Kandang Baterai cocok Ayam Arab Petelur

Pembuatan Kandang Ayam Arab Yang Intensif dan Pakan Ayam Arab

Kandang Ayam Arab – Dalam pemeliharaan ayam arab, harus memperhatikan teknik serta sistem yang baik. Pemeliharaan kandang yang baik akan menunjang kesehatan pada ayam arab.Kandang merupakan rumah tempat berlangsungnya perkembangbiakan. Terutama untuk tempat berteduh, untuk menghindarkan ayam dari berbagai marabahaya yang mengancam termasuk serangan hewan buas.

Ayam Arab Petelur
Ayam Arab Petelur

Kandang yang bersih, aman dan nyaman akan menghindarkan ayam dari stress dan terserangnya berbagai penyakit sehingga ayam arab mampu memproduksi telur yang baik.

Kandang memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

  • Sebagai tempat ayam untuk bertelur dan kawin.
  • Memudahkan pemeliharaan
  • Mempermudah pengendalian terserangnya penyakit pada ayam
  • Tempat berlindungnya ayam dari panas matahari, hembusan angin, terpaan hujan serta serangan binatang buas
  • Mempermudah dalam pengambilan telur

Kontruksi ayam petelur yang baik, harus memenuhi syarat agar menjamin keberlangsungan hidup ayam.

Syarat tersebut diantaranya :

  1. Usahakan bentuk kandang ayam arab menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang.
  2. Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%
  3. Buatlah kandang memanjang dari bambu yang terdiri dari beberapa kamar yang bersebelahan dan satu kamar diisi oleh satu ayam betina.
  4. Untuk satu kamar usahakan ukuran panjang ke belakang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 40 cm. Ukuran ini tidak terlalu besar, dan jika terlalu besar akan membuat ayam bergerak bebas sehingga ayam tidak optimal dalam memproduksi telur.
  5. Buatlah alas pada kandang ayam sedikit miring atau menurun, hal ini bertujuan untuk memudahkan telur menggelinding dengan sendirinya ke tempat penampungan telur.
  6. Jangan lupa lengkapi kandang dengan perlengkapan litter(alas lantai), tempat bertengger, tempat makan, minum, bertelur dan berbagai keperluan hidup ayam.

 

Macam – macam kandang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Koloni, yakni satu kandang diisi dengan jumlah ribuan ayam petelur.
  • Individual, yakni satu kotak kandang ayam diisi satu ekor ayam petelur. Kandang in lebih dikenal dengan sebutan cage. Sistem kandang ini banyak digunakan dalam peternakan ayam petelur komersial.

 

Berdasarkan model konstruksinya, ada tiga bentuk kandang yang dapat digunakan untuk pemeliharaan ayam petelur secara instensif, yaitu sebagai berikut :

  1. Ren
    Kandang ini dibuat dengan sistem rumahan dan ruangan terbuka untuk tempat umbaran dan tempat bermain ayam petelur.
  2. Postal
    Kandang jenis ini merupakan kandang rumahan, ayam selalu didalam kandang tanpa adanya tempat umbaran. Sehingga ketika ayam terjangit penyakit, ini akan lebih cepat tersebar virusnya.
  3. Baterai
    Kandang ini berbentuk sangkar empat persegi panjang yang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau pun bertingkat tiga.Kandang jenis ini memiliki vertilisasi yang sangat baik karena udara dapat leluasa masuk kedalam kandang.
    Selain itu kandang ini juga tidak memakan tempat yang banyak, memudahkan pengawasan dan pemanenan, produktifitas yang tinggi, takaran makan dapat tercukupi, serta memudahkan dalam pembersihan kandang. Modal yang dikeluarkan untuk membuat kandang cukup besar, tetapi ini merupakan investasi awal karena kandang ini dapat digunakan berulang kali.

Ayam Arab Jantan

Ayam Arab Jantan dewasa dapat mencapai tinggi sekitar 35 cm, dengan bobot 1,5 – 2 kg per ekornya. Ciri khusus ayam arab jantan terdapat pada bulu kepala dan leher yang berwarna putih. Pada bulu dada dan sebagian ekornya berwarna hitam.

Ayam arab memiliki daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam arab jantan dapat kawin sebanyak tiga kali.

Ayam Arab Pejantan
Ayam Arab Pejantan

Saat masih berumur anakan jenger ayam arab jantan sudah tumbuh dalam waktu seminggu. Ketika sudah tumbuh dewasa jenggernya tebal, berdiri tegak, berwarna merah dan bergerigi. Postur badanya kekar, dengan dada tegak dan lebar. Ayam arab betina sekilas bentuknya hampir sama dengan ayam arab jantan, yang membedakan terdapat pada jenggernya yang berbeda.

Baca juga :

Harga Ayam Arab

Ayam arab merupakan ayam petelur yang memproduksi telur dengan baik. Dalam satu tahun ayam arab mampu menghasilkan telur sebanyak 250 – 260 butir. Dengan demikian pasti akan mempengaruhi harga indukan ayam arab dipasaran. Untuk harga ayam arab petelur dipasaran relatif terjangkau.

Untuk harga indukan ayam arab memang relatif cukup mahal. Karena pada saat dijual ayam arab indukan sudah memasuki masa produksi telur. Masa produksi telur ayam arab betina terjadi pada saat ayam arab memasuki umur 6 bulan.

Ternak Ayam Arab Skala Kecil

Bagi peternak yang ingin menjalankan usaha ternak ayam arab tapi bingung dengan modal yang tidak mencukupi. Kita dapat memanfaatkan cara dengan skala kecil. Dengan skala kecil kita dapat beternak ayam arab dengan jumlah 15 ekor. Karena ayam arab merupakan tipe ayam yang sedikit dalam mengkonsumsi pakan, maka dengan skala kecil ini kita dapat menghemat jumlah pengeluaran untuk membeli pakan. Biasanya ternak ayam dengan skala kecil ini , telur yang diproduksi hanya akan dikonsumsi sendiri.

Pakan Ayam Arab

Pakan adalah asupan makanan yang diberikan kepada hewan sebagai sumber energi dan sumber materi bagi pertumbuhan hewan. Pemberian pakan ayam yang baik akan menunjang produktifitas telur ayam arab. Karena keunggulan ayam terdapat pada telurnya, maka pemberian pakan harus mengandung vitamin dan nutrisi yang baik.

Pakan Ayam Arab
Pakan Ayam Arab

Komposisi utama pada pakan ayam yang harus dipenuhi adalah kandungan proteinnya. Protein akan mempengaruhi produktivitas ayam, terutama produktivitas pada telur ayam arab. Adapun pakan yang baik untuk ayam arab petelur adalah :

1. Jagung Giling

"<yoastmark

 

Jagung giling dapat menyumbang lebih dari separuh energi bagi ayam sehingga menunjang kesehatan ayam tersebut. Jenis jagung mengandung serat, vitamin C, asam lemak omega-6, vitamin B, kalium, fosfor, lemak tak jenuh, magnesium dan zat besi.

2. Dedak atau Bekatul

pakan ayam pejantan
Bekatul

Dedak atau Bekatul merupakan pakan dengan harga relatif murah. Bekatul ini berasal dari ampas atau sisa kulit padi yang sudah digiling menjadi lembut. Bekatul mengandung beberapa kandungan nutrisi, seperti protein, natrium, dan lemak. Jika ingin menggunakan dedak, jangan lupa menyelinginya dengan pakan jenis lain yang dapat melengkapi nilai gizi dan nutrisi dari bekatul ini.

3. Limbah Gandum

Limbah gandum atau bisa disebut sebagai pollard mengandung serat kasar dan energi metabolisme yang rendah dan kualitasnya lebih baik daripada jagung. Pemberian pollard ini sebaiknya dibarengi dengan pakan butiran yang kaya akan protein.

4. Tepung Tulang

"<yoastmark

Pakan jenis tepung tulang memiliki nilai nutrisi yang cukup besar karena mengandung fosfor, kalium, nutrium, mangan, kalsium dan magnesium. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana seperti tulang ikan tuna tetapi kandungan nutrsi yang ada didalamnya mampu mencegah pengeroposan tulang pada ayam arab. Serta membuat cangkang telur lebih tebal.

5. Ubi yang telah dicincang

6. Sorgum

Sorgum
Sorgum

 

7. Tepung Ikan

ternak bebek petelur
Tepung Ikan

 

8. Tepung Keong Mas

Budidaya Bebek
Tepung Kong Mas

Ayam Arab Petelur

Ternak ayam arab petelur memang merupakan potensi usaha yang sangat menguntungkan.Dalam sekali bertelur, ayam arab ini mampu bertelur dalam jumlah yang cukup banyak yaitu 250 -260 butir per tahunnya. Ayam arab bukanlah tipe ayam yang baik dalam mengeram. Dalam proses penetasan telur, telur – telur ayam ini harus ditetaskan sendiri penggunakan mesin penetas khusus. Jadi, proses penetasan telur inilah yang cukup rumit.

Telur ayam arab memiliki berat sekitar 40 – 45 gram. Memiliki volume ukuran kuning telur 53,2% lebih besar daripada kuningan telur ayam kampung. Warna kerabang pada cangkang telur bervariasi yakni putih, coklat dan kekuningan.

Dalam pemberian pakan yang baik pada ayam arab ini sangat menunjang baik tidaknya telur ayam arab. Telur yang tidak baik cangkangnya lembek dan terdapat penebalan kulit dibagian tertentu. Ini pasti akan merugikan peternak ayam arab jika dalam pemeliharaan dan pemilihan telur tidak perhatikan dengan baik.Pakan yang baik haruslah mengandung asupan nutrisi dan protein yang memenuhi syarat pada induk ayam dan pemberian vitamin pada ayam arab sangat dianjurkan.

Ayam Arab Merah

Jenis ayam arab merah merupakan hasil persilangan antara ayam arab silver jantan dengan ayam buras merawang yang memiliki warna bulu merah keemasan bertotol hitam diseluruh tubuh. Dengan warna yang unik ini menambah daya tarik pecinta ayam untuk memeliharanya.

Ayam arab merah jantan memiliki daya seksualitas yang tinggi. Dalam waktu 15 menit ayam arab merah mampu kawin sebanyak 3 kali. Ayam arab merah jantan memiliki suara kokok yang nyaring menyeruapi kokok ayam pelung.

Mengenai asal usul ayam ini, belum dapat memastikan dengan benar karena banyak pendapat yang berbeda disebagian masyarakat.

Postur tubuh ayam arab merah lebih tinggi dibanding postur tubuh ayam arab biasa. Tinggi ayam arab ini dapat mencapai 35 cm, dan warna kaki pada ayam arab merah ini cenderung berwarna keabu – abuan. Dengan bobot sekitar 1,5 – 2 kg.

Karakter fisik pada ayam merah jantan yang mencolok yaitu sikapnya yang selalu waspada dan penuh curiga, gerakannya sangat gesit dan lincah. Sehingga pada saat didekati ayam ini akan langsung lari dan terbang. Ini menjadikan ayam arab merah sangat sulit untuk didekati atau dijinakan.

 

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Arab di tempat kami menyediakan bibit Ayam Arab. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait : 
kandang ayam arab, ayam arab jantan, harga ayam arab, ternak ayam arab skala kecil, pakan ayam arab, ayam arab petelur, telur ayam arab ,ayam arab merah, harga ayam arab petelur

 

*_Nuraaasikin_*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Arab
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: