Penting!!! Menjaga Kualitas Air di Peternakan

Memutuskan untuk membuka usaha ternak ayam tentu sudah pasti memiliki modal finansial maupun modal ilmu yang memadai. Beternak ayam tidak boleh asal-asalan hanya sesuai ego kita saja, namun harus memiliki ilmu yang cukup untuk kesuksesan usaha yang dijalankan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan peternak saat proses beternak ayam berjalan, salah satunya yaitu air yang akan diberikan untuk ayam minum. 

Penting!!! Menjaga Kualitas Air di Peternakan
Penting!!! Menjaga Kualitas Air di Peternakan | thumbnail

Sepenting apasih air untuk unggas atau ayam yang akan kita ternakan? 

Tentu air sangat penting bagi ayam, sama halnya seperti manusia yang tidak bisa hidup tanpa air, ayam juga merasakan hal yang sama. Air adalah salah satu hal yang penting bagi tumbuh kembang si ayam karena menjadi komponen penyusun terbesar yakni 60-85% di semua bagian tubuhnya. Dari persentase tersebut tentu sudah dapat kita ketahui bahwa air memiliki peranan penting yang sangat berpengaruh bagi kehidupan ayam. 

Promo JOPER NEW

Ayam bisa tahan 15-20 hari tanpa adanya ransum, namun ayam tidak bisa bertahan 2-3 hari tanpa adanya air. Jika pada waktu 2-3 hari ayam tidak diberi air, maka ia akan mati karena dehidrasi atau kekurangan cairan di tubuhnya. Sebegitu pentingnya air untuk ayam, maka kita perlu memperhatikan kualitas air yang akan diberikan ke ayam. Air yang berkualitas akan membuat ayam menjadi tumbuh sehat sampai panen tiba. 

Sebagai peternak, mengecek apakah air yang akan diberikan ke ayam berkualitas atau tidak itu sangat penting. Hal ini perlu adanya penjadwalan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Air yang kelihatannya bersih dan jernih, tidak menutup kemungkinan terdapat bahan-bahan kimia atau mikroorganisme yang berbahaya. Kualitas air yang tidak sesuai standar dan tercemar bahan kimia berbahaya dapat mempengaruhi kerja dari vaksin, desinfektan maupun obat-obatan yang harus dilarutkan ke dalam air. 

Baca juga : Tahu Belum Kandang Closed House Itu Seperti Apa?

Untuk mengukur standar kualitas air biasanya melalui parameter fisik, kimia dan biologi. Dari sisi parameter fisik, dapat dilihat dari sisi kejernihan air, warna dan bau. Sedangkan sisi kimia dapat dilihat dari pH, klorida, nitrat & nitrit, kandungan besi (Fe). Dan terakhir, melalui parameter biologi yakni apakah ada bakteri coliform, E.coli atau Salmonella sp didalam air tersebut. 

Air yang dikonsumsi oleh hewan ternak menentukan sehat tidaknya ayam tersebut nantinya | Image 1
Air yang dikonsumsi oleh hewan ternak menentukan sehat tidaknya ayam tersebut nantinya | Image 1
Jika dari parameter fisik, peternak dapat dengan mudah mengetahui apakah air yang digunakan berkualitas atau tidak. Berikut ciri-ciriya : 
  1. Air yang berwarna coklat kemerahan, kemungkinan didalamnya terdapat kadar besi yang tinggi
  2. Air yang berwarna biru, kemungkinan terdapat kandungan tembaga di dalamnya
  3. Adanya bau telur busuk, kemungkinan ada kandungan hidrogen sulfida

Performa ayam yang bagus dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas air minum. Untuk menjaga supaya air minum tetap dalam kondisi yang berkualitas maka peternak perlu melakukan beberapa cara sebagai berikut : 

Membersihkan peralatan secara teratur

Berbagai peralatan yang digunakan saat beternak jika digunakan secara terus menerus tentu akan kotor juga. Contohnya seperti tempat makan dan tempat minum. Jika tempat makan dan tempat minum tidak dibersihkan dan dibiarkan kotor tentu bakteri akan muncul dan berkembang biak ditempat tersebut. Biasanya bakteri yang muncul di tempat makan dan minum yaitu bakteri coliform atau E.coli. Kedua bakteri terus yang paling sering muncul saat proses beternak berjalan. Maka dari itu untuk menghindari munculnya bakteri tersebut, pembersihan peralatan secara berkala dapat menjadi solusinya. Pembersihan dapat dilakuakn dengan mencuci menggunakan sabun atau dilap menggunakan lap kain bersih. Pelaksanaannya dapat dilakuakn minimal sehari 2 kali. 

Saat ini banyak tempat makan dan tempat minum yang berkualitas dan ada juga yang tidak berkualitas atau cepat rusak. Ada tempat makan ayam otomatis dan ada juga tempat minum ayam otomatis. Harga tempat makan ayam otomatis dan harga tempat minum otomatis yang lebih tinggi biasanya yang malah berkualitas. Memang harga dapat menentukan kualitas produk tersebut. Banyak nama tempat minum ayam / merk terkenal yang sering digunakan oleh para peternak. 

Baca juga : Tips Brooding Nyaman di Kala Musim Hujan Tiba

Supaya air minum tetap dalam keadaan bersih dan terjamin kualitasnya maka perlu dilakukan pembersihan secara berkala dan pengujian | Image 2
Supaya air minum tetap dalam keadaan bersih dan terjamin kualitasnya maka perlu dilakukan pembersihan secara berkala dan pengujian | Image 2

Rutin melakukan uji kualitas air

Pengujian kualitas air dapat dilakukan secara teratur terutama saat pergantian musim tiba. Biasanya para peternak akan melakukan pengujian kualitas air minimal 1 tahun sekali. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air yang ada dipeternakan sehingga jika ada permasalahan dapat segera ditangani secara tepat. 

Melakukan treatment air sesuai dengan permasalahan 

Jika pengujian kualitas air sudah dilakukan, maka dapat dilakukan treatment air sesuai dengan permasalahan. Kalau permasalahan yang terjadi bersifat kompleks maka dapat dipertimbangkan untuk menggunakan sistem treatment air secara modern. Contohnya yaitu treatment air minum isi ulang seperti yang digunakan manusia. Permasalahan kompleks pada air minum bisa pada kualitas fisik, kimia ataupun bakteri.

Air memang sangat penting bagi semua makhluk hidup di dunia ini. Begitu pentingnya air, maka perlu adanya perhatian pada kualitas dan kuantitasnya. Karena ayam yang diternak tidak bisa mencari minum dengan bebas, maka diperlukan kesadaran dari peternak untuk memberikan air yang cukup dan berkualitas. Konsumsi air minum yang diberikan peternak menjadi salah satu petunjuk kesehatan atau bagus jeleknya prakter manajemen pemeliharaan yang dilakukan. Jika konsumsi air minum ayam tiba-tiba menurun maka peternak bisa langsung mengevaluasi apa yang menjadi penyebab hal tersebut bisa terjadi. Apakah airnya tidak bagus, kandang terlalu dingin, peletakan tempat minumnya kurang merata, ayam sakit dan lain sebagainya. 

Dengan melakukan pencegahan dan penanganan secara sigap, diharapkan proses dalam beternak menjadi lancar dan ayam bisa tumbuh dengan sehat sampai masa panen tiba. 

Baca juga : 19 Peluang Usaha Ternak yang Mudah, Pahami Cara Bisnis Ternaknya Dulu

Dengan air minum dan pakan yang berkualitas, diharapkan hewan yang diternakan bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik | Image 3
Dengan air minum dan pakan yang berkualitas, diharapkan hewan yang diternakan bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik | Image 3

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. 

Dan jika Anda tertarik untuk beternak ayam namun masih bingung mencari bibit ayam yang berkualitas dimana, maka bisa hubungi kami hobiternak.com . Kami bisa mengirimkan bibit/doc ayam ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman menggunakan kargo hewan terpercaya dan bergaransi. Silahkan hubungi kami kapan saja dinomor bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

XL:
0819-3140-9353

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait : 
harga tempat minum ayam, harga tempat minum ayam otomatis, harga tempat makan ayam, tempat minum ayam kecil, nama tempat minum ayam, tempat makan ayam otomatis

Image Sources :

  • thumbnail: blog.mitrapeternakan.com
  • Image 3: farmerscentre.com.ng
  • Image 2: nadiyapoultryfarming.weebly.com
  • Image 1: agri.vn
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: