Ayam Cemani

Mengenal Sejarah Ayam Cemani


Sejarah Ayam Cemani

Ayam Cemani adalah ayam hias yang berasal dari Indonesia dengan warna hitam pada sekujur tubuhnya.  Ayam ini lebih tepatnya berasal dari wilayah Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pemilik pertama ayam ini adalah petapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan. Namun, pada waktu itu ayam cemani memiliki paruh dengan warna putih dan digunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat di daerah Ki Ageng Mangkuhan, dan akhirnya penyakit anak tersebut dapat terobati.

Setelah berhasil mengobati anak tersebut, ayam cemani dikawinkan dengan ayam lainnya yang sama sama memiliki warna hitam. Dari hasil perkawinan tersebut, ayam yang menetas justru berwarna hitam legam, termasuk paruhnya juga berwarna hitam. Oleh karena itu ayam tersebut diberi nama ayam cemani, yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya ayam hitam legam.

 

Khasiat yang terdapat pada Ayam Cemani

Khasiat ayam cemani memang cukup banyak, tetapi dikalangan masyarakat ayam cemani banyak dipercaya sebagai ayam sesembahan atau ritual. Padahal kandungan mineral yang di dalam daging ayam cemani sangatlah banyak sehingga dapat melawan berbagai macam bibit penyakit dalam tubuh manusia. Kandungan mineral ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diantaranya menghilangkan sakit kesleo, meningkatkan vitalitas untuk pria, meningkatkan stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menunjang pertumbuhan fisik anak, meningkatkan kesuburan pria dewasa, menghilangkan stress, menjaga keseimbangan kolesterol, dan mencegah radang sendi. Jadi untuk anda yang sering terkena sakit – sakitan dapat diobati menggunakan daging ayam cemani ini.

Semakin banyaknya khasiat yang terdapat pada ayam cemani, maka peternak ayam cemani akan meningkatkan hasil produksi. Dengan semakin banyaknya permintaan dari pelanggan, harga yang ditawarkan di pasaran relatif cukup mahal.Proses perkembiakan ayam cemani memang dibilang cukup sulit.

 

Harga yang ditawarkan

Harga yang ditawarkan dipasaran pun bervariasi, tergantung pada besar kecil ukuran dan usia.Saat ini jumlah ayam cemani semakin menurun oleh karena itu tidak heran apabila harganya mahal.Hal itu disebabkan karena perkembangbiakkannya cukup terbatas dan hanya di wilayah Indonesia dan Eropa saja.

asal usul ayam cemani, cemani sukoharjo, cemani chicken, ayam cemani, kambing gembrong, onagadori
Ayam Cemani Dewasa Jantan

 

Baca juga : 

 

Mengapa warna Ayam Cemani hitam sedangkan telurnya berwarna putih ?

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya mengapa warna ayam cemani bisa hitam. Namun pada penelitian dikatakan warna hitam pada ayam cemani terjadi akibat kondisi genetik unik yang disebut dengan fibromelanosis.

Dan yang paling mengherankan dari ayam cemani adalah telurnya yang berwarna putih. Telur ayam cemani memiliki warna dan bentuk yang sama dengan telur pada umumnya, yaitu berwarna putih tulang atau krem dengan bintik bintik merah muda. Ketika ditelusuri dengan melihat bagian dalam dari telur tersebut pun tetap sama dengan telur ayam pada umumnya. Warna hitam baru muncul setelah embrio ayam cemani muncul.

Menurut penelitian warna telur putih disebabkan karena proses fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam dan tidak menular ke cangkang telur. Hal ini disebabkan cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama di semua jenis ayam. Untuk warna darah ayam cemani, masyarakat belum dapat memastikan warna aslinya, apakah merah atau benar hitam. Tetapi banyak orang mengatakan warna darah ayam cemani ini berwana merah layaknya ayam biasa, hanya saja warna merah ayam cemani lebih pekat atau lebih tua jadi menandakan bahwa warna darah pada ayam cemani ini hampir seperti warna hitam atau merah tua. Selain warna bulu, kulit dan kuku yang terdapat pada tubuh ayam cemani juga berwarna hitam, bahkan daging yang terdapat di tubuh ayam cemani pun juga berwarna hitam.

 

Mitos yang terdapat pada Ayam Cemani

Berbicara tentang mitos ayam cemani . Ayam cemani memang dikatakan sebagai ayam yang mempunyai kekuatan magis yang mampu menangkal bala atau perbuatan jahat. Sekaligus menjauhan dari ganguan makhluk halus.Dikalangan masyarakat, ayam cemani dijadikan sebagai pelengkap upacara adat, dipercaya sebagai penangkal sihir dan pembawa keberuntungan.  Ada berbagai macam jenis ayam cemani yang digunakan untuk upacara sesaji diantaranya, Cemani Widitra merupakan jenis ayam hitam yang mempunyai sapuan dileher, dada, paruh dan selangkangan. Fungsi magisnya sebagai perantara ilmu asmara dan penolak nasib buruk. Cemani Warastratama digunakan untuk upacara adat. Cemani Kaiyaki, yang bulu hitamnya bercampur dengan sedikit warna biru laut.Jenis yang ketiga ini dapat melunturkan santet.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com . Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait:

harga ayam cemani, darah ayam cemani, daging ayam cemani, telur ayam cemani, mitos ayam cemani, khasiat ayam cemani ,ayam cemani adalah

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

1 thought on “Mengenal Sejarah Ayam Cemani”

  1. Pingback: Harga Efektif dan Budidaya Ayam Cemani Walik Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.