Telur ayam menjadi makanan favorit masyarakat berbagai kalangan.Cara masaknya yang mudah dan simpel membuat masyarakat tidak enggan untuk mengolahnya menjadi berbagai macam masakan yang dapat menggugah selera.

Rasa yang lezat dan enak dari telur ayam ini hadir dengan berbagai variasi menu makanan berbahan dasar telur.

Saat ini banyak jenis telur ayam yang dapat kita nikmati. Seperti telur ayam putih, telur ayam cokelat, telur ayam kampung dan telur ayam arab serta telur ayam lainnya.

Banyaknya permintaan telur ayam membuat peternak kualahan untuk memenuhi permintaan tersebut. Dengan adanya hal tersebut maka peternak mulai mencari – cari inovasi ayam apa yang bisa menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Dengan berjalannya waktu peternak sudah menemukan ayam yang dapat bertelur banyak dan memiliki kualitas yang bagus. Ayam yang di maksud tersebut adalah ayam arab.

Apa yang di maksud dengan Ayam Arab ?

Ayam arab merupakan jenis ayam buras atau bukan ras. Di Indonesia ayam buras ada beberapa macam yaitu ayam kampung, ayam arab, ayam kedu, ayam wereng, ayam nunukan dan ayam arab. Ayam arab adalah ayam keturuan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Dibandingkan dengan jenis ayam buras lainnya, ayam arab memiliki keistimewaan tersendiri.

Ciri-ciri Ayam Arab

Ciri-ciri ayam arab yaitu memiliki bulu berwarna burik hitam putih, mata hitam legam, paruh dan kaki berwarna hitam kebiru-biruan. Selain itu ayam arab lebih terlihat gagah, indah dan keistimewaan yang paling di tonjolkan adalah memiliki produktivitas telur yang tinggi.

Berikut adalah contoh foto Ayam Arab

Di lihat dari penampakan fisiknya ayam arab ini seperti sedang memakai kerudung putih.

Ukuran ayam arab lebih kecil di bandingkan dengan ayam kampung lokal.  Meskipun begitu kemampuan bertelur ayam arab cukup tinggi yaitu sekitar 225 butir per tahunnya. Ayam arab tidak memiliki sifat mengeram sekuat ayam kampung biasa jadi cocok bila di kembangkan menjadi usaha ternak.

Banyak masyarakat yang memilih  telur ayam arab untuk di jadikan lauk  atau makanan sehari-hari. Alasan mereka karena telur ayam arab ini memiliki beberapa manfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat telur Ayam Arab bagi tubuh :

Mengapa peternak di sarankan untuk beternak Ayam Arab?

Dengan banyaknya permintaan telur ayam, maka peternak harus selektif lagi untuk memilih jenis ayam apa yang harus di kembangkan. Ayam arab inilah yang cocok menjadi pilihan Anda. Ayam arab memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa Anda gunakan untuk pertimbangan.




Saatnya beternak ayam arab petelur

Keunggulan-keunggulan Ayam Arab :

  • Harga DOC dan indukan ayam arab lebih mahal atau tinggi di bandingkan dengan ayam kampung biasa
  • Telur ayam arab memiliki berat 30-35 gram dengan warna kerabang telur putih
  • Ayam arab hampir tidak memiliki sifat mengeram sehingga dapat bertelur dengan panjang
  • Libido seksualitas jantan lebih tinggi, mudah di kawinkan dengan ayam lain dan dalam 15 menit ayam arab dapat kawin 3 kali
  • Ayam arab termasuk tipe ayam kecil, dengan begitu konsumsi pakan akan relatif sedikit sehingga akan lebih efisien.

Peluang usaha Ayam Arab Di Indonesia masih Tinggi

Ayam arab memang merupakan ayam yang diungulkan oleh produksi telurnya yang tinggi. Tetapi siapa sangka jika telur ayam arab tersebut cukup banyak digemari oleh masyarakat sebagai telur yang kaya akan vitamin. 

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan tubuh dan kebutuhan gizi yang cukup, membuat sebagian masyarakat semakin selektif dalam memilih dan mengolah makanan menjadi makanan yang sehat untuk keluarga. Tubuh membutuhkan 1 gram protein per kg berat badan tubuh. Selain mudah diperoleh, telur juga merupakan makanan yang mudah dalam pengelolaannya. Dan pastinya telur ayam terutama telur ayam arab akan mengalami peningkatan disetiap tahunnya. 

Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh peternak di Indonesia maupun wirausahawan baru dalam menjalankan usaha budidayanya ayam petelur arab. Kerena meningkatnya kebutuhan dan permintaan masyarakat inilah yang akan membuat peternak mendapatkan keuntungan tinggi pada setiap tahunnya. 

Saatnya beternak Ayam Arab

Dengan mengambil peluang banyaknya permintaan telur ayam, maka beternak ayam arab saat ini bisa menjadi pilihan. Pemeliharaan ayam arab sama seperti jenis ayam kampung lainnya jadi tidak usah risau. Anda dapat melihat di panduan beternak ayam arab.
Supaya ayam arab rajin bertelur maka pemberian pakan harus tepat dan benar. Penghitungan pakan ayam arab harus di sesuaikan.

DOC Ayam Arab

Dibandingkan dengan ayam kampung yang lainnya harga ayam arab lebih terjangkau dan lebih murah. Dari tahun ke tahun harga ayam arab selalu meningkat, penigkatan tersebut di sebabkan banyaknya permintaan.

Ayam arab (gallus tursicus) adalah salah satu ayam buras yang banyak di produksi sebagai ayam petelur.

Berikut adalah daftar harga ayam arab di Pulau Jawa :

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Pulau Jawa

Harga DOC Ayam Arab : 6.200/ekor

*1 Bok isi 100 Ekor*
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim*

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Sumatera :

Daftar Harga DOD untuk Pulau Sumatera

DOC AYAM ARAB

BATAM 9.200
LUBUK LINGGAU 8.800
PALEMBANG 8.600
PEKANBARU 9.200
LAMPUNG 8.700
PADANG 9.200
PANGKALPINANG 9.000
BENGKULU 9.000
JAMBI 8.800
TANJUNG PANDAN 9.000
MEDAN 9.300
MUARO BUNGO 8.800
TANJUNGPINANG 10.200
ACEH 10.000

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Sulawesi:

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Pulau Sulawesi

DOC AYAM ARAB 

LOMBOK 7.700
MAKASSAR 10.200
BIMA 11.000
PALU 11.200
GORONTALO 11.700
KENDARI 11.100
LUWUK 10.500
KUPANG 11.800
MANADO 11.500
AMBON 12.100
TERNATE 11.700

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Kalimantan:

DOC AYAM ARAB 

BANJARMASIN 9.500
PALANGKARAYA 9.100
SAMPIT 10.300
BALIKPAPAN 10.100
PANGKALAN BUN 9.300
PONTIANAK 9.500
TARAKAN 10.300
BERAU 10.400

Daftar Harga DOC Ayam Arab untuk wilayah Papua:

Daftar Harga DOD Bebek Hibrida untuk wilayah Pulau Papua

DOC AYAM ARAB 

MANOKWARI 13.200
BIAK 15.000
JAYAPURA 14.500
MERAUKE 15.600
SORONG 13.600
TIMIKA 15.100

Untuk pembelian 1 Box isi 100 ekor dan minimal pembelian 5 Box atau 500 ekor. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim, tes laboratorium dan biaya dokumen lengkap lainnya. 

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam arab, kami menyediakan DOC/Bibit Ayam Arab usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk ke wilayah Jawa kami kirimkan via kereta pengambilan di kargo stasiun dan untuk ke Luar Pulau Jawa kami kirimkan via pesawat pengambilan di kargo bandara. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami segera di nomor bawah ini baik via Watsapp, Telepon atau SMS.

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
Ayam arab, harga ayam arab 2019, doc ayam arab, harga doc ayam arab, pakan ayam arab, beternak ayam arab, bibit ayam arab, ayam arab petelur, doc ayam arab petelur

_Meilani Sawitri_


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: