Keunggulan Ayam Batik Kanada dibanding Jenis Ayam Lainnya

Ayam batik adalah jenis ayam hias yang mempunyai corak batik yang indah dan mempesona. Ayam batik terbagi menjadi 2 macam yaitu ayam batik Kanada dan ayam batik Itali. Kelebihan ayam batik  Kanada  yaitu bulunya bermotif mirip seperti kain batik. Warna bulunya perpaduan dari hitam dan coklat keemasan. Sedangkan ayam batik itali bulunya berwarna putih dan hitam. Selain ayam batik Kanada dan Itali ada juga ayam batik Poland dan ayam serama batik. Biasanya ayam tersebut hasil persilangan dari ayam batik pula. 

Ayam batik Kanada memiliki sifat yang sangat lincah, agresif dan banyak bergerak sama seperti ayam Itali. Karakteristik ayam batik ini memiliki berat yang sama dengan ayam batik Itali yaitu 600 gram untuk ayam jantan dan 500 gram untuk ayam betina. Ayam batik Kanada juga sering disebut dengan Sebright Gold. Alasannya karena ayam ini memiliki bulu yang berwarna keemasan kehitam-hitaman.

Keunikan dari ayam batik kanada yaitu memiliki bulu bercorak seperti kain batik
Keunikan dari ayam batik kanada yaitu memiliki bulu bercorak seperti kain batik

Menurut cerita masyarakat, ayam tersebut memang sudah ada di Indonesia sejak dahulu, hanya saja yang memiliki hanya orang-orang tertentu saja. Konon orang-orang menjadikan ayam batik Kanada untuk mereka konsumsi. Beberapa waktu kemudian orang-orang mulai tahu dan sadar bahwa ayam tersebut merupakan ayam hias yang mempunyai harga jual yang tinggi.

Asal dari ayam batik bukan asli dari Indonesia, melainkan ayam pendatang yang berasal dari Inggris. Di Indonesia saat ini sudah cukup banyak yang membudidayakan, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk memiliki ayam batik ini. Di hobiternak.com pun juga sedia ayam batik dari usia anakan sampai dewasa. 

Ayam batik memiliki postur yang tidak terlalu besar dan termasuk golongan ayam hias. Banyak orang membeli ayam ini untuk dinikmati keindahannya dan sebagai hobi. 

Produktifitas ayam batik 

Usia produktif ayam batik Kanada yang sudah siap untuk dikawinkan pada usia sekitar 5 sampai 6 bulan. Tetapi akan lebih bagus lagi bila usia ayam berkisar 8 bulan sampai 12 bulan sudah mulai dikawinkan karena akan menghasilkan anakan ayam batik yang kuat sehingga tidak mudah tertular penyakit. Ayam betina dari jenis ini juga dapat bertelur sekitar 6 sampai 7 kali dengan jumlah telur sekitar 10 butir. Jika ayam batik Kanada hanya bertugas bertelur tanpa harus mengerami dan mengasuh anak-anaknya maka ayam ini mampu bertelur lebih sering lagi dan akan semakin banyak hasil telur yand didapat. 

Nahh, untuk mengerami telur ayam, saat ini ada teknologi canggih yang dapat menetaskan telur tanpa harus di erami oleh indukannya. Namanya yaitu mesin penetas. Banyak peternak yang sudah menggunakan mesin penetas ini untuk menetaskan telur-telur. Hal ini di akui oleh peternak bahwa lebih efisien dan peluang menetas telur lebih tinggi. 

Perawatan ayam batik

Perawatan ayam batik Kanada sangatlah mudah karena perawatannya sama dengan ayam kampung biasa. Namun Anda harus telaten dan ulet dalam memeliharanya. Untuk pakan Anda bisa berikan biji-bijian, bekatul atau pakan ayam lainnya. Yang terpenting jika ayam batik yang Anda pelihara sedang bertelur jangan sekali kali di beri pelet ikan, hal ini karena akan mempengaruhi ayam tersebut. 

Untuk mencegah ayam batik terkena serangan penyakit maka kita perlu melakukan perawatan yang benar
Untuk mencegah ayam batik terkena serangan penyakit maka kita perlu melakukan perawatan yang benar

 

Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan ayam terjangkit penyakit:

  1. Kandang ayam yang jarang dibersihkan
  2. Fentilasi kandang kurang
  3. Kandang terlalu penuh
  4. Ayam bersentuhan dengan ayam lain
  5. Udara

Banyak berbagai penularan penyakit yang bisa ditimbulkan contohnya karena bersentuhan dengan ayam lain, lalat yang menghinggap, dan juga udara. Jadi sebaiknya kandang ayam batik Kanada ini jangan disatukan dengan ayam jenis lain, karena bisa mengakibatkan terserangnya penyakit atau bahkan saling berkelahi antar ayam yang bisa mengakibatkan kematian.

Berikut merupakan daftar Harga ayam batik Kanada :

1 Bln Rp85.000/ekor
2 Bln Rp110.000/ekor
3 Bln Rp135.000/ekor
4 Bln Rp175.000/ekor
5 Bln Rp225.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor

Walaupun ayam ini tergolong ayam yang memiliki tubuh kecil, namun harganya tak sekecil postur tubuhnya lhoo hehe. Harga ayam batik kanada memang lebih mahal ketimbang ayam kampung lainnya. Tidak heran bila ayam ini sudah banyak yang memelihara dan mengembangbiakan, karena akan mendapatkan keuntungan.

Ayam batik Kanada juga mempunyai keunikan tersendiri dari pada ayam lain. Corak batik yang indah dan mempesona membuat mata kita senang untuk melihatnya. Ayam ini memiliki daya tarik tersendiri dari para peminat  dan hobi untuk memelihara ayam-ayam hias.

Berikut contoh foto ayam batik kanada dari usia anakan sampai dewasa : 
Ayam Batik Kanada 1 bulan
Ayam Batik Kanada 1 bulan

 

Ayam Batik Kanada 2,5 Bulan
Ayam Batik Kanada 2,5 Bulan

 

Ayam Batik Kanada 4 bulan
Ayam Batik Kanada 4 bulan

 

Ayam Batik Kanada Dewasa
Ayam Batik Kanada Dewasa

 

 

Apakah ayam batik dengan ayam kate sama?

Memang kalau di lihat sekilas ayam batik dan ayam kate hampir mirip, keduanya sama-sama memiliki postur tubuh yang kecil. Yang membedakannya pada bagian corak bulu pada ayam tersebut.

Berapa lama ayam batik mengerami telurnya?

Sama seperti ayam lainnya, waktu proses mengerami telur ayam batik yaitu 21 hari. Baik menggunakan indukan langsung atau mesin penetas telur.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam batik berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau oleh kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam hias untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya. Untuk respon lebih cepat silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

harga ayam batik kanada, karakteristik ayam batik, ayam batik poland, anakan ayam batik, ayam batik kanada dan italia, ayam serama batik, ayam hias

Meilani Sawitri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: