Ayam Petelur Layer

6 Hal Penting Mengenai Ayam Petelur yang Dapat Anda Ketahui

Pemasaran ayam petelur di Indonesia cukup tinggi dan bagus. Telur ayam adalah salah satu makanan yang cukup di gemari oleh rakyat di Indonesia. Dari tahun ke tahun permintaan telur ayam semakin meningkat. Dengan adanya hal tersebut maka peluang usaha peternakan ayam petelur merupakan usaha yang cukup potensial bisa menguntungkan. Selama masyarakat masih menyadari akan pentingnya kebutuhan dan kecukupan gizi bagi tubuh manusia maka selama itu pula telur akan selalu tetap di butuhkan. Secara otomatis juga usaha beternak ayam petelur akan tetap berpeluang cukup besar.

Ayam Petelur Layer
Ayam Petelur

Ayam petelur adalah ayam betina yang di pelihara khusus untuk diambil telurnya. Untuk ayam ras petelur sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu petelur medium dan petelur ringan.

Jenis-jenis Ayam Ras Petelur : 

Ayam Petelur Medium

Jenis ayam ini memiliki bobot yang cukup berat dan memiliki produktivitas telur yang cukup tinggi. Selain itu ayam petelur medium juga memiliki daging yang cukup banyak karena memang bentuk badannya  besar. Ayam petelur medium juga disebut dengan ayam dwi guna yang artinya memiliki 2 manfaat yaitu dapat menghasilkan telur dan daging.

Pada umumnya ayam petelur medium bulu dan telurnya berwarna cokelat. Dan sebagai informasi saja untuk telur yang berwarna cokelat harganya lebih mahal di karenakan bobotnya lebih berat di bandingkan dengan yang telur putih. Sebenarnya apabila di lihat dari nilai gizinya telur cokelat dengan telur putih sama hanya saja orang-orang lebih menyukai telur yang berwarna cokelat.

Ayam Petelur Ringan

Jenis ayam ini memiliki ciri-ciri bulu berwarna putih, mata bersinar, badan yang ramping dan warna jengger merah. Ayam petelur ringan ini sering di sebut dengan ayam petelur putih. Ayam petelur ringan dapat menghasilkan telur lebih dari 260 butir per tahun.

Memiliki produktivitas telur yang banyak juga tidak menutup kemungkinan memiliki kekurangan. Kekurangan dari ayam petelur yaitu ayam mudah terkejut. Apabila ayam terkejut maka produksi telurnya dapat menurun, peka terhadap cuaca yang panas dan keributan.

Keberhasilan usaha beternak Ayam Petelur juga di dukung oleh beberapa faktor seperti :

  • Banyaknya bahan baku dari petani, contohnya bekatul, jagung dan lain sebagainya.
  • Banyaknya usaha pembibitan DOC  (bibit ayam ) baik ayam petelur maupun pedaging.
  • Terdapat pabrik yang menyediakan pakan serta obat-obatan yang di butuhkan untuk beternak ayam.
  • Bagaimana cara menyiapkan bibit ayam petelur yang baik untuk kita gunakan ?
  • Menyiapkan bibit juga cukup penting karena ayam petelur dewasa akan berkualitas apabila bibitnya juga berkualitas. Bibit yang berkualitas di dapat dari indukan yang memiliki sifat-sifat unggul.

Berikut adalah sifat-sifat calon induk yang unggul :

  • Memiliki pertumbuhan yang cukup bagus
  • Masa bertelur dalam kurun waktu yang lama
  • Indukan ayam petelur yang bagus cukup tahan terhadap penyakit
  • Memiliki produktivas dan bobot telur yang cukup tinggi
  • Memiliki ukuran tubuh yang normal dengan bobot 35-40 gram
  • Tubuh indukan tampak sehat dan tidak memilii cacat
  • Nafsu makan indukan cukup baik
  • Tidak terdapat bekas tinja dibagian duburnya

1. Bagaimana Pemberian Pakan yang Baik untuk Ayam Petelur ?

Untuk pemberian pakan ayam petelur dibedakan menjadi dua yaitu saat fase starter (usia 0-4 minggu) dan fase finisher (usia 4-6 minggu).

Pakan Fase Starter

Untuk pakan fase starter terdiri dari 22-24% protein, 2,5% lemak, 4% serat kasar, 1% kalsium dan 0,7-0,9% fosfor.

No. Usia Komposisi
1 Minggu 1             ( usia 1-7 hari )  17 gram/hari/ekor
2 Minggu 2             ( usia 8-14 hari ) 43 gram/hari/ekor
3 Minggu 3             ( usia 15-21 hari ) 66 gram/hari/ekor
4 Minggu 4             ( usia 22-29 hari ) 91 gram/hari/ekor

Pakan Fase Finish

Untuk pakan fase finisher terdiri dari 18,1-21,2% protein, 2,5% lemak, 4,5% serat kasar, 1% kalsium dan 0,7-0,9% fosfor.

No. Usia Komposisi
1 Minggu 5             ( usia 30-36 hari )  111 gram/hari/ekor
2 Minggu 6             ( usia 37-43 hari ) 129 gram/hari/ekor
3 Minggu 7             ( usia 44-50 hari ) 146 gram/hari/ekor
4 Minggu 8             ( usia 51-57 hari ) 161 gram/hari/ekor

Selain pakan, Anda juga harus memberikan air minum. Saat hari pertama sebaiknya air minum di tambah dengan gula sebanyak 50 gram per 1 liter dan obat antistres.

2. Bagaimana Pemanenan Ayam Petelur ?

Saat ayam berada pada periode bertelur sebaiknya telur di panen 3 kali sehari hal tersebut dapat mencegah terjadinya kerusakan pada telur ayam. Saat pengambilan telur di letakkan di nampan telur (egg tray). Telur di pisahkan dari telur normal dan abnormal. Ciri-ciri telur normal adalah berbentuk oval, bersih, mulus, berat sekitar 65,6 gram. Sedangakan ciri-ciri telur abnormal yaitu bentuk terlalu kecil dan terlalu besa, berbentuk lonjong dan kulitya retak.

Baca artikel lainnya di : 

3. Lalu, Bagaimana Caranya untuk Mencegah Penyakit pada Ayam Petelur ?

Penyakit itu datang dari beberapa factor yaitu seperti kebersihan pada kandang, pakan yang tidak higienis, cara pemeliharaan yang kurang bagus. Untuk kandang ayam petelur, sebaiknya selalu di bersihkan dan jika ada yang rusak segera di perbaiki. Cara untuk mencegah penyakit atau kebal terhadap penyakit bisa di berikan vaksin. Pemberian vaksin harus di lakukan saat ayam dalam keadaan sehat. Selain itu pemberinanya harus dalam dosis yang tepat.

4. Berapa Modal yang Harus di Keluarkan untuk Beternak Ayam Petelur ?

Untuk beternak ayam petelur Anda harus melalukan persiapan yang matang agar usaha Anda berjalan dengan lancar dan aman. Salah satu hal yang cukup penting untuk di pertimbangkan oleh peternak yaitu modal yang harus di keluarkan. Modal ternak ayam petelur tergantung dengan besar kecilnya kapasitas ayam yang akan  Anda ternakkan. Apabila berkapasitas besar maka modalnya juga besar begitu sebaliknya apabila kapasitas kecil modalnya juga kecil. Cara mengetahui modal tersebut adalah dengan menganalisa terlebih dahulu. Analisa usaha ayam petelur juga sangat penting bagi peternak pemula yang akan memulai usaha beternak ayam petelur.

5. Berapa Harga Ayam Petelur?

DOC Ayam Petelur
DOC Ayam Petelur

Di setiap wilayah harga ayam petelur mempunyai perbedaan, untuk harga ayam petelur siap petelur sekitar Rp 70.000 dan untuk bibitnya atau DOC nya Rp 7.500 per ekornya. Namun untuk harga itu setiap saat bisa mengalami perubahan tergantung tinggi rendahnya permintaan di wilayah tersebut.

6. Apakah bisa Beternak Ayam Petelur namun Skala Rumahan saja?

DOC Ayam Petelur
DOC Ayam Petelur

Beternak ayam petelur itu tidak ada batasannya dari skala kecil (rumahan) atau skala besar (industri) juga bisa. Untuk ternak ayam petelur rumahan biasanya di mulai dari memelihara 100 ekor dahulu atau ternak ayam petelur 100 ekor. Lalu apabila usaha rumahan tersebut berjalan dengan lancar dan semakin menguntungkan maka bisa memperbesar usaha Anda dengan memelihara 1000 ekor ayam petelur atau beternak skala besar (industri).

 Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam petelur kami menyediakan. Kami menyediakan DOC/Bibit Ayam Petelur usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
bibit ayam petelur, modal ternak ayam petelur, ternak ayam petelur rumahan, ayam petelur adalah, ternak ayam petelur 100 ekor, harga ayam petelur siap telur, analisa usaha ayam petelur, kandang ayam petelur

_Meilani Sawitri_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC Ayam Petelur
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.