Hobi Asik Menghasilkan, Ternak Ayam Kampung Rumahan untuk Pemula

Mencari hobi yang menghasilkan tentu saja banyak yang menginginkannya. Namun sering kita dapati penghobi memilih hobi yang memerlukan biaya mahal serta harus meninggalkan rumah. Anda tetap bisa menekuni hobi Anda tanpa perlu keluar rumah dan dengan mengajak anggota keluarga untuk terlibat sungguh merupakan kegiatan yang mengasyikan. Anak Anda bisa belajar menghitung telur misalnya atau ada yang suka memberi nama ayam peliharaan agar terasa lebih dekat. Proses memberi makan, melihat ayam tumbuh berkembang juga menumbuhkan rasa syukur dan kebahagian tersendiri. Jika ada sampah atau makanan sisa dari dapur bisa segera dimanfaatkan untuk pakan ayam kampung tersebut. Ternak ayam kampung rumahan merupakan salah satu hobi yang sederhana dengan biaya yang bisa dibilang sangat murah dan tidak perlu keluar rumah untuk melakukan hobi ini. 

Dalam memulai ternak ayam kampung rumahan ini agar memudahkan bagi pemula kami bagi menjadi 6 poin penting yang harus Anda pahami sebelum memulai ternak.

Promo JOPER NEW

1. Kandang Ayam

Kandang ayam memang suatu hal yang perlu disiapkan sebelum ayam Anda datang. Untuk kandang ayam kampung secara garis besar dibagi menjadi dua. Yakni Kandang Anak Ayam atau DOC dan Kandang Pembesaran. Berikut penjelasanya:

  • Kandang anak ayam atau DOC
    Di sini ada perlu membayangkan kebutuhan anak ayam yakni kehangatan induk ayam saat menjaganya. Saat malam induk ayam akan mengembangkan sayap nya untuk menyelimuti anak ayam. Namun bila Anda membeli bibit ayam atau DOC tentu saja Anda tidak bisa mendapati induknya. Box atau kandang penghangat menjadi jawaban untuk kebutuhan anak ayam tersebut.

    Bila Anda beternak tidak lebih dari 100 ekor maka penghangat dengan lampu pijar sudah sangat mencukupi. Di sini yang di perlukan adalah lampu pijar bukan lampu neon atau lampu LED karena yang kita butuhkan bukan hanya cahaya namun yang lebih penting adalah panas dari lampu tersebut. Lampu ini bisa dinyalakan saat malam hari atau juga bisa saat siang hari saat cuaca cukup dingin. Bila malam dan lampu menyala ayam akan tetap makan sehingga pertumbuhannya akan semakin cepat. Perkembangan saluran pencernaan dalam 2 minggu tahap awal perawatan anak ayam sungguh sangat penting karena di masa 2 minggu tersebut anak ayam akan membentuk organ tubuh terutama bagian pencernaannya, jika saluran pencernaan tumbuh dengan baik ayam akan cepat besar dan lebih tahan dengan penyakit.

    Di bagian peletakan pemanas atau lampu pijar Anda bisa kontrol dengan memperhatikan gambar berikut:

Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas
Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas
  • Kandang Pembesaran
    Dalam kandang pembesaran anda sudah tidak memerlukan lampu pemanas lagi. Bila memang di pekarangan Anda cukup luas akan sangat baik dalam membuat kandang pembesaran. Anda cukup membuat peneduh, tangkringan serta tempat mengeram.

    Kandang dengan umbaran juga biasa disebut dengan nama kandang semi intensif karena ayam tetap ada di dalam pagar. Sedangkan bila kandang terbuka dan tidak berpagar merupakan pola ternak ayam kampung yang tradisional yang cukup memiliki resiko misalnya dimakan musang atau ular, pencurian, terkena penyakit dari ayam lain atau hilang pindah ke kandang orang lain.

    Semakin luas kandang umbaran akan membuat ayam Anda semakin bahagia. Selain itu juga biaya pakan bisa ditekan karena ayam kampung memiliki sifat terampil mencari makan sendiri. Ayam kampung akan memakan serangga, cacing, atau rumput serta tanaman lain yang ditemui. Jika Anda sangat perhatian dengan lingkungan serta selalu memilah sampah organik dengan sampah anorganik, ayam kampung akan membantu pekerjaan Anda. Karena larva maupun cacing akan di lahap oleh ayam kampung tersebut. Sehingga proses komposting bisa Anda dapati semakin mudah.

2. Bibit Ternak Ayam Kampung Rumahan

Untuk bibit ayam kampung memang bisa berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan dan anggaran serta luas lahan. Karena jangan sampai karena hawa nafsu ingin ternak tapi tidak memperhatikan area yang dimiliki sehingga kandang akan over populasi dan ayam cenderung kasihan dalam berkembang karena terlalu sempit. Dalam pengadaan bibit ayam kampung ada 3 cara yang Anda bisa pilih:

  1. Membeli indukan ayam
    Langsung membeli indukan ayam memang menyenangkan karena ayam akan segera produksi telur dan menetaskan telurnya maka lahir lah anak ayam. Telur akan dierami sampai 21 hari. Tapi proses ini cukuplah panjang bagi Anda yang kurang sabar bila tujuan nya produksi anak ayam akan membutuhkan waktu yang lama selain itu harga indukan bisa cukup mahal.
  2. Membeli anak ayam di pasar
    Di pasar hewan atau pasar ayam Anda bisa dapati anak ayam yang masih kecil di kisaran umur 1 bulanan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak mau repot membuat kandang pemanas atau penghangat. Namun bila Anda membeli anak ayam usia satu bulan memang perlu keterampilan dalam memilihnya karena kita tidak tahu bibit anak ayam tersebut baik atau tidak.
  3. Membeli DOC atau bibit ayam
    Beli anak ayam baru menetas atau disebut DOC (Day Old Chicken) merupakan pilihan yang paling tepat dalam memulai ternak. Anda tidak direpotkan dengan proses penetasan atau produksi anak ayam. Dan proses memelihara dari kecil membentuk kedekatan dengan hewan peliharaan Anda. Di hobiternak.com Anda bisa dapatkan bibit ayam berkualitas unggul ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih misalkan mau ternak ayam kampung super yang biasa di sebut ayam joper atau ayam kampung asli bisa Anda dapatkan. Silahkan bisa WA di 08564 7723 888
    DOC yang berkualitas berasal dari indukan ayam yang unggul dan sudah terseleksi | Image 2
    Bibit ayam kampung atau DOC yang berkualitas berasal dari indukan ayam yang unggul dan sudah terseleksi. Siap kirim ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan | Image 2

3. Pembesaran

Tahapan pembesaran ini memang salah satu tahapan yang paling banyak membutuhkan biaya karena ayam akan semakin banyak makan sehingga Anda juga semakin banyak membeli pakan. Solusi umbaran yang luas bisa mengurangi biaya pakan karena ayam akan membantu mencari makan sendiri. Atau bila ada memiliki kenalan rumah makan Anda bisa manfaatkan sampah makananya yang bisa memenuhi kebutuhan pakan dalam ternak ayam kampung rumahan Anda.

Untuk ayam kampung jangan lupa sediakan tangkringan karena saat mulai besar ayam kampung akan terbang-terbang jika hari sudah menuju gelap. Ayam tersebut akan nangkring untuk menghindari sentuhan langsung dengan tanah sehingga tubuhnya lebih hangat. Mereka juga akan saling berhimpitan untuk saling memberi kehangatan.

Dalam pembesaran memang akan terasa proses yang bisa dibilang panjang. Maka memilih bibit ayam kampung super menjadi solusinya karena usia 2 bulan sudah bisa di panen coba bandingkan dengan ayam kampung asli yang di usia 6 bulan baru bisa di panen. Dan Anda bisa mulai berhitung biaya pakan yang diperlukan sampai ternak ayam kampung Anda di panen.

4. Pakan

Komposisi pakan bisa Anda campur antara pakan pabrikan dengan jagung, dedak maupun potongan sayuran. Nasi juga bisa Anda berikan ke ayam kampung tersebut.

Untuk ayam yang masih di awal pertumbuhan atau di 2 minggu pertama sebaiknya diberi pakan full konsentrat. Anda bisa mendapatkan di toko pakan ayam atau pakan burung. Biasanya di pakan ayam tersebut sudah ada aturanya untuk ayam umur berapa sehingga memudahkan Anda dalam memilih pakan yang tepat. Dan jangan tergiur dengan pakan yang murah tapi yang harus dipastikan adalah kualitas dari pakan tersebut.

Pola kandang ayam kampung yang di lengkapi umbaran maka ayam lebih nampak bahagia dan bisa mendapat makanan tambahan di alam.
Pola kandang ayam kampung yang di lengkapi umbaran maka ayam lebih nampak bahagia dan bisa mendapat makanan tambahan di alam.

 

5. Penetasan

Bila Anda memelihara sampai ayam produksi telur tahap penetasan memang perlu anda pahami. Perlu diketahui ayam kampung betina bisa bertelur walaupun tanpa dibuahi ayam jantan tapi ini yang perlu dicatat: telur ayam yang tidak dibuahi tidak bisa menetas.

Untuk menetaskan telur ayam kampung Anda bisa melakukan nya dengan dua cara:

  1. Penetasan dengan induk ayam betina atau babon
    Cara yang mudah, cukup dengan menyediakan tempat mengeram induk ayam akan mengerami tanpa bantuan mesin apapun. Bila dibanding dengan mesin tetas memang cara ini yang bisa dibilang sederhana dan hemat karena Anda tidak perlu memikirkan pengadaan mesin tetas, listrik nya serta membalik telur saat dalam proses penetasan. Semua akan dikerjakan dengan baik oleh induk ayam atau babon nya tersebut. Tapi Jika menggunakan penetasan alami ini Anda tidak bisa menggejot produksi bibit atau anak ayam karena induk ayam akan berhenti produksi saat sedang mengeram. Dapatkan aneka ide pembuatan tempat pengeraman di akun instagram kami di @hobi_ternak
    Induk ayam kampung selalu menjaga anak-anaknya dengan baik. Saat telur menetas induk atau babon ayam ini cenderung galak dan mudah menyerang siapa saja yang mendekati anaknya
    Induk ayam kampung selalu menjaga anak-anaknya dengan baik. Saat telur menetas induk atau babon ayam ini cenderung galak dan mudah menyerang siapa saja yang mendekati anaknya.
  2. Penetasan dengan Mesin Penetas Telur
    Dengan mesin penetas telur produksi bisa ditingkatkan dengan baik karena saat Anda sudah memastikan komposisi jantan dan betina mencukupi maka telur yang fertil akan mudah didapat. Untuk komposisi nya kami biasa menggunakan 1 jantan bisa mengawini 5 betina dalam satu kandang. Sehingga saat ayam bertelur tinggal di kumpulkan sampai kapasitas maksimal mesin tetas Anda dan setelah itu proses penetasan bisa di mulai.

    Telur ayam bisa bertahan selama kurang lebih 15 hari di suhu ruangan sambil telur nya terkumpul jadi Anda tidak perlu memasukan satu  persatu ke mesin tetas karena nanti berakibat anak ayam tidak menetas bersamaan. Untuk proses penetasan telur ayam kampung sama dengan penetasan alami saat menggunakan induknya yakni 21 hari proses pengeraman atau proses penetasan di dalam mesin.

    Perhatikan dengan baik tata laksana dalam penggunaan mesin tetas ini karena hal itu akan sangat menunjang berhasilnya anak ayam menetas. Suhu mesin, kapan membalik telur, kelembaban dan posisi telur Anda bisa pelajari terlebih dahulu.

    Dalam proses penetasan telur memang kembali kepada operator atau pemilik mesin tersebut. Secanggih apapun mesin tapi bila tidak didukung oleh ilmu dan pengalaman maka kemungkinan sukses dalam penetasan juga akan mengecil. Senantiasa belajar dan bereksperimen dengan mesin tetas niscaya Anda akan semakin mahir dalam menetaskan telur ayam kampung.

6. Penjualan

Selain di jual Anda juga bisa menghadiahkan untuk kerabat maupun orang terdekat dan untuk pemasaran hasil ternak ayam kampung bisa berbagai cara yang bisa dipilih. Anda bisa bisa memasarkan langsung ke grup whatsapp atau posting di facebook juga cukup mudah. Untuk menambah nilai jual Anda bisa mengolah terlebih dahulu daging ayam kampung tersebut. Kreatifitas dalam memasaknya tentu saja membuat menu semakin menarik untuk di beli. Ayam Kampung Goreng Kremes, Ayam Kampung Geprek, Nugget Ayam Kampung, Ayam Bakar Madu, Ayam Ungkep dan masih banyak lagi menu-menu yang bisa dijelajahi dengan mudah.

Di olah menjadi chicken nuget juga sekarang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan teknologi yang cukup sederhana sudah mampu menghasilkan nugget ayam yang berkualitas.
Di olah menjadi chicken nuget ayam kampung juga sekarang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan teknologi yang cukup sederhana sudah mampu menghasilkan nugget ayam kampung yang berkualitas.

Cara menjual langsung ke pengepul juga bisa Anda lakukan atau bisa juga menjualnya ke pasar hewan atau pasar ayam dan para pengepul ayam sudah menanti Anda di sana.  Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Strategi Pemasaran Ayam Kampung.

Semoga artikel tentang ternak ayam kampung rumahan di atas bisa memberi manfaat kepada Anda yang ingin memulai ternak ayam kampung rumahan. Tentunya dengan senang hati Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami tentang ternak ayam kampung rumahan  ini. Anda bisa hubungi kami via WA yang bisa Anda temukan di halaman ini atau bisa juga tinggalkan komentar di kolom komentar artikel ini. 

Bagi anda yang ingin beternak Ayam Kampung Asli, Ayam Kampung Super atau Joper, kami menyediakan DOC atau bibit ayamnya  yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indonesia. Selain ayam kampung super kami juga menyediakananeka jenis ayam lainya. Untuk pemesanan hunungi kami segera di :

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait:
kandang ternak ayam rumahan, ternak ayam modal 1 juta, ternak ayam modal 500 ribu, ternak ayam modal kecil, ternak ayam jago kampung, beternak ayam di pekarangan rumah, ternak ayam sukses, ternak ayam jawa super

Image Sources :

  • Indikator Kenyamanan DOC Ayam di dalam Kandang Pemanas: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Pola kandang ayam kampung yang di lengkapi umbaran maka ayam lebih nampak bahagia dan bisa mendapat makanan tambahan di alam.: pixabay.com
  • Induk ayam kampung selalu menjaga anak-anaknya dengan baik. Saat telur menetas induk atau babon ayam ini cenderung galak dan mudah menyerang siapa saja yang mendekati anaknya: pixabay.com
  • Di olah menjadi chicken nuget juga sekarang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan teknologi yang cukup sederhana sudah mampu menghasilkan nugget ayam yang berkualitas.: pixabay.com
  • cover: sciencemag.org
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: