolus 

Bronkus bermanfaat untuk memastikan kualitas udara yang masuk dan memastikan penyakit yang dapat membawa bakteri masuk.
Bronkiolus sebagai pengontrol udara yang masuk dan keluar.

6. Kantung Udara

Berfungsi untuk mempertahankan volume dan menggerakan udara selama proses inspirasi dan ekspirasi

7. Paru-paru Ayam

Tidak beda dari fungsi paru-paru semua makhluk yang mana berfungsi untuk mengubah udara yang masuk menjadi oksigen dan dikeluarkan menjadi karbondioksida.

Baca juga :  9 Jenis Ayam Petelur Unggul

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh pernapasan yang terganggu I Image 2
Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh pernapasan yang terganggu I Image 2

Ada berbagai penyakit yang muncul jika dalam pernapasan ayam terganggu. Penyakit ini tidak hanya menyerang bagi peternakan ayam pedaging begitu juga dengan ayam petelur. Di Indonesia, umumnya jenis penyakit yang sering muncul untuk menyerang pernapasan ayam yaitu  CRD, Korisa dan CRD Kompleks. Dan yang terkenal seperti ND dan AI. AI sering menyerang peternakan ayam petelur

1. CRD dan CRDK 

CRD sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sebagai pemicu mudahnya penyakit lain ikut masuk. Atau kata lain sebagai sistem pertahanan utama dan akan mendukung serangan penyakit berikutnya. Setelah terjadi komplikasi maka disebut sebagai penyakit CRD Kompleks ( CRDK )

2. Korisa

Korisa gejala awal terlihat dari muka yang bengkak, kemudian diikuti mata yang berair. Jika sudah tidak tertolong, biasanya ayam ini akan dideteksi melalui pembedahan. Akan terlihat pada area sinus infraorbitalis terdapat cairan lendir. Awalnya encer namun bisa mengental dan berbau busuk.

3. IB

Gejala yang mudah dideteksi yaitu terjadinya ngorok, bersin dan batuk ringan. Disamping itu juga menyerang saluran reproduksi yang bisa menurunkan kualitas dan kuantitas telur. 

Apabila penyakit ini sudah terjadi perlu adanya upaya penanganan dengan segera agar resiko yang terjadi tidak begitu besar. Meliputi apa sajakah itu? Bisa dengan mengidentifikasi penyebabnya seperti, faktor yang mengakibatkan penyakit itu muncul. Kemudian pemberian antibiotik dengan melihat kondisinya. apabila yang diderita masih cukup ringan bisa diberikan melalui air minum seperti meditril. Sedangkan untuk yang kasusnya sudah parah bisa melalui suntikan seperti Medoxy-LA dan tak kalah penting juga multivitamin untuk mempercepat pemulihan dan meningkatkan kekebalan tubuh seperti vita stres serta manajemen pemeliharan dan biosekuriti yang lebih ketat.

Baca juga : 2 Faktor yang Menyebabkan Ayam Kerdil

Ada beberapa cara atau pencegahan supaya ayam tidak terkena penyakit gangguan pernapasan I Image 3
Ada beberapa cara atau pencegahan supaya ayam tidak terkena penyakit gangguan pernapasan I Image 3

Setelah mempelajari beberapa hal mulai dari sistem pernapasan ayam yang meliputi organ pernapasan atau alat pernapasan, penyakit yang sering muncul hingga upaya penanganannya. Saat ini, kita patut mengetahui upaya untuk menjaga kesehatan pernapasannya. 

Apa saja langkah yang perlu kita lakukan untuk mewujudkan kesehatan pernapasan ayam ?

Sebenarnya langkah awal bertujuan untuk menghindari suatu penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan meskipun pada prakteknya untuk meminimalkan suatu penyebab yang perlu kita cari solusinya bersama.

Berikut beberapa upaya yang dapat kita lakukan

1. Membuat Kondisi Kandang Nyaman

Tidak dapat dipungkiri kondisi kandang yang nyaman menjadi penentu sehat atau tidaknya ayam yang kita ternak. 

Bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti :

  • Atap kandang yang bocor segera diperbaiki
  • Sekam yang sudah lembab segera diganti. Sebelum penggantian, diberikan kapur tohor untuk mengendalikan mikroba
  • Pengendalian bau amoniak bisa dengan memberikan ammotrol yang umumnya tersedia di poultry shop
  • Mengatur ventilasi kandang, sistem buka tutup tirai kandang, penambahan exhaust fan, dan manajemen kepadatan dan jarak kandang.
  • Biosekuriti yang bertujuan untuk mengurangi resiko penyakit seperti penyemprotan kandang bisa dilakukan setiap hari, pembersihan peralatan seperti tempat makan dan minum 3/ 4 hari sekali. Pemberian antiseptik melalui air minum dengan kaporit ( salah satu yang bisa diberikan). Namun sebelumnya  dipastikan air sudah melalui penyaringan.
  • Program Kesehatan
    Tindakan pencegahan dengan aplikasi antibiotik ini akan berjalan cukup lancar jika setiap peternak memiliki data jenis penyakit yang pernah menyerang. Program ini bisa diterapkan dengan memberikan vaksin sesuai dengan jadwal, terlebih saat musim penghujan perlu lebih ditingkatkan.

2. Upaya Mendukung Kesehatan Ayam ( Terapi Suportif )

Bisa dengan memberikan multivitamin yang mempunyai peran masing-masing seperti :

  1. Kumavit = membantu proses metabolisme dalam tubuh ayam saat sakit, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah nafsu makan.
  2. Respitoran= mengurangi resiko gangguan pernapasan
  3. Imustim= bisa diberikan sebelum dan sesudah vaksin yang bekerja sebagai imunostimulan untuk meningkatkan titer antibodi hasil vaksinasi.

3. Monitoring Titer Antibodi

Saat ini penyakit seperti AI, ND dan IB masih cukup sulit untuk dideteksi dan menjadi salah satu kendala bagi peternak. Uji serologi ( HI test dan Elisa ) dan biologi  ( PCR dan Sequencing ) sebagai sarana untuk menguatkan diagnosa penyakit. Uji serologi juga berfungsi untuk monitoring titer antibodi. Hadirnya jasa uji laboratorium dari Medion di beberapa kota besar diharapkan mampu membantu peternak untuk lebih mudah membantu kesehatan ayamnya.

Itulah pembahasan seputar pernapasan ayam dan upaya menjaga kesehatannya agar berfungsi secara optimal dalam tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat.. 🙂

Dan jika Anda sedang kesulitan mencari DOC Ayam pedaging maupun petelur yang berkualitas, silahahkan bisa pesan di hobiternak.com . Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Aman dan Terpercaya. Silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK pernapasan ayam word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
paru-paru ayam, alat pernapasan ayam, sistem pernapasan ayam, organ pernapasan ayam, ternak ayam, ayam pedaging, ayam petelur

5/5 - (14 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • thumbnail: pixabay.com
  • Image 1: pixabay.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: pixabay.com
  • Image 2: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA