Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang saat ini cukup digemari. Namun, masih banyak yang kesulitan membedakan ayam serama dengan ayam kate. Sekilas ciri-ciri serama dengan ayam kate memang terlihat sangat mirip. Namun bagi pecinta ayam hias dan sudah berpengalaman beternak, membedakan kedua jenis ayam ini cukup mudah.

perbedaan ayam kate dan serama
Ayam Kate

Dilihat dari postur tubuhnya, ayam serama dan ayam kate memang sama-sama kecil. Namun, apabila ayam kate dan ayam serama disandingkan, ayam serama berukuran lebih kecil dibandingkan ayam kate. Ayam serama betina biasanya memiliki berat sekitar 300 gram, sedangkan ayam kate bisa mencapai berat 500 gram. Bisa dibayangkan, ayam serama hanya sebesar satu genggaman tangan orang dewasa saja. Kecil sekali ya.

perbedaan ayam kate dan serama
Ayam Serama

Meskipun demikian, ayam serama lebih banyak peminatnya dibandingkan ayam kate. Harga ayam serama lebih mahal dibandingkan ayam kate, terlebih jika serama tersebut sering mengikuti kontes dan menang, harga serama kontes bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi memelihara ayam serama unggulan, selain sebagai koleksi atau hobi juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan mengikutsertakan ayam serama ke dalam kontes.

Asal – Usul Ayam Serama

Ayam serama berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Di Indonesia, masyarakat mulai mengenal ayam serama pada tahun 2000-an. Asal kata “serama” adalah dari kata “sri” dan “rama” yang memiliki arti ksatria anggun yang gagah berani. Keunikan ayam serama  ini bisa membusungkan dada dan kepalanya tegak ke belakang hampir menyentuh ekornya. Ayam serama juga bisa menegakkan ekornya 90 derajat. Ketika ayam ini unjuk kebolehan, sayapnya akan luruh ke bawah. Warna bulu serama terang dan tidak kusam, kebanyakan hitam atau merah. Ditambah gaya atraktif membuatnya semakin cantik. Ayam kate memang memiliki dada lurus dan tidak menonjol atau tidak membusungkan dada. Warna ayam kate lebih bervarian daripada ayam serama.

perbedaan ayam kate dan serama
Ayam Kate

Selain perbedaan diatas, terdapat juga perbedaan lainnya. Kaki ayam serama kecil dan langsing, berbeda dengan ayam kate yang memiliki kaki gendut namun pendek. Jadi untuk ayam kate terkesan seperti ayam cebol sedangkan ayam serama terlihat mungil dan lucu.

Bagi Anda pemula yang masih belum mengetahui perbedaan ayam serama dengan ayam kate, sebaiknya mengajak rekan yang sudah paham ketika akan membeli serama. Karena ada beberapa penjual yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli untuk berbuat curang.

Ada salah satu jenis ayam kate yang sangat mirip dengan ayam serama yaitu ayam kate jepang. Ciri-cirinya yaitu memiliki bulu kuning keemasan dan pada bagian ekornya berwarna putih bercampur kuning, jengger berwarna merah, kaki pendek dan berwarna putih kekuning-kuningan.

perbedaan ayam kate dan serama
Ayam Serama

Selain itu, ada pula jenis ayam kate serama asli yang merupakan persilangan antara ayam kate dengan ayam serama. Jadi, ayam jenis ini mewarisi sifat dari kedua indukannya. Untuk peminatnya memang tidak sebanyak peminat ayam kate atau serama asli. Biasanya persilangan ini dilakukan oleh kalangan peternak atau pengkoleksi untuk percobaan atau hanya sekedar hobi.

Jenis – Jenis Ayam Serama

Ayam serama terkenal dengan julukan si ayam sombong. Karena memang ayam serama suka membusungkan dadanya sehingga terlihat seperti orang yang sombong. Terkadang ayam serama juga terlihat seperti prajurit yang siap berperang berkat postur tubuhnya yang gagah tegap berdiri. Terdapat beberapa jenis dari ayam serama, antara lain :

1. Serama Tipe Slim

Serama tipe slim merupakan salah satu jenis ayam serama yang pertama kali muncul. Pada awalnya, jenis ayam mini hanyalah ayam kate. Namun, setelah ayam ini ditemukan, mulai dikenal dengan sebutan ayam serama. Bisa dikatakan ayam serama tipe slim merupakan nenek moyang dari jenis serama. Awal ditemukannya, ayam ini langsung menjadi primadona dan banyak diincar oleh para pengoleksi ayam hias. Namun saat itu, beratnya mencapai 600 gram hampir seperti ayam bangkok namun lebih kecil.

2. Serama Apple

Serama apple mulai dikenalkan sekitar tahun 2003-2004. Memiliki bentuk tubuh bulat dan kaki pendek sehingga terlihat seperti apple.

3. Serama Ideal

Serama ideal merupakan jenis serama yang biasa disebut sebagai serama kontes. Tidak seperti kedua jenis sebelumnya, bisa dikatakan serama ideal merupakan jenis serama yang paling sempurna. Dengan badan kecil sekitar 300 gram, dan memiliki gaya yang eksotis. Saat serama tipe ini membusungkan dadanya, maka kepalanya akan terangkat tegak bahkan kepalanya bisa hampir menyentuh ekornya. Sayapnya pun akan jatuh lurus ke bawah. Keunikan inilah yang membuat harga serama ideal atau serama kontes lebih tinggi dari ayam serama jenis lain ataupun ayam kate.

perbedaan ayam kate dan serama
Ayam Serama

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama dan ayam kate, kami menyediakan telur ayam serama  dan telur ayam kate yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakannya kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam serama dewasa maupun ayam kate juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
ayam serama betina, ayam kate jepang, ayam kate serama asli, harga serama kontes, jenis jenis serama, ciri ciri ayam serama,

<Duwi Kristinawati>


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: