Mengenal Ayam Cemani dan Manfaat Telur Ayam Cemani di Kalangan Masyarakat

Akhir – akhir ini banyak orang di kalangan masyarakat yang membicarakan tentang manfaat telur ayam cemani. Sebelum kita mengetahui banyak tentang manfaat telur ayam cemani itu sendiri, mari kita ketahui apa sih ayam cemani itu? Ayam cemani merupakan ayam yang mempunyai ciri khas ayam lokal yang dikembangkan di wilayah Kedu, tepatnya di Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung, dan Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang. Dengan ciri khas lokal inilah yang kemudian dikenal di kalangan masyarakat karena warnanya yang hitam terkecuali hanya pada bagian lidah yang berwarna putih atau abu-abu. Ayam cemani ini sangat terkenal khususnya untuk para penghobi ayam hias untuk dipelihara.

manfaat telur ayam cemani

Manfaat memelihara ayam cemani antara lain sebagai berikut :

1. Menghilangkan rasa sakit keseleo

Salah satu manfaat ayam cemani yang paling sederhana adalah menghilangkan rasa sakit keseleo. Penyakit ini memang terdengar sepele tetapi jangan dianggap ringan juga. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan makan daging ayam cemani. Karena ayam cemani ini mengandung minyak yang diyakini dapat mengobati rasa sakit keseleo.

2. Meningkatkan vitalitas untuk pria

Daging ayam cemani  juga dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria karena tubuh yang diberi protein dapat membuat kualitas sperma akan menjadi lebih baik lagi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita tidak menganjurkan hanya mengandalkan makan daging ayam cemani itu saja, tetapi harus diimbangi olahraga dan makan sayur – sayuran yang bisa membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

3. Meningkatkan Stamina

Kandungan yang terdapat di dalam daging ayam cemani ini dipercaya mampu meningkatkan stamina. Dagingnya yang  berwarna hitam ini memang sedikit menyeramkan, namun manfaat di baliknya sangat luar biasa. Meski warna dagingnya berwarna hitam, daging ayam cemani memiliki rasa gurih, sama seperti ayam kampung pada umumnya. Namun tak jarang orang yang enggan untuk makan daging ayam cemani dengan berbagai alasan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mineral yang terkandung dalam daging ayam cemani tersebut diyakini mampu melawan berbagai bibit penyakit yang terdapat di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi daging ayam cemani kemungkinan besar anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

5. Penting untuk pertumbuhan anak

Pertumbuhan anak-anak harus didukung oleh gizi yang seimbang pula sehingga sangat perlu untuk mendapatkan manfaat daging. Oleh karena itu, dalam masa pertumbuhan anak-anak sangat dianjurkan diberi asupan dari daging ayam cemani. Tidak hanya untuk anak-anak saja, namun baik juga bagi kalangan orang dewasa karena bagus untuk kesehatan tulang.

6. Meningkatkan kesuburan pria dewasa

Tidak hanya mampu meningkatkan stamina saja. Bagi pria dewasa, daging ayam cemani ini juga bagus untuk perkembangan hormon testosteron. Jadi bagi pasangan suami-istri yang mengalami keluhan kesuburan bisa memanfaatkan ayam ini sebagai makanan yang membantu untuk memperlancar sistem reproduksi.

7. Menghilangkan stres

Dengan adanya daging ayam cemani ini diyakini orang mampu menghilangkan stres. Karena dalam ayam cemani terdapat kandungan Zat B5.

8. Menjaga keseimbangan kolesterol

Ayam memang memiliki banyak kandungan lemak, akan tetapi yang perlu anda ketahui juga bahwa kandungan lemak yang terdapat di dalam ayam cemani jumlahnya tidaklah sebanyak yang terdapat di dalam daging kambing. Tidak hanya itu saja, daging ayam cemani juga memiliki zat yang mampu mengontrol keseimbangan kolesterol. Selain terdapat lemak, ayam cemani juga mempunyai kandungan niacin yang mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga daging jenis ayam cemani ini sangat aman untuk penderita kolesterol darah. Agar kandungan lemaknya ini tidak berubah menjadi lemak jahat, maka pengolahannya tidak boleh dengan cara digoreng atau dibakar saja, tetapi sebaiknya dibuat garang asem atau dikukus. Hal ini bertujuan agar lemaknya tidak semakin bertambah banyak akibat dari minyak goreng tersebut.

9. Meningkatkan metabolisme tubuh

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang metabolismenya lancar. Manfaat daging ayam cemani ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung vitamin B6 atau vitamin B kompleks. Metabolisme lancar ini juga bisa mempengaruhi kesehatan sendi, kesehatan pembuluh darah, dan bagian tubuh yang lain.

10. Mencegah radang sendi

Kandungan selenium dan mineral yang terdapat di dalam ayam cemani dipercaya dapat mengurangi gejala radang sendi itu sendiri. Perlu diketahui juga bahwa radang sendi merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan (inflamasi) yang terjadi dalam satu atau beberapa sendi. Gejala yang dirasakan penderita biasanya berupa nyeri, bengkak, kemerahan, atau sensasi hangat pada sendi. Dan apabila gejala tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan maka bisa menyebabkan kelumpuhan sehingga berakibat sulitnya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan gerakan tubuh.

manfaat telur ayam cemani

Selain beberapa manfaat daging ayam cemani di atas, keberadaan unggas yang berwarna hitam ini diselimuti misteri ayam cemani karena sering digunakan sebagai  media tumbal atau korban dalam kegiatan ritual perdukunan. Alasan mengapa ayam cemani ini digunakan salah satu media untuk tumbal atau persembahan adalah karena keseluruhan organ ayam cemani ini yang berwarna hitam. Faktor inilah yang konon katanya paling disukai dedemit dan makluk ghaib lainnya. Di balik warnanya yang hitam ,ayam cemani itu ternyata menyimpan banyak mitos dan keajaiban. Mitos ayam cemani itu sendiri juga sangat terkenal dikalangan masyarakat antara lain adalah digunakan sebagai sarana sesaji, tumbal pesugihan, dan sesembahan danyang. Percaya akan adanya hal itu termasuk golongan orang yang keji.

Meskipun warna tubuh ayam cemani itu berwarna hitam semua tetapi tidak dengan warna darah ayam cemani yaitu berwarna merah tua, layaknya darah ayam lainnya. Makanan ayam cemani asli saat masih anakan yaitu kosentrat starter, ketika ayam cemani sudah menginjak dewasa pemberian makanan baru ditambahkan dengan campuran. Selain berbicara tentang ayam cemani, kita tidak lupa juga mengetahui tentang telur ayam cemani itu sendiri. Karena telur merupakan salah satu komponen penting juga dalam ayam. Ibarat kata pepatah sayur tanpa garam akan hambar. Begitu pula dengan ayam, ayam tanpa telur tidak akan menjadi apa-apa.

manfaat telur ayam cemani

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Axis:
0838-6918-5523

kata terkait :
manfaat memelihara ayam cemani, darah ayam cemani, manfaat daging ayam cemani, misteri ayam cemani, manfaat makan daging ayam cemani, mitos ayam cemani, makanan ayam cemani asli

*Krisna Verawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, Remaja hingga usia Dewasa Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: