Sebenarnya Sayap Ayam Itu Fungsinya Buat Apa Sih???

Ayam adalah salah satu jenis unggas yang paling banyak disukai dan diternakan oleh manusia. Ayam terbilang hewan yang sangat dekat dengan manusia. Ada berbagai jenis ayam unik dan lucu yang sudah dipelihara dan dikembangbiakan. Dari ayam yang berpostur paling kecil dan yang paling besar. Sampai dengan  yang berharga murah ke mahal. Ayam dibagi menjadi 3 tipe, yakni ayam pedaging, ayam petelur dan ayam hias. Ayam pedaging contohnya seperti ayam broiler dan ayam kampung super. Ayam petelur contohnya ayam isa brown dan ayam arab. Sedangkan ayam hias contohnya ayam kate, serama, cemani, onagadori dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketiga tipe tersebut sudah banyak dipelihara dan malah dijadikan usaha oleh para pecinta ayam. Banyak orang yang sukses karena ternak ayam. 

Sebenarnya Sayap Ayam Itu Fungsinya Buat Apa Sih ? | thumbnail
Sebenarnya Sayap Ayam Itu Fungsinya Buat Apa Sih ? | thumbnail

Berbicara tentang ayam, pasti banyak yang bertanya-tanya sebenarnya fungsi sayap ayam itu digunakan untuk apa. Mengapa ayam mempunyai sayap, namun tidak bisa terbang tinggi seperti burung. Padahalkan sama-sama sayap ya. 

Promo JOPER NEW - Ayam kampung Super 1

Jadi, sebenarnya ayam itu bisa terbang dengan mengepakan sayapnya, namun sayapnya yang kecil tidak bisa menopang beban tubuh sehingga tidak bisa terbang tinggi dan lama, seperti burung. Sudah ditakdirkan juga oleh Tuhan bahwa ayam hidupnya di daratan. Paruhnya digunakan untuk makan biji-bijian, cakarnya digunakan untuk mengais makanan yang ada ditanah, begitu juga dengan sayapnya. Tidak bisa membayangkan bukan kalau ayam bisa terbang tinggi seperti burung, mungkin kita akan susah untuk memeliharanya.

Ayam meloncat ke tempat yang lebih tinggi menggunakan sayap yang dimilikinya, meskipun tidak terlalu tinggi | Image 1
Ayam meloncat ke tempat yang lebih tinggi menggunakan sayap yang dimilikinya, meskipun tidak terlalu tinggi | Image 1

Meskipun sayap ayam tidak bisa digunakan terbang tinggi seperti burung, namun bukan berarti sayap ayam tidak berguna, sayap ayam memiliki beberapa fungsi dan penting dimiliki oleh ayam. Berikut beberapa fungsi sayap ayam yang perlu kamu ketahui :

1. Digunakan untuk pertahanan diri

Seperti rantai makanan yang ada di ekosistem alam, setiap hewan pasti memiliki hewan pemangsanya. Sama juga, ayam memiliki hewan pemangsa. Lalu bagaimana ayam melindungi dirinya dari hewan pemangsa. Memiliki sayap inilah yang berfungsi untuk melindungi atau membela diri dari ancaman serangan hewan lain. Biasanya hewan pemangsa yang sering memangsa ayam yaitu ular. 

2. Untuk melindungi dan menghangatkan anaknya

Saat telur-telur ayam yang dierami oleh induknya menetas dan menjadi DOC, indukan ayam akan selalu melindungi anaknya supaya terhindar dari ancaman musuh. Nah, sayap inilah yang digunakan untuk melindungi anaknya. Selain itu, sayap juga digunakan untuk menghangatkan tubuh si anak.  

Baca juga : 

3. Sebagai alat bantu untuk melompat

Kadang kita lihat ayam tiba-tiba berada ditempat yang tinggi atau di ranting-ranting pohon. Bagaimana mereka naik? Dengan sayap inilah ayam bisa mencapai ke tempat yang lebih tinggi. Mereka akan mengepakan sayapnya lalu melompat ke tempat yang tinggi. Biasanya ayam bisa menjangkau ketinggian sekitar 2 meter an. 

4. Sebagai alat keseimbangan

Saat ayam akan melompat ke tempat yang tinggi, pasti ayam membutuhkan keseimbangan supaya tidak jatuh. Sayap ayam dapat digunakan sebagai alat keseimbangan. Misalnya, saat turun dari tempat yang tinggi, ayam akan mengepakan sayap untuk menjaga keseimbangan.

5. Melepas rasa lelah

Ayam biasanya akan mengepakan sayapnya untuk mengembalikan kesegaran pada badannya. Selain dikepakkan, biasanya ayam juga akan berkokok. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa ayam sendang mengembalikan kesegaran otot dan tubuhnya. 

Meski tidak bisa terbang seperti burung, sayap ayam memiliki fungsi banyak | Image 2
Meski tidak bisa terbang seperti burung, sayap ayam memiliki fungsi banyak | Image 2

Baca juga :

Jika berbicara tentang ayam memang banyak hal unik lainnya yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Sebenarnya jika kita menekuni untuk memelihara dan mengembangbiakkan ayam, ini bisa menjadi ladang uang dan akan menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Tidak hanya sebagai hobi saja, namun bisa menjadi usaha sampingan bahkan pokok. 

Sudah mulai banyak orang yang beralih dari sebagai pekerja swasta menjadi pengusaha ayam. Mereka tidak lagi bekerja dengan aturan yang dibuat diperusahaan, namun menjadi bos di usahanya sendiri. Hal ini sangat menyenangkan. Menjadi bos atau pimpinan di usaha sendiri akan lebih enak dan lebih fleskibel. 

Orang yang sudah pensiun juga bisa mengisi waktu masa pensiunnya dengan beternak, bisa dimulai dari jumlah yang sedikit lalu jika berjalan dengan lancar dan sukses bisa sedikit demi sedikit ditambah kapasitas ayamnya sehingga usahanya menjadi besar. Selain bisa mensukseskan diri sendiri, dengan beternak juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Di Indonesia jumlah orang yang belum bekerja atau pengangguran masih sangat banyak. Tentu ini akan mengurangi jumlah orang menganggur. 

Itu dia informasi mengenai fungsi sayap pada ayam. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Jika Anda sedang mecari ayam baik ayam produksi atau ayam hias, kami menyediakan. Banyak jenis ayam yang kami sediakan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia baik Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa menggunakan kargo hewan terpercaya. Silahkan hubungi kami sekarang juga di nomor bawah ini :

ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353




Image Sources :

  • thumbnail: chickensandmore.com
  • Image 1: livescience.com
  • Image 2: chickensandmore.com
ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: