Ayam Arab Petelur –   Ayam Arab adalah ayam yang merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Di Indonesia ayam keturunan dari ayam brakel kriel-silver ini disebut dengan Ayam Arab, mengapa disebut demikian? Karena pada mulanya ada seorang jamaah haji yang baru pulang dari Mekkah membawa telur ayam arab.

DOC Ayam Arab
DOC Ayam Arab

Ayam arab petelur

Ayam arab banyak dimanfaatkan telurnya bukan dagingnya .Telur ayam arab ini dapat mencapai 250-260 butir per tahun dengan berat telur 40-45 gram. Untuk harga DOC ayam arab ini memang lebih tinggi dibandingkan ayam kampung biasa. Jadi untuk para wirausaha, bisnis usaha ayam arab ini sangat menguntungkan.

Ayam arab ini tidak mempunyai sifat mengeram, jadi untuk cara penetasan telur ayam arab  harus menggunakan alat penetas khusus telur. Dalam mengembangkan ayam arab ini harus dilakukan perawatan secara intensif agar peternak mendapatkan hasil produksi yang tinggi sesuai dengan kemampuan genetik. Ayam arab jantan memiliki seksualitas yang tinggi, sehingga ayam arab jantan mudah dikawinkan dengan ayam – ayam lain, dalam waktu 15 menit ayam arab ini dapat tiga kali kawin.

Ciri-ciri ayam arab

Ayam arab ini sangatlah mudah untuk dikenali. Bulu pada ayam arab sangat mudah dikenali. Pada sepanjang bulu di leher berwarna putih mengkilap. Bulu punggung berwarna putih berbintik hitam bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor dominan hitam bercampur putih. Sedangkan warna jengernya berbentuk kecil berwarna merah muda bercampur hitam dilingkari warna kuning.

Ukuran pada ayam arab ini lebih kecil sedikit dibanding ayam – ayam yang sering kita jumpai di lingkungan. Ukuran ayam arab jantan dapat mencapai 35 cm, untuk ayam arab betina 25 cm. Berat ayam arab jantan dapat mencapai 1,5 – 2 kg, dan untuk ayam betina 1 – 1,5 kg.

Ayam Arab termasuk jenis ayam yang mudah dalam pemeliharaanya. Tahapan yang terpenting adalah pemberian pakan yang baik pada ayam arab. Dengan pemberian kebutuhan pakan ayam yang baik, pasti akan menunjang produktifitas telur menjadi lebih banyak. Pemberian pakan yang dihasilkan oleh pabrik seperti dedak sangat dianjurkan, ada baiknya jika dalam pemberian dedak dicampur dengan pakan organik berupa sayuran kakung, singkong dll.

Kandang Ayam Arab Petelur

Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam arab. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamin. Letak kandang yang baik sebenarnya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

"Kandang

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah gangguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

Kandang ayam arab dapat dibuat sesuai selera, ini tergantung juga pada jumlah ayam arab yang ada.

Berdasarkan sistemnya, kadang dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Sistem Kandang Koloni, sistem ini dibuat dengan satu kandang yang luas terdiri dari ribuan ekor ayam arab.
  2. Sistem Kandang Individual atau disebut sebagai kandang cage, sistem ini dibuat dengan satu kotak kandang dihuni oleh satu ekor ayam. Dengan sistem   ini pengaruh individual ayam menjadi lebih dominan.

Dalam membuat kandang ayam arab ini usahakan dapat menyesuaikan dengan jumlah ayam arab yang ada dan kondisi ayam dengan lingkungan tempat kandang ayam. Agar ayam dapat tumbuh berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan produktivitas telur yang ada.

Ayam Arab Jantan

Ayam Arab Jantan dewasa dapat mencapai tinggi sekitar 35 cm, dengan bobot 1,5 – 2 kg per ekornya. Ciri khusus ayam arab jantan terdapat pada bulu kepala dan leher yang berwarna putih. Pada bulu dada dan sebagian ekornya berwarna hitam.

Ayam arab memiliki daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam arab jantan dapat kawin sebanyak tiga kali.

Saat masih berumur anakan jenger ayam arab jantan sudah tumbuh dalam waktu seminggu. Ketika sudah tumbuh dewasa jenggernya tebal, berdiri tegak, berwarna merah dan bergerigi. Postur badannya kekar, dengan dada tegak dan lebar. Ayam arab betina sekilas bentuknya hampir sama dengan ayam arab jantan, yang membedakan terdapat pada jenggernya yang berbeda.

Harga Ayam Arab Petelur

Ayam arab merupakan ayam petelur yang memproduksi telur dengan baik. Dalam satu tahun ayam arab mampu menghasilkan telur sebanyak 250 – 260 butir. Dengan demikian pasti akan mempengaruhi harga indukan ayam arab dipasaran. Untuk harga ayam arab petelur dipasaran relatif terjangkau.

Untuk harga indukan ayam arab memang relatif cukup mahal. Karena pada saat dijual ayam arab indukan sudah memasuki masa produksi telur. Masa produksi telur ayam arab betina terjadi pada saat ayam arab memasuki umur 6 bulan.

Beternak ayam arab skala kecil juga dapat dilakukan oleh sebagian masyarakat. Bagi peternak yang ingin menjalankan usaha ternak ayam arab tapi bingung dengan modal yang tidak mencukupi. Kita dapat memanfaatkan cara dengan skala kecil. Dengan skala kecil kita dapat beternak ayam arab dengan jumlah 15 ekor. Karena ayam arab merupakan tipe ayam yang sedikit dalam mengkonsumsi pakan, maka dengan skala kecil ini kita dapat menghemat jumlah pengeluaran untuk membeli pakan. Biasanya ternak ayam dengan skala kecil ini , telur yang diproduksi hanya akan dikonsumsi sendiri.

Pakan Ayam Arab

Pakan ayam arab yang baik sangat mempengaruhi kualitas telur yang dihasilakan oleh ayam arab. Pemberian pakan ayam yang baik serta kebersihan kandang akan menjamin kesehatan ayam. Pakan yang baik untuk diberikan ke ayam arab adalah jenis voor, jagung yang ditumbuk halus, dan dedak.

"<yoastmark

Pakan ayam petelur yang berkualitas harus mengandung unsur protein, mineral, karbohidrat, lemak dan juga vitamin. Untuk pemberian pakan ini, peternak harus memperhatikan skala perbandingan agar pakan yang diberikan sesuai dengan usia dan kondisi ayam arab. Jika pemberian pakan kurang baik ini akan mengakibatkan pertumbuhan kurang produktif akibat lemak yang tidak sebanding dengan pembentukan telur ayam arab.

Pakan alternatif lain yaitu seperti :

Selain menggunakan pakan tersebut, peternak juga dapat meracik sendiri pakan alternatif berupa dedak halus, konsentrat, dan jagung larutan air yang ada dalam pakan haruslah seimbang. Agar pada saat diberikan ke ayam, ayam tidak mengalami keseratan. Dan pemberian tempat minum pada kandang ayam harus sebanding dengan jumlah pakan yang disediakan.

Telur Ayam Arab

Pada umumya telur ayam arab warnanya hampir sama dengan telur ayam kampung. Yang membedakan adalah warna cangkang diantara keduanya, telur ayam arab cenderung berwarna putih sedangkan cangkang telur ayam kampung berwarna coklat keputihan.Warna telur ayam arab berwarna kuning jingga kemerahan, untuk ayam kampung berwarna kuning. Berat telur ayam arab lebih ringan dibanding telur ayam kampung. Produktivitas telur ayam arab lebih baik dibandingkan dengan produktivitas telur ayam kampung.

Telur Ayam Arab siap di Distribusikan 1
Telur Ayam Arab

Ada berbagai macam manfaat yang dihasilkan oleh telur ayam arab diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan Karotenoid yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan dan penetralisir radikal bebas di tubuh. Meningkatkan kecerdasan otak, telur ayam arab mengandung AA dan DHA yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, kandungan omega 3 juga meningkatkan elastilitas pembuluh darah sehingga menurunkan resiko sakit jantung dan juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dari telur ayam arab.

Ayam Petelur

Ayam Arab merupakan jenis ayam kampung, ayam arab tercipta dari persilangan antara ayam dari Belgia dengan ayam jawa. Asal mula ayam arab berasal dari Eropa atau Belgia. Ayam arab mulai berkembang pada tahun 1990 di Jawa Timur. Disebut sebagai ayam arab karena memiliki sisi yang mencolok, yaitu pola warna putih kehitam – hitaman yang terdapat pada tubuhnya. Motif yang ada pada tubuh ayam arab hampir sama dengan sorban.

Ayam Arab
Ayam Arab

Pemanfaatan ayam arab terdapat pada telurnya.Sebagian masyarakat lebih memanfaatkan telur ayam arab, karena telur ayam arab mengandung nutrisi dan protein yang tinggi serta kandungan lemaknya lebih rendah dengan kandungan lemak yang terdapat pada ayam lain.Kualitas yang dihasilkan telur ayam arab terdapat pada kulit cangkang yang tebal, ukuran kuning telur yang lebih besar, rasa yang gurih, dan tidak amis.

Keunggulan Beternak Ayam Arab

Keungulan dalam beternak ayam arab terdapat pada efisiensi pemberian pakan.Ayam Arab termasuk tipe ayam kecil, sehingaa konsumsi pakan relatif lebih sedikit sehingga lebih efisien. Ayam Arab hanya membutuhkan 80 gram pakan per ekornya dalam sehari. Ayam Arab mampu memproduksi telur sebanyak 80 – 90%. Berat telur Ayam Arab sekitar 40 – 45 gram.Ayam arab dapat menghasilkan telur sekitar 250 – 260 butir setiap tahunnya.

Ayam arab dikategorikan sebagai ayam petelur dikarenakan, ayam arab tidak mempunyai sifat mengeram.Tetapi ayam arab tetap dapat dipelihara dengan sistem baterai agar telur ayam arab dapat menetas. Ayam arab relatif mampu beradaptasi dengan lingkungan serta tahan terhadap penyakit.

Jenis ayam Arab ini mempunyai daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam arab dapat kawin sebanyak 3 kali. Hal ini dapat memacu prodiktifitas telur agar menghasilkan telur yang banyak. Dalam pemeliharaan ayam arab harus dilakukan secara intensif agar mendapatkan produksi telur yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Arab di tempat kami menyediakan bibit Ayam Arab. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
bibit ayam arab petelur,kandang ayam arab petelur,ayam arab jantan,harga ayam arab petelur,ternak ayam arab skala kecil,pakan ayam arab,telur ayam arab,ayam petelur

“Nuraaasikin”
*.


3 Comments

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer Terbaru · November 7, 2018 at 8:50 am

[…] Mudahnya Berbisnis Ayam Arab Petelur […]

Panduan Dalam Beternak Ayam Arab Petelur - hobiternak.com · November 6, 2018 at 3:50 am

[…] Mudahnya Berbisnis Ayam Arab Petelur […]

Mengenal Ternak Ayam Arab Sebagai Ayam Petelur yang Menjanjikan - hobiternak.com · October 31, 2018 at 2:00 am

[…] Mudahnya Berbisnis Ayam Arab Petelur […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: