Ternak Ayam Arab Skala Kecil, yang Mudah dan Menguntungkan

Ternak ayam arab skala kecil mulai banyak diterapkan oleh para peternak pemula atau pun rumahan. 

Sebagai masyarakat Indonesia yang mempunyai daya konsumsi telur cukup tinggi. Banyak dari peternak yang tertarik untuk memelihara ayam petelur.

Sebenarnya di Indonesia terdapat jenis ayam yang dapat dimanfaatkan untuk diambil telur nya. Jenis ayam penghasil telur yang cukup populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat yaitu ayam petelur merah. 

Memang tidak dapat dipungkiri, ayam petelur merah menduduki peringkat tertinggi dalam hal permintaan telur nya. Namun meskipun begitu, jenis ayam petelur yang lain juga tak sepi pembeli/peminat. 

Salah satu jenis ayam petelur yang baru-baru ini terkenal dan tak sedikit juga peternak yang berminat untuk mengembangkannya adalah jenis Ayam Arab.

Ayam arab mampu memproduksi telur sekitar 250-260 butir per tahunnya. Cukup banyak bukan, bahkan hampir menyamai ayam petelur merah dalam produktivitas telur nya. 

Ayam arab termasuk jenis ayam petelur yang mampu memproduksi telur dengan jumlah yang cukup tinggi | Image 1
Ayam arab termasuk jenis ayam petelur yang mampu memproduksi telur dengan jumlah yang cukup tinggi | Image 1

Berbicara tentang ayam arab, saat ini cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk memelihara ayam arab.

Terbukti bahwa penjualan dari DOC (anakan ayam arab) sampai usia dewasa di hobiternak.com cukup tinggi. Baik itu peternak yang sudah lama menggeluti usaha ternak ayam (peternak senior), maupun peternak pemula. 

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang ternak ayam arab skala kecil atau bisa disebut juga ternak ayam arab bagi peternak yang masih pemula atau skala rumahan. 

Bagi peternak pemula yang belum tau seluk beluk tentang ayam tentu sebelum beternak ayam, terlebih dahulu harus mempelajari informasi tentang ayam yang akan di ternak baik itu dari cara pemeliharaan, pakan yang harus diberikan sampai ke pencegahan penyakit.

Karena ilmu yang memadai sangat penting bagi peternak untuk membantu kelancaran dalam proses beternak ayam arab. 

Memulai usaha ternak ayam arab bisa dicoba dengan kapasitas yang sedikit dahulu, untuk meminimalisir terjadinya kerugian | Image 2
Memulai usaha ternak ayam arab bisa dicoba dengan kapasitas yang sedikit dahulu, untuk meminimalisir terjadinya kerugian | Image 2

Meskipun yang di ternak baru skala kecil namun tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam beternak ayam arab skala kecil : 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam beternak ayam arab skala kecil

1. Modal

Pertama kali yang harus dipersiapkan untuk memulai beternak yaitu modal (biaya).

Modal sangat penting untuk dipersiapkan karena dengan modal kita bisa membeli segala sesuatu baik ayamnya atau pun peralatan untuk mendukung proses beternak.

Modal yang dikeluarkan untuk ternak ayam arab skala kecil hanya sedikit, berbeda dengan ternak ayam arab skala besar yang harus membutuhkan modal sampai berjuta-juta sampai berpuluh-puluh juta. 

Yang harus dipersiapkan dalam memulai ternak ayam arab yaitu biaya atau modal | Image 3
Yang harus dipersiapkan dalam memulai ternak ayam arab yaitu biaya atau modal | Image 3

Ada cara yang bisa diterapkan untuk mengetahui berapa estimasi modal (biaya) yang dibutuhkan sebelum beternak ayam arab. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan membuat analisa usaha ternak ayam arab.

Pembuatan analisa ternak ayam arab tidak hanya untuk mengetahui modal yang harus dikeluarkan, namun dengan membuat analisa Anda bisa mengetahui berapa estimasi keuntungan yang akan diperoleh.

2. Persiapan kandang

Ternak dengan skala kecil tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar dan luas. Cara buat kandang ayam arab petelur bisa menggunakan bahan yang sederhana seperti bambu, besi atau kawat strimin.

Untuk ukuran kandang ayam arab bisa disesuaikan dengan jumlah ayam arab yang akan diternakan. 

Model kandang yang bisa Anda gunakan untuk beternak ayam arab yaitu model kandang baterai dan model kandang postal.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dilihat dari peruntukan beternak ayam arab untuk menghasilkan telur, maka biasanya peternak menggunakan model kandang baterai.

Kandang baterai sering digunakan oleh para peternak karena memudahkan dalam pengambilan telur dan tidak akan tercecer kemana-mana. Berikut contoh kandang ayam arab yang baik model baterai dengan bahan dasar bambu dan besi.

Kandang ayam arab sistem baterai menggunakan bahan dasar bambu | image 4
Kandang ayam arab sistem baterai menggunakan bahan dasar bambu | image 4
Kandang ayam arab sistem baterai menggunakan bahan dasar kawat/besi | image 5
Kandang ayam arab sistem baterai menggunakan bahan dasar kawat/besi | image 5

Jika lahan yang dimiliki tidak luas dan modal yang dimiliki sedikit, maka peternak bisa menggunakan kandang ayam arab umbaran.

3. Teknik Pemeliharaan

Cara pemeliharaan ayam arab tergolong mudah dan hampir sama seperti beternak ayam pada umumnya. Namun meskipun mudah, peternak juga harus mempelajari teknik-teknik beternak ayam.

Tujuannya supaya tidak salah langkah dalam mengambil keputusan saat proses beternak ayam arab berjalan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat beternak ayam arab yaitu diantaranya pakan, minum, vitamin dan pencegahan penyakit.

Pemberian pakan ayam petelur disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan dijadikan petelur atau pedaging | image 6
Pemberian pakan ayam petelur disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan dijadikan petelur atau pedaging | image 6

Pakan untuk DOC ayam arab yang masih kecil yaitu jenis voer petelur halus. Pemberian voer bisa diberikan sampai ayam berusia 3 mingguan. Setelah itu bisa diberikan konsentrat petelur dan pakan alternatif lainnya.

Sedangkan untuk minuman bisa disediakan air bersih yang harus selalu tersedia di dalam kandang agar ayam tidak dehidrasi. Untuk vitamin, peternak bisa dapatkan di poultry shop terdekat. 

Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan cara membersihkan semua lingkungan kandang termasuk wadah pakan ayam arab, wadah minum dan juga peralatan pendukung lainnya.

Minimal dalam jangka waktu satu minggu dilakukan pembersihan 2 kali. 

4. Membeli Ayam Arab

Untuk mendapatkan ayam arab yang berkualitas tentu peternak harus mencari penjual yang amanah/terpercaya.

Hobiternak.com salah satu penjual yang menyediakan DOC ayam arab dan juga ayam arab usia 4 bulan dan dewasa dengan kualitas yang bagus.

Untuk harga ayam arab di setiap penjual berbeda-beda tergantung usia yang akan dibeli berapa. 

Berikut pengiriman ayam arab hobiternak.com ke Bogor | image 7
Berikut pengiriman ayam arab hobiternak.com ke Bogor | image 7

Karena menginginkan ternak ayam arab skala kecil maka disarankan untuk mencoba memelihara dengan kapasitas yang sedikit dahulu.

Misal kalau ingin memelihara dari usia anakan bisa coba ternak ayam arab petelur 100 ekor.

Sedangkan jika ingin ternak ayam arab yang sudah berusia dewasa, maka bisa coba sepasang atau 5 ekor an.

Anda bisa membeli ayam arab tersebut dengan menghubungi nomor telpon/WA : 0812-2028-8686

Mencoba peluang baru dengan beternak ayam meskipun itu skala kecil dan hanya usaha rumahan, namun jika kita bersungguh-sungguh melakukannya pasti akan berhasil.

Dari pengalaman peternak-peternak besar yang sudah membuktikan, dahulu pasti mereka juga memulai usaha ternak ayamnya dengan skala kecil.

Di mulai dengan skala kecil terlebih dahulu, lalu sedikit demi sedikit kapasitas ternaknya di tambah dan lama kelamaan akan besar juga. 

Yang terpenting kita harus telaten, sabar dan semangat dalam beternak ayam. Memang kadang akan ada masalah yang muncul saat proses beternak berjalan.

Contohnya ayam sakit, cuaca tidak mendukung, harga panenan turun dan lain sebagainya.

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah jika dari peternak sendiri bisa mengatasinya dengan benar. 

Ini adalah pelanggan hobiternak.com yang memborong ayam arab pengiriman ke Sumedang, Jawa Barat. Alhamdulillah pengiriman aman dan selamat semuanya | image 8
Ini adalah pelanggan hobiternak.com yang memborong ayam arab pengiriman ke Sumedang, Jawa Barat. Alhamdulillah pengiriman aman dan selamat semuanya | image 8

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam beternak ayam arab skala kecil.

Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu dan wawasan Anda..

Semangat ternak 🙂

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam arab petelur ini, kami dari hobiternak.com jual ayam arab dari usia anakan sampai dewasa. Pengiriman menjangkau ke seluruh Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. GARANSI sampai diterima pembeli. Untuk respon lebih cepat, silahkan bisa menghubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

0812-2028-8686
0895-6124-93491
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam arab skala kecil, ukuran kandang ayam arab, ternak ayam arab petelur 100 ekor, cara buat kandang ayam arab petelur, harga ayam arab , kandang ayam arab yang baik, kandang ayam arab umbaran , ayam arab

5/5 - (15 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: hobiternak.com
  • image 3: Owned by the author
  • Image 4: Owned by the author
  • image 5: Owned by the author
  • image 2: Owned by the author
  • image 5: Owned by the author
  • cover: tradeindia.com
  • image 6: Owned by the author
  • cover: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA