2 Faktor yang Menyebabkan Ayam Kerdil

Slow Growth Syndrome atau disebut sebagai Runting Stunting Syndrom (RSS) atau biasa peternak menyebutnya sebagai kekerdilan ini merupakan penyakit yang dialami pada sekelompk ayam terutama pada broiler dan ayam jenis pedaging lainnya. Gejala kekerdilan ini ditandai dengan terlambatnya oencaoaian bobot ayam pada usia – usia tertentu.

Biasanya kekerdilan atau slow growth syndrome terjadi pada usia – usia ayam yang masih muda. Bisa terjadi pada usia ayam 3 minggu hngga 4 mingguan. Penyebab dari keterlambatan pertumbuhan pada ayam ini ada berbgai faktor dan salah satunya adalah rendahnya pertambahan bobot harian sehingga standar bobot yang dihasilkan si ayam tidak tumbuh dengan baik. Tentu dalam hal ini pakan merupakan peran terpenting dalam dunia peternakkan sehingga peternak perlu mengantispasinya dengan mengatur menejemen pakan yang baik.

Promo JOPER NEW - Ayam kampung Super 1
2 Faktor Penyebab Ayam Kerdil | cover
2 Faktor Penyebab Ayam Kerdil | cover

Slow Growth Syndrome (Ayam Kerdil) Menyerang Ayam Pedaging

RSS atau kekerdilan ini memang merupakan salah satu sindrom yang menyerang pada pertumbuhan ayam terutama pada ayam pedaging. Pada beberapa peternak yang sudah mengalami keterlambatan pertumbuhan ini biasanya juga akan berakibat pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya kekebalan tubuh si ayam akan menurun sehingga akan terjadi kasus kematian ayam yang cukup singnifikan. Hal inilah yang juga menyebabkan ketidakoptimalan pertumbuhan, dan pemberian vaksin pada awal usia menjadi tidak berfungsi secara maksimal sehingga antibodi yang dihasilkan ayam pedaging menjadi tidak seragam.

Gejala – gelaja Ayam Kerdil atau Slow Growth

Untuk gejala yang ditimbulkan saat ayam mengalami keterlambatan pertumbuhan memang disebabkan oleh beberapa faktor. Sperti penjelasan kami diatas yakni bisa disebabkan oleh pemberian pakan atau pergantian pakan ayam secara mendadak. Sehingga peternak pun juga harus memperhatikan gizi serta protein yang terdapat dalam pakan ayam yang diternakan.

Penyakit ayam kerdil cenderung banyak menyerang ayam jenis pedaging | image 1
Penyakit ayam kerdil cenderung banyak menyerang ayam jenis pedaging | image 1

Akibat dari pemberian pakan atau pergantian pakan yang tidak tepat ini akan membuat perkembangan saluran cerna mengalami perlambatan. Untuk gejala – gelaja yang ditimbulkan lainnya adalah sebagai berikut ini :

1. Adanya peradangan pada proventikulus dan usus, pengecilan organ pangkreas, tymus dan bursa fabricus.
2. Kototoran ayam berwarna kuning, lembek dan terdapat patikel biji – bijian atau pakan yang tidak tercena.
3. Pertumbuhan bulu pada ayam tidak normal
4. Berat badan DOC ayam rendah atau tidak sesuai dengan standar berat DOC
5. Bagian tungkai sayap primer patah
6. Bulu yang berbentuk menyerupai baling – baling
7. Adanya warna kuning pada bagian bulu bawa kepala sampai usia 30 hari
8. Ayam mengalami patah tulang di bagian paha hingga menyebabkan ayam malas berjalan
9. Terjadi penurunan kepadatan tulang pada kerangka

Baca juga : 

Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Ayam Kerdil ?

Ayam kerdil ini tentu memiliki faktor – faktor penyebabnya. Peternak besar mau biasa perlu segera menindaklanjuti hal tersebut bila mana ayam yang dipelihara memeiliki tanda – tanda gejala seperti diatas. Untuk mencegah terjadinya ayam kerdil peternak dapat memeperhatikan beberapa faktor – faktor penyebab ayam kerdil sebagai berikut ini :

A. Faktor Infeksius

Infeksius ini merupakan faktor penyebab ayam kerdil yang berasal dari serangan virus. Virus inilah yang menjadikan ayam kerdil terhambat dari pertumbuhan. Aapun untuk jenis virus – virus ini ialah reovirus, entero-like virus dan picornavirus. Reovirus yang menyerang ayam ini akan menyebabkan gangguan pencernaan sehingga penyerapan nutrisi di organ usus menjadi menurun.

Salah satu penyebab Ayam Kerdil yakni ganguan pencernaan dalam usus ayam | image 2
Salah satu penyebab Ayam Kerdil yakni ganguan pencernaan dalam usus ayam | image 2

B. Faktor Non Infeksius

Untuk fator Non Infeksius ini tentu bukan berasal dari serangan – seranan virus. Tetapi seperti menjemen kandang, kualitas doc dan lain sebagainya. Adapun untuk keterangan lebih lengkapnya dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini :

1. Pakan

Penyebab dari ayam kerdil ini disebabkan juga oleh pemberian pakan. Pemberian pakan yang tidak berkualitas akan mempengaruhi pertumbuhan ayam, terutama pada saat usia DOC atau usia 1 hingga 3 minggu. Pada usia DOC 1 hingga 3 minggu ini peternak harus benar – benar memberikan perawatan yang baik. Karena pada masa ini organ – organ ayam sedang terbentuk. Sehingga dalam proses pertumbuhan ini DOC ayam harus mendapatkan asupan pakan yang bergizi, sehat dan tentunya berkualitas.

Selain itu pada masa – masa pertumbuhan ini peternak juga harus memperhatikan pemasangan lampu. Karena pemasangan lampu yang tidak sesuai dengan jumlah kepadatan ayam akan menyebabkan tegangunya tumbuh kembang ayam. Selain itu penggunaan lampu ayam diharapkan sampai ayam berusia 3 minggu.

2. Faktor Manajemen

Menejemen pemeliharaan dalam peternak memang perlu diperhatikan dengan seksama. Mengingat menejemen pemeliharaan ini mencakup seluruh kegiatan peternakan mulai dari pemilihan bibit berkualitas, pembuatan kandang, pemberian pakan, pengemdalian penyakit, pemeberian vaksin serta perawatan menuju masa panen.

Jika menejemen pemeliharaan ayam dilakukan dengan asal – asalan dan tidak sesuai dengan prosedur maka akan menakibatkan ayam menjadi kerdil. Selain ayam kerdil banyak lagi faktor – faktor lainnya seperti terseranganya penyakit akibar pembuatan kandang yang tidak sesuai, sirkulasi udara yang tidak baik serta pengendalian pemnyakit yang tidak segera ditangani.

Pemeliharaan ayam agar tetap sehat hingga masa panen perlu manajemen pakan yang sesuai standar | image 3
Pemeliharaan ayam agar tetap sehat hingga masa panen perlu manajemen pakan yang sesuai standar | image 3

3. Kualitas DOC atau Bibit Ayam

Sebelum memulai usaha ternak alangkah baiknya jika peternak mencari vendor atau penjual DOC/ Bibit ayam yang berkualitas. Peternak perlu memastikan bahwa DOC dalam keadaan sehat dan tidak berpenyakit. Untuk menedapatkan DOC yang dapat dikenali dengan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Pusar menutup sempurna dan bersih
  • DOC ayam terlihat aktif, lincah dan responsif
  • Mata bulat, berish dan cerah atau bersinar
  • Berat DOC seragam rata – rata 37 – 45 gram
  • Kaki lembab, tidak cacat, kering dan berwarna kuning agak orange seperti berlapis minyak
  • Tidak ada cacat fisik pada DOC
  • Perut tidak mengalami omphalitis dan tidak kembung
  • Bulu halus berwanrna cerah dan bersinar

4. Faktor Stres

Pada saat cuaca sedang ekstrem ayam yang sedang diternakkan rawan terkena stres. Ayam yang terkena stress biasanya memiliki waktu pemulihan yang cukup panjang. Bahkan ketika ayam stres dapat juga mengakibatkan proses metabolisme menjadi terhambat dan penyerapan nutrisi pakan menjadi menurun.

Faktor stress ini juga dapat diakibatkan oleh perubahan cuaca yang biasanya terjadi saat musim peralihan. Seperti peralihan musim hujan ke musim panan atau musim panas ke musim penghujam. Ayam kerdil di musim hujan juga cukup sering terjadi. Hal ini dikarenakan cuaca yang sedang dihadapi sedang ekstream. Selain itu suhu atau kondisi kelembaban udara juga berpengaruh terjadinya ayam kerdil di musim hujan

Baca juga : 

Menjaga ayam agar tetap sehat merupakan hal yang paling penting dalam dunia peternakan unggas terutama pada ayam pedaging. Ayam – ayam pedaging yang sehat akan menentukan hasil produksi yang dikelolanya. Semakin bagus dalam proses pengelolaan maka keuntungan yang didapkan peternak pun juga akan menghasilkan omset yang melejit. 

Bagi Anda yang tertarik untuk megembangkan usaha ternak ayam pedaging dan bingung mau mencari bibit yang berkualitas dimana. Nah silahkan dapat pesan di hoboiternak.com, kami menyediakan berbagai jenis ayam pedaging diantaranya ada : ayam kampung super (JOPER), ayam kampung asli (AKA), ayam kampung silangan (KAMSI), ayam pejantan, ayam broiler dan ayam kampung unggulan balitnak (KUB).

Pemesanan dapat menghubungi layanan pelanggan kami dibawah ini : 

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Kata terkait : ayam kerdil, penyebab ayam kerdil, mengatasi ayam kerdil, vitamin ayam kerdil, mengatasi anak ayam kerdil, jenis ayam kerdil, ayam kerdil di musim hujan

Image Sources :

  • cover: wikipedia.org
  • image 1: mipoultry.com
  • image 2: ctsindonesia.co.id
  • image 3: mipoultry.com
ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: