Mengenal Ayam Kate Sebagai Jenis Ayam Hias Asli Indonesia – Apakah Anda memiliki pekarangan rumah yang kosong dan berencana akan dijadikan ladang yang dipenuhi dengan ayam yang indah dan enak dipandang? Namun, Anda khawatir, ayam merasa tidak nyaman karena terlalu sesak sehingga ayam tidak bisa berkembang biak? Oleh karena itu, Anda coba untuk beternak ayam kate. Mengapa kami menyarankan untuk beternak ayam kate? Ayam kate merupakan jenis ayam yang unik. Ayam Kate merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki tubuh mungil dan menggemaskan. Ukurannya hanya satu setengah sampai tiga perempat ayam biasa. Untuk jenis ayam kate simbar, memiliki kaki yang berbulu. Hal ini menambah kesan unik atau beda dari yang lain.

Ayam Kate atau ayam katai dalam bahasa Inggrisnya sering disebut sebagai Ayam Bantam karena asal mula ayam ini berasal dari Banten. Dan tak jarang jenis ayam ini sering dijadikan sebagai salah satu ayam hias yang banyak dibudidayakan oleh para kolektor. Meskipun ayam ini tidak cocok jika dijadikan sebagai ayam petelur maupun ayam pedaging, namun jenis ayam ini cukup cocok jika digunakan sebagai ayam hias rumah Anda memiliki keindahan pada bulunya.

Jenis Ayam Kate
Jenis Ayam Kate

Ayam Kate memiliki postur  tubuh yang berbeda dari jenis ayam lainnya. Jenis ayam ini memiliki tubuh yang mungil dan unik. Ayam ini merupakan jenis ayam yang jinak, manja juga mengenal pemiliknya. Namun jika dilihat pada warna bulunya serta tinggi tubuhnya, dapat dibedakan dalam beberapa ragam, antara lain : Ayam kate emas , ayam kate putih , ayam kate bangkok, dan ayam kate serama.

Dalam Budidaya Ayam Kate, Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Adalah :

1. Pakan

ayam kate
Dedak

Pakan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ayam. Jenis pakan yang diberikan sama halnya dalam pemberian pakan pada jenis ayam lainnya. Hanya saja, untuk ayam kate porsinya lebih sedikit mengingat badannya yang kecil. Ayam kate akan makan jika lapar, jadi Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak memberikan pakan pada ayam kate.

Makanan ayam kate dapat berupa bekatul, dedak, jagung, gabah beras serta jenis kacang-kacangan lainnya. Namun pada anakan ayam dapat diberikan voer yang dapat dicampurkan dengan berbagai jenis irisan sayuran seperti kangkung, bayam dan lainnya dengan harapan dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam karena voer mengandung banyak protein yang tinggi. Penting juga menjaga kebersihan pakan maupun air minumnya agar tidak terserang penyakit. Ayam kate sesekali juga diberikan buah-buahan seperti strowberry, semangka dan labu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

2. Kandang Ayam Kate

ayam kate
Kandang

Sama seperti manusia, kandang berperan sebagai rumah bagi ayam kate. Sehingga, kandang sebaiknya dibuat kokoh dan aman dari serangan baik itu predator maupun manusia. Dalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dapat dilakukan setiap hari. Mulai dari membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun sisa-sisa pakan. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ayam tersebut.

3. Produktivitas

Telur Ayam Kate
Telur Ayam Kate

Dalam produktifitasnya, untuk saat ini pemeliharaan Ayam Kate dari tahun ke tahun mengalami peningkatan beriringan dengan semakin meningkatnya peminat jenis ayam ini. Ayam kate bertelur tidak  untuk dikonsumsi melainkan untuk ditetaskan kembali, meskipun tak jarang juga telur ayam ini dikonsumsi. Telur ayam kate memiliki rasa yang enak gurih dan baik untuk kesehatan.

Tidak hanya telurnya saja, banyak masyarakat yang memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Bahkan kotoran ayam kate tidak terbuang begitu saja, setelah ditumpuk beberapa hari kemudian dijadikan pupuk kandang yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai pupuk alami yang cukup baik untuk pertumbuhan tanaman.

Berikut Daftar Harga Ayam Kate Per Ekor :

Harga Ayam Kate
1 Bulan Rp100.000/ekor
2 Bulan Rp125.000/ekor
3 Bulan Rp150.000/ekor
4 Bulan Rp200.000/ekor
5 Bulan Rp250.000/ekor
Indukan Rp350.000/ekor
Jantan 5 Bulan Rp300.000/ekor
Indukan Jantan Rp400.000/ekor

Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga ayam kate, salah satunya usia. Semakin dewasa usianya, maka semakin tinggi pula harganya. Namun, coba kita amati kembali. Harga anakan usia 1 bulan saja mencapai 100.000. Hal ini bisa dijadikan bisnis Anda selain hanya sebagai hobi.

Selain itu, warna bulu ayam kate juga berpengaruh pada harga. Apabila bulunya pucat, tentu saja harga penawarannya akan rendah. Berbeda jika warnanya tajam dan menarik, Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi.

Faktor lain yaitu kesehatan ayam. Mengapa demikian? Ketika ada yang tertarik untuk beternak dan menjadikannya sebagai bisnis, tentu saja ia mencari indukan yang bagus dan sehat agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas.

Tidak hanya di Indonesia, jenis ayam ini sudah berkembang pesat hingga mancanegara. Hal ini menyebabkan jenis ayam kate memiliki banyak penggemar yang tersebar ke berbagai negara.

Berbagai Jenis Ayam Kate

1. Ayam Kate Sebagai Pertunjukkan

Ayam kate sebagai pertunjukan sangat cocok digunakan sebagai ayam hias di rumah Anda. Dikarenakan jenis ayam ini memiliki tubuh yang ramping dengan kaki yang panjang serta untuk jenis ayam sebagai pertunjukan ini cukup cocok digunakan sebagai ayam hias karena memiliki pergerakan yang aktif.

2. Ayam Kate Jambul Mekar dan Tanpa Bulu Kaki

Sesuai dengan namanya, ayam ini memiliki jambul berbentuk mekar dan memiliki kaki yang sedikit lebih kecil dan tidak berbulu.

3. Ayam Kate Tanpa Bulu Kaki Lainnya

Jenis ayam kate ini tidak memiliki bulu pada kakinya

4. Ayam Kate Berbulu

Pada jenis kate ini yang umumnya memiliki bulu diseluruh badannya hingga ujung kakinya.

5. Ayam Kate Betindo

Ciri khasnya yaitu memiliki bulu berwarna putih dengan tambahan garis berwarna hitam. Bulu pada bagian leher belakang bersurai. Jenggernya berwarna merah menyala dan berbentuk seperti mawar.

6. Ayam Kate Lokal

Ayam jenis ini hampir sama dengan jenis kate jepang. Bulunya berwarna putih, jenggernya besar dan berwarna merah. Kaki pendek berwarna abu-abu, paruh dan kukunya berwarna putih.

7. Ayam Kate Jepang

Memiliki bulu berwarna kuning keemasan, dengan tambahan putih pada bagian ekornya.  Jengger dan pialnya berukuran besar dan berwarna merah. Kakinya pendek berwarna kuning campur jingga.

Selain jenis Ayam Kate yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa jenis lainnya antara lain ayam kate emas, ayam kate putih, ayam kate jepang, kate bangkok, kate jepang. Tentu saja jenis ayam kate yang bagus ini menjadi buruan kolektor atau penghobi ayam kate di mana saja.

Ayam Kate

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam kate, di tempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
jenis ayam kate yang bagus, makanan ayam kate, harga ayam kate, ayam kate jepang, ayam kate bertelur, kandang ayam kate, ayam kate emas, ayam kate putih,

*Viky Ristiyarti*


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: