Cara Mempersiapkan Makanan Anakan Ayam Kalkun

Cara Mempersiapkan Makanan Anakan Ayam Kalkun

Makanan ayam kalkun sangat mudah ditemukan disekitar rumah kita. Tanaman berupa hijau-hijauan seperti sayur-sayuran berupa sawi, kangkung, daun pepaya atau bayam. Dan  bisa juga eceng gondok semua itu menjadi santapan makanan sehari-hari bagi ayam kalkun.

Ayam Kalkun dahulu disebut sebagai ayam belanda karena ayam ini masuk ke indonesia dibawa oleh pedagang eropa dan dikonsumsi oleh kalangan atas  yaitu Bangsa Belanda. Ayam kalkun memiliki ciri-ciri  badan yang besar, rentang sayapnya mencapai 1,5-1,8 m. Rentang sayapnya yang panjang ini menjadi keunikan tersendiri bagi para penghobi ayam hias yang memiliki ayam kalkun ini. Terdapat beberapa jenis ayam kalkun di dunia diantaranya ; ayam kalkun bourbon red, ayam kalkun putih, ayam kalkun black spanish, ayam kalkun bronze, ayam kalkun royal palm, ayam kalkun golden palm, dan ayam kalkun self buff.

Awalnya memang ayam kalkun masih jarang dipelihara, namun seiring berjalannya waktu masyarakat Indonesia kini banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Keunikan sayapnya serta postur badan yang melebihi ukuran ayam pada umumnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ayam hias di Indonesia.

. Ayam Kalkun 1 bulan
. Ayam Kalkun 1 bulan

Sebelum kita memelihara ayam kalkun alangkah baiknya apabila kita mengetahui jenis-jenis pakan yang sesuai dengan umur masing-masing ayam kalkun sehingga ketika sudah memeliharanya kita bisa langsung mempersiapkan makanan untuk ayam kalkun.

Berikut cara mempersiapkan makanan ayam kalkun

Setiap hari ayam kalkun membutuhkan asupan makanan sebanyak dua kali yaitu pada pagi dan sore hari. Maka selalu sediakan sayur-sayuran seperti sawi, kangkung, daun pepaya atau bayam. Bisa juga berikan eceng gondok. Biasanya sayur-sayuran atau eceng gondok ini dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan BR, dedak atau katul yang sudah diberi air panas.

Ayam Kalkun 2 bulan
Ayam Kalkun 2 bulan

Pemberian pakan juga harus sesuai dengan umur ayam kalkun

  • Ayam kalkun yang berumur 1-7 hari berikanlah pakan full BR-1 yang dicampur dengan air secukupnya. Air berguna untuk mempermudah ayam mencerna pakan tersebut.
  • Ayam kalkun yang berumur 1-2 minggu berikan pakan berupa campuran BR-1, bekatul, dan daun atau sayur-sayuran hijau. Cara membuatnya daun atau sayur-sayuran hijau tadi dipotong kecil-kecil, lalu campurkan kedalam adonan BR-1 dan bekatul yang sudah diberikan air. Dalam usia ini ayam kalkun masih memerlukan air yang banyak. Sediakan air di wadahnya yang cukup, tetapi juga tidak membahayakannya karena bisa saja ayam ini masuk ke dalam wadah dan akhirnya akan mati
  • Pakan untuk umur 2 minggu sampai 1 bulan jenisnya sama. Hanya pada masa ini porsi untuk BR-1 dikurangi dan untuk bekatul dan sayurannya porsinya disamakan. Ganti air minum secara rutin dan bersihkan tempat minum agar ayam terhindar dari penyakit
  • Untuk umur 1-2 bulan, porsi untuk BR-1 dan bekatul kita samakan. Di usia ini sayur-sayuran lebih dominan diberikan sebagai pakan ayam kalkun
  • Ayam kalkun umur 2 bulan keatas, porsi pakan BR-1 dan bekatul sangat dikurangi. Jadi usia ini lebih dominan diberikan pakan berupa sayur-sayuran hijau. Pengurangan porsi BR-1 dan bekatul ini juga mengurangi biaya pengeluaran untuk pakan ayam.

Ayam Kalkun Albino

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait : Persiapan Makanan Ayam Kalkun, Asal-usul ayam kalkun masuk di Indonesia, Jenis Ayam Kalkun, Harga Ayam Kalkun

Leave a Reply

%d bloggers like this: