3 Jenis Penyakit Pencernaan Ayam yang Perlu Peternak Waspada

Ketika peternak sudah memutuskan untuk mengembangkan usaha ternak ayam, baik itu ayam pedaging, ayam petelur dan ayam hias. Maka peternak perlu menyiapkan peralatan – peralatan yang nantinya dibutuhkan ketika dikandang. Selain itu peternak juga perlu menyiapkan pakan yang berkualitas, obat – obatan, pengontrolan kebersihan kandang serta pengendalian penyakit ketika ayam terserang penyakit. 

Menjaga kesehatan ayam agar tetap dalam keadaan fit merupakan suatu hal penting. Karena jika ayam yang dipelihara dalam keadaan sakit maka akan memberikan efek yang buruk pada pertumbuhan si ayam. Sistem pencernaan ayam  menjadi salah satu faktor penting terhadap penyerapan nutrisi. Peran utama organ pencernaan ini yakni berfungsi untuk proses penyerapan nutisi. Proses penyerapan nutrisi sangat berpengaruh pada pertumbuhan ayam yang diternakan. Sehingga sangat penting bagi peternak untuk mengetahui jenis – jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan si ayam. 

3 Jenis Penyakit Pencernaan Ayam | cover
3 Jenis Penyakit Pencernaan Ayam | cover

Serangan penyakit pada sistem pencernaan ini akan mempengaruhi panjang vili – vili usus sehingga proses penyerapan nutrisi akan terganggu. Apa saja jenis – jenis penyakit pencernaan ayam ini ? Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat pada paragraf kami di bawah ini : 

Jenis – jenis Penyakit Pencernaan Ayam 

1. Koksidiosis 

Penyakit Koksidiosis adalah jenis penyakit ayam yang menyerang bagian pencernaan. Di dalam organ pencernaan ayam ini terdapat parasit yang bernama Eimeria sp. Penyakit ini cukup mematikan karena jika ayam sudah terserang penyakit koksidiosis akan menyebabkan diare. Diare ayam pun tidak semata – mata diare biasa, tetapi akan menyebabkan fases berwarna merah yang diakibatkan pendarahan di dalam usus. Penyakit Koksidiosis ini ternyata memiliki 7 spesies jenis Eimeria sp, yakni : 

  1. E.tenella 
  2. E.maxima
  3. E.necratix
  4. E.acervulina
  5. E.brunetti
  6. E.mitis
  7. E.praecox
Salah satu gelaja penyakit pencernaan ayam yakni pendarahan pada bagian usus ayam | image 1
Salah satu gelaja penyakit pencernaan ayam yakni pendarahan pada bagian usus ayam | image 1

Dari jenis – jenis virus penyebab sakitnya pada saluran pencernaan ayam ternyata jenis E.tenella lebih sering menyerang si ayam. Karena E.tenella dapat membuat pendarahan pada usus buntu sehingga akan menyebabkan anemia atau kekurangan darah dan kematian. Tidak hanya menyerang ayam pedaging saja tetapi juga menyerang jenis ayam layer.

2. Necrotic Enteritis (NE)

Penyakit Necrotic Enterutis atau biasa peternak menyebutnya sebagai penyakit NE ini sering menyerang pada bagian saluran pencernaan ayam. Penyakit NE menyerang ayam pada bagian dinding usus, dinding usus yang terkontaminasi bakteri NE akan menyebabkan luka berdarah bahkan dapat mematikan jaringan mukosa usus. 

Biasanya penyakit ini akan menyerang ayam yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jika ayam sudah terkena penyakit NE akan mempengaruhi pada konsmusi pakan yang tinggi, namun pertumbuhan badan ayam cenderung melambat dan dapat mengakibatkan kematian ayam dalam jumlah yang tinggi. 

Baca juga : Cara Membuat Sekam Bakar Untuk Alas Kandang Ayam

Menjaga ayam agar selalu dalam keadaan sehat dapat dimulai dari pemeliharaan pada usia DOC 1 - 28 hari | image 2
Menjaga ayam agar selalu dalam keadaan sehat dapat dimulai dari pemeliharaan pada usia DOC 1 – 28 hari | image 2

Untuk mecegah terserangan penyakit NE pada ayam peternak dapat melakukan pembersihan kandang secara rutin dan terjadwal. Selain itu pernak juga perlu mengatur kelembaban litter atau alas kandang sebelum hewan dimasukan ke dalam. Penggunaan obat antibiotik dengan dosis yang tepat juga membantu ayam agar dapat menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Bisa juga dengan melakukan vaksin pada indukan agar terhindari dari toksin. 

3. Colibacillosis 

Penyakit ayam yang menyerang saluran pencernaan yang terakhir ini disebut dengan Colibacillosis atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri E.coli. Ketika ayam terkena penyakit ini harus segera ditangani dengan benar salah satu caranya yakni menerapkan prinsip ecohealth.

Ciri – ciri ayam yang sudah terserang penyakit colibacillosis yakni ayam memiliki postur tubuh yang kurus, nafsu makan menjadi menurun dan murung. Selain itu ayam juga sering diare, pada bulu ayam di sekitar dubur menjadi kotor akibat pertumbuhannya yang terganggu.

Baca juga : Tips Agar Ayam Tidak Mudah Terkena Penyakit

Ciri - ciri ayam yang sudah terserang penyakit percernaan ayam colibacillosis yakni ayam memiliki postur tubuh yang kurus, nafsu makan menjadi menurun dan murung | image 3
Ciri – ciri ayam yang sudah terserang penyakit percernaan ayam colibacillosis yakni ayam memiliki postur tubuh yang kurus, nafsu makan menjadi menurun dan murung | image 3

Peternak tentu harus dapat mengantisipasinya dengan menggurangi faktor – faktor yang dapat membuat ayam menjadi stress, pembersihaan kandang secara berkala agar amonia kandang tidak menumpuk, memperbaiki ventilisasi agar kandang tidak pengap dan rutin menganti sekam agar tidak basah. Karena sekam yang basah akan membuat kandang menjadi lembab sehingga bakteri akan lebih mudah berkembang biak.

Bagaimana Cara Menghindari Penyakit Percernaan Ayam ? 

Memelihara ayam pedaging atau petelur yang sehat tentu menjadi dambaan bagi peternak di Indonesia. Cara untuk menjaga kesehatan si ayam yakni dapat berasal dari faktor pembuatan kandang, pemberian pakan, pengendalian pemyakit dan faktor lingkungan lainnya. 

Maka dari peternak harus selalu menerapkan manajemen kandang secara baik dan sesuai standar. Hal ini dilakukan agar kesehatan ayam lebih terjaga terutama terhindar dari penyakit pencernaan ayam. Selain memperhatikan faktor – faktor diatas yang perlu peternak ingat dan harus terapkan yakni dengan cara segera memisahkan antara ayam yang sakit dengan yang sehat. Karena jika ayam sudah terindikasi sakit dan tidak segera dipisahkan, dikhawatirkan akan menular ke ayam – ayam yang sehat lainnya. 

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Penyakit Bubul Ayam

Cara agar ayam selalu dalam keadaan sehat dan terhindari dari penyakit percernaan ayam yakni dengan memperbaiki manajemen kandang terutama pada pemberian pakan yang berkualitas, pemberian vitamin ayam dan pengendalian penyakit | image 4
Cara agar ayam selalu dalam keadaan sehat dan terhindari dari penyakit percernaan ayam yakni dengan memperbaiki manajemen kandang terutama pada pemberian pakan yang berkualitas, pemberian vitamin ayam dan pengendalian penyakit | image 4

Selain itu peternak juga harus selalu memberikan vitamin atau suplemen kepada ayam. Hal ini dilakukan agar daya tahan tubuh ayam tetap terjaga dan sebagai cara mengobati pencernaan ayam sehingga ayam akan selalu dalam keadaan sehat walaupun di cuaca yang tidak baik dan sebagai obat melancarkan pencernaan ayam. 

Peternak pun juga dapat meanfaatkan obat herbal pencernaan ayam, yang terdiri ramuan jamu – jamuan seperti jahe, temulawak, kencur, kunyit, bawang putih dan lain sebagainya 

Bagi Anda yang ingin beternak ayam atau bebek, kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam pedaging baik ayam ras maupun ayam pedaging. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai daftar harga, cara pemesanan, cara pengiriman dan layanan konsultasi seputar peternakan : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK penyakit pencernaan ayam word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : melancarkan pencernaan ayam, sistem pencernaan ayam, melancarkan pencernaan ayam bangkok, cara mengobati pencernaan ayam, obat pencernaan ayam bangkok, obat herbal pencernaan ayam, masalah pencernaan ayam, tembolok ayam, cara mencegah penyakit ayam

5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: id.aliexpress.com
  • image 1: temanc.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 5: hobiternak.com
  • image 3: titikdua.net
  • image 4: suarapeternakan.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA