6 Hal Penting dalam Pembuatan Kandang Ayam Arab Petelur

Dalam pemeliharaan ayam arab peternak harus memperhatikan teknik serta sistem yang baik. Pemeliharaan kandang yang baik akan menunjang kesehatan pada ayam arab. 

Kandang merupakan rumah tempat berlangsungnya perkembangbiakan. Terutama untuk tempat berteduh serta untuk menghindarkan ayam dari berbagai marabahaya yang mengancam termasuk serangan hewan buas.

Ayam Arab Petelur
Ayam Arab Petelur dengan sistem kandang baterai memudahkan peternak dalam memanen telur nya dan mengontrol produktivitas ayam setiap ekornya.

Kandang yang bersih, aman dan nyaman akan menghindarkan ayam dari stress dan terserang nya berbagai penyakit sehingga ayam arab mampu memproduksi telur yang baik.

Kandang memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

  • Sebagai tempat ayam untuk bertelur dan kawin.
  • Memudahkan pemeliharaan
  • Mempermudah pengendalian terserang nya penyakit pada ayam
  • Tempat berlindung nya ayam dari panas matahari, hembusan angin, terpaan hujan serta serangan binatang buas
  • Mempermudah dalam pengambilan telur

6 Hal Penting dalam Pembuatan Kandang Ayam Arab Petelur

  1. Usahakan bentuk kandang ayam arab menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang.
  2. Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%.
  3. Menurut aturan jarak kandang dengan pemukiman 500 meter dari pagar terluar. Namun hal ini bisa dikomunikasikan terlebih dahulu dengan masyarakat atau penduduk sekitar.
  4. Dinding kandang ayam arab di buat tidak rapat sehingga sirkulasi angin berganti dengan baik.
  5. Perhatikan arah angin yang paling kencang dan pastikan posisi kandang tidak melawan arah angin tersebut.
  6. Atap di buat seperti huruf A dengan bagian tengah lebih tinggi, sehingga air hujan akan meluncur ke samping.

Macam – macam kandang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Koloni, yakni satu kandang diisi dengan jumlah ribuan ayam petelur.
  • Individual, yakni satu kotak kandang ayam diisi satu ekor ayam petelur. Kandang in lebih dikenal dengan sebutan cage. Sistem kandang ini banyak digunakan dalam peternakan ayam petelur komersial.

Berdasarkan model konstruksinya, ada tiga bentuk kandang ayam arab yang dapat digunakan untuk pemeliharaan ayam petelur secara instensif, yaitu sebagai berikut :

  1. Ren
    Kandang ini dibuat dengan sistem rumahan dan ruangan terbuka untuk tempat umbaran dan tempat bermain ayam petelur.
  2. Postal
    Kandang ayam arab jenis ini merupakan kandang rumahan, ayam selalu didalam kandang tanpa adanya tempat umbaran. Sehingga ketika ayam terjangit penyakit, ini akan lebih cepat tersebar virusnya.
  3. Baterai
    Kandang ini berbentuk sangkar empat persegi panjang yang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau pun bertingkat tiga. Kandang ayam arab jenis ini memiliki vertilisasi yang sangat baik karena udara dapat leluasa masuk kedalam kandang.

    Selain itu kandang ayam arab sistem baterai ini juga tidak memakan tempat yang banyak, memudahkan pengawasan, pemanenan, memacu produktifitas ayam, takaran makan dapat tercukupi dan memudahkan dalam pembersihan kandang.

    Modal yang dikeluarkan untuk membuat kandang ayam arab sistem baterai memang terlihat lebih besar, tetapi ini merupakan investasi awal karena kandang ini dapat digunakan berulang kali.

Ayam Arab Jantan sebagai Penghasil Ayam Pedaging yang Baik

Ayam Arab Jantan dewasa dapat mencapai tinggi sekitar 35 cm, dengan bobot 1,5 – 2 kg per ekornya. Ciri khusus ayam arab jantan terdapat pada bulu kepala dan leher yang berwarna putih. Pada bulu dada dan sebagian ekornya berwarna hitam.

Ayam arab memiliki daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam arab jantan dapat kawin sebanyak tiga kali.

Ayam Arab Pejantan
Ayam Arab Pejantan

Saat masih baru menetas anak ayam arab jantan dan betina. Namun bila di perhatikan anakan jengger ayam arab jantan sudah tumbuh dalam waktu seminggu. Ketika sudah tumbuh dewasa jengger nya tebal, berdiri tegak, berwarna merah dan bergerigi.

Postur badannya kekar, dengan dada tegak dan lebar. Ayam arab betina sekilas bentuknya hampir sama dengan ayam arab jantan, yang membedakan terdapat pada jengger nya yang berbeda atau lebih kecil.

Baca juga :

Harga Ayam Arab

Ayam arab merupakan ayam petelur yang memproduksi telur dengan baik. Dalam satu tahun ayam arab mampu menghasilkan telur sebanyak 250 – 260 butir. Untuk harga ayam arab petelur dipasaran relatif terjangkau bila di bandingkan dengan telur ayam kampung.

Untuk harga ayam arab siap telur atau indukan memang relatif cukup mahal. Karena pada saat di jual ayam arab indukan sudah memasuki masa produksi telur. Masa produksi telur ayam arab betina terjadi pada saat ayam arab memasuki umur 6 bulan.

Bila ingin memulai ternak dari kecil atau DOC. Harga doc ayam arab relatif lebih murah bila dibandingkan dengan membeli yang sudah besar atau siap produksi.

Ternak Ayam Arab Skala Kecil

Bagi peternak yang ingin menjalankan usaha ternak ayam arab tapi bingung dengan modal yang tidak mencukupi. Kita dapat memanfaatkan cara dengan skala kecil. Untuk memulainya bila dana terbatas cukup 2 atau 3 ekor tidak mengapa. Anda bisa mendapatkan indukan siap produksi di hobiternak.com.

Karena ayam arab merupakan tipe ayam yang sedikit dalam mengkonsumsi pakan, maka dengan skala kecil ini kita dapat menghemat jumlah pengeluaran untuk membeli pakan. Biasanya ternak ayam dengan skala kecil ini , telur yang diproduksi hanya akan dikonsumsi sendiri.

Pakan Ayam Arab

Pakan adalah asupan makanan yang diberikan kepada hewan sebagai sumber energi dan sumber materi bagi pertumbuhan hewan.

Pemberian pakan ayam arab yang baik akan menunjang Produktifitas telur ayam arab. Karena keunggulan ayam terdapat pada telur nya, maka pemberian pakan harus mengandung vitamin dan nutrisi yang baik.

Pakan Ayam Arab
Pakan Ayam Arab

Komposisi utama pada pakan ayam yang harus dipenuhi adalah kandungan protein nya. Protein akan mempengaruhi produktivitas ayam, terutama produktivitas pada telur ayam arab. Adapun pakan yang baik untuk ayam arab petelur adalah :

1. Jagung Giling

"<yoastmark

Jagung giling dapat menyumbang lebih dari separuh energi bagi ayam sehingga menunjang kesehatan ayam tersebut. Jenis jagung mengandung serat, vitamin C, asam lemak omega-6, vitamin B, kalium, fosfor, lemak tak jenuh, magnesium dan zat besi.

2. Dedak atau Bekatul

pakan ayam pejantan
Bekatul

Dedak atau Bekatul merupakan pakan dengan harga relatif murah. Bekatul ini berasal dari ampas atau sisa kulit padi yang sudah digiling menjadi lembut.

Bekatul mengandung beberapa kandungan nutrisi, seperti protein, natrium, dan lemak. Jika ingin menggunakan dedak, jangan lupa menyelinginya dengan pakan jenis lain yang dapat melengkapi nilai gizi dan nutrisi dari bekatul ini.

3. Limbah Gandum

Limbah gandum atau bisa disebut sebagai pollard mengandung serat kasar dan energi metabolisme yang rendah dan kualitasnya lebih baik daripada jagung. Pemberian pollard ini sebaiknya dibarengi dengan pakan butiran yang kaya akan protein.

4. Tepung Tulang

"<yoastmark

Pakan jenis tepung tulang memiliki nilai nutrisi yang cukup besar karena mengandung fosfor, kalium, nutrium, mangan, kalsium dan magnesium. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana seperti tulang ikan tuna tetapi kandungan nutrsi yang ada didalamnya mampu mencegah pengeroposan tulang pada ayam arab. Serta membuat cangkang telur lebih tebal.

5. Ubi yang telah dicincang

Mesin Pencincang Ubi untuk pakan ayam
Mesin Pencincang Ubi untuk pakan ayam


Ubi yang telah di giling atau di potong halus juga bisa di berikan untuk ayam arab. Banyak juga yang menggunakan mesin pencincang ubi agar proses pembuatan lebih mudah.

6. Sorgum

Sorgum
Sorgum

Sorgum selain biasa di berikan untuk pakan kambing dan sapi, bahan ini juga bisa kita berikan untuk ternak ayam arab. Kandungan karbohidratnya mirip dengan gandum yang bisa menaikkan bobot ayam arab.

7. Tepung Ikan

ternak bebek petelur
Tepung Ikan

Limbah ikan di daerah produksi ikan biasanya kurang di manfaatkan secara maksimal. Limbah ikan ini bisa di buat tepung dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga cocok untuk memompa produksi telur ayam arab.

8. Tepung Keong Mas

Budidaya Bebek
Tepung Keong Mas

Di beberapa daerah keong menjadi hama yang tidak menguntungkan. Namun dengan sedikit saja kreatifitas keong hama ini bisa di rubah menjadi tepung. Dan tentu saja tepung keong ini bisa di adu dengan tepung ikan perihal kandungan proteinya.

Jika Anda ingin memelihara ayam arab baik untuk petelur maupun pedaging. Anda bisa hubungi kami untuk pengadaanya. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan bisa hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
kandang ayam arab, ayam arab jantan, harga ayam arab, ternak ayam arab skala kecil, pakan ayam arab, ayam arab petelur, telur ayam arab ,ayam arab merah, harga ayam arab petelur

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

*_Nuraaasikin_*

5/5 - (2 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 2: Facebook.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 5: Pixabay.com
  • Mesin Pencincang Ubi untuk pakan ayam: youtube
  • image 7: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA