Ayam Serama

Ayam Serama Yang Unik


Ayam Serama Yang Unik

"<yoastmark

Ayam Kate adalah jenis ayam yang banyak digemari oleh masyarakat. Jenis ayam kate ini memiliki tubuh yanng mungil dan bentuknya yang unik. Corak dan warna pada ayam kate bervariasi tergantung pada jenis ayam kate itu sendiri. Ayam kate ditemukan pertama kali oleh pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan Pulau Jawa bernama Bantam atau kita sebut sekarang sebagai Provinsi Banten.

Harga ayam kate yang di Indonesia relatif terjangkau. Ini bergantung pada jenis ayam, usia dan ukuran. Harga ayam kate yang ditawarkan dipasaran mulai dari 350 – 500 ribu, tergantung dengan besar kecilnya indukan ayam kate. Dan untuk harga anakan mulai dari 100 – 250 ribu per ekornya.

 

Harga Ayam Kate/Hias Per Ekor :

1 bulan   @ Rp 100,000
2 bulan   @ Rp125,000
3 bulan   @ Rp150,000
4 bulan   @ Rp200,000
5 bulan   @ Rp250,000
Dewasa   @ Rp350,000

 

Meskipun harga ayam kate relatif cukup mahal. Ini tidak mengurangi minat para pecinta ayam kate untuk memilikinya.Bulu, warna dan corak yang bervariasi  yang terdapat pada ayam kate memang sangat menarik para peminat ayam kate, sehingga transaksi penjualan pun tidak pernah surut. Semakin bercorak, maka harga ayam kate pun semakin mahal.

 

 

Ayam Serama

"<yoastmark

Ayam Serama termasuk kedalam golongan ayam kate. Yang membedakan antara ayam serama dengan ayam kate terdapat pada bentuk tubuh dan postur tubuh. Untuk ayam kate bentuk umumnya bentuk badan lebih besar dadanya lurus dan tidak menonjol sedangkan ayam serama bentuk badan lebih kecil, dengan bentuk dada yang sedikit terangkat.

Jenis ayam serama asli, kebanyakan berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Di Indonesia ayam serama mulai dikenal pada tahun 2000an. Nama ayam serama ini diambil dari kata Sri Rama, yang menggambarkan keanggunan, kesatria yang gagah berani.

Pada awalnya ayam serama ini tidak dipelihara dikalangan masyarakat, tetapi hanya dipelihara oleh kalangan raja istana atau bangsawan. Kini ayam serama menjadi primadona para pecinta ayam hias.

Ayam serama dikenal sebagai ayam yang sombong. Mengapa dikatakan begitu ? Karena postur dada yang terangkat dan postur tubuh yang tegak dan tegas membuat ayam ini seperti prajurit yang siap berperang. Ada beberapa tipe pada ayam serama, seperti Ayam Serama Tipe Slim, Ayam Serama Tipe Apel, dan Ayam Serama Jenis Ideal.

Corak warna yang dihasilkan dan postur tubuh yang ideal mampu memikat hati para pecinta ayam serama untuk memiliki dan memelihara. Umumnya berat ayam serama antara 350 gram hingga 500 gram. Tingginya pun hanya sekitar 15 cm. Semakin kecil tubuhnya, maka akan semakin mahal harganya.

Walaupun bertubuhnya kecil, ternyata harga ayam Serama dapat menguras isi dompet. Banyaknya minat para pecinta ayam jenis ini membuat harga yang ditawarkan relatif cukup mahal. Adapun harga ayam yang ditawarkan sebagai berikut :

Harga Ayam Serama Per Ekor

1 Bulan   @ Rp 100,000
2 Bulan   @ Rp125,000
3 Bulan   @ Rp150,000
4 Bulan   @ Rp200,000
5 Bulan   @ Rp250,000
Dewasa   @ Rp350,000

Ayam Serama Kontes

Kini ayam serama telah tersebar di berbagai penjuru Indonesia, banyak kalangan masyarakat mulai memelihara ayam serama ini bukan untuk dikonsumsi tetapi untuk diternakan sebagai ayam hias.

Ayam serama ini dikenal luas sebagai ayam kontes, atau ayam yang dapat dipentaskan. Biasanya kontes ini diikuti oleh ayam serama berjenis kelamin jantan, sebab tubuh mereka jauh lebih gagah.

Banyak para pecinta ayam serama ini mulai melatih ayamnya sedari kecil, seperti berdiri tegak, mengepakan sayap, berjalan maju dan mundur layaknya sesorang sedang peragaan busana. Hal ini dilakukan agar pada saat dipentaskan ayam ini mampu menunjukan gaya yang dapat membius mata para juri dan penonton yang menyaksikan.

Baca Juga : 

Ayam Serama Betina

Ayam serama betina biasanya bertelur pada usia 4 – 8 bulanan. Untuk satu kali bertelur, ayam serama ini mampu bertelur hingga 17 butir. Dan baru akan menetas selama 21 minggu atau 3 minggu. Anak ayam serama dapat bertahan 1 – 3 hari tanpa makan dan minum, ini dikarenakan adanya cadangan makanan pada tubuh ayam serama.

Dalam perawatan anak ayam kate bukanlah hal gampang, membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Karena anak ayam ini  memerlukan keseimbangan pertumbuhan yang seimbang antara suplay makanan dan tempat perlindungan dari induknya yang selalu melindungi dari suhu atau udara yang dingin. Pemberian pakan yang baik juga memerlukan perhatian yang khusus dari pemeliharaanya.

Agar pertumbuhan anak ayam serama tetap prima, maka ayam harus rutin diberikan pakan dengan bentuk – bentuk makanan dan vitamin yang baik untuk ayam. Untuk pakan ayam yang dapat kita berikan pada ayam usia 1 – 2 bulan dengan diberikan voor dan campuran jagung yang telah ditumbuk halus.

Ayam Serama terlihat unik karena bentuknya yang lucu. Kami menyediakan Ayam Serama berbagai usia, dari anakan sampai indukan. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan Ayam Serama berkualitas.

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

 

Ayam serama dari peternakan kami siap kirim ke Jawa dan luar jawa. Untuk pengiriman ayam serama ke luar pulau, kami biasanya menggunakan pesawat.

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

Kata terkait:

harga ayam serama , jual ayam serama , ayam serama kontes , ayam serama asli , ayam serama betina , ayam kate

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Serama
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: