4 Cara Menghindari Masalah di Kandang Ayam Saat Musim Pancaroba 

Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis yang mempunyai 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. 

Biasanya pada waktu pergantian kedua musim tersebut akan terjadi cuaca ekstrim yang menimbulkan beberapa masalah salah satu yang paling sering terjadi yaitu munculnya bibit penyakit. 

Masyarakat biasa menyebutnya musim pancaroba. Musim pancaroba adalah waktu-waktu pergantian antara musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya musim penghujan ke musim kemarau. 

Turunnya tekanan udara, tingginya kelembaban udara dan suhu yang tiba-tiba berubah saat musim pancaroba tiba membuat manusia bahkan makhluk hidup akan merasakan akibatnya. Di waktu terjadinya musim pancaroba tersebut  banyak bibit-bibit penyakit yang bermunculan. 

Tidak hanya manusia yang bisa sakit namun hewan ternak bisa juga merasakan sakit saat terjadi musim pancaroba. Biasanya pada waktu ini hewan ternak akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga persentase terjangkit penyakit cukup besar. 

Salah satu hewan ternak yang peka terhadap perubahan cuaca yaitu ayam. Ayam termasuk jenis hewan ternak yang mudah terjangkit penyakit jika lingkungannya tidak sesuai. 

Peternak harus sigap dan tanggap saat musim pancaroba tiba. Ada beberapa hal yang perlu peternak lakukan agar ayam bisa siap untuk menghadapi perubahan cuaca tersebut sehingga ayam tetap dalam keadaan sehat dan aktif. 

Musim pancaroba yaitu waktu dimana terjadinya perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya | image 1
Musim pancaroba yaitu waktu dimana terjadinya perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya | image 1

Berikut 4 cara melewati musim pancaroba tanpa menimbulkan masalah di kandang Anda : 

1. Manajemen yang baik

Meskipun saat pertama kali peternak sudah melakukan manajemen pemeliharaan yang sesuai dan baik namun saat mendekati musim pancaroba peternak harus cek ulang manajemen pemeliharaannya. Apakah ada yang masih kurang baik atau perlu diperbaiki kembali. 

Beberapa manajemen yang perlu diperhatikan yaitu pakan, air minum, litter dan biosecurity. 

Usahakan pakan dalam kondisi yang lembab dan bermutu tinggi. Karena pakan termasuk hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang si ayam. 

Untuk litter pastikan dalam keadaan kering, jika ada litter yang basah bisa langsung diganti dengan yang baru. 

Sangat penting untuk mengkaji ulang manajemen pemeliharaan yang sudah dijalankan saat musim pancaroba tiba | image 2
Sangat penting untuk mengkaji ulang manajemen pemeliharaan yang sudah dijalankan saat musim pancaroba tiba | image 2

Bagi yang belum mengetahui apa itu biosecurity. Biosecurity adalah kegiatan untuk melindungi atau mencegah hewan ternak dari serangan berbagai jenis penyakit baik itu dari dalam kandang maupun dari luar kandang. 

Penerapan biosecurity terbagi menjadi 3 yaitu biosecurity konseptual, struktural dan operasional. Untuk lebih jelasnya mengenai ke 3 penerapan biosecurity tersebut bisa langsung cek di artikel berikut : “Biosecurity, Penting Dilakukan Untuk Pencegahan Penyakit pada Ayam“.

2. Kesiapan Kandang

Agar tidak terjadi masalah saat musim pancaroba tiba, sebaiknya kandang dicek dahulu apakah ada yang rusak atau tidak.

Apabila ada atap yang bocor maka bisa langsung diperbaiki, apabila ada peralatan kandang yang sudah rusak bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru. 

Gudang untuk menyimpan pakan pastikan dalam kondisi kering agar pakan tetap terjaga mutunya. Karena kalau gudang basah maka pakan bisa mengalami penurunan mutu akibatnya pertumbuhan ayam bisa bermasalah.

Sebelum musim pancaroba tiba kandang harus dicek kembali apakah ada yang rusak atau tidak | image 3
Sebelum musim pancaroba tiba kandang harus dicek kembali apakah ada yang rusak atau tidak | image 3

Baca juga : 

Tidak hanya di dalam kandang, lingkungan di luar sekitar kandang juga perlu dirawat. Pangkas rumput yang sudah terlalu tinggi dan banyak, hal ini untuk menghindari penularan penyakit dari lalat, tikus, nyamuk atau hewan pengganggu lainnya. 

3. Memberikan vitamin dan obat

Untuk menjaga agar ayam lebih tahan dalam menghadapi musim pancaroba maka bisa diberikan vitamin khusus untuk ayam. Anda bisa membeli vitamin ayam tersebut di toko pakan ternak terdekat atau bisa order di hobiternak.com 

Ayam bisa diberikan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuhnya | image 4
Ayam bisa diberikan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuhnya | image 4

Untuk obat pemberiannya tergantung dengan jenis penyakit ayam yang dikeluhkan. Jenis obatnya juga harus disesuaikan dengan kegunaannya, tanyakan dahulu ke pihak penjual obat apa yang cocok diberikan ke ayam. 

4. Peternak atau petugas yang selalu siap dan sigap

Saat musim pancaroba tiba, petugas atau peternak harus siap dan sigap dalam menghadapi beberapa masalah. Pasalnya pada saat itu ayam akan menunjukkan perilaku yang tidak seperti biasanya karena adanya pergantian musim tersebut. 

Peternak atau petugas kandang harus sigap saat terjadi masalah muncul saat musim pancaroba tiba | image 5
Peternak atau petugas kandang harus sigap saat terjadi masalah muncul saat musim pancaroba tiba | image 5

Peternak atau petugas kandang harus selalu mengontrol semua baik itu suhu di dalam kandang, pakan yang dimakan ayam, air yang diminum ayam, atap kandang apakah ada yang bocor atau tidak, tirai kandang perlu ditutup atau dibuka dan lain sebagainya.

Kesigapan peternak atau petugas dalam menghadapi musim pancaroba sangat diperlukan demi kondisi ayam tetap fit dan sehat. 

4 cara tersebut bisa menjadi cara yang cukup ampuh agar ayam tetap dalam keadaan sehat saat musim pancaroba tiba.

Sebagai peternak yang menginginkan ayam dapat tumbuh kembang dengan baik sampai panen tiba tentu sangat penting melakukan 4 cara tersebut. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat…

Apabila Anda berminat untuk memelihara DOC ayam  bisa order di tempat kami hobiternak.com . Ada berbagai jenis DOC diantaranya DOC Joper, DOC ayam arab, DOC petelur, DOC KUB, DOC Elba, DOC pejantan dan DOC Broiler.

Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman aman dan BERGARANSI sampai diterima ditangan pembeli. 

Untuk pemesanan silahkan menghubungi cotanct person di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : cara mencegah ayam terkena penyakit, kenapa musim pancaroba banyak yang sakit, musim pancaroba, ayam, ternak ayam, usaha ayam, ilmu peternakan ayam, ilmu beternak ayam, ayam sakit

5/5 - (8 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: kibrispdr.org
  • image 2: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • image 5: Owned by the author
  • cover: kibrispdr.org

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA